Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan

Pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan ternyata cukup besar. Adanya kompensasi ini bisa membuat karyawan jadi lebih semangat dan produktif dalam bekerja. 

Kompensasi adalah sebuah imbalan yang diberikan perusahaan kepada karyawan atas kontribusinya terhadap perusahaan. 

Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan
Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan


Kompensasi ini diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan dengan tujuan agar terciptanya hubungan timbal balik yang seimbang antara perusahaan dan karyawan.

Pembahasan mengenai kompensasi biasanya berada di tahap awal ketika wawancara perekrutan karyawan baru bersamaan dengan pembahasan tentang besaran gaji yang akan diterima. 

Biasanya kompensasi yang diberikan perusahaan bisa berupa barang, uang, atau sistem sebagai penunjang kemudahan karyawan. 

Sistem kompensasi diberikan perusahaan sebagai bentuk apresiasi, penghargaan, dan ucapan terima kasih atas kontribusi yang diberikan karyawan dalam bentuk waktu, pikiran, tenaga dan keahlian yang didedikasikan pada perusahaan. 

Dengan memberikan kompensasi maka akan membawa dampak positif dan manfaat terhadap citra dan budaya perusahaan.

Agar proses pemberian kompensasi pada karyawan bisa berjalan lancar, kamu bisa memanfaatkan software Spenmo yang mudah dan praktis.


Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan

Kinerja karyawan pada perusahaan seperti hubungan timbal balik. Untuk itu sebagai perusahaan yang paham atas hak karyawan harus memberikan tunjangan dan kompensasi atas kontribusi yang diberikan oleh karyawan. 

Simak penjelasan mengenai pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan dibawah ini.

1. Menjaga Semangat Kerja Karyawan

Menjaga semangat kerja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh karyawan. Solusi untuk menjaga semangat kerja karyawan adalah dengan memberlakukan kompensasi. 

Kompensasi ini bisa menjadi motivasi personal karyawan pada perusahaan untuk tetap produktif dan menjaga semangat bekerja. 

Kompensasi juga sebagai cara untuk menunjukan tingkat kepedulian perusahaan terhadap eksistensi karyawan. Kompensasi bisa berpotensi membangun budaya perusahaan yang sportif dan kompetitif untuk itu tidak ada salahnya jika memberikan kompensasi kepada karyawan perusahaan.

2. Menjaga Kualitas Kerja Karyawan

Memberlakukan sistem kompensasi dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan. Kompensasi yang menarik akan membuat banyak calon karyawan ingin menjadi bagian dari perusahaan sehingga perusahaan menjadi salah satu tempat kerja yang diinginkan. 

Dengan ini, perusahaan dapat memilah lebih banyak kualitas karyawan berbanding lurus dengan kompensasi dan insentif yang akan diberikan oleh perusahaan.

Selain itu, kompensasi yang menarik juga dapat mempertahankan lebih banyak karyawan yang berkualitas dan menurunkan angka turnover karyawan. 

Memberikan kompensasi dapat membantu karyawan menjaga dan meningkatkan performa kerja di perusahaan.

3. Membangun Lingkungan Perusahaan yang Positif

Memberikan kompensasi juga membantu perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif bagi karyawan. 

Kompensasi berupa liburan tahunan, event tahunan perusahaan yang melibatkan banyak karyawan atau sekedar makan bersama tim dapat menumbuhkan sikap positif karyawan. 

Cara ini juga dapat membentuk hubungan yang suportif antar karyawan bahkan juga hubungan antara perusahaan dan karyawan. 

Melibatkan karyawan pada acara-acara perusahaan tentunya akan meningkatkan rasa bahagia dan kepedulian perusahaan terhadap karyawan. 

Pada karyawan millennial, perusahaan yang memiliki lingkungan kerja yang positif adalah sebuah perusahaan impian karena memiliki lingkungan kerja yang positif akan meningkatkan kreativitas  produktivitas dalam pekerjaan.

4. Membangun loyalitas karyawan

Perusahaan yang memiliki sistem kompensasi yang menarik memiliki potensi lebih besar untuk mendapatkan karyawan yang loyal.

Ini dikarenakan karyawan lebih merasa nyaman dan aman karena perusahaan memberikan kompensasi yang dapat meminimalisir resiko kerja yang dapat menimbulkan pengaruh terhadap kinerja karyawan. Sehingga karyawan akan lebih fokus membangun tujuan perusahaan. 


Mengenal Jenis Kompensasi

Kompensasi yang diberikan tidak hanya dalam bentuk uang saja. Berikut ini beberapa jenis kompensasi yang harus kamu tahu.

1. Upah atau Gaji

Upah dan gaji memiliki pengertian yang berbeda. Upah merupakan imbalan yang diberikan atas satuan waktu kerja. Misalnya upah harian, upah lembur, upah kerja borongan dan upah kerja per jam atau per project. 

Sementara itu, gaji merupakan sebuah imbalan atas suatu tanggung jawab pekerjaan yang dihitung dalam bulan, semisal gaji bulanan tetap. 

2. Insentif

Istilah insentif juga bisa dipahami sebagai bonus atau kompensasi yang diberikan perusahaan untuk mengapresiasi prestasi dan kinerja karyawan. 

Insentif ini juga menjadi cara untuk meningkatkan produktivitas dan semangat kerja karyawan. 

Misalnya insentif akan diberikan jika karyawan dapat mencapai target tahunan, karyawan mendapat nilai project yang tinggi, dan sebagainya tergantung standar perusahaan. Insentif juga biasanya diberikan secara perorangan atau tim.

3. Tunjangan

Kompensasi jenis ini dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. 

Tunjangan tetap biasanya diberikan secara teratur dengan besaran yang sama pada saat menerima gaji. Tunjangan tetap biasanya berupa tunjangan kesehatan, tunjangan keluarga, tunjangan profesi, tunjangan dana pensiun, dan sebagainya.

Tunjangan tidak tetap merupakan tunjangan yang memiliki sifat fleksibilitas. Misal tunjangan rapat, tunjangan kehadiran, liburan kantor dan sebagainya.

4. Fasilitas Perusahaan

Kompensasi satu ini biasanya tidak berupa uang namun lebih kepada kemudahan, kenikmatan, atau natuna. 

Kompensasi jenis ini biasanya menyesuaikan pada kemampuan perusahaan untuk menunjang fasilitas yang memadai. 

Kompensasi jenis ini biasanya berupa fasilitas mobil dinas perusahaan, keanggotaan klub olahraga, tiket liburan, voucher diskon khusus karyawan dan sebagainya. 

Selain kompensasi di atas, kompensasi juga dapat berupa sistem yang mudah dan saling menguntungkan antara karyawan dan perusahaan. 

Tidak jarang saat kerja lapangan, karyawan menggunakan dana pribadi untuk membeli kebutuhan kantor. Sehingga kantor harus memberikan sistem yang mudah untuk karyawan melakukan proses reimbursement, salah satunya adalah template reimbursement form

Spenmo merupakan software manajemen biaya yang dapat membantu karyawan dan perusahaan dalam mengelola pengeluaran bisnis termasuk proses reimbursement yang mudah dan cepat. 

Nikmati berbagai fitur yang dapat digunakan dalam transaksi pembayaran mulai dari invoice dan tagihan, claim reimbursement karyawan hingga transfer dana lokal dan internasional. Gunakan Spenmo untuk manajemen keuangan perusahaan lebih mudah.

1 komentar :

  1. Bener banget kompensasi menjadi hal yang diharapkan oleh karyawan perusahaan, enggak heran kalau ini sangat mempengaruhi kinerja mereka. Baru tahu sih kalau kompensasi itu penting mengingat resiko di dunia kerja memang harus ada. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita