Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City di Indonesia

Kota adalah mesin pertumbuhan ekonomi. Kota juga memberikan peluang besar untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, mengkatalisasi pembangunan ekonomi, dan berfungsi sebagai inkubator ide-ide dan inovasi baru (ADB, 2019).

 

BSD City
BSD City. Foto: Sinar Mas Land

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, saat ini populasi perkotaan dunia diperkirakan akan mencapai 3-5 miliar jiwa (61%) pada 2030. Revolusi industri dan perubahan sosial ekonomi yang diakibatkannya, menyebabkan transformasi pada pola pemukiman dan pola hidup (Sasanpour, 2017).

Karena semakin meningkatnya perkembangan kota dan permasalahannya, maka teori pembangunan berkelanjutan yang diikuti dengan pendekatan kota layak huni (livable city) banyak menjadi pertimbangan para pengambil kebijakan dan pengembang di berbagai negara di dunia termasuk Indonesia.


Sekilas Tentang Kota Layak Huni (Livable City)

Secara teori livable city diartikan sebagai istilah yang menggambarkan lingkungan dan ruang kota yang nyaman dan berkelanjutan sebagai tempat tinggal, bekerja, dikunjungi untuk berbagai aspek fisik (semisal sarana perkotaan, infrastruktur, tata ruang) serta kegiatan non-fisik dalam hal hubungan secara sosial, ekonomi, dll (Sasanpour et al. 2015).

Lingkungan kota yang livable dengan perencanaan yang baik merupakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi kehidupan, pekerjaan, dan pembangunan. Termasuk di dalamnya tata kelola yang baik, perekonomian yang kompetitif, kualitas hidup yang tinggi serta kelestarian lingkungan.

Di Indonesia sendiri, perencanaan terhadap konsep livable city sudah digaungkan sejak beberapa tahun silam oleh berbagai kalangan termasuk para akademisi dan praktisi di bidang arsitektur dan tata ruang. Namun belum banyak terlaksana karena terkendala berbagai hal. Beruntungnya, perusahaan properti terbesar di Indonesia Sinar Mas Land, kini tengah mengembangkan konsep livable city pada setiap pembangunan proyek-proyeknya.

Sinar Mas Land Kembangkan Livable City di Indonesia

Salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia - Sinar Mas Land – kini sedang bergerak mengembangkan livable city dalam berbagai pembangunan proyek-proyeknya. Dengan perencanaan yang baik, didukung oleh profesionalisme dalam setiap langkah dan kebijakannya, Sinar Mas Land terus bergerak maju dalam pembangunan perkotaan dengan prinsip-prinsip yang mengutamakan berkelanjutan, berketahanan, dan inklusifitas.

4 Pilar yang Diusung oleh Sinar Mas Land dalam Pengembangan Livable City

Dalam mengembangkan konsep kota layak huni atau livable city, Sinar Mas Land mengusung 4 pilar sebagai konsep pembangunannya yakni Live, Learn, Work, and Play. Keempat pilar ini akan terus dimanifestasikan dalam berbagai proyek pembangunan township yang sedang dibangun di berbagai kota di Indonesia seperti di Jakarta, Bekasi, Cikarang, Tangerang, Balikpapan, Batam, dan Surabaya.

Salah satu proyek Sinar Mas Land yang paling prestisius dan telah mengusung konsep livable city adalah BSD City yang terletak di Tangerang, Banten. BSD City telah dikembangkan selama lebih dari 38 tahun sejak tahun 1984. Dengan infrastruktur dan fasilitas lengkap, kualitas rumah terbaik dan tim manajemen profesional, BSD city telah menjadi primadona bagi siapa pun untuk tinggal dan bekerja di sana.  

Pilar Pertama: Live

Rumah di BSD City
Salah satu hunian nyaman di BSD City. Foto: Sinar Mas Land

Siapa yang tidak mengenal nama BSD City? Kota satelit ini begitu dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat Indonesia. Memiliki lahan dengan total luas 6.000 hektar dengan 40.000 unit rumah yang telah dibangun, hunian terintegrasi ini telah ditempati oleh 450 ribu penduduk. Berikut beberapa pertimbangan kenapa BSD City layak untuk ditinggali:

1. Pusat Perbelanjaan sangat Dekat

Tak mengherankan kenapa BSD City menjadi lokasi impian berbagai kalangan masyarakat untuk tinggal dan menetap di kota mandiri ini. Selain hal-hal dasar yang terpenuhi, kawasan ini mempunyai lingkungan yang tertata dengan baik. Sarana dan prasarana juga sangat mendukung kebutuhan hidup masyarakat di mana terdapat pusat perbelanjaan seperti Pasar Modern BSD dan Pasar Modern Intermoda, kemudian terdapat mall seperti The Breeze, AEON, QBig, dan ITC.

2. Terdapat Banyak Ruang Publik

Selain itu terdapat ruang publik seperti banyaknya daerah yang memiliki taman, area hijau, dan ruang terbuka hijau yang luas. BSD City juga menawarkan konsep kota ramah lingkungan dengan penerapan teknologi terkini, seperti sistem pengolahan air limbah, panel surya, dan penggunaan energi terbarukan. Hal ini tentu semakin menambah minat dan keinginan masyarakat memiliki hunian di akwasan ini semakin besar.

3. Akses Jalan

Akses jalan ke dan dari BSD City juga sangat mudah karena lokasi yang sangat strategis. BSD City sudah menjelma menjadi hub regional yang menghubungkan kota-kota besar dan kecil melalui Stasiun Intermoda di mana memadukan transportasi terpadu yang mengintegrasikan tempat-tempat di dalam Kota Tangerang dan sekitarnya.

Terdapat empat ruas jalan tol yang bisa ditempuh untuk mencapai BSD, yakni Tol Jakarta - Tangerang, Tol Ulujami - Serpong, Tol Kunciran - Serpong, dan Tol Serpong - Balaraja. Di BSD City juga terdapat 2 stasiun commuter line atau KRL yang bisa menjadi pilihan, yaitu stasiun Cisauk dan stasiun Rawabuntu.

4. Sistem Keamanan yang Terjamin

Dari sisi keamanan terdapat fasilitas keamanan 24 jam serta BSD Smart Digital City yang memberikan keamanan serta keselamatan kepada seluruh warga BSD dengan menggunakan smart digital camera video yang terletak di seluruh sudut kota. Kamera video tersebut nantinya akan terintegrasi dengan komputer serta traffic control yang dipantau melalui command center yang ada di BSD City

5. Tempat Ibadah Dekat dan Banyak

BSD City terbukti memenuhi kebutuhan warga secara spiritual dengan didirikannya tempat-tempat ibadah umat beragama di lokasi-lokasi strategis, Di mana terdapat 36 tempat ibadah yang terdiri dari 15 gereja. 14 masjid, 5 vihara, 1 pagoda, dan 1 kuil.

6. Terdapat Banyak Hotel dan Penginapan

BSD City menyediakan beragam pilihan hotel sesuai kebutuhan tamu. Berlokasi strategis di dekat pusat perbelanjaan dan kawasan bisnis seperti Hotel Grand Zuri, Mercure Hotel, POP Hotel, Santika Premiere ICE, dan lainnya.

7. Fasilitas Kesehatan

Terdapat 88 fasilitas kesehatan di BSD City mulai dari apotik, klinik kesehatan, klinik kecantikan, dental care, barber shop, klinik akupuntur, puskesmas hingga rumah sakit.


Pilar Kedua: Learn

BSD City dikelilingi oleh lebih dari 150 sekolah dan universitas berskala nasional dan internasional. Terdapat 127 sekolah formal, 32 lembaga pendidikan informal, dan 9 universitas seperti Prasetiya Mulia Business School, Universitas Atma Jaya, Jakarta Nanyang School, Deutsche Internationale Schule, Sinarmas World Academy, Apple Academy dan Monash University.

Monash University Indonesia. Foto: Sinar Mas Land

Pilar Ketiga: Work

BSD City memiliki 25 hektar kawasan perkantoran hijau yang terdiri dari 16 pusat perkantoran yang ditempati oleh kantor pemerintahan seperti imigrasi, kantor BUMN, PLN, Polsek, Polres, hingga pusat layanan sosial lainnya. Warga dapat dengan mudah memenuhi seluruh kebutuhan sipil di kawasan BSD City dan membatasi kesibukan perjalanan.

Green Office Park BSD City juga menjadi salah satu kawasan perkantoran bagi banyak perusahaan terkenal seperti Sinar Mas Land, Unilever, Traveloka hingga Apple Academy. Hal ini disebabkan oleh infrastruktur fiber optik yang sangat lengkap di kota ini. BSD City memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil. Kemudian kawasan ini juga berupaya membentuk ekosistem digital sehingga menjadi rumah bagi perusahaan teknologi dan digital.

Pilar Keempat: Play

Terdapat 46 hektar pusat hiburan dan pusat perbelanjaan di BSD City. Ada banyak tempat rekreasi yang inovatif dan juga ramah lingkungan seperti kebun raya, waterpark kelas dunia hingga pusat hiburan keluarga. Beberapa di antaranya seperti:

1. Exhibiton Hall

Di dalamnya terdapat Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang dirancang sebagai pusat pameran dan konvensi terbesar dan terluas di Indonesia, dengan luas total 220.000 meter persegi. Tempat yang sempurna untuk menyelenggarakan berbagai acara berskala nasional dan internasional.

2. Taman Kota 1 dan Taman Kota 2 BSD

Taman Kota 1 BSD mengusung konsep taman dengan pohon palem dan jalur jogging dan peralatan berolahraga serta taman bermain anak-anak. Sedangkan Taman Kota 2 merupakan taman dengan suasana hutan dan taman bermain. Memiliki jalur untuk pejalan kaki dan jalur pesepeda, area skateboard serta tempat bermain anak-anak.

3. BSD Xtreme Park

Merupakan wahana olahraga ekstrem terintegrasi pertama di Indonesia yang memiliki berbagai arena bermain untuk aktivitas bersepeda, go-kart, paintball, rock & rope, dan skating.

4. Botanical Park

Botanical Park merupakan nama kawasan hijau seluas 10 hektar yang memiliki danau buatan seluas 3,5 hektar dan jogging track sepanjang 15 km. Proyek taman ini merupakan kerja sama Sinar mas Land dengan Hongkong Land yang keberadaannya dikhususkan bagi penghuni. Sinar Mas Land berkomitmen untuk menanam lebih dari 1,500 pohon dari 100 spesies yang berbeda. Keberadaan pepohonan ini akan mengundang burung-burung untuk dating dan menjadikan lokasi ini sebagai habitatnya.

5. Ocean Park 

Ocean Park merupakan wahana rekreasi air seluas 8,5 hektar yang dikembangkan di lokasi strategis BSD City. Wahana ini memiliki beragam fasilitas lengkap untuk menjadi destinasi wisata berkualitas bagi keluarga.

Ocean Park. Foto: Sinar Mas Land

6. Golf Damai Indah

BSD City memiliki satu lapangan golf berkelas internasional yakni Golf Damai Indah yang dirancang oleh pegolf profesional ternama asal Amerika, Jack Nickalus. memiliki 18 hole golf course kelas dunia lengkap dengan fasilitas rekreasi tambahan seperti driving range, kolam renang ukuran olimpiade, kolam renang anak, lapangan tenis, dan ruang serba guna.


BSD City Layak Menyandang Predikat Livable City

Dengan segala kelengkapan fasilitas, layanan serta kemudahan yang dimiliki oleh BSD City, maka kota ini layak menyandang predikat Livable City karena telah memenuhi berbagai kriteria yang seharusnya dipenuhi oleh sebuah kota layak huni di mana selain memenuhi 4 pilar penyokong juga memiliki lima dimensi lainnya yang disebut “5Es of livable cities”. Hal-hal tersebut adalah (i) economic competitiveness atau daya saing ekonomi, (ii) environmental sustainability and resilience atau kelestarian dan ketahanan lingkungan, (iii) equity and inclusiveness atau kesetaraan dan inklusivitas, (iv) enablers atau faktor pendukung, dan (vi) engagement atau keterlibatan.

Jumlah kata: 1494 kata

Referensi:

1.https://www.adb.org/sites/default/files/publication/531126/livable-cities-main-report.pdf

2. Sasanpour, F., (2017), Livable city one step towards sustainable development. Contemporary Urban Affairs Volume 1, Number 3, 13– 17.

3. https://www.sinarmasland.com/news/banyak-diminati-berikut-keuntungan-beli-hunian-di-bsd-city

4. https://www.bsdcity.com/facilities/

 


21 komentar :

  1. Sinar Mas Land memang selalu inovatif dan hebat dalam bidang properti. Konsep LIvable City dalam hunian keluarga pasti sangat disukai dan menjadi idaman. Aman, nyaman, segala fasilitas super lengkap dari A sampai Z. Apalagi soal pendidikan wuih di BSD itu komplit bukan main. Jadi tak perlu jauh ke mana2 cukup di lingkungan sekitar rumah sudah ada semua. Keren!

    BalasHapus
  2. Sinar Mas Land memang juara. BSD City menjadi bukti sebagai livable city yang ke depannya bisa diikuti oleh pengembang lain. Sehingga tercipta lingkungan dan ruang kota yang harmonis untuk tempat tinggal

    BalasHapus
  3. Wah mantap ya BSD city, lengkap dan nyaman banget kayaknya. Tapi sebagai orang gunung asli, saya tuh lebih suka tinggal di kampung karena udaranya dingin dan segar. Gak perlu pake AC, hemat pula. Heheheh

    BalasHapus
  4. BSD City dengan segala kenyamanan dan fasilitas yang disediakan memang pas banget untuk mendapat predikat liveable city. Berawal dari hunian yang nyaman seperti ini, menjalankan kehidupan sehari-hari juga jadi lebih menyenangkan.

    BalasHapus
  5. Wohooo keren Sinar Mas Land mengembangkan livable city dengan banyak kemudahan dan strategis banget. Apalagi BSD city ini dikelilingi lebih dari 150 sekolah dan universitas, jadi ngga ragu buat meningkatkan akses Pendidikan buat anak. 4 pilarnya bisa bikin makin yakin buat tinggal di sini.

    BalasHapus
  6. Live, Learn, Work, and Play, 4 pilar pengembangan livable city dari Sinarmas ini tentunya akan menciptakan hunian yang menyenangkan bagi masyarakat ya mbak. Apalagi Sinarmas emang sudah dikenal sebagai pengembang perumahan terpercaya

    BalasHapus
  7. Kota layak huni dengan lingkungan yang nyaman dan berkelanjutan memang cocok dijadikan pilihan. Dan perusahaan properti pun kini makin berlomba mengembangkan konsep livable city, salah satunya Sinar Mas Land ini, yang ternyata selain memenuhi 4 pilar penyokong juga didukung kelestarian dan ketahanan lingkungan. Salut!

    BalasHapus
  8. Waaaww, Sinar Mas Land bikin kota hunian yang livable banget.. ngileeerrr kapan gitu pengen tinggal di kawasan seperti ini. Paling penting dia disokong oleh 4 pilar itu ya, live, learn, work, and play sehingga menciptakan lingkungan hunian yang nyaman dan bertumbuh.

    BalasHapus
  9. Nama besar Sinas Mas Land emang nggak perlu diragukan lagi sih. Utk mengembangkan Kota Layak Huni sudah sepatutnya banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan. Dan Sinar Mas Land, menurutku berhasil melakukan itu. Salut banget.

    BalasHapus
  10. Aku yang tetanggaan sama BSD juga kecipratan kemudahannya. Malah lebih sering jalan, belanja, main ke BSD ketimbang jauh2 ke Jakarta, soalnya BSD udah lengkap banget, semua2 ada di sana :D
    Ah pengen sekali ajakin anak main ke ocean park semoga menang kuis yang kemarin itu hehe :D

    BalasHapus
  11. Tapi memang BSD City ini kalau aku bilang bagaikan kota mandiri sih, karena selain memang huniannya nyaman dan aman. Disana juga lengkap banget fasilitasnya, pokoknya kalau tinggal disana tuh mau apapun ada.

    BalasHapus
  12. desain rumanya homey banget ya kayak di drakor hehe. tanpa pagar aku suka anak-anak bisa aman bermain-bermain di halaman tanpa sekat. Paling mungkin nih area belanja yang dekat sehingga kalau butuh belanja tinggal cus ga ribet

    BalasHapus
  13. Huniannya memang ternecana dengan sangat baik sejak awal perencanaan, ya. Gak hanya rumah-rumahnya yang dibikin nyaman. Tetapi, segala fasilitas dipikirkan. Komplit deh kalau tinggal di sana.

    BalasHapus
  14. Memaaaang... Tertata banget saat berkunjung ke BSD. Ini bedanya membangun kota dari nol dengan konsep jadi segalanya lebih tertata, bukan asal tempel. Fasilitas umum banyak, memadai, mudah diakses. Apalagi transportasi umum di BSD juga bagus. Makin nyaman tinggal di sana.

    BalasHapus
  15. Kalau Sinar Mas Land yang mengembangkan tempat hunian, dijamin bagus dan sangat menjanjikan. Ini terbukti dari konsep Livable yang dikembangkannya. Hunian yang nyaman dan fasilitas yang lengkap adalah alasan utama buat dimiliki. Tinggal siapin dananya saja sih.

    BalasHapus
  16. Persaingan hidup makin ketat, beban kerja pun makin memberat. Punya hunian nyaman yang mudah aksesibilitas dan lengkap fasilitasnya, bisa jadi oase bagi jiwa-jiwa yang sudah seharian lelah. BSD City jadi jawaban bagi kebutuhan papan yang bikin hidup tetap menyenangkan.

    BalasHapus
  17. Iya nyaman banget kalau kita bisa tinggal di livable city ya Mbak, fasilitasnya lengkap, aman dan nyaman lingkungannya

    BalasHapus
  18. Wow keren pake banget, kalau bisa tiggal disitu pasti nyaman banget deh, udah nyaman, aman, fasiitasnya lengkap lagi

    BalasHapus
  19. Setujuuu. BSD City emang layak dapet predikat livable city. Karena sekarang dah lengkap banget fasilitasnya yaaaa, dah rame juga dan makin mudah akses ke BSD yaaa

    BalasHapus
  20. Kalau dengar BSD City emang udah terkenal dengan kawasannya dengan fasilitas yang lengkap. Semacam kota mandiri gitu dengan kenyamanan dan keamanan yang terjamin pastinya

    BalasHapus
  21. Aku selalu suka dengan konsep perumahan sinarmas land, apalagi BSD City. Sepertinya pertumbuhan area nya bagus banget. Cantik tapi tidak kaku, dan banyak ruang terbuka hijaunya juga, ditambah lagi dengan tempat2 hiburan dan kulinerannya

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita