Senin, 13 Februari 2017

Menginap di Resort Favorit Wisatawan Mancanegara di Turi Beach Resort Batam

Salah satu spot menarik di Turi Beach Resort

Seperti tahun sebelumnya, Blogger Kepri mendapat undangan untuk menghadiri event Wonderful Indonesa Nongsa Regatta di Nongsa Point Marina Resort (NPM) Batam. Kebetulan waktu pelaksanaan event ini bertepatan dengan libur akhir pekan sehingga teman-teman blogger yang bekerja bisa hadir dalam acara yang didukung penuh oleh Kementrian Pariwisata ini.


NPM berada di kawasan pesisir Nongsa Batam yang letaknya berdampingan dengan Turi Beach Resort. NPM dan Turi berada dalam satu manajemen yakni Nongsa Resort. Sudah lama saya ingin main-main dan menginap di Turi Beach Resort ini. Selain eksklusif, di Turi banyak fasilitas keren yang cocok untuk liburan keluarga. Saya kadang sering ngintip harga di situs-situs booking hotel online, namun rate-nya belum turun-turun, selalu di atas satu jutaan. Masih berat rasanya mengeluarkan uang segitu hanya untuk menginap.


Turi beach tampak dari perairan Nongsa

Tidak aneh memang kalau Turi termasuk resort yang mahal karena pasar utamanya bukan untuk lokal melainkan turis mancanegara. Oleh karena itu pengunjungnya kebanyakan adalah turis-turis dari Singapura, para ekspatriat negara lain yang bekerja di Singapura, atau turis mancanegara yang berkunjung ke Singapura lalu mampir ke Batam.


Secara kebetulan, seorang teman blogger, Roy Vandi pemilik blog pesonakepri.id secara personal mengajak saya dan 2 orang teman blogger lainnya, Mbak Ruziana dari Tanjungpinang (unizara.com) dan Sri Murni ( menixnews.com) untuk menginap di Turi Beach Resort. Karena rejeki piknik pantang untuk ditolak, maka saya pun mengiyakan tawaran tersebut. Terlebih kami boleh mengajak krucil masing-masing. Selain itu kami akan lebih mudah mengakses event Wonderful Indonesia Nongsa Regatta di NPM Resort. Tinggal jalan kaki melalui jalur paving block yang menghubungkan keduanya, beberapa puluh meter saja sudah sampai.


Untuk mencapai Turi, pengunjung lokal dari Batam dan sekitarnya harus berkendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang melintas kawasan Nongsa Resort. Alternatif lainnya dengan menyewa taksi ajau ojek online seperti Go-Jek yang sudah beroperasi di Batam.


Sedangkan dari Singapura dengan mengendarai kapal ferry dari Pelabuhan Ferry  Tanah Merah menuju Pelabuhan Nongsapura Batam selama 35 menit. Selanjutnya, dari Pelabuhan Nongsapura ke Turi hanya butuh waktu 5 menit saja dengan kendaraan roda empat.


Turi dan resort lainnya di kawasan Nongsa hanya berjarak 15 menit berkendara ke Bandara Hang Nadim Batam.  25 menit ke pelabuhan penyebrangan antar pulau Telaga Punggur, 30 menit ke pusat kota di Batam Centre dan 45 ke pusat bisnis di kawasan Nagoya dan Jodoh.



 
Berbagai Fasilitas dan Kenyamanan di Turi


Setelah check in di lobby yang luas dan mempunyai ruangan terbuka, saya dan teman-teman berjalan kaki menuju kamar kami yang jika dilihat dari luar berbentuk villa-villa.  Satu villa berisi dua kamar.  Vila-villa yang terbuat dari kayu ini berdiri di permukaan tanah yang miring sehingga tiang-tiang yang menyangganya tidak sama tinggi.

Sepeda untuk para tamu berjejer rapi di lobby.

Anak-anak sibuk menanyakan letak kolam renang. Rupanya sudah tak sabar  ingin main air meskipun hari sudah malam. Saat berjalan menuju villa pun sibuk bertanya dimana arah menuju kolam renang.


Kamar-kamar di Turi dibagi menjadi 2 sisi yang diberi nama Riani Wing dan Tirta Wing. Kamar yang kami tempati berada di Riani Wing dengan tipe deluxe. Memiliki luas sekitar 42 meter persegi dengan dua tempat tidur. Teras kamar cukup luas dan sofa untuk berleyeh-leyeh. Saat tiba di villa, kami berbincang-bincang di teras balkon sambil makan malam. Sedangkan anak-anak sudah sibuk dengan gadget masing-masing menonton mainan Play Dooh di youtube. Lupa dengan kolam renang.

Kamar-kamar di Riani Wing beachfront




Selain tipe Deluxe, tipe kamar lainnya di Riani Wing ada Riani Deluxe Beachfront yang menghadap tepi laut langsung, Riani Suit seluas 84 meter persegi, dan Riani Suit Beachfront dengan luas 84 meter persegi dan menghadap laut langsung. Kamar-kamar di Riani Wing berbahan kayu dengan atap sirap.


Sementara di Tirta Wing, bangunan-bangunannya berkonsep modern dengan bangunan berupa tembok beton. Tipe kamarnya ada Tirta Premier seluas 40 meter persegi, Tirta Premier Beachfront seluas 40 meter persegi juga, Tirta Junior Suit seluas 60 meter persegi, dan Tirta Executive Suite seluas 80 meter persegi. Semua kamar memiliki satu tempat tidur ukuran King dan ada juga yang memiliki dua single beds.

Kamar-kamar di Tirta Wing

Kolam renang berwarna hijau di depan Tirta Wing


Keesokan paginya setelah berburu sunrise ke tepi laut kami sarapan di restoran. Saya memesan telur dadar dan mencicipi sapo yang bahan-bahan mentahnya seperti sayuran telah tersedia di meja. Tinggal celupkan ke kuah beberapa menit lalu diangkat dan dimasukkan ke mangkuk.

Menu sarapan.


Selesai sarapan, anak-anak sudah tak sabar ingin segera berenang. Saya pun mengajaknya untuk ke kolam renang.


Kolam renang anak-anak.


Fasilitas Turi yang beragam semakin memanjakan tamu dengan berbagai pilihan yang ada. Contohnya seperti berbagai macam pilihan paket spa. Tamu yang dalam urusan bisnis juga bisa menggunakan beberapa meeting rooms yang luas. 


Selain itu ada restoran, café, bar, dan wahana rekreasi air yang menantang seperti flyboard, jetski, wakeboarding, water skiing, kayak, snorkeling, banana boat, knee boarding, parasailing, wind surfing, bahkan ada juga trip memancing.


Ketika saya berjalan menuju NPM, di tengah laut tampak sedang berlangsung olahraga flyboard.  Berdiri tegak di atas flyboard dengan air deras mengalir seperti air terjun itu sungguh keren. Salah melihatnya seperti iron man :D

Fly board


Sedangkan fasilitas rekreasi menantang di darat tak kalah banyak contohnya seperti hoverboard, e-bike, golf course, paintball, tennis, telematch game, abseilling, trekking, team building, dan kemping.


Selain menjadi tempat menginap dan bersantai, Turi juga menyelenggarakan beberapa event dengan pesta tema tertentu seperti pesta pernikahan, pesta imlek, carnaval, hingga perayaan tahun baru. Saya sering salut dengan manajemen Turi yang selalu aktif dan gencar mengadakan berbagai event bahkan dengan skala nasional sekalipun.

Anak-anak berfoto di stage bernuansa perayaan Imlek

Bagi saya pribadi, bagian yang paling menarik dan eksotis dari Turi adalah pelantar panjang yang menjorok ke tengah laut. Apalagi ketika menjelang sunset dan sunrise, suasana di pelantar tampak indah dan dramatis.


Di lokasi ini biasanya sering diselenggarakan pesta pernikahan. Suasana yang nyaman, tenang, damai dengan hembusan angin laut yang lembut menjadikan siapapun bermimpi mengikrarkan cinta di lokasi yang romantis ini.


Beberapa teman fotografer berhasil mengabadikan foto pelantar Turi dengan indah. Namun sayang, meskipun sudah bersenjatakan kamera DSLR, saya tetap gagal menangkap keindahan itu. Hal ini yang membuat saya semakin ingin berkunjung kembali ke Turi :D

Sunrise di Turi

Sunrise di balik pelantar



Jika teman-teman berkunjung ke Batam untuk berlibur bersama keluarga atau pun dalam kunjungan bisnis, maka jika ingin merasakan Batam dengan nuansa yang romantis, maka disarankan untuk menginap di Turi. 



Turi Beach Resort
Jl. Hang Lekiu Nongsa, Batam 29465 Indonesia
Phone Number: +62 778 761080
Fax Number: +62 778 761279

14 komentar:

  1. Turi emang kece viewnya...tak salah jadi pilihan bagi turis luar

    BalasHapus
  2. Thank you very much from Turi Beach Resort

    BalasHapus
  3. Thank you very much from Turi Beach Resort

    BalasHapus
  4. Cantik bgts foto sunrise nya teh Lina... Suka....suka...

    BalasHapus
  5. Favorit saya juga ini. Apalagi punya dua kolam renang.

    BalasHapus
  6. asik banget suasananya teh, jeti nya pasti sering dijaikan tempat pasangan beromantis ria itu hehe

    BalasHapus
  7. Turi Beach emang mempesona, pengen deh foto disitu sama pasangan #eh.

    BalasHapus
  8. Keceh banget ya Turi Beach ini. Makanannya juga enak-enak. Pantes aja tiap tahun bos-ku ngajakin buka puasa di sini..

    BalasHapus
  9. Kece banget tempatnya teh, bisa hilang nih lelah dede' ayung dari suntuknya kerja dengan orang2 yang membingungkan..hehe

    BalasHapus
  10. Wah... berasa berada di bali ya teh... padahal batam. Keren tulisannya buat mupeng

    BalasHapus
  11. yuhuu....kece badai...pengin lagi nginap di sana hehehe

    BalasHapus
  12. Waaah, boleh neh menginap di Turi, kerennn... :)

    BalasHapus
  13. keren banget turi beach, yang mau resepsi nikah di bali mending disini aja kali ya hahaha

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...