Memilih Generator Listrik untuk Perusahaan

If your company needs to buy Portable Power Generators in Singapore get in touch with Geoman TCY. They are your 1-stop provider for mechanical/electrical products and services with on-time delivery and prompt after-sales support.

Generator Power Supply
Berbagai jenis generator

Ketika membaca tulisan di atas tiba-tiba dalam hati berkata, "Yes! pas banget," inilah yang sebenarnya sedang kami butuhkan "Generator" atau teman-teman kerja lebih familiar dengan menyebutnya sebagai genset. 

Ketika berkali-kali mati lampu, kami kerap berdiskusi alot tentang apakah perlu perusahaan membeli genset atau tidak. Masalahnya, Si Bos - Sang General Manager- sebagai pemegang keputusan alias Decision Maker selalu saja tarik ulur mempertimbangkan antara harga, keuntungan, dan kerugian. Begituuuu terus.       

Setiap aliran listrik mati, otomatis pekerjaan di tempat kerja juga terhenti. Tidak saya saja tapi semua rekan kerja yang jumlahnya ratusan juga berhenti bekerja. Apa yang mau dikerjakan kalau listrik mati. Sementara semua pekerjaan harus menggunakan listrik. Komputer, printer, mesin stamping, mesin sealer, mesin vacuum, mesin fotocopy, lampu ruangan, internet, dan mesin-mesin lainnya. 

Bayangkan berapa kerugian perusahaan jika dalam 1 jam saja mati lampu. Padahal di tempat kerja kami, di bagian produksi, 1 jam saja bisa menghasilkan output (finished goods) sekian puluh ribu. Jika mati listrik terjadi seharian maka akan kehilangan output barang sekitar 500 ribu hingga 1 juta produk (pcs).

Harga produk menggunakan Dollar Amerika. Rata-rata harganya mulai dari 0,01 – 3 dollar. Tergantung pada besar kecil ukuran produk, tingkat kesulitan pengerjaan, jumlah orang yang mengerjakan, serta lamanya waktu pengerjaan. Anggap saja hari ini listriknya mati. Maka akan kehilangan output sebanyak 500 ribu pcs. Kalikan dengan harga produk yang paling rendah saja yang harga 0,01 dollar USA. Kurs hari ini adalah 14.500 rupiah. Maka kerugian gara-gara mati listrik sehari saja di tempat kami paling sedikit mencapai Rp72.500.000 wow banget.

Pernah selama 3 hari produksi tidak jalan. Berhenti total karena mati listrik. Yang 3 hari ini bukan karena aliran listrik dari PLN terhenti, melainkan gara-gara tikus yang menggigit kabel. Duuh ruginya berlipat ganda ya kalau seperti ini sering terjadi.

Belum lagi setiap bulannya ada saja jadwal mati listrik (lampu) dari PLN. Sementara kawasan industri dimana perusahaan tempat kerja kami berada, tidak menyediakan listrik cadangan. Lain halnya dengan Kawasan Industri Batamindo yang punya power plant sendiri. Tahun 1999 perusahaan kami memang berada di Batamindo, namun karena krisis ekonomi berlanjut dan perusahaan merasa berat dengan harga sewa gedung di sana, maka kami pindah ke kawasan industri sekarang. Resikonya ya seperti ini. Pasokan listrik tidak terjamin.

Makanya kami kerap meyakinkan Si Bos untuk segera membeli genset. Yang kapasitas dayanya kecil saja pun jadilah daripada produksi di dua gedung tidak bisa jalan sama sekali. Karena jika dibandingkan dengan kerugian sehari saja sudah bisa terbeli generator yang kapasitas 30 kva. Apalagi yang kecil-kecil di bawah 30 kva.

Untuk wilayah Batam, membeli genset sangat mudah jika membeli dari Singapura. Selain jaraknya yang dekat, ongkos pengiriman pun akan lebih murah. Jadi, ketika harus memberi referensi kepada manajemen tentang dimana membeli genset, saya tentu saja sudah punya pilihan terbaik karena sejauh ini barang-barang yang biasa kami beli di Singapura tidak pernah mengecewakan.

Semoga saja Si Bos berfikir panjang. Karena jika ingin menghindari kerugian yang lebih besar seharusnya dia segera membeli generator alias genset agar produksi tidak terganggu oleh jadwal mati lampu.

21 komentar :

  1. Hemm genset memang penting untuk yang perusahaan bisa bahaya kalau mati lampu atau listrik terhambar kayak gini produksi jadi terlambat juga.

    BalasHapus
  2. Bisa diartikan barang dari luar negeri masih bisa disebut kualitasnya lebih baik ya. Beli dari Singapura ternyata lebih bagus dan ongkir juga terjangkau...

    BalasHapus
  3. Genset ini penting banget, terutama di daerah yang sering terkena pemadaman listrik. Saya juga pernah kepikiran untuk membeli genset di rumah, soalnya di Depok itu sering banget mati listrik. Sebentar-bentar listrik mati. Apalagi kalo hujan gede ditambah petir, pasti langsung mati listriknya.

    Wah iya, kerasa banget ya, kalo listrik mati, omset langsung menurun dan perusahaan mengalami kerugian besar. Bagikan saja artikel ini ke GM-nya Mba, biar berubah pikiran segera membeli genset, hehehe.....

    BalasHapus
  4. duh, baca ini jadi pengen beliin alat ini buat mertua. Solanya di kampung mertua masih sering banget mati listrik. susahnya, kalau kami pas mudik, anak-anak yang gak biasa kepanasan jadi uring-uringan karena kegerahan

    BalasHapus
  5. Lumayan banyak merugi dalam sehari bila tidka produksi karena mati lampu. Penting banget setiap perusahaan memiliki genset

    BalasHapus
  6. emang kesel ya kalau tiba tiba terjadi pemadaman listrik, pekerjaan jadi terganggu. Jangankan perkantora, rumah tangga juga butuh genset

    BalasHapus
  7. Wah ternyata tikus bisa bikin masalah di perusahaan dan menimbylkan kerugian besar juga. Hal sepele tapi dampaknya wow banget. Genset tu penting banget buat perusahaan, karena ya itu mati listrik kadang kan gak bisa diprediksi kapan terjadi ya..Jadi genset akan membantu poses produksi tetep jalan meski listrik lagi padam

    BalasHapus
  8. Generator memang menjadi alat penting sih, apalagi untuk usaha yang membutuhkan listrik sepanjang waktu. Kalau tiba2 mati (apalagi dalam waktu yang cukup lama) wah bisa rugi dong, mending siap stanby generator listrik.

    BalasHapus
  9. Untuk daerah yang sering byar pet, memiliki gemerator listrik ini bisa memangkas kerugian signifikan nih, produksi bisa jalan terus.

    BalasHapus
  10. Kebutuhan listrik itu sudah menjadi kebutuhan pokok ya, Mbak. Jangankan industri besar, sektor rumah tangga pun bisa terhambat aktivitasnya apabila tidak ada listrik. Apalagi kalau zaman pandemi seperti sekarang ini, di saat semua aktivitas baik bekerja atau belajar dilakukan di rumah. Untuk yang merasa jalan aktivitasnya penting sekali memang butuh generator listrik ya...

    BalasHapus
  11. Wah iya, klo punya usaha hadust ounyay genset ya mbak biar nggak mengganggu kelancaran usaha

    BalasHapus
  12. Tetanggaku yang bisnis ikan pernah ngalamin rugi besar gara-gara pemadaman listrik. Sejak saat itu dia berusaha mati-matian buat beli genset. Di kampung Budhe-kua juga hampir tiap rumah punya genset. Emang untuk kondisi tertentu perlu banget ada genset di rumah.

    BalasHapus
  13. Saya langsung ingat sih ketika dulu tsunami di Palu generator benar-benar penting. Alhamdulillah sampai sekarang Di rumah sudah ada generator.

    BalasHapus
  14. pengen beli juga nih generator untuk dipasang di rumah. Jaga-jaga kalau terjadi mati listrik. Memang jarang sih, tapi takutnya pada saat kita perlu,tiba-tiba listriknya padam.

    BalasHapus
  15. dulu ortu saya punya generator listrik dengan kapasitas 900W, cocok banget buat usaha hehe

    BalasHapus
  16. Genset asli penting untuk usaha yang udah skala gede. Dulu jaga warnet aku ada gensetnya Bun. Jadi kalo mati tertolong yg pada main

    BalasHapus
  17. Hahaha jadi inget dulu saat kerja malah suka klau pas mati lampu mbak 😅
    Ga sukanya klo yg di depan komputer, belum disave udah keburu mati, jadilah wassalam yg digarap kwkwkk
    Syukurlah ada genset di tempat kerja, jdi pas padam masih bisa beroperasi, hanya utk beberapa alat saja. Ga smuanya, ga kuat soalnya 😅

    BalasHapus
  18. Jangankan perusahaan besar, emak-emak aja jadi riweh kalau mati listrik. Nyuci gak bisa, masak tethambat, nonton sinetron pun terganggu. Genset nih perlu banget memang. Terutama untuk perusahaan. Kami yang di pedesaan aja langganan mati listrik, rata-rata punya genset sendiri-sendiri.

    BalasHapus
  19. Jadi kepikiran buat beli, Di rumah juga jualan kelontong, jadi kalau mati lampu bakalan ribet ketika banyak pembeli dan masih pakai lampu emergency yang hanya satu.

    BalasHapus
  20. Jadi inget dulu pas jaman ASI, pengen banget beli genset buat ngamanin aai perah hehe.. tpi ga jadi krn mahal ternyata

    BalasHapus
  21. Genset mah penting banget buat jaga-jaga gini, apalagi lampu mati atau listrik mati tidak diketahui kapan, daripada harus operasional berhenti karena kendala seperti ini yakan

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita