Ruangguru Pilihan Terbaik Orang Tua Bagi Pendidikan Anak

"Bund yang ini jawabannya apa? Soalnya nggak ngerti." Teriak Sierra dari kamarnya. Saya yang sedang memasak pun sejenak terhenti. "Video dari ibu gurunya ditonton dulu Kak!" Jawab saya dari dapur. "Udaaah...tapi nggak ketemu jawabannya." Timpalnya lagi. "Kalau gitu googling aja. Kan biasanya juga begitu." Kata saya sambil menajamkan pendengaran takutnya anak ini bakalan ngambek.

Ruangguru Pilihan Terbaik Orang Tua
Matematika

"Nggak dapat juga." Teriak Sierra dengan nada kesal. Saya pun menghampirinya. Mengecek soal yang dibagikan oleh wali kelasnya lalu menonton video materi penjelasan dari gurunya yang dikirim melalui channel youtube. Eh iya ada satu dua soal yang tidak dijelaskan di materi tersebut. Sempat bingung juga apalagi Sierra ini kritis luar biasa, kalau saya tidak bisa menjelaskan dia malah sering komplain. “Yah namanya juga sudah tua Kak. Nggak semua hal bisa bunda tau dan bunda ingat.” Jawaban itu yang selalu menjadi tameng manakala saya tidak bisa membantu menjawab tugas sekolahnya. 

"Bunda dulu belajar nggak materi yang kayak gini?"  Sergah Sierra. "Iya sih belajar, tapi udah berbeda jauh caranya." Saya mengeles. “Bunda katanya ranking satu terus tapi masa soal kayak gini aja nggak bisa jawab.” Omel Sierra. Duuh...makjleb banget. Anak ini kalau lagi kesel sama bundanya suka ngomong benar pula haha.

"Laaah kok baru ingat kan kita udah langganan ruangguru, coba cek di sana." Kata saya, mendadak ingat bahwa handphone Sierra sudah beberapa bulan berlangganan ruangbelajar dari ruangguru. Saya membeli paket belajar untuk satu tahun yakni tahun ajaran 2020-2021.

Kami pun bersama-sama mencari materi yang Sierra maksud. Alhamdulillah ketemu. Saya baca baik-baik materi dari ruangbelajar, setelah mengerti baru saya sampaikan ke Sierra. Maklum dia belum terbiasa karena awal-awal pakai, jadi saya terlebih dahulu mempelajarinya. Sierra pun mulai mengerjakan soalnya dan mengamati contoh yang diberikan oleh ruangbelajar. Tugas pun akhirnya bisa diselesaikan dengan mudah olehnya. Alhamdulillah.

Begitulah kebiasaan kami saat saya libur hari Sabtu dan pembelajaran jarak jauh masih berlangsung. Jika hari-hari biasa, Senin - Jum’at saya dan suami bekerja sehingga Sierra belajar di rumah tanpa bimbingan kami kedua orang tuanya. 

Ruangbelajar di Ruangguru

Juni 2020 saya sudah mengira bahwa pandemi tidak akan cepat-cepat berlalu sementara saya dan suami harus tetap berangkat kerja. Karena itu kami tetap menginginkan yang terbaik untuk Sierra dengan menyediakan fasilitas ruangbelajar by ruangguru sehingga ia tidak menemukan kesulitan apapun saat belajar di rumah.

Ruangbelajar by Ruangguru
Ruangbelajar

Sebagai orang tua, saya merasakan betul manfaat adanya ruangbelajar ini sehingga meskipun Sierra di rumah tidak ada yang membimbing, ia tetap bisa mengikuti materi pelajaran dengan baik. Terlebih sebelumnya, dia hanya mau benar-benar mau belajar jika ditemani atau diarahkan oleh saya saja.

Ruangbelajar ternyata mampu memutus jarak, ruang, dan waktu sehingga memudahkan Sierra selama masa Pembelajaran Jarak Jauh yang diselenggarakan oleh sekolahnya. Ia jadi lebih memahami berbagai mata pelajaran secara mendalam.

Oleh sebab itu, bagi saya ruangguru merupakan solusi orangtua yang kesusahan dalam membantu anak ketika PJJ. Anak pun jadi lebih tenang, tidak ambekan jika tidak mengerti, dan tentu saja ia bahagia karena tugasnya bisa dikerjakan dengan mudah. Karena itulah hubungan orang tua dan anak malah bisa jadi lebih harmonis.

Selasa 29 Juni 2021 yang lalu tiba-tiba ada pesan masuk di whatsapp:

“Hai adek, hari ini paket belajarmu sudah berakhir ya? Karena banyaknya permintaan perpanjangan paket belajar, maka kami berikan kesempatan untuk kamu yang masih belum perpanjang paket belajar di ruangguru!“ Kak Sasti, Official  Team ruangguru.

Akhirnya, genap sudah 1 tahun paket belajar di ruangguru menemani Sierra PJJ. Terima kasih ruangguru. Alhamdulillah bulan lalu Sierra lulus SD dengan hasil yang bagus dan kini beranjak masuk SMP. Sekali lagi terima kasih ruangbelajar by ruangguru telah menemani Sierra belajar intensif selama satu tahun terakhir.


23 komentar :

  1. waah selamat ya sierra dah lulus SD, siap jadi ABG ya sekarang. Alhamdulillah ya, Mak ada ruang guru jadi terbantu banget. Boleh juga nih buat rekomendasi ke Abang di rumah.

    BalasHapus
  2. Memang situasi bener2 ngga kondusif ya Mba
    Apalagi dari sisi pendidikan utk anak.
    Duhh, bener2 mengkhawatirkan.
    Tapii, kita memang kudu bisa beradaptasi, dalam situasi kayak gimanapun.
    Dan, Alhamdulillah produk2 RuangGuru sangat berfaedah utk memudahkan anak2 belajar online yak.

    BalasHapus
  3. Hihiiiii, banyak ngelesnya yaa orang tua mah, jaman sekarang memang pelajarannya bedda banget ya Mba, huhuuuu. Tapi bisa menjadi pilihan terbaik nih kalau ruangbelajar by ruangguru bisa menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan apapun saat belajar di rumah..

    Manfaat adanya ruangbelajar pun berasa, apalagi bagi ibu yang bekerja, jadi ga merasa berdosa juga saat meninggalkan rumah. Meski Sierra di rumah tidak ada yang membimbing, alhamdulillah yaa bisa mengikuti materi pelajaran dengan baik.Jadi tenang mamak bekerja.

    BalasHapus
  4. Aku juga merasakan nih, terbantu banget ama ruangguru. Karena walaupun pelajaran buat anakku masih gampang, tetap aja aku kesusahan cari cara yg tepat untuk menerangkan. Kalau pakai video ruang guru, anakku jadi lebih mudah ngerti.

    BalasHapus
  5. Kemarin kalau bingung, Googling ajaaaaa, hahaha. Sekarang udah tahu Ruangbelajar dari Ruangguru. Lumayan banget buat anak belajar. Mana videonya juga seru sih. Jadi anak mudah paham sama materinya

    BalasHapus
  6. Waah Sierra seumuran berarti sm anak tengahku Zaha ya mba. Tahun ini masuk SMP. Waah beruntung ya Sierra selama ini belajar di ruangbelajar di ruangguru yaa...sukses ya buat sierra

    BalasHapus
  7. Selamat Sierra sudah masuk SMP semangat lagi belajarnya. Semoga dengan sikap kritisnya selalu diasah untuk dipergunakan dengan sebaik-baiknya yaa. Ruang guru memang banyak yang rekomendasikan juga yaa

    BalasHapus
  8. Aku juga sempat setahun mba langganan ruangguru buat anak. EMang jadi pilihan terbaik banget. Memudahkan juga buat anak

    BalasHapus
  9. Anak saya lebih suka belajar mandiri begini. Makanya cocok deh kalau pakai RuangBelajar dari RuangGuru. Animasinya juga menarik.

    BalasHapus
  10. Selama Pjj ini pembelajaran jadi lebih memantang ya mbak
    kadang ortu juga kurang bisa mengasilitasi pelajaran anak
    beruntung ada bimbel online seperti Ruangguru ini, jadi bisa membantu anak anak memahami materi pelajaran

    BalasHapus
  11. Selamat ya Sierra. Cocok nih tentu belajar bareng Ruangguru. Nggak semua anak loh bisa cocok dengan belajar daring. Perlu banget memang bimbingan dari kita sebagai ortu juga dibantu dengan bimbel online juga.

    BalasHapus
  12. Kayaknya aku juga bakal ikutan nih gabung denga ruang guru untuk bantu krucil besar yang udah kelas 6 ini. Karena jujur aku gak bisa 100% mendampingi krucils PJJ. Jadi memang butuh banget bantuan.

    BalasHapus
  13. Dengan adanya platform belajar online seperti ruangguru ini, jadi membantu anak lebih fokus belajar ya selama PJJ. Yakin sih pelajaran yang diterima di sekolah nggak sepenuhnya bisa dipahami karena pandemi gini. Adikku yang masih sekolah juga ngerasain. Makin semangat ya belajarnya dik Sierra di SMP.

    BalasHapus
  14. nah itulah mbak Lina, dulu kita pelajari hal yang sama berhubung ilmunya enggak dipakai ya menguap begitu saja. hihi ... udah enak lah pakai Ruangguru supaya membantu proses belajar anak-anak.

    BalasHapus
  15. Selamat ya Sierra lulus SD dengan nilai memuaskan berkat bimbingan Ruang Guru juga ya...

    BalasHapus
  16. Udah jadi anak SMP ya, seneng nih udah naik tingkat. Bersyukur ya Mbak, ada Ruangbelajar yang membantu Siera memahami materi PJJ di sekolahnya.

    BalasHapus
  17. Masya Allah, sudah SMP ya mbk Sierra.. Dulu ketemu pas masih kecil banget ya. Alhamdulillah, berkat ruangguru, materi yang susah bisa dipahami dengan baik.

    BalasHapus
  18. Benerrr.. Skrg pake ruangguru aja. Sangat membanti kala pjj begini. Etapi disini udh pd banyak yg ptm nih. Disana bagaimana kah?

    BalasHapus
  19. Sierra udah ga repot repot lagi dong yaaaa .. belajar tinggal ke ruangguru aja,
    kalo googling kan kadang bener kadang engga tuh jawabnnya

    BalasHapus
  20. Adanya aplikasi seperti ini tuh sangat membantu ortu terutama yang anaknya kelas atas utk membantu anaknya belajar di rumah ya mbak? Krn emang gak semua ortu paham materi pelajaran anak sekolah zaman now. Juga kadang guru di sekolahnya gak menjelaskan detail. Sungguh tantangan buat para ortu dan anak. Semoga senantiasa diberi kesabaran dan kemudahan.

    BalasHapus
  21. Aku rencananya mau ambil Ruangguru juga nih untuk anak-anak di rumah. Apalagi harganya terjangkau lah dengan layanannya. Pjj kayaknya bakalan masih lama ini

    BalasHapus
  22. Anak-anak kalau sudah lelah suka bikin mama jatuh hati yaa..
    Belajarnya bisa santai kalau dengan ruangguru. In syaa Allah....
    Karena video penjelasannya bisa diulang-ulang plus ada animasinya. Jadi lebih mudah dipahami.

    BalasHapus
  23. setahun kemarin aku pakai ruang guru mak lumayan banget jadinya bisa belajar anak di rumah walau kadang bingung belajar apa secara pandemi ga efektif
    tahun ini lagi mikir dulu beli apa nggak. tapi kalau diskon kan kenapa tidaak

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita