Mengapa Bisnis Online Tour & Travel Butuh Email Marketing?

Sebagai penggemar traveling pernah nggak sih teman-teman kefikiran untuk memulai bisnis Online Tour & Travel? Nah kalau saya sering banget kefikiran apalagi banyak teman dekat dan orang-orang di lingkungan sekitar yang menyarankan dan bahkan support agar saya dapat mewujudkan keinginan tersebut. Dari situ saya mulai baca-baca mengenai beberapa strategi bisnis ini. Yaaa... walaupun baru sebatas keinginan, semoga saja mimpi ini bisa menjadi kenyataan.

Mengapa Bisnis Online Travel Butuh Email Marketing



Nah, apakah teman-teman juga memiliki bisnis online tour & travel dan sedang mencari strategi digital marketing yang tidak memakan banyak biaya dan efisien? Bila demikian, tidak ada salahnya untuk mencoba strategi digital marketing yang sudah cukup lama digunakan dan terbukti masih efektif sampai sekarang, strategi tersebut adalah email marketing.

Apa yang Dimaksud Email Marketing?


Email marketing adalah strategi pemasaran dengan menggunakan email atau surel (surat elektronik) sebagai media utamanya. Anda dapat mengirimkan penawaran, promosi, informasi terkait produk atau layanan, dan berbagai konten lainnya kepada para calon konsumen dan pelanggan setia Anda.


Walau banyak yang beranggapan surel sudah ketinggalan zaman, pada kenyataannya hampir semua kegiatan yang berkaitan dengan layanan internet selalu membutuhkannya, sebut saja mendaftar akun pada media sosial, meminta bantuan layanan purna jual sebuah produk atau jasa, berbelanja secara online, dan lain sebagainya. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba strategi ini.

Keuntungan Menggunakan Email Marketing

Menggunakan surel sebagai media promosi memiliki beberapa keuntungan bila dibandingkan dengan media sosial, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Tidak membutuhkan biaya besar untuk melakukannya
  • Komunikasi dengan para konsumen terkesan lebih personal dan profesional
  • Jangkauan konsumen lebih luas daripada media sosial, karena hampir setiap pengguna media sosial pasti memiliki email, tetapi tidak selalu berlaku sebaliknya
  • Akses mudah bagi konsumen, karena dapat diakses pada hampir semua jenis perangkat
Agar kepercayaan konsumen pada bisnis online tour & travel Anda meningkat, sebaiknya Anda mulai menggunakan alamat email khusus bisnis dengan nama domain website Anda sendiri. Anda cukup membeli paket hosting dan domain murah pada penyedia layanan jasa website dan menghubungkan domain tersebut dengan platform surel bisnis Anda.

1. Strategi Jitu Email Marketing

Setelah mendapatkan alamat domain dari layanan yang jual hosting dan domain murah dan memiliki email khusus untuk bisnis daring Anda, simak beberapa tips email marketing berikut sebagai awal digital marketing Anda:

2. Menggunakan Platform Email Marketing

Bila Anda sudah mantap dengan pilihan pemasaran lewat surel, ada baiknya Anda memanfaatkan platform email marketing seperti Mailchimp, yang dapat diakses dengan mudah dan dapat digunakan secara gratis.


Anda cukup mengunjungi alamat http://mailchimp.com dan mendaftarkan alamat surel bisnis dengan domain murah milik Anda sebagai pengguna. Mailchimp menawarkan banyak fitur dan kemudahan untuk keperluan email marketing Anda, seperti pengiriman surel otomatis, berbagai pilihan campaign atau kampanye promosi, optimasi email marketing, integrasi dengan berbagai macam aplikasi, dan lain sebagainya.

3. Membangun Daftar Email

Setelah memiliki platform email marketing, saatnya membangun daftar alamat surel. Hal ini dapat dilakukan menggunakan banner, pop-up, atau formulir sederhana di situs web Anda. Gunakan penawaran-penawaran menarik agar konsumen tergerak untuk mendaftarkan alamat surel mereka pada situs web Anda.


Mengadakan pembagian produk gratis, promo khusus subscriber, atau konten eksklusif terbukti adalah langkah jitu untuk membangun daftar surel konsumen. Pemilihan kata-kata juga berperan penting dalam hal ini, maka terapkan strategi copywriting pada banner, pop-up, atau formulir Anda, supaya para konsumen tertarik untuk berlangganan.

4. Rencanakan Konten Newsletter yang Menarik

Anda tentu tidak ingin daftar alamat surel konsumen yang sudah terkumpul hilang begitu saja, untuk itu Anda perlu merencanakan konten newsletter yang berharga dan dinanti oleh para konsumen.

Konten newsletter tidak perlu selalu mengenai produk atau jasa yang Anda jual, konten lain seperti artikel tips, cerita unik di balik bisnis Anda, dapat dijadikan pilihan agar konten newsletter terasa segar dan tidak membosankan. Selain itu, tampilan visual newsletter juga perlu diperhatikan, agar pembaca tidak mengabaikannya.


Selain konten dan tampilan, tautan CTA (Call to Action) tidak boleh dilewatkan. Dengan CTA anda dapat mengajak konsumen untuk mengunjungi halaman spesifik website Anda, mengisi formulir, atau melakukan aksi tertentu pada website Anda. Serta tidak ada salahnya mencantumkan tautan alamat surel dengan domain murah Anda, agar konsumen dapat menjangkau dengan mudah. 

5. Blasting Email Secara Berkala

Blasting email adalah mengirimkan surel ke banyak alamat sekaligus. Hal ini sangat berguna ketika Anda ingin menjangkau para konsumen secara cepat. Layanan gratis Mailchimp memungkinkan proses ini secara otomatis dan terjadwal, namun dalam jumlah tertentu saja.

Yang perlu diperhatikan dalam proses ini adalah frekuensi dan prioritas konten surel. Anda perlu memperhatikan seberapa sering Anda perlu melakukan blasting surel, karena frekuensi blasting yang terlalu sering akan berdampak buruk. Anda tentu tidak ingin newsletter atau berita penting seperti perubahan kebijakan layanan berakhir di kotak spam konsumen.


Alamat surel dengan domain murah yang sama dengan nama domain website bisnis online tour & travel Anda juga membantu platform email memfilter surel yang Anda kirimkan, agar tidak berakhir di kotak spam.

Nah, strategi yang cukup mudah, bukan? Selama Anda dapat menyajikan konten menarik, memahami segmentasi konsumen dalam newsletter, dan memanfaatkan potensi besar surel, dapat dipastikan bisnis daring Anda akan menghasilkan keuntungan maksimal dengan biaya yang relatif rendah.


Selain yang telah disebutkan sebelumnya, strategi ini juga sangat lentur dan dapat diaplikasikan pada berbagai macam bisnis, mulai dari skala kecil sampai skala besar. Jadi tak perlu ragu untuk mencobanya. Semoga informasi ini bermanfaat.

24 comments :

  1. Yup biasanya yang suka dikirimin email kek gini para traveler gtu :D
    Apalagi di masa skrng ya mbak butuh updatean berkala rasanya jd gak ada salahny online tour travel punya email marketing shg memudahkan juga buat pelanganggannya cari tahu kali ada perkembangan ttg situasi dunia pariwisata. Dalam masa normal keknya pelanggan jg pengen tau kali ada tiket murce2 gtu hehe

    ReplyDelete
  2. Semua yang menjalankan bisnis onlen dibidang apapun sebenerny membutuhkan email marketing, karena salah strategi buat pemasaran usahanyaa. Makin gampang ya kalo mau promo tinggal di blass secara berkala.

    ReplyDelete
  3. Tapi aku ya kalau mau pakai tour and travel yang suka jadi perhatian itu adalah email marketing loh. Duh jadi kangen liburan deh ini, enaknya nanti habis pandemi kemana ya?

    ReplyDelete
  4. Perusahaan travel banyak yang melakukan promosi dan sebagainya melalui email marketing ya mbak. APalagi sedang pandemi corona ini, malah wirausaha kuliner sudah banyak yg menggunakannya. Supaya tepat sasaran berarti pengiriman emailnya mesti pas ya ga sering2 juga blastng email.

    ReplyDelete
  5. Betul nih ... dengan email marketing, komunikasi dengan para konsumen terkesan lebih personal dan profesional. Bagi saya kesannya elegan dan serius. Yang abal-abal mana mau susah-susah bikin email marketing kan ya.

    ReplyDelete
  6. Bener banget, email untuk digital marketing emang perlu di masa sekarang Mba, saya salah satu yang masih suka baca-baca infor dari email blass seperti itu

    ReplyDelete
  7. Penting banget yah email marketing untuk masa sekarang ini karena semua sudah serba digital dan perlu update terus. Sebagai customer merasa diperhatikan kalau dapet info seperti ini sih hehe

    ReplyDelete
  8. Memang jadi lebih terlihat profesional. Saya juga suka perhatiin email perusahaan kalau mau kontak

    ReplyDelete
  9. Akupun kayanya kalo punya bisnis tak akan lupa bikin email marketing. Memang perlu banget sih ya kalo melihat perkembangan teknologi

    ReplyDelete
  10. Email marketing memang cukup efisien untuk menjangkau banyak pasar dengan harga yang cukup murah. Sangat worth it jika punya bisnis online seperti tour and travel ini

    ReplyDelete
  11. Memang penting banget ya email marketing ini buat tour and travel untuk memberikan informasi-informasi yang kita butuhkan, terutama bagi yang suka traveling. Aku juga suka baca-baca berbagai informasi yang dikirim lewat email.

    ReplyDelete
  12. Aku suka menerima email marketing padahal rasanya sih gak pernah subscribe. Tapi banyak juga informasi bermaanfaat dari email marketing ini. Malah pernah dapat promo menarik yang diblast khusus lewat email marketing

    ReplyDelete
  13. Pas banget nih, aku lagi belajar paham tentang mailchimp ini.
    Karena ada rencana juga ingin membuat newsletter.

    ReplyDelete
  14. Betul sekali teh penggunaan email sebagai marketing cukup efektif ya dan banyak perusahaan yang melakukannya untuk menawarkan program dan promo mereka ke pelanggan..

    ReplyDelete
  15. Sah-sah aja memakai email marketing buat pemasaran online ke user. Lebih bagus lagi, bila isi email bisa dikemas informatif dan menarik pembaca

    ReplyDelete
  16. Aku sering sih dapet email marketing gini, tapi dari marketplace skincare gt. Lumayan sih, jadi lebih ceet tahu kalau ada produk2 baru. bisa tau tips2 juga. Cuma emang bagusnya jangan sering2 ya, soalnya kesannya spamming

    ReplyDelete
  17. Aku juga jadi sering meluncur ke aplikasi atau web travel agent online setelah melihat email marketing yg dikirim ke emailku Mbak. Biasanya jika ada promo terbaru.

    ReplyDelete
  18. Biar enak kalau ada promo baru ya mba soale kan kalau ga dikasih tau mana tau ada produk baru ya nggak. aku juga pengen buat blog tapi kok maluuu

    ReplyDelete
  19. Iyess harus dong.. jujur mba saya malah sering nyasar lihat ittenary perjalanan itu dari email2 tour travel yg masuk.. hihi.. biasanya judul2nya menggoda buat diklik.. apalagi klo emailnya disertai promo dan gambar

    ReplyDelete
  20. Bener sih mba. Email marketing tuh penting. Memang bagi beberapa orang termasuk gak efektif tapi worked banget buat beberapa konsumen

    ReplyDelete
  21. memang pentinng ya e mail marketing, lebih terpercaya dan orang jadi cenderung gak cek & ricek dulu kalau kita pakai e mail marketing

    ReplyDelete
  22. Praktis banget ya... Semua bisnis sebaiknya punya email marketing ya, supaya lebih profesional...

    ReplyDelete
  23. Mba, aku jadi ingat ketika masih jadi marketing di pabrik ekspor dulu. Aktivitas email secara rutin gitu juga kulakukan. Hehehe jadi nostalgia deh. Alamat email yang profesional juga mendukung lho, kelihatan kredibel gitu loh di mata calon customer.

    ReplyDelete
  24. Betul, email marketing juga lebih tepat sasaran. Karena yang kita kirimi orang-orang yang mempunyai minat dengan produk yang kita tawarkan. Saya juga sering dapat email penawaran produk skin care. Beberapa ada yg tertarik buat beli karena informasi detil yang diberikan.

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates