Tuesday, May 1, 2018

Coding Mum Batam 2018 Where Cool Mum Meets Code

Coding Mum adalah sebuah upaya pemerintah khususnya Badan Ekonomi Kreatif atau disingkat Bekraf dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia Indonesia khususnya para mum/ibu agar mempunyai pengetahuan yang lebih maju dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Agar dengan pengetahuan terhadap dunia internet khususnya coding ini, para ibu di Indonesia akan mempunyai keahlian yang kelak dapat digunakan untuk memberi nilai tambah secara ekonomi.


Selain itu diselenggarakannya Coding Mum mempunyai beberapa tujuan diantaranya:
  1. Domestifikasi industri teknologi. 
  2. Mengatasi alert coder (kekurangan tenaga programmer di Indonesia).
  3. Menyahuti dan mengimbangi era e-commerce dengan mengembangkan kegiatan bisnis online. 
  4. Kondisi sosial budaya Indonesia versus ekonomi melalui pemanfaatan informasi dan teknologi. 
  5. Solutif terhadap persoalan yang ada di masyarakat.

Coding Mum diselenggarakan oleh Direktorat Edukasi Ekonomi Kreatif yang berada di bawah naungan Deputi 1 Bekraf yang mengurusi bidang Riset, Edukasi, dan Pengembangan. Program kerja deputi ini meliputi:
  1. Penyediaan data dan riset sebagai bahan acuan perumusan kebijakan strategis pengembangan ekonomi kreatif. 
  2. Peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku ekonomi kreatif. 
  3. Kordinasi dan sinergi program serta pelaksanaan pendukungan terhadap stakeholder. 

Sejalan dengan program kerja tersebut, maka Coding Mum untuk tahun 2018 akan diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia dan juga luar negeri dimana banyak terdapat pekerja Indonesia. Coding Mum dalam negeri meliputi kota-kota seperti Batam, Palembang, Bandar Lampung, Depok, Semarang, Pontianak, Samarinda, Manado, Kendari, Sorong, dan Jayapura. Ada juga kelas untuk para difabel di kota Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Sementara untuk luar negeri akan dilaksanakan di Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Hongkong dan Taiwan. 

Tahun 2018 ini merupakan tahun dengan jumlah lokasi dan jumlah peserta terbanyak. Sebelumnya pada tahun 2016 Coding Mum hanya dilaksanakan di 6 kota saja yaitu Jakarta, Malang, Bandung, Surabaya, Bogor, dan Makasar dengan total pengajar 70 orang dan total peserta 70 orang juga. Sementara pada tahun 2017 meningkat menjadi 11 lokasi meliputi 8 kota dan 3 negara. Yaitu di Jakarta, Tulung Agung, Bekasi, Yogyakarta, Belitung, Medan, Aceh, Denpasar, Hongkong, Singapura, dan Malaysia. Dengan total pengajar 160 orang dan peserta 239 orang. 

Untuk Coding Mum Batam, Bekraf bekerja sama dengan Kolla Coworking Space Jakarta dan juga Coder JS (Java Script) Batam sebagai pelaksana dan mentor yang dapat berbagi ilmu kepada peserta. 

Pada akhirnya target yang ingin dicapai dari hasil pembelajaran para mum ini adalah menjadi:

  1. Front End Designer Aplikasi Web, yang mengerti konsep arsitektur sebuah aplikasi web dan mampu mendesain sebuah halaman web pada level beginner.
  2. Developer html dan java script yang memiliki keahlian dalam membangun aplikasi web, menggunakan bahasa pemrograman yang populer juga pada level beginner.

Selama 2 tahun penyelenggaraan, lulusan Coding Mum telah banyak direkrut oleh perusahaan-perusahaan nasional yang berbasis teknologi seperti Tokopedia sebanyak 36 orang, Labtek-Indie 3 orang, Procode 7 orang, dan Sevelin 2 orang untuk pekerjaan sebagai front end programmer dan beta tester atau reviewer.


Kenalan Yuk!

Pada Jum’at , 27 April 2018 yang lalu, kelas Coding Mum Batam dilaksanakan di Universitas Universal Batam. Dibuka oleh perwakilan dari bekraf dan dilanjutkan oleh pemateri dari Kolla yaitu Gita Cinta Puspita. Gita merupakan seorang trainer di Kolla Co Working Space. Paparannya yang singkat, jelas, dan padat, sangat mudah dipahami oleh para ibu yang jika diibaratkan komputer mungkin masih pentium 1. Maka tak heran pada sesi perkenalan peserta, para ibu sebelumnya meminta maaf terlebih dahulu kepada para mentor jika saja dalam urusan bimbingan ke depan ibu-ibu susah loading. Haha.

Setelah materi perkenalan dibawakan oleh Mbak Gita, ia lantas memperkenalkan kepada kami bahwa ada 8 mentor yang nanti akan menemani kami para peserta yang berjumlah 20 orang. Mentor-mentor ini mempunyai latar pekerjaan beda-beda seperti maintenance, internet marketer, dosen, developer, freelancer, dan mahasiswa teknik informatika. Mereka adalah:
  1. Doni Gunawan, bekerja di Sekolah Pilot Indonesia sebagai maintenace yang mempunyai hobby sebagai develover dan internet marketer; 
  2. Nurfaliq, seorang dosen yang mengajar di Universitas Universal; 
  3. David Sinaga, seorang develover; 
  4. Titi Aniba, mahasiswa di salah satu PTN di Tanjungpinang; 
  5. Erik, seorang develover; 
  6. Jacky Adrianus, dosen pengajar di Universitas Universal; 
  7. Aris Kurniawan, seorang mahasiswa di Tanjungpinang, freelancer; 
  8. Andika, juga pengajar di Universitas Universal; 
  9. Indra Gunawan, seorang dosen yang mengajar di jurusan Teknik Ibnu Sina. Selain mengajar di kampus, setiap bulan ia mengadakan pelatihan gratis pembuatan web untuk masyarakat umum. 
Ada pun para pesertanya hampir semua ibu-ibu dengan rentang usia 17 hingga 46 tahun. Banyak alasan yang dikemukakan ibu-ibu mengapa bersedia ikut kelas Coding Mum. Diantaranya ada yang beralasan ingin menjadi web programmer, ada yang ikutan karena ia mempunyai online shop, atau karena reseller online, dan ada juga yang mau upgrade ilmu biar tidak dibilang gaptek.

Saya bersama beberapa teman Blogger Kepri tak ketinggalan mendaftar ikut coding mum. Selain saya ada Mbak Annisa Sakih, Mbak Menix, Mbak Lumiati, dan Kak Yulia Marza. Alhamdulillah baru sesi pertama belajar saja kami sudah mengerti dan excited menghadapi sesi pelajaran berikutnya.

Teman-teman Blogger Kepri dan Mbak Gita 

Untuk selanjutnya Kelas Coding Mum akan dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan mulai tanggal 2 sampai 11 Mei 2018 setiap jam 13:00 - 16:00 WIB di Universitas Universal. Dan syukurnya, saya diizinkan bos di tempat kerja untuk cuti setengah hari selama 8 kali pertemuan ini.

Para ibu diperbolehkan membawa anak jika di rumah tidak ada yang menjaga. Sesuatu yang membuat ibu-ibu senang dan serasa terlepas dari beban berat. 😇 

Alhamdulillah.

23 comments:

  1. Aku denger coding langsung mundur teratur teh.
    rasanya otakku gak mampu.
    hahahha
    makanya gk ikutan acara keren ini.

    btw infoin ya teh klo jadi broken link lagi ini komen.
    hahaha

    ReplyDelete
  2. pemerintah kota batam keren yah. Saya rasa ini program yang sangat bagus. Sedia sebelum krisis Coder. Semangat buat Moms...

    ReplyDelete
  3. Belum rejeki ikut ini... Ada hikmahnya mbak, kmrn2 aku sakit. InsyaAllah tahun depan ikut..

    ReplyDelete
  4. Wah diselenggarakan di luar negeri juga ya ternyata. Pasti asyik nih ikut kls coding mum, akan banyak pengetahuan yang didapat.

    ReplyDelete
  5. keren banget ini acara, memberikan nuansa kreatif bagi para mommy
    untuk bisa lebih mengkreasikan karya dalam dunia kreatif
    yang bisa mengharumkan nama para mommy

    ReplyDelete
  6. Biarpun sudah ibu ibu tapi bisa bangun karir. Alhamdulillah banyak yg di terima kerja ya

    ReplyDelete
  7. Bosmu kok kereeen, beruntungnyaa, kalau aku mana mungkin lah. Hehe

    ReplyDelete
  8. Wow... Kece banget mommy coding ya... Semoga Makin sukses mak2 di dunia teknologi

    ReplyDelete
  9. Aduuuh ajarin aku dong mba.. really want to know more :)

    ReplyDelete
  10. beruntungnya teh lina dikasi izin untuk ikut kegiatan
    iri deh saya hahaha
    ilmunya bermanfaat banget tuh..soalnya acaranya 8 kali pertemuan dan benar benar fokus ya
    saya juga galfok dengan mahasiswa dr tanjungpinang yg jadi narsum
    pengin kenalan
    pengin belajar dengan mereka

    ReplyDelete
  11. Baca tulisan teh Lina ini saya sedih, sedih karena hanya bisa ikut di awal, padahal ilmunya sangat berguna.... Duh nanti mau ya teh berbaik hati ngajari diriku... semoga Teh Lina nanti punya waktu ya....

    ReplyDelete
  12. Selamat mengikuti coding mum, mbak. Aku alhamdulillah sampai skrg kepake ilmunya :)

    ReplyDelete
  13. Pingin banget ikutan coding mum tapi kalo di Aceh adanya di Banda Aceh, tempatku skrg ga ada

    ReplyDelete
  14. Wah mau bangeett ikutan... Sayangnya Bandung udah kelewat ya teh, smg nanti ada lagi. Pengen bgt belajar coding ^.^

    ReplyDelete
  15. Waah hebat !
    saya aja yang lulusan SMK coding kayak enggan lagi mau coding, haha malah nyelentang ke jurusan Akuntansi. Eh malah ada program khusus ibu ibu ya biar bisa coding dan jadi progammer :D

    Nah. kalau kaya gini saya jadi pengen ikut, tapi blm jadi Ibu gitu blh ga ya ?
    Hahaha

    Dulu males sama coding karna ngga ngerti, kalau di acara begini biasany perlakuannya beda kan. Jadi pengen :D

    ReplyDelete
  16. Pengen ikutan coding mum, tapi masih belum ada kesempatan

    ReplyDelete
  17. Keren nih, bakal makin banyak ibu2 pinter coding

    ReplyDelete
  18. Salut deh pada para ibu yang tetap upgrade ilmu. Keren. Semoga program ini bisa dilaksanakan juga di tempat lain, agar bisa menginspirasi siapapun untuk terus berbagi ilmu ^^

    ReplyDelete
  19. Hello mbaaakk, aku juga ikutan yang di Depok, tapi blm kutulis hahaha jd pengen ikut menulis :D

    ReplyDelete
  20. Pengen ikutannn Bun. Seru ya mentornya kece abis

    ReplyDelete
  21. Aduh, coding mom? Keren banget. Ak awalnya ngebayangin source code yg sering dikerjain suamiku itu wakty baca judulnya. Kebayang pusing haha. Tyt rame jg y.. Emg ilmu hrs upgrade trus y biar udh emak2. Ah, mupeng ikutan jg deh.

    ReplyDelete
  22. Jakarta udah belum ya mbak? Apa aku kelewatan hihi. Upgrade ilmu itu penting ya, tetap semangat yeeeaah!

    ReplyDelete
  23. Mendengar kata coding aja kalau buat saya udah bikin pala puyeng, hahahah... Hebat ini ibu2 dengan segambreng kesibukan di rumah dan luar rumah, masih semangat belajar coding. Biar makin pintar deh wawasan di dunia tekhnologi ya, mba :D

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...