Liburan Seru Sekeluarga di Dufan Ancol Jakarta

Setelah saya fikir-fikir, ternyata ada banyak wish list liburan ketika pulang kampung yang belum terlaksana juga hingga sekarang. Salah satunya adalah berlibur di Dufan Ancol yang merupakan tempat Wisata di Jakarta Utara. Bagi kami, perantau yang tinggal jauh di utara Pulau Jawa, pulang kampung itu ibarat peribahasa “sambil menyelam minum air” atau istilah lain yang mendekati, “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.” Selain untuk bersilaturahim dengan keluarga besar di Depok dan Garut, agenda pulang kampung itu kerap kali kami manfaatkan untuk berlibur ke berbagai tempat wisata di Jakarta dan Jawa Barat.

Liburan Seru di Dufan Ancol
Liburan Seru di Dufan Ancol

Setiap kali melihat iklan Dufan Ancol di televisi, selalu ada rasa penasaran ingin liburan ke sana dengan membawa pasukan lengkap. Yakni mengajak suami, anak-anak, orang tua, dan keponakan-keponakan. Terakhir kali saya mengunjungi Dufan adalah sekitar tahun 2006, sudah 17 tahun yang lalu. Ya ampuun sudah sangat lama sekali. Tentu ada banyak perubahan dan perkembangan yang makin membuat salah satu destinasi wisata favorit ini semakin menyenangkan untuk dikunjungi.


Sebagaimana kita ketahui bersama, Dufan merupakan tempat wisata anak di Jakarta yang sangat terkenal dan lengkap karena memiliki berbagai wahana permainan yang sangat banyak. Selain itu, tidak hanya anak-anak yang dapat menikmati wahana-wahana permainan ini, para orang tua dan dewasa lainnya juga bisa mengunjungi atau menaiki wahana-wahana tersebut. Sebut saja Bioskop 4D yang berada di lokasi Ocean Dream Samudra, ada juga Atlantis Water Adventure, kemudian kereta gantung, bianglala, dan banyak lagi yang lainnya.


Sebagai orang tua, saya sangat ingin mengajak anak-anak ke wahana-wahana yang semakin membuat perkembangan motorik dan sensorik mereka semakin terasah seperti mengunjungi Learning Farm, Rumah Lebah, Taman Burung dan juga Sea World. Wahana-wahana ini akan disukai kedua anak perempuan saya karena dapat menjadi sarana pembelajaran mereka untuk lebih mengenal lagi apa itu petani, peternak, dan bagaimana menjadi penyayang binatang.


Ada banyak rencana yang seharusnya terwujud di tahun-tahun sebelumnya. Namun seperti yang kita maklumi bersama, bahwa di tahun-tahun yang lalu terjadi pandemi sehingga kami tidak dapat pulang kampung atau bepergian ke luar dari Pulau Batam kecuali karena urusan yang sangat darurat sekali. Ketika tahun 2022 lalu kami pulang kampung, sayangnya tidak memiliki cukup waktu untuk sekalian berlibur berhubung ada banyak saudara dan keluarga yang harus kami kunjungi. Alhasil, ketika pulang kampung saat lebaran tahun lalu kami tidak pergi berlibur ke mana pun.


Oleh karena Dufan menjadi lokasi liburan utama ketika kami pulang kampung lagi nanti di kemudian hari, maka ada banyak wahana menarik yang mulai saya intip-intip untuk kami naiki dan kami kunjungi. Selain itu bisa menabung lebih awal guna menyiapkan dana untuk pembelian tiket. Sayang kan sudah jauh-jauh datang ke Jakarta eh malah cuma mengunjungi satu atau dua wahana saja padahal yang tersedia di sana ada puluhan. Kalau bisa bersenang-senang sambil mengenalkan kepada anak-anak mengenai berbagai hal yang bermanfaat bagi tumbuh kembang mereka, kenapa juga harus sayang dalam mengeluarkan uang? Iya nggak? Jadi harus mulai difikirkan nih untuk biaya liburan ke sana bersama seluruh anggota keluarga.


Btw, seperti yang sudah saya sampaikan di atas, setidaknya ada beberapa wahana yang sudah saya tandai untuk dikunjungi seperti Learning Farm dimana anak-anak akan diajak mengenal cara bercocok tanam terutama menanam padi dimulai dari membajak sawah, menyemai, menanam, memelihara, hingga memanen. Hal ini dapat mengajarkan kepada anak-anak untuk berproses dalam meraih sesuatu. Tidak serba instan dan tidak hanya sekadar meminta namun melalui berbagai tahapan. Wahana ini juga dapat mengajarkan anak-anak untuk bersabar dan melatih diri untuk teliti serta telaten.


Nah kalau teman-teman mau mengunjungi wahana yang mana?







1 komentar :

  1. Sering denger tentang Dufan yang menghadirkan banyak wahana seru, bakalan bikin anak bahagia kalau ke sana pastinya. Mumpung di liburan sekolah yang agak panjang seperti sekarang, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita