Wednesday, April 26, 2017

4 Langkah Mudah Memesan Tiket Kereta Api Online

Di era serba maju dan modern seperti saat ini, membeli tiket kereta api pun tak perlu seribet dulu, harus mengantri panjang di loket-loket stasiun keberangkatan. Anda pun kini dapat dengan lebih mudah membeli tiket kereta api online melalui situs resmi KAI maupun telepon. Bahkan, saat ini sudah banyak situs-situs travel agent yang melayani pemesanan tiket KA dari mana saja dan kapan saja. Anda pun sudah tak perlu lagi capek-capek mengantri di loket stasiun hanya untuk mendapatkan tiket.

Tujuan Populer di Bukalapak. 


Tak hanya itu saja, memesan tiket KA juga dapat dilakukan secara online di beberapa merchant pilihan PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Seperti misalnya di beberapa minimarket atau supermarket konvensional, kantor pos, dan tentu saja tour and travel agent baik online maupun offline. Bahkan yang lebih menyenangkan lagi, pemesanan tiket kereta api online ini tak dikenakan charge atau biaya tambahan. Jadi harga tiket sama dengan nominal yang harus dibayarkan. Selain itu jika memesan tiket KA melalui situs-situs travel agent tertentu, Anda pun bisa memperoleh potongan harga jika kebetulan sedang ada promo. Bagi yang masih bingung dengan langkah-langkah pemesanan tiket KA secara online, ini dia informasinya:


1. Buka situs resmi KAI atau travel agent online.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka situs resmi dari PT. KAI kemudian arahkan kursor ke panel “reservasi tiket”, jika Anda membuka situs travel agent online maka Anda tinggal meng-klik gambar kereta api atau panel “reservasi tiket kereta api”. Dari situ, Anda dapat memilih tanggal rencana keberangkatan Anda, stasiun keberangkatan serta stasiun tujuan dan berapa tiket yang hendak Anda beli. Selain itu, Anda juga dapat memilih ingin sekali jalan atau pulang-pergi.


2. Cek harga.

Langkah selanjutnya dalam pemesanan tiket ini termasuk dalam salah satu keuntungan dari pemesanan tiket KA secara online, yaitu kita dapat mengecek harga tiket secara langsung untuk menentukan kereta mana yang akan kita pilih sesuai dengan waktu yang kita inginkan untuk keberangkatan, karena dari situ akan tersedia lengkap beberapa jenis kereta api yang berangkat pada tanggal yang sama dengan rencana keberangkatan Anda. Harga untuk masing-masing kelas dalam satu jenis kereta pun bisa bervariasi, ditambah Anda pun dapat mengetahui sisa tempat duduk pada masing-masing kereta.


3. Konfirmasi pemesanan dan isi data penumpang.

Setelah Anda meng-klik tombol booking pada harga tiket dan jenis kereta api yang Anda inginkan, Anda akan diminta mengkonfirmasi pemesanan tiket yang akan Anda bayar lalu akan diminta mengisi data penumpang selengkap-lengkapnya, mulai dari nama, alamat tinggal, alamat email, nomor telepon hingga metode pembayaran. Selesai mengisi data pemesan dan penumpang sesuai yang diminta, selanjutnya Anda dapat memilih tempat duduk yang Anda inginkan.


4. Bayar dan konfirmasi tiket.

Langkah terakhir dalam pemesanan tiket kereta api online adalah mengecek email Anda untuk mengetahui bahwa pesanan Anda sedang diproses dan menunggu pembayaran, ada beberapa metode pembayaran tiket KA online seperti ini, mulai dari kartu kredit, ATM, layanan e-banking, bahkan Anda pun dapat membayar tiket pesanan Anda melalui beberapa merchant yang ditunjuk oleh PT. KAI, seperti minimarket atau swalayan konvensional dan kantor pos. Selesai membayar, maka kode booking akan dikirimkan ke email Anda lagi, cetak atau foto kode booking tersebut lalu gunakan pada saat akan boarding pass di stasiun keberangkatan.

Jadi ayo berburu tiket untuk pulang kampung lebaran :D!

19 comments:

  1. Saya belum pernah naik kereta api lho Teh.
    Sekarang praktis ya, tiketnya juga bisa dipesan secara online.
    Jadi pengen nyobain nih kapan-kapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak saya dulu sebelum SMA penasaran banget pengen naik kereta api. Haha.

      Delete
  2. Aku selalu beli online tiket kereta maah, gk pernah beli langsung. Ribeett hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini aku baru tau kalau tiket kereta api bisa beli online.

      Delete
  3. Karena saya tidak mudik lebarannya. Jadi beli eh hunting tiket KA nya cadangan buat ke Malang dan Yogya buat apa coba?

    Buat lanjut ke Semeru dan Merapi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha...Teteeeh mau naik gunung juga ya?

      Delete
  4. apa2 sekarang serba online... mudah banget...

    kalo gini gak akan takut kehabisan tiket yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. Alhamdulillah dunia semakin ada dalam genggaman :D

      Delete
  5. Sekarang beli tiket kereta api bisa lebih mudah ya... Gak kayak dulu, harus ngantri panjang kalo mau beli tiket mudik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, Alhamdulillah pelayanan jadi makin cepat dan mudah. Semua orang bisa saving time.

      Delete
  6. Mba Lina, aku pas terakhir ke Banyumas juga pesan kereta online. Memang mudah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah...pernah mencoba ternyata. Mudah dan hemat waktu.

      Delete
  7. beli tiket KA lewat online gampang. Tapi kalau peak season cepet banget habisnya. Padahal udah begadang nungguin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh iya ini yang bikin sebel ya Mbak. Jaringan harus kuat kalau mau hunting di peak season.

      Delete
  8. Sebenarnya ada uneg-uneg dari seseorang yang sangat dekat dengan saya, mba Lina.
    Jadi karena semua pemesanan tiket KAI sudah melalui jalur online, gak ada yang konven kaya dulu lagi, bagi orang-orang menengah ke bawah yang punya HP nya hanya untuk sms dan telpon merasa dirugikan.

    Kebayang yang antri tiket sekarang di dunia maya, yang gak terlihat wujud orangnya.
    Jadi sering kali kehabisan tiket dan akhirnya mudik cuma bisa naik bis, yang masih menggunakan cara lama dalam memesan tiket.


    Kasian yaa..

    ReplyDelete
  9. Sekarang kalau naik kereta api enak, mudah pula pemesanannya. Gak kyk dulu, mau naik kerta aja, ke stasiun duu belinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sudah mulai maju ya perkeretaapian Indonesia.

      Delete
  10. Apa-apa sekarang ini serba online.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...