Serunya Batam Blogger Gathering di Nuvasa Bay

Batam Blogger Gathering at Nuvasa Bay
Backdrop Event Batam Blogger Gathering

Rintik hujan mengiringi perjalanan angkutan umum minibus Bintang Kembar (Bimbar) warna biru jurusan Batu Aji - Pasar Jodoh via Batam Center yang saya tumpangi. Minggu pagi itu, 18 September 2022 saya dan teman-teman blogger akan bersama-sama berangkat dari Batam Center menuju Nuvasa Bay yang terletak di kawasan Nongsa, Kota Batam. Halte Masjid Raya di seberang gedung Graha Pena merupakan titik yang disepakati untuk kami berkumpul dan menunggu bis jemputan. 

Kalau sedang terburu-buru atau takut terlambat, saya memang lebih suka naik angkutan umum Bimbar ini karena cepat sampai walau kadang-kadang bikin jantungan. Jarak tempuh Batu Aji - Batam Center yang memakan waktu 1 jam berkendara, bisa tembus 20-30 menit. Tentu saja disertai dengan doa-doa para penumpang yang deg-degan. Sepertinya, sopir-sopir Bimbar ini punya nyawa sembilan, wuss…wuss…wusss…. kendaraannya melaju kencang di jalan raya tanpa rasa takut oleh apapun. Bahkan sopir angkutan lain menjulukinya sebagai "Malaikat Pencabut Nyawa" sangking banyaknya kejadian kecelakaan yang disebabkan oleh kecerobohan mereka yang kerap kebut-kebutan di jalan. Namun setelah Februri 2020, dimana ribuan orang menandatangani petisi secara besar-besaran meminta menyetop angkutan ini, perlahan sikap para sopir menjadi lebih baik tidak terlalu ugal-ugalan lagi.   

Pukul 08:01 saya tiba di halte Masjid Raya Batam Center yang menjadi titik kumpul keberangkatan. Di sana sudah ada beberapa orang blogger yang sedang menunggu. Meskipun hujan masih rintik-rintik, suasana terasa hangat karena kehebohan pertemuan satu demi satu blogger yang mulai berdatangan. Meskipun satu provinsi, satu kota, satu pulau, sejatinya kami memang jarang bertemu. Maka ajang seperti blogger gathering yang ditaja oleh Nuvasa Bay seperti ini sungguh membuat kerinduan kami pasca pandemi, terobati. Kebutuhan manusia untuk berkumpul dan berserikat sebagai makhluk sosial ternyata memang benar adanya. Karena saya sendiri merasakan betapa bahagianya bertemu teman-teman blogger dan bisa bercengkerama, mengobrol ngalor-ngidul, curhat nggak jelas, atau sekadar foto bersama. 

Bis di Batam Center
Para blogger dan bis yang ditunggu

Bis melaju dengan kecepatan sedang. Membelah jalanan Batam yang masih sepi. Di dalam bis kehebohan mulai memanas lagi karena dibumbui cerita salah seorang blogger yaitu Feby yang sehari sebelumnya dicekal imigrasi Singapura padahal sudah 5 tahun bolak-balik Batam-Singapura tidak pernah ada masalah. Namun Sabtu kemarin pagi, nasibnya memang lagi nahas. Ia tidak diperbolehkan masuk Singapura sementara tamu-tamu yang ia bawa sudah masuk dan lolos imigrasi duluan. Di balik kengenesan itu kami malah terbahak-bahak karena membayangkan orang lain yang sedang antri di imigrasi saling berbisik mungkin saja menuduh Feby yang bukan-bukan. Padahal kesalahannya karena tahun lahir di passport dan KTP berbeda. Aneh juga sih imigrasi Singapura ini kok bisa-bisanya minta KTP kayak orang mau ngantri sembako saja.Yah mau gimana lagi itu sudah tugas mereka menemukan kejanggalan dari para pendatang yang mungkin bisa mengancam negaranya. Mau jengkel ya tapi itulah Singapura. Mau kesel ya tetap Singapura. Benci-benci tapi rindu.

Kurang lebih 30 menit perjalanan dari Batam Center, kami tiba di Nuvasa Bay Nongsa. Kalau pada blogger gathering 2019 para blogger berkumpul di kantor pemasaran di dekat pantai, kali ini bis yang kami tumpangi langsung menuju ke residensial The Nove yang terletak di tengah-tengah lapangan golf. Salut banget sih meskipun sempat terimbas pandemi, pembangunan di sini tetap berjalan dan tidak terlalu melenceng dari waktu pembangunan yang ditetapkan. Buktinya saja satu dari tiga tower apartemen yang akan dibangun yakni Tower Kaina, sudah jadi dan siap huni. Bahkan yang membuat kami kaget ternyata 95% unit apartemen di Tower Kaina sudah terjual. Luar biasa. Menurut saya Tower Kaina ini akan menjadi apartemen di Batam dengan pemandangan yang paling indah.

Apartemen di Batam
Tower Kaina


Rangkaian Acara Batam Blogger Gathering Nuvasa Bay

Kang Harris Maulana dan beberapa rekannya dari Sinar Mas Land selaku tuan rumah acara, menyambut kami di lobby Tower Kaina. Setelah bertegur sapa, kami langsung menuju ke lantai atas untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Terdapat sekitar 27 blogger yang datang untuk meramaikan event Blogger Gathering ini. Lumayan banyak dibanding event blogger lainnya yang terkadang dihadiri oleh orang yang itu-itu saja.

Acara dibuka oleh MC - Kak Gita - yang dengan ramah menyambut kedatangan kami. Selanjutnya Kang Harris Maulana selaku Public Relation Channel Section Head Kantor Pusat Sinar Mas Land menjelaskan tentang mekanisme lomba IG reels, lomba tweet, lomba blog serta hadiah-hadiah yang akan didapat yang tentu sangat menggiurkan bagi para peserta. 

Staff Sinar Mas Land
Para Staf Sinar Mas Land

Paparan selanjutnya disampaikan oleh Ibu Atika Sunarya selaku Head Corporate Communication Sinar Mas Land yang memberikan penjelasan mengenai sepak terjang Sinar Mas Land selama 40 tahun bergerak di bidang properti. Mulai dari pembangunan perumahan (residensial), perkantoran, hotel & apartemen, pusat perbelanjaan, kawasan industri, dan lainnya.

Setelah mendengarkan beberapa insight mengenai Sinar Mas Land acara dilanjutkan dengan presentasi Pak Raichan Buhori, Sales & Promotion Department Head Nuvasa Bay. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Nuvasa Bay merupakan mega project Sinar Mas Land di Batam yang akan dibangun dalam 3 tahapan. 

Blogger Gathering at Nuvasa Bay Batam
Blogger Batam dan Para Staff Sinar Mas Land


Setelah mendengarkan berbagai paparan dan presentasi dari para staf Sinar Mas Land, acara kemudian diselingi coffee break. Setelah itu para blogger diajak berkeliling mengunjungi unit-unit apartemen di lantai 6-8 yang beberapa diantaranya sudah full furnish dengan balkon menghadap ke pemandangan yang menakjubkan.    

Apartemen di Batam
Unit apartemen yang sudah full furnish

Selepas berkeliling mengunjungi lantai demi lantai unit apartemen dengan berbagai tipe dan ukuran, para blogger kembali ke lokasi acara untuk menikmati makan siang. Tak lupa setelah makan siang itu kami melaksanakan Salat Zuhur. Selepas salat semua berkumpul di lobby untuk sama-sama menuju Nongsa Digital Park. 

Btw, simak yuk bagaimana keseruan Batam Blogger Gathering di Nuvasa Bay di Youtube saya! 



Nuvasa Bay, Mega Proyek Sinar Mas Land di Kota Batam

Nuvasa Bay merupakan sebuah mega project Sinar Mas Land yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa, Kota Batam. Luas lahan yang akan digarap menjadi kota mandiri ini mencapai 230 hektar.

Dalam Bahasa Hawaii Nuvasa berarti lautan. Tak heran karena lokasinya memang berada di tepi lautan. Jika menilik nama-nama properti di Nuvasa Bay yang kebanyakan menggunakan istilah dalam Bahasa Hawaii, saya memang menemukan korelasinya. Katakanlah penamaan 3 tower apartemen seperti Kaina, Kalani, dan Kahua semuanya dalam istilah Bahasa Hawaii.


Nuvasa Bay
Master Plan Nuvasa Bay

Namun menurut paparan Pak Raichan, Nuvasa berasal dari kata Nu-vasa yang diambil dari tagline "New Face of Batam.” Sesuai dengan tagline-nya, Nuvasa Bay merupakan kota satelit atau kota mandiri yang akan mengubah Batam menjadi wajah baru di masa yang akan datang. 

Dengan kehadiran Nuvasa Bay, Batam akan menjelma menjadi sebuah kawasan kota yang modern dengan ribuan kesempatan pekerjaan yang akan tercipta sehingga mampu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat sekitar dan mendorong pertumbuhan pada sektor ekonomi, perdagangan, dan pariwisata. 

Pembangunan Nuvasa Bay senantiasa mempertahankan kelestarian lingkungan di kawasan sekitar sehingga meskipun kawasan ini dibangun dengan berbagai macam properti seperti kawasan hunian atau residensial area, resort & apartemen, commercial area, educational center, sarana ritel, kawasan rekreasi, rumah sakit, dll namun akan sangat nyaman untuk ditinggali karena kondisi alam yang tetap asri.
 
Nuvasa Bay akan dibangun dalam 3 tahap. Tahap pertama adalah pembangunan kawasan residensial The Nove seluas 5 hektar. The Nove memiliki area yang dikelilingi kawasan hijau termasuk hutan mangrove, lapangan golf, dengan pemandangan pantai sepanjang 1,2 kilometer.

Untuk pembangunan cluster The Nove, Nuvasa Bay tidak main-main. Ini dibuktikan dengan menggandeng Master Planner & Arsitek terbaik di Asia yaitu Jason Pomeroy dan Robert Day.

Hingga September 2022 ini, Sebagian besar pembangunan Cluster The Nove sudah hampir rampung seperti pembangunan tower Kaina serta puluhan unit rumah tapak (landed house) Sedangkan Tower Kalani masih dalam tahap pembangunan yang rencananya akan dibangun hingga 19 lantai dan akan dilengkapi oleh infinity pool.

Tower Kaina
Pemandangan di Tower Kaina

Dalam pengembangan kawasan, Nuvasa Bay juga bekerja sama dengan Nongsa Digital Park (NDP) yang mana di NDP ini sudah terdapat 3 data center. Yang pertama Data Center First Nongsa One, kedua Data Center GDS IDC Service, dan ketiga data Center milik Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Pada Oktober 2022 ini akan ada pembukaan Purwadhika Digital Technology School di Nongsa Digital Park. Purwadhika merupakan salah satu pioneer lembaga pendidikan di Indonesia yang berfokus pada bidang teknologi digital dan sudah berdiri selama lebih dari 35 tahun.

Setelah sukses menghasilkan lebih dari 20 ribu talenta digital berkualitas lewat Purwadhika BSD dan Jakarta, Purwadhika kini hadir di kota Batam khusus untuk seluruh program Job Connector On Campus! Job Connector merupakan salah satu program yang paling banyak diminati, karena melalui program ini para peminat akan berkesempatan mendapatkan koneksi pekerjaan ke 500+ hiring partner Purwadhika di seluruh asia!

Bagi para siswa Purwadhika akan mendapatkan fasilitas akomodasi tempat tinggal, dan juga makan siang secara gratis selama masa belajar. Tidak hanya itu, para pendaftar berkesempatan untuk mengikuti Tech Office Tour ke Singapura yang didukung oleh Singapore EDB khusus 25 orang pertama!


Sekilas tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land merupakan pengembang properti terbesar di Indonesia yang telah memiliki pengalaman selama lebih dari 40 tahun di bidang pengembangan properti. Sampai dengan saat ini Sinar Mas Land telah menciptakan sebanyak 380.000 lapangan pekerjaan. 

Sinar Mas Land memiliki sekitar 10.000 hektar cadangan lahan strategis (per 2011) dengan proyek pengembangan kota, kota mandiri (kota satelit), perumahan, perkantoran, sarana komersial, ritel, kawasan industri, perhotelan, dan lapangan golf. Sejauh ini sudah dibangun sebanyak:
  • 5 proyek pengembangan kota & kota mandiri
  • 19 proyek perumahan/residensial
  • 14 proyek bangunan perkantoran
  • 1 proyek Convention & Exhibition Center 
  • 3 proyek kawasan industri
  • 23 proyek ritel dan pusat perdagangan
  • 3 resort dan taman rekreasi
  • 10 hotel dan lapangan golf. 
Untuk proyek pembangunan perumahan diantaranya seperti BSD City Tangerang, Grand Wisata Bekasi, Kota Wisata Cibubur, Kota DeltaMas Cikarang, dan proyek perumahan di kota-kota lainnya yang tersebar di Bogor, Depok, Surabaya, Balikpapan, dan juga Batam. Dalam pembangunan berbagai proyek properti ini, Sinar Mas Land menggandeng partner berpengalaman dari Jepang dan Hongkong.

Sinar Mas Land memiliki visi untuk menjadi pengembang properti terkemuka di Asia Tenggara, dipercaya oleh pelanggan, karyawan, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya. Untuk mencapai visi itu ada beberapa value atau nilai yang dipegang teguh oleh Sinar Mas Land. 

Value atau Nilai yang Dipegang Teguh oleh Sinar Mas Land

Value Sinar Mas Land
Value SML

1. Integritas

Integritas merupakan value yang dipegang teguh oleh Sinar Mas Land guna mewujudkan pernyataan sikap atau janji untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dan pemangku kepentingan.

2. Komitmen

Komitmen yang dipegang teguh ini memiliki makna dalam melakukan pekerjaan harus dengan sepenuh hati untuk mencapai hasil yang terbaik, bertanggung jawab penuh kepada pelanggan dan pemangku kepentingan.

3. Selalu Bersikap Positif

Bersikap positif berarti menampilkan perilaku yang mendorong terciptanya lingkungan kerja yang kondusif di mana nilai yang mendalam ditempatkan pada hubungan antara pelanggan dan pemangku kepentingan.

4. Melakukan Perbaikan yang Terus-Menerus

Untuk terus meningkatkan kemampuan diri, unit kerja dan organisasi untuk mendapatkan hasil terbaik bagi pelanggan dan pemangku kepentingan maka Sinar Mas Land akan melakukan perbaikan yang terus-menerus.

5. Loyalitas

Loyalitas merupakan value yang akan menumbuhkan semangat untuk mengetahui, memahami, dan menerapkan nilai-nilai inti perusahaan sebagai bagian dari Keluarga Besar Sinar Mas Land.


Peraih Berbagai Penghargaan di Bidang Properti

Sinar Mas Land telah beberapa kali memenangkan berbagai penghargaan bergengsi berkelas nasional dan internasional. Beberapa diantaranya merupakan penghargaan yang telah berulang kali dimenangkan. Berikut daftar penghargaan yang telah diraih oleh Sinar Mas Land:

Penghargaan Sinar Mas Land
Berbagai Penghargaan 

  • 2017-2019 FIABCI Awards, telah 2 kali memenangkan penghargaan ini pada Pameran Konvensi Indonesia dalam Kategori Tujuan Dibangun.
  • 2017 Asia Property Awards,  telah 2 kali memenangkan Asia Property Awards untuk BSD City Kategori Pengembangan Kota Mandiri Terbaik.
  • 2019 Asia Pacific Property Awards, dimana telah 9 kali memenangkan Asia Pacific Property Awards untuk properti Green Office Park BSD City dalam Kategori Pengembangan Perkantoran.
  • 2019 MIPIM Asia Awards, telah 4 kali dimenangkan  oleh BSD City untuk Kategori Mega Proyek Futura Terbaik.
  • 2020 Indonesia Property Awards, sebagai pemenang selama 7 kali dalam Indonesia Property Awards untuk Caelus @BSDCity Tangerang dengan kategori Best High Development Housing, Best Housing Development.
  • 2016, 2020, 2021 BCI Asia Awards, telah 3 kali memenangkan penghargaan untuk BCI Asia Awards dalam Top 10 Developer.
  • 2021 World Branding Award, dimana telah 3 kali memenangkan Brand of the Year untuk World Branding Award.
  • 2021 Global Good Governance (3G) Awards, dimana telah 2 kali menjadi pemenang dalam kategori Green Innovation and Solutions Award 2021 dan 3G Innovation in Environmental Solutions Award 2021.
  • 2021 ASEAN Energy Awards 2021, untuk Kategori Efisiensi dan Konservasi Energi pada Big Green Buildings.
  • 2021 IDC Future Enterprise Awards, yang memenangkan penghargaan untuk Kategori: Masa Depan Terbaik bagi Pelanggan dan Konsumen.
  • 2022 FIABCI World Prix d’Excellence Awards, untuk Kategori Pemenang: World Silver Winner Industrial GIIC Deltamas & Retail QBIG BSD City.
  • 2021 Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) Awards, untuk Kategori Winning Smart Industrial Estate untuk Proyek Karawang International Industrial City (KIIC).
  • 2022 Lamudi Property Awards 2021, Best Mixed-Use Development: Digital Hub
  • 2022 Lamudi.co.id Property Awards 2021, Best High-End Housing (Jabodetabek Area): Laurel (NavaPark).

Untuk infrastruktur, Sinar Mas Land merupakan perusahaan property pertama yang membangun jalan tolnya sendiri terurama di BSD City. Pembangunan tol ini tidak hanya memiliki manfaat bagi warga BSD City saja namun juga masyarakat sekitar.

Di BSD City sedang ada uji coba mobil elektrik yang menampung penumpang sebanyak 12 orang. Di BSD City juga akan dibangun perngembangan Cimory Dairyland yang akan dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektar dengan konsep petting zoo untuk memberikan edukasi tentang hewan dan proses pengolahan susu dari awal hingga dapat dikonsumsi.

Dalam membangun, Sinar Mas Land tidak hanya sekadar membangun saja namun sangat memperhatikan lingkungan mulai dari penggunaan energi yang ramah lingkungan, pengelolaan sampah atau limbah secara mandiri, dan juga menerapkan konsep green city.

Saat ini Sinar Mas Land memiliki program Double Dream dimana para konsumen bisa mendapatkan kesempatan memperoleh 2 unit apartemen di TB Simatupang.

Pengumuman Lomba Instagram Reels dan Lomba Nge-Tweet

Pukul 14:00 WIB para blogger kembali ke ruangan acara. Sesuai jadwal pada rundown, di akhir acara akan ada pengumuman pemenang lomba Instagram Reels dan Tweet yang akan dipilih sebanyak 6 pemenang untuk dua kategori yang masing-masing akan memenangkan voucher belanja sebesar Rp 500.000. Masya Allah, luar biasa.

Pemenang lomba Nuvasa Bay
Para pemenang lomba

Diiringi oleh tatapan penuh harap para blogger, Kak Gita selaku MC kemudian mengumumkan para pemenang dengan menyebutkan nama akunnya satu per satu. Untuk lomba kategori Instagram Reels pemenang terpilih adalah Akut Wibowo, Jike Haryaningsih, dan Eka Mustika. Sedangkan untuk lomba twitter pemenang terpilih adalah Danan Wahyu, Chahaya, dan Lina W. Sasmita, saya sendiri. Alhamdulillah. Usaha yang tidak sia-sia ternyata. Lomba Live Tweet memang challenging banget karena sambil menyimak paparan para narasumber, tangan harus terus mengetik, menuliskan poin demi poin penting apa yang mereka sampaikan.

Rangkaian acara pun ditutup dengan sesi foto bersama seluruh blogger dan pengisi acara. Meskipun jadwal acara mundur karena hujan yang terus mengguyur hampir seharian, namun ternyata kebersamaan kami di sini sangat tidak terasa. Berkumpul dan bertemu teman lama serta teman baru  ternyata memang sangat menyenangkan bahkan bisa me-refresh suasana hati dan fikiran yang sedang suntuk karena rutinitas sehari-hari.

Semoga saja event Blogger Gathering Nuvasa Bay akan terus ada di tahun-tahun berikutnya, mungkin bisa sampai pembangunan di tahap ketiga diselesaikan. Hehehe. 

59 komentar :

  1. Semoga diundang terus yah teh blogger kepri ama Nuvasa Bay, sehingga kita juga menyaksikan pertumbuhan pembangunannya mereka. :-)

    BalasHapus
  2. Keren. Banyak juga ya blogger di Batam. Bisa terus lanjut ya acara komunitas blogger nya. Setelah sekian tahun gathering seperti itu henti total karena pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Teh. ternyata kalau dikumpulin banyak juga

      Hapus
  3. Auto kangen Batam nih mbk..
    Seru banget acaranya, ada aja cerita menarik kalo lagi kumpul kumpul gini.
    Sinarmas Land udah nggak diragukan lagi ya, karena banyak proyek yang sudah banyak dibangun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mantan Blogger Batam haha. Dulu pas zaman kita belum banyak ya Mbak.

      Hapus
  4. Gathering udah mulai2 lagi ya mba, ikut senang, Dan aku pun happy banget udah bisa acara stelah pandemik ya. Ini punya Sinar Mas yaa projeknyaa. Wah nama towernya ada nama anak aku, Kaina. hihiii
    unik ya pakai bahasa Hawai..kebayang indahnya tempat iniii.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Alhamdulillah happy banget bisa ketemu teman-teman blogger setelah pandemi.

      Hapus
  5. Keren juga acara blogger gathering bareng Nuvasa Bay. Kami jadi tahu pembangunan properti di Batam marak juga ya mbak. Dan Sinar Mas Land yang mewujudkannya, yakin deh pasti hasilnya mantul. Terlihat dengan sederet penghargaan yang diterima selama ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kalau udah Sinar Mas land yang membangun memang nggak tanggung-tanggung ya Mbak.

      Hapus
  6. wowow 1000 hektar, luasnya ya sinarmas land ini btw mba sneng banget yaada acara blogger ofline gitu,semogadidaerahku juga ada nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya itu lahan yang akan digarap ke depan di berbagai daerah Mbak. Keren ya. Warbiyasak.

      Hapus
  7. Beughhhh Sinar Mas Land memang top markotooopppp

    Properti nya ciamiikkk bgt.
    Dan yesss, para blogers pastinya excited bangetttt klo cuss ke sinar Mas Land


    Apalagi ada Kang Harris yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak kami semua excited banget bisa kumpul terutama bisa menjadi saksi pembangunan di Nuvasa Bay.

      Hapus
  8. Keren banget acaranya, pasti seru kalau ada acara event offline blogger gini. Gathering Nuvasa Bay juga bertabur adiah, selamat ya mba menang ngetwit. Semoga makin banyak acara dan event gini di kota lain.

    BalasHapus
  9. Masya Allah keren banget navasa bay. Molly sempat liat waktu itu igs salah satu blogger batam indah bgt tempatnya. Kpn ya bisa ke sana.

    BalasHapus
  10. Waaah seneng banget ya bisa blogger gathering sekaligus ikut acaranya Sinar Mas Land. Dapat hadiah lagi dari berbagai lomba dari tweet sampai reels.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mbak. Senangnya minta ampun.

      Hapus
  11. Akhirnya pada mulai gathering offline ya. Pasti seru kumpul bareng blogger lagi

    Btw, kusuka nih pembangunan yang mempertahankan kelestarian lingkungan di kawasannya. Jadi tetap hijau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pembangunan di area hijau dan kawasan hutan serta mangrovenya tetap dipertahankan.

      Hapus
  12. Luar biasa ya Nuvasa Bay yang merupakan mega project dari Sinar Mas ini. Bangunannya megah namun tetap memperhatikan keasrian lingkungan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak kawasan hutan mangrove-nya juga dipertahankan.

      Hapus
  13. Lha, Mas Haris udah nyampek Batam aja hehehe.
    Wah Sinar Mas aktif membangun juga di sana ya? Bagus sih kalau mempertahankan kelestarian lingkungan krn bagaimanapun dekat dengan laut ya yang harus dijaga sekali.
    Selamat mbaakk menang live twit :D

    BalasHapus
  14. Waawww kereen banget, pengen bisa balik ke Batam, juni kemarin belum puass explore Batam.

    Semoga proyeknya lancarr yaa dan melihat pas aq ke Batam bisa melihat proyek ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini main lagi Mbak. Jalan semakin lebar pembangunan semakin lancar

      Hapus
  15. Wah seru banget
    Senang ya mbak bisa ikutan acara gathering blogger secara offline gini
    Bisa haha hihi bareng sekaligus sharing ilmu baru juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terutama bisa ngerumpi dan curhat Mbak hehe

      Hapus
  16. Alhamdulillah, Mba Lina jadi salah satu pemenang live tweet yaa... Saya tuh paling lemah deh kalau urusan ngetweet gini. Fokus ndengerin sambil ngetik cepet di twitter sangat lah menantang hehehee...

    Sinar Mas Land luar biasa ya, terus berkembang meskipun pandemi melanda sekian lama. Keren nih konsep Nuvasa Bay, bakalan jadi tempat tinggal prestisius di masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak ini bakalan jadi tempat yang mevvah buat nongkrong malah.

      Hapus
  17. seru banget ya mbak acaranya. keren mbak Lina menang live twit! Btw keren ya ini proyeknya., kalau lihat proyek seperti ini tuh, aku jadi inget sama taman yang dibangun sebelum membangun apartemen di Johor beberapa tahun lalu. jadi sebelum apartemen jadi, justru tamannya udah terkenal duluan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah konsep membangunnya keren juga ya Teh. Malah terkenal duluan lokasinya baru dibangun apartemen.

      Hapus
  18. Sinar Mas ini keren banget.
    Pembangunan besar-besaran agar Batam menjadi destinasi wisata pilihan dengan pelayanan akomodasi terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, nggak susah mencari hotel dan apartemen di Batam karena memang sudah tersedia dengan baik.

      Hapus
  19. Setelah tahu arti Nuvasa adalah lautan kebayang asyiknya tinggal di Nuvasa Bay, mega project Sinar Mas Land yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa, Kota Batam. Apalagi bakalan luas bangets euy, lahan yang akan digarap menjadi kota mandiri ini mencapai 230 hektar!! Wah!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mak ini lahan luas banget bisa buat bangun ebrbagai macam properti yang menguntungkan.

      Hapus
  20. Asyik sekali acaranya yah, ternyata bloger Batam banyak kalau dikumpuli. Doa Mbak Lina agar diundang sama Sinaras Land saya aminkan ya..
    Semoga terwujud. Amin.

    BalasHapus
  21. Senang banget bisa kumpul dan silaturahim sesama blogger nih

    BalasHapus
  22. Saya nih yg pengen bgt ke Batam. Hanya mendengar namanya saja dari orang-orang yg bekerja merantau ke sana. Begitu juga dari buku dan internet tentang kemajuan pembangunan dan bisnisnya. Jadinya penasaran, coba seminggu saja di sana. hehe

    BalasHapus
  23. Pasti seru banget ya gathering dekat pantai. Sinar mas land memang sudah membangun di mana2

    BalasHapus
  24. Asyik juga ya ada komunitas blogger di Batam, jadi bisa berkumpul dan tukar pendapat. BTW, itu ngeri juga angkot bisa ngebut wuss wuss gitu. Untung aja sudah ada perubahan yang lebih baik, setelah masyarakat melakukan tanda tangan petisi

    BalasHapus
  25. Aduh jadi kangen dengan event blogger gathering lagi deh aku... Wah samaan mba, aku kalau live event biasanya jago di live tweet aja haahha lumayan banget nih hadiahnya 500k!

    BalasHapus
  26. Seru acaranya blogger gathering Batam bersama Sinar Mas Land dengan proyek Nuvasa Bay-nya.
    Selamat untuk semua pemenang lomba reels IG dan tweet.
    Btw, terjawab juga kenapa dulu naik angkutan umum di Batam dr Bandara ke pelabuhan utk nyebrang ke Kepri rasanya deg-degan dan ngucap doa, Ngebut banget. Untung ada perbaikan supir Bimbar ini.

    BalasHapus
  27. Keren ya konsep Nuvasa Bay, tetap menjaga kelestarian alam sekitar. Jadi, pengin beli salah satu propertinya. Apalagi aku tuh pengin banget ke Batam lagi.

    BalasHapus
  28. Sinar mas emang gak main-main kalau ngebangun properti ya mbak. keren banget cluster The Nove, Nuvasa Bay dibangun menggunakan karya arsitek terkenal di ASIA.

    BalasHapus
  29. Ampuuun kerennya Nuvasa Bay Batam. Perjalanan ke sana juga seru, ya. Saya sudah lama penasaran dengan Batam cuma belum ada kesempatan ke sana.

    BalasHapus
  30. Wah, serunya bisa ketemuan dengan sesama blogger Batam. Bisa jadi obat kangen setelah lama nggak kopdar. Mana acaranya juga seru, ada lomba dan hadiahnya. Sinar mas keren ya, berkontribusi dalam pembangunan dan pengembangan di banyak wilayah.

    BalasHapus
  31. Alhamdulilah ya, Mba, sudah ada even offline lagi, dan seru banget pastinya setelah lama pandemi. Aku pernah juga datang ke even yang galangin Sinar Mas. Seru banget

    BalasHapus
  32. Makin keren nih Batam.
    Apalagi cerita mengalirnya kak Lina, yang salah satunya berkisah tentang Kak Feby jadi bikin hati-hati juga nih melihat identitas pastikan sama semuanya biar nyaman di perjalanan

    BalasHapus
  33. Senangnya bisa datang ke acara gathering blogger seperti ini
    Apalagi kalau banyak hadiah ya mbak
    Salam untuk teman-teman komunitas blogger Batam

    BalasHapus
  34. Masya Allah seru banget pastinya ya bun, kumpul dengan teman teman satu profesi.
    Batam pengeen kami kunjungi kembali tapi skalian ke Bintan.

    BalasHapus
  35. Proyek Sinarmas sampe Batam juga. Depan perumahanku juga perumahan dari sinarmas. Wah asiknya nambah uang jajan dari menang live tweet, mbak.

    BalasHapus
  36. Kalo ada event offline blogger gini enak..kesempatan buat ketemu para blogger lainny

    BalasHapus
  37. Akhirnya bisa bertemu setelah kmrn lama di rumah aja. Sukses selalu ya utk rekan2 blogger

    BalasHapus
  38. Wah keren kali ini blogger gatheringnya, bukan kaleng-kaleng! Pengen banget punya circle blogger yang seperti ini T-T tapi di daerah saya masih sedikit yang minat jadi seorang blogger.

    BalasHapus
  39. Seru banget bacanya... Sinar Mas Land ini membangun hampir di seluruh Indonesia ya, dan mengembangkan banyak daerah menjadi lebih modern. Sukses terus

    BalasHapus
  40. Wah seru kang maul sampai ke sana iya sih dia emang di sinarmas seh ya xixix. seru banget bisa ngumpul banyak orang gini mba, dah lama aku ga beginii. pengen juga kangen ketemu temen2

    BalasHapus
  41. seru bangeeettt yaa, udh bisa blogger gathering lagi, temu kangen sambil healing ini sih mahhh!

    BalasHapus
  42. asik bangeet kumpul ama temen2 blogger.. ah saya jadi rindu ingin ke batam lagi, mba. suka ama kehangatan orang2 yang saya temui di sana pluss kulinernya itu lho :D

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita