Serunya Grand Opening HokBen Pertama di Kota Batam

Sebagai seorang karyawan yang hampir 25 tahun bekerja di perusahaan multinasional Jepang di Kota Batam, sedikit banyaknya saya menyukai hal-hal yang berbau Jepang. Selain budaya kerja, makanan Jepang adalah hal lain yang perlahan saya sukai. Beberapa makanan Jepang yang saya sukai tersebut diantaranya seperti sushi, ramen, mochi, tempura, teriyaki, dan tori no teba. Maka ketika mendengar HokBen - restoran bergaya Jepang – akan membuka gerai pertamanya di Kota Batam, saya langsung semangat untuk menghadiri grand opening-nya.   

HokBen Batam
Backdrop Grand Opening


Pada pagi yang cukup cerah, Kamis, 13 Juli 2023 dengan mengantongi cuti setengah hari dari perusahaan, saya bersama Blogger Batam, Yulia Marza, meluncur menuju Grand Batam Mal yang terletak di Jalan Pembangunan, Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam. HokBen Batam terletak di lantai tiga mal bersama deretan gerai-gerai makanan dan minuman siap saji terkenal lainnya yang sudah memenuhi hampir seluruh lantai tiga. 


Kami sengaja datang lebih pagi supaya tidak terlalu terburu-buru. Selain itu, rencananya mau nongkrong ngopi-ngopi cantik dulu di sekitaran mal meskipun pada akhirnya tidak jadi karena terlanjur berkeliling-keliling di kompleks pertokoan yang ada di kawasan Jodoh - Nagoya. Jam sembilan pagi kami sudah duduk manis di sebrang mal sambil nyeruput Teh O dan Teh Obeng karena tahu yang namanya mal di Indonesia tetap buka jam sepuluh pagi dan tentu saja karyawan-karyawan yang bekerja di mal baru mulai bekerja mendekati jam sepuluhan. Benar saja ketika kami naik ke lantai tiga, panitia masih sibuk bersiap-siap. Meskipun begitu kami tetap enjoy menikmati suasana HokBen yang meriah apalagi bertemu kembali dengan rekan-rekan blogger yang sudah jarang bertemu.  


Untuk beberapa event atau undangan yang berbarengan dengan jam kerja, biasanya saya sering skip. Namun  untuk Grand Opening HokBen kali ini, saya tidak rela. Entah kenapa memang penasaran dan antusias banget. Ada banyak kenangan masa SMA dulu yang mungkin tetap melekat dalam ingatan sewaktu namanya masih Hoka-Hoka Bento. Dan ternyata teman-teman blogger yang lain pun begitu. Rela meninggalkan jam kerja setengah hari demi menyambut pembukaan HokBen. 

Blogger di event HokBenBatam
Rekan-rekan Blogger Batam


Grand Opening HokBen di Grand Batam Mal

Acara Grand Opening HokBen dihadiri oleh Regional Manager HokBen se-Sumatera yakni Pak Dedi Davianto dan Bu Irma Wulansari Public Relation HokBen Pusat dari Jakarta. Pak Dedi menerangkan bahwa ide pembukaan HokBen di kota Batam sebenarnya sudah digagas semenjak 2019 sebelum pandemi bahkan beliau sudah pernah survei namun ditunda beberapa tahun karena pandemi. 


Tahun 2023 ini ketika perekonomian mulai bangkit dan HokBen tetap berkomitmen untuk mendekatkan diri kepada para pelanggan, maka saatnya HokBen mengenalkan keragamanan kuliner serta pengalaman bersantap dengan berbagai pilihan menu khas Jepang yang lezat namun tetap halal kepada masyarakat Batam. Pak Dedi juga menerangkan bahwa pembukaan gerai di HokBen ini merupakan gerai ke-40 di Sumatera dan gerai ke-368 di Indonesia. Selain itu Batam juga merupakan kota ke-79 yang dipilih HokBen dalam rangka mendekatkan diri kepada para pelanggan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.


Dalam siaran persnya, Pak Sugiri Willim, Direktur Operasional PT Eka Bogainti (HokBen) menyatakan bahwa sangat senang dapat menambah gerai di kota Batam sehingga masyarakat Batam dapat menikmati ragam menu HokBen yang selama ini hanya mereka jumpai di luar Batam. Warga Batam tidak perlu titip HokBen dari daerah lain seperti dari Jakarta atau kota besar lainnya. 


Saya jadi teringat seorang teman di tempat kerja, dia sampai titip dibelikan HokBen dari Surabaya karena sudah 3 bulan lalu mendengar kabar di Batam akan dibuka namun ternyata belum buka-buka juga. Ketika melihat postingan instastory saya dia kaget karena hari itu HokBen sudah buka di Batam. Antara kesal dan senang sih dia. Kesal karena terlanjur titip dan senang karena makanan kesukaannya Tori No Teba bisa segera dia nikmati secara langsung dari gerainya.  


Pada kesempatan pembukaan HokBen juga ditayangkan video mengenai sejarah berdirinya HokBen di Indonesia. HokBen hadir di Jakarta pada 18 April 1985, di bawah manajemen PT. Eka Bogainti sebagai restoran siap saji bergaya Jepang di Indonesia. Sebagai merek asli Indonesia, HokBen memulai perjalanannya dari satu store di Kebon Kacang, Jakarta yang kemudian tumbuh dan berkembang hingga memiliki lebih dari 368 gerai di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi (data hingga 13 Juli 2023). 


HokBen menyadari bahwa masyarakat Indonesia selektif dan hati-hati dalam memilih makanan untuk dikonsumsi termasuk soal kehalalan makanan yang disajikan. Oleh karena itu, HokBen selalu mengutamakan kualitas terbaik dan terjamin kehalalannya di semua menunya, mulai dari bahan baku, proses produksi sampai siap disajikan kepada pelanggan HokBen. Restoran HokBen memiliki Sertifikat Halal no. 00160048830908 dari MUI dan Sertifikat Sistem Jaminan Halal No. HC182/LPPOMMUI-CVR/X/2021. 


Acara seremonial Grand Opening HokBen pertama di Batam disambut dengan tari persembahan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Pak Dedi Davianto selaku Regional Manager HokBen, Pak Yanto selaku General Manager Grand Batam Mal dan  Pak Ardiwinata selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam. Selanjutnya acara diakhiri dengan gunting pita yang menandai resminya gerai HokBen pertama di Kota Batam.

Grand Opening HokBen Batam
Tari Persembahan


HokBen Grand Batam Mal memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 84 bangku dan siap menjadi salah satu pilihan tujuan tempat makan masyarakat Batam saat mengunjungi pusat perbelanjaan ini. Meskipun mengusung masakan khas Jepang, HokBen merupakan restoran merek lokal yang menjaga kualitas makanan dengan baik. Dari mulai kebersihan, bahan-bahan pilihan dan higienis, hingga rasa yang dihadirkan menjawab ragam kebutuhan berbagai selera masyarakat tanah air Indonesia. 


Memasuki tahun 2023 ini HokBen genap berusia 38 tahun. Sebuah waktu yang tidak sebentar untuk menemani pelanggan setia HokBen. Seiring perjalanan waktu, HokBen berkomitmen menciptakan dan menyediakan makanan yang dapat menyatukan rasa seluruh pelanggan dari berbagai usia. Seperti yang disampaikan oleh Bu Irma Wulansari, ketika satu keluarga datang ke HokBen, maka ada banyak menu yang dapat dipilih oleh ayah, ibu dan anak-anak yang cocok dengan selera dan lidah masing-masing. Sehingga menjadikan HokBen sebagai restoran favorit semua orang karena dapat menyatukan rasa para pelanggan dengan pilihan menu yang berbeda. Hal ini selaras dengan visi HokBen untuk membawa kebaikan dan memelihara kehidupan masyarakat dengan menciptakan dan menyediakan makanan yang berintegritas. 


Pembukaan Gerai pertama HokBen di Kota Batam akan menghadirkan menu-menu khas HokBen seperti Ekkado, Tori No Teba, Egg Chicken Roll, Ebi Furai, Kani Roll, Beef /Chicken Teriyaki dan Yakiniku atau Set Menu HokBen seperti Bento Spesial, Paket ABCD, Simple Set Teriyaki serta menu favorit HokBen lainnya seperti Ramen, HokBen Fried Chicken dan Tempura. Selain itu ada banyak pilihan salad, snack dan dessert di HokBen yang cocok untuk dinikmati sambil bersantai. 


Dalam rangkaian grand opening dan dalam rangka menyambut pelanggan, HokBen Batam menyediakan ragam souvenir menarik yang bisa didapatkan dengan cara melakukan pembelian menu HokBen dalam jumlah dan harga tertentu. Berikut promo untuk mendapatkan souvenir tersebut: 

  • Tanggal 14 Juli & 17 Juli 2023, akan ada hadiah Payung HokBen untuk 100 pembeli pertama khusus layanan take away dengan minimal transaksi Rp. 150.000,- 
  • Tanggal 15 & 18 Juli 2023, ada hadiah Bantal HokBen untuk 100 pembeli pertama khusus layanan take away dengan minimal transaksi Rp. 100.000,- 
  • Tanggal 16 & 19 Juli 2023, ada hadiah Tumbler HokBen untuk 100 pembeli pertama khusus layanan take away dengan minimal transaksi Rp. 100.000,- 
  • Tanggal 20 Juli 2023, ada hadiah Voucher Makan yang berlaku 1 tahun untuk 100 pembeli dine in minimal transaksi Rp 200.000,- 
  • Tanggal 30 Juni – 21 Juli 2023, ada harga spesial Rp. 25.000,- untuk setiap pembelian HokBen Fried Chicken 1 pcs + Nasi + Teh Botol Sosro/Aqua dari harga normal Rp. 43.000,- 


HokBen Peduli Lingkungan 

Pada sesi Grand Opening ini Bu Irma Wulansari menerangkan bahwa HokBen memiliki komitmen untuk menjaga kepedulian terhadap lingkungan dan selalu membawa kebaikan kepada masyarakat. Salah satunya yaitu dengan mengelola sampah menjadi produk bernilai bagi masyarakat. Kepedulian ini diwujudkan dengan melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak tertentu dalam mengolah sampah seperti bekerja sama dengan Rebricks yang mengolah sampah plastik mika bekas HokBen menjadi bahan bangunan roster yang kemudian digunakan kembali untuk desain interior beberapa gerai hokben di Indonesia. Saat ini sudah ada 30 gerai HokBen yang menggunakan eco-roster dan HokBen sudah mengolah 20.380 plastik mika atau sekitar 300 kilogram sampah plastik mika. Wow...mengagumkan bukan?


Selain dengan Rebricks, HokBen juga berkolaborasi dengan Boolet dalam mengolah sampah sumpit sekali pakai yang dijadikan barang rumah tangga ramah lingkungan namun tetap berkualitas. Selama Januari hingga Maret 2023, HokBen berhasil mengumpulkan lebih dari 2.000 kilogram sumpit bekas sekali pakai dari gerai HokBen di area Jabodetabek.


Ke depannya HokBen juga berencana untuk melibatkan pelanggan yang membeli take away untuk mengumpulkan sampahnya dan menukarkan untuk didaur ulang oleh partner HokBen sehingga tidak mengotori lingkungan. Sampah dari pelanggan ini kemudian dikonversikan ke dalam bentuk poin reward atau lainnya sehingga para pelanggan mendapatkan keuntungan. Sekecil apapun usaha tersebut tetap saja akan berdampak bagi kelestarian dan kebersihan lingkungan dan patut kita dukung terus.


Btw, untuk teman-teman warga Kota Batam yuk segera berkunjung ke HokBen Grand Batam Mal untuk menikmati menu-menu istimewa dengan harga yang masih promo. Kabar dari teman-teman yang ke sana, pengunjung HokBen membludak dan antri panjang gegara postingan mereka di instagram. Sungguh luar biasa!


36 komentar :

  1. Bento HokBen enak banget ya teh, penasaran icip menu lainnya. Tapi antrian masih panjaaaannng... Ntar dulu aja deh.

    BalasHapus
  2. Yeaah akhirnya buka gerai juga di Batam. Udah lama kangen pengen nyicipin hokben lagi.

    BalasHapus
  3. Banyak ya promo nya jadi makin menggebu2 mau ke HokBen juga, semoga dalam minggu ini bisa..pengen ngerasain menu2 ramen dan HokBen lainnya😊

    BalasHapus
  4. Makanan andalan zaman kerja di Jakarta. Akhirnya ada di Batam

    BalasHapus
  5. aku seneng kalau ngajak anak-anak ke Hokben. anak-anak ku doyan banget sama menunya Hokben. Apalagi mereka punya paket kiddo yang dapet bonus mainan

    BalasHapus
  6. Cocok banget nih makan siang di hokben hari ini

    BalasHapus
  7. Aku baru tahu lho teh, jika mika itu bisa dibuat jadi bahan bangunan rooster, harusnya semua gerai makan menerapkan inovasi kayak gini ya, biar sampah makin berkurang ke TPA

    BalasHapus
  8. antrean panjang di grand mall teh, kapan buka batam center, biar kalau meeting kami bisa makan hokben. :D

    BalasHapus
  9. Waaaw...sudah 300an gerai ya mbak..banyaak. eh aku malah belum coba hokben yg di Mks. Trakhir makan hokben di Salatiga, pas mudik Natal kmaren. Diiuh jd pengen makan hokben deh.. oh iya, bbrp hari lalu aku baca nih soal kerjasama hokben dg rebrick di Ig-nya rebrick. Keren dah..

    BalasHapus
  10. Pasti seru banget ya mb grand openingnya. Sayangnya saya gak bisa datang langsung. Diwakilin suami sih kapan2 datang ke sanalah sama anak2 juga

    BalasHapus
  11. Warga Batam jangan sampai deh melewatkan kesempatan menikmati kelezatan makanan Hokben. Apalagi masih ada promo ya mba. Soal rasa udah pasti enak karena Hokben ini kesukaan aku sekeluarga :)

    BalasHapus
  12. HokBen tuh aku suka sama menu makanannya, murah dan enak lah. Kabarnya ada menu ramen juga ya sekarang. Kangenlah sama Menu HokBen, jadi sering nongki di grand mall ah. Hehehehe

    BalasHapus
  13. Banyak jugs ya varian makanan di Hok Ben tp bunda vuma aoal 2 macan saja yerriyaki dan yakiniku. Sedangkan jenis Iainnya yg bunfa gak hafal tl kl di oleh2in anak2 dr Hok Ben apa aj gak pernah nolak karena tau rasanya pazti yummy banget.

    BalasHapus
  14. Wah, senang sekali Hokben sudah sampai Batam. Semoga sukses terus dan semakin berkembang di Batam

    BalasHapus
  15. Boleh dibilang saya ini penggemar berat masakan Jepang. Dan yang bertanggung jawab dalam membentuk lidah saya pada rasa makanan Jepang, ya Hokben ini. Dulu masih disebut Hoka Hoka Bento. Nah paling suka pada supnya, walau sekarang hokben sudah tak kasih free sop miso, tapi tetap saya kalau ke resto ini yang dicari adalah miso-nya. Senang ya Mbak, akhirnya Hokben sampai juga di Batam :)

    BalasHapus
  16. Pas banget ya, hokben buka dgn mba yang udah familiar sama yg berbau jepang. Jadi udah akrab aja lidahnya.
    Ternyata banyak juga kota-kota perdana yg akhirnya dikunjungi Hokben. Di kota kami, Balikpapan juga perdana tahun ini. Mirip-mirip dengan pengalaman saya, ada teman yg baru aja pindah kota. Giliran saya ngepost tentang Hokben buka, dia antara kesal dan senang, hehehe. Tapi, ini membuktikan Hokben memang ditunggu-tunggu kedatangannya di berbagai daerah lain di Indonesia.

    BalasHapus
  17. Wah gand openingnya meriah banget mba lin, sampai ada tari persembahan segala..itu khas melayu riau kah tariannya mba? salut komitmennya hokben utk peduli lingkungan...

    BalasHapus
  18. Akhirnya Hokben buka juga di Batam ya mba..jadi lebih dekat nih soalnya anak2ku klo main ke mall pasti pilihannya Hokben mba.. grand opening keren ini klo di Jakarta gk ada tarian2nya

    BalasHapus
  19. Hokben tuh favorit banget deh untuk keluarga ya, apalagi sekarang menunya tambah banyak. Bahkan pernah ya, pas aku ke Bali itu si anakku minta makan Hokben untung ada. Menunya juga sesuai sekali untuk makanan keluarga, terutama anak-anak.

    BalasHapus
  20. mba ini seriusan hokben pertama kali di Batam? btw acara grand openingnya seru dan megah sekali ya

    BalasHapus
  21. Waah meriah sekali pembukaan Hokben. Hokben ini salah satu kesukaan anak2, biasa beli paket hemat 1.

    BalasHapus
  22. Ya Allah.. promo-promonya... Bikin saya ingin terbang ke Batam untuk beli Hokben!!!
    Rasanya paling enak dan mantap untuk sejenisnya, sih.

    BalasHapus
  23. Kalau baru buka kaya gini, biasanya banyak promo-promo menarik. Yang pasti bikin senang ya karena yang biasanya ada di kota besar, kini sudah ada di kota sendiri. Gakperlu jauh kalau mau makan HokBen

    BalasHapus
  24. seru banget grand opening-nya ada tarian ya, suka dengan HokBen menunya bikin kangen dan aku baru najak anak makan di HokBen menu barunya ada ayam goreng dan ramen

    BalasHapus
  25. Kayaknya kejar tayang juga HokBen ya, lanjut di tanggal 15 Juli, launching di Pangkal Pinang.seru banget deh sekalian bisa kumpul blogger yah

    BalasHapus
  26. Bener-bener pengobat rindu banget ya, kak Lina... dengan kehadiran HokBen Batam.
    Dan jangan sampai terlewat promo-promo menariknya.. Cuma sampai tanggal 21 Juli ajaa..
    Kapan lagi makan nikmat menu Jeoang dengan harga super super terjangkau.

    BalasHapus
  27. Wahh seru banget yaa. Akhirnya HokBen buka juga di Batam. Salah satu resto favorite ku dan keluarga nih. Karena menunya enak. Apalagi ada paketan yang sangat terjangkau dan dapat menu lengkap.
    Baru tahu juga nih komitmen HokBen untuk jaga lingkungan. Keren sih.
    Aku sendiri biasanya milih buat ngurangin pakai sumpit sekali pakai meski di HokBen. Biar nggak nambah sampah aja gitu kan

    BalasHapus
  28. Alhamdulilla akhinya ada Hokben di Batam. Hokben ini kesukaanku banget. Semua varian menunya suka. Saking apanya coba. Salut juga pada Hokben yang peduli dengan lingkungan.

    BalasHapus
  29. Seru banget nih grand openingnya HokBen Batam. Akhirnya setelah lama dinanti HokBen buka cabang juga di Batam. Semoga segera menyusul mall-mall lainnya di Batam, Amiinnn.

    BalasHapus
  30. Wah, finally HokBen buka jg diBatam, kebetulan bngt nih HokBen makanan favorit saya dan Tante saya, bahkan saking pengen ny kemarin,sampai minta tolong dibawakan HokBen dari Surabaya ke Batam,mudah²an HokBen bisa segera memperbanyak cabangny dibatam ini,agar orang² yg jauh ke grandmall dapat jg merasakan kenikmatan HokBen tanpa perlu pergi jauh² kesana.

    BalasHapus
  31. Astika Sari21 Juli, 2023

    Yeayy akhirnya hokben buka di batam!

    BalasHapus
  32. Suka banget ama hokben gmn crita tuhhh rela ampe nitip jauh jauh trus 3 hari kemudian bukaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  33. Libur mau ksana bawa keluarga apalgi kami satu keluarga pecinta hokben sukses slalu

    BalasHapus
  34. Promonya masih berlaku besok nggak ya? Aku mau makan siang di HokBen ah besok. Jadi ingat pembukaannya seru banget.

    BalasHapus
  35. acaranya seru banget ya teh, sayang fakir cuti, tapi entar weekend mau ke sana ahh bawa Zia penasaran soalnya

    BalasHapus
  36. Salut sama Hokben yang punya kepedulian tinggi terhadap lingkungan, mika dan sumpit bekasnya diolah lagi menjadi bahan yang berguna.

    Demi menghadiri grand opening Hokben sampai rela cuti setengah hari ya mbak, lebih seneng lagi tuh kalau bisa dapat hadiah payung cantiknya

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita