Suka Duka Membuat Konten di Blog

“Assalamualikum Kak Lina, ini Saye Dodi. Kak masih ingat tak same saye? Sewaktu Kak Lina same Kak Ipung lagi kemping di Pulau Akar, foto anak yang lagi senyum tu Saye Kak!”


Tiba-tiba sebuah email masuk dengan lampiran sebuah foto anak-anak yang sedang mendayung perahu. Saya kaget dan terharu. Ya ampun itu postingan blog tahun berapa ya hingga anak-anak yang saya foto bisa membaca tulisan perjalanan kemping saya di Pulau Akar, tempat tinggal mereka dan bahkan anak-anak tersebut bisa mengirimkan email kepada saya. Anak-anak di foto itu tentu kini sudah besar dan menurut pengakuan Dodi kini ia berusia sekitar 20 tahun.


Dodi dan temannya


Saya pun lantas memandangi foto tersebut. Ah dua-duanya anak ini tersenyum. Lalu yang mana satu Dodi ini?


Karena penasaran saya pun kemudian mencari-cari kembali postingan tersebut. Ternyata saya upload di blog linasasmita.com pada 1 Oktober 2016. Sebenarnya tulisan tersebut sudah ada sejak tahun 2006 dan pernah diunggah di website lain, namun akhirnya saya pindahkan karena website tersebut sudah tidak aktif lagi.


“Halo Mbak Lina, seru banget membaca petualangan Mbak. Saya Rina dari Bandung, sudah ibu-ibu dan bermaksud untuk jalan-jalan ke Batam bersama dengan satu anak saya yang sudah dewasa. Dari beberapa pulau yang diceritakan di blog itu manakah yang paling menarik dan bagaimana caranya untuk ke sana? Saya membaca tentang Pulau Abang, Pulau Mubut, Pulau Ranoh, Pulau Subang Mas. Sebaiknya naik apa ni dan siapa yang bisa saya hubungi dan apakah bisa ikut rombongan orang gitu untuk naik pompong? .....”


Sebuah email kembali membuat saya tersenyum. Alhamdulillah ada yang membaca blog saya. Alhamdulillah ada yang senang dan merasa seru ketika membaca tulisan-tulisan saya. Sungguh ketika ada pembaca blog yang mengirimkan email seperti ini, saya sangat gembira dan merasakan sensasi yang luar biasa ketika dapat terhubung dengan pembaca blog saya secara khusus.


Perhatian kecil dengan mengirimkan email-email seperti ini, meskipun hanya berterima kasih atau bertanya, sungguh membuat saya merasa tidak sia-sia selama ini menulis di blog. Betapa senangnya ketika ada satu dua orang pembaca yang mengirimkan email sekadar “say hello” atau bertanya. Entah kenapa hal itu membuat saya semakin bersemangat untuk membuat konten blog lebih banyak lagi. Perasaan saya ketika mendapatkan email pembaca tak terukur materi. Bahagia dapat membantu orang lain menemukan solusi. Hal ini sesuai niat pertama kali ngeblog adalah untuk berbagi pengalaman perjalanan sehingga ketika ada orang yang berniat sama dapat terbantu dengan cepat dan mudah.


Awalnya, pekerjaan ngeblog adalah hobby untuk sekadar berbagai pengalaman, namun siapa sangka dari hobby ini ternyata telah mendatangkan banyak keuntungan secara materi. Satu per satu email masuk dan menawari kerja sama tulisan berdatangan. Hal ini sedikit banyaknya membuat semangat ngonten di blog meningkat.


Sebagai konten kreator, para blogger membuat tulisan dan menambahkan gambar untuk ditampilkan di website miliknya. Blogger seperti saya dan teman-teman memang harus terampil dalam menulis sekaligus mengelola website yang dimiliknya. Keterampilan menerapkan berbagai strategi seperti mengevaluasi trafik dan menggunakan berbagai tool analitik juga diperlukan agar blog tetap dikunjungi oleh pembaca.


Untuk membuat konten hadir di jagat dunia maya, para blogger tentu membutuhkan jaringan internet sehingga karya tulisannya dapat tayang dan dibaca secara luas oleh audiens. Bagi saya sendiri ketika membuat postingan untuk blog biasanya dikerjakan di rumah karena sudah ada wifi dari IndiHome yang dapat memaksimalkan potensi dan ide-ide cemerlang saya ketika ngeblog secara online sehingga ide-ide dapat secepat mungkin dieksekusi.


Apa itu IndiHome?


Teman-teman tentu sudah tidak asing lagi dengan IndiHome. Salah satu internet provider persembahan dari Telkom Indonesia di mana layanan unggulannya adalah layanan digital yang menyediakan internet, telepon rumah, dan TV interaktif dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan masyarakat. Saat ini, jaringan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet terbaik bagi masyarakat.


Guna memenuhi komitmen Telkom Indonesia dalam melayani kebutuhan internet di Nusantara, maka IndiHome sebagai internet provider terpercaya di Indonesia terus melakukan inovasi dengan berbagai layanan dan produk-produknya.


Untuk produk layanan internet, IndiHome sudah menggunakan jaringan fiber optik dan tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Hadir dengan menawarkan pilihan kecepatan Internet unlimited hingga 300 Mbps. Selain cepat, akses internet IndiHome lebih stabil dan tahan terhadap cuaca. Aktivitas saya sebagai blogger terasa bebas tanpa batas karena layanan internet IndiHome yang cepat dan kuat.



Referensi:
1. https://www.niagahoster.co.id/blog/content-creator-adalah/

2 komentar :

  1. Masih menuju ke tahap konsisten menulis... Apa daya, pekerjaan di dunia nyata masih berat untuk ditinggalkan...

    BalasHapus
  2. Wah sangat menginspirasi sekali buat saya yang justru baru terjun ke dunia blog. Tapi memang, segala sesuatu hal, yang sulit adalah konsisten. Kak Lina sekarang bisa mendapatkan keuntungan materi dari blog setelah bertahun-tahun berjuang keras membesarkan website ini. Keren banget kak.

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita