Beberapa Pertimbangan Memilih Hunian yang Nyaman

Sewaktu kami menikah dan memutuskan untuk tinggal di Kota Batam, Bapak Mertua saya berpesan bahwa jika berniat untuk merantau, jangan lama-lama, setelah 10 tahun di perantauan harus pulang dan tinggal di Depok atau di sekitaran Jakarta dan Jawa Barat yang dekat dengan mereka. Menurutnya, Setidaknya mereka tidak kesusahan jika rindu dan ingin menjenguk kami.

14 tahun sudah pernikahan saya dan suami, bukannya tidak ingat dengan pesan Bapak Mertua, namun masih banyak pertimbangan yang sedang kami perhitungkan. Sebenarnya, keputusan terakhir memang sudah bulat bahwa pada akhirnya, cepat atau lambat, kami akan tetap kembali pulang. Hanya menunggu waktu yang tepat dan tentu saja setelah mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan di saat kondisi finansial kami terbilang aman.

Pertimbangan Memilih Hunian yang Nyaman
Pertimbangan Memilih Hunian yang Nyaman


Perihal tempat tinggal ini harus menjadi perhitungan yang tepat apalagi yang akan pindah bukan hanya kami berdua saja melainkan kedua putri kami tercinta juga. Di samping itu, lokasi tempat tinggal kami juga harus mempertimbangkan keberadaan kedua belah pihak keluarga besar baik dari sisi keluarga saya yang tinggal di Garut maupun sisi keluarga suami yang tinggal di Depok.

Oleh karena itu, sejak beberapa tahun yang lalu saya dan suami sudah mendiskusikan rencana jika pindah nanti akan memilih tinggal di mana dan rumah yang kini ditempati akan diapakan. Apakah kami akan tinggal di Depok, Garut atau di antara kedua kota ini seperti Bogor, Jakarta, atau Bekasi.Dan apakah rumah yang ditempati sekarang akan dijual atau disewakan saja.

Berikut beberapa pertimbangan yang akan menjadi dasar kami untuk memilih rumah atau hunian yang baru jika pindah dari Batam:

Beberapa Pertimbangan Memilih Hunian yang Nyaman

1. Harga yang Terjangkau

Dalam mencari hunian, faktor harga tentu menjadi isu utama kami karena sebagaimana kita ketahui bersama, harga rumah rata-rata terbilang mahal dan kebanyakan harus dibeli dengan menyicil selama bertahun-tahun baru bisa dimiliki secara penuh. Untuk itu kami mencari harga yang terjangkau dengan kondisi keuangan kami yang masuk dalam kategori ekonomi menengah.

2. Lokasi yang Strategis

Lokasi adalah isu utama selain masalah harga. Saya sendiri menginginkan jika nanti pindah, maka lokasinya terletak di antara Depok dan Garut sehingga mudah dijangkau oleh kedua keluarga besar kami. Selain dekat dengan pusat kota lokasi ini juga harus mudah dicapai oleh transportasi umum.

3. Kenyamanan dan Kebersihan Lingkungan

Untuk memiliki kehidupan yang nyaman tentu harus didukung oleh lingkungan tempat tinggal yang bersih. Dan komitmen pengembang atau perusahaan properti terhadap kebersihan dan kenyamanan lingkungan perumahan yang dibangunnya, merupakan salah satu faktor yang menajdi pilihan kami untuk tinggal di sana. Misalnya saja dengan adanya taman atau lokasi untuk jogging.

4. Akses jalan yang Dekat

Akses terhadap jalan utama atau jalan umum serta kemudahan mencapai alat transportasi massal yang dekat dan mudah dijangkau dari tempat tinggal merupakan hal penting bagi kami karena sebagai keluarga yang sering bepergian tentu saja akses terhadap fasilitas ini menjadi sangat krusial.

5.Fasilitas Umum yang Memadai

Mempunyai hunian dengan fasilitas umum yang lengkap serta dekat dengan tempat tinggal adalah impian semua ibu-ibu rumah tangga seperti saya. Mau belanja ke pasar, dekat. Mau shopping ke mal memang dekat. Mau hantar anak ke sekolah juga dekat. Mau ke rumah sakit itu pun dekat. Sungguh sangat menghemat waktu dan tenaga.


Mustika Village Sukamulya

Pada saat browsing tentang beberapa hunian di Jakarta dan Jawa Barat, saya tertarik dengan salah satu perumahan di sekitar Bekasi yakni Mustika Village Sukamulya. Perumahan yang dikembangkan bersama pengembang terkenal dari Jepang ini memiliki beberapa keunggulan yang cocok dengan beberapa pertimbangan yang saya sebutkan di atas.

Mustika Village Sukamulya
Lokasi Mustika Village Sukamulya

Menempati area atau lahan seluas 35 Hektar di Cikarang Bekasi, Mustika Village Sukamulya akan membangun sebanyak 3300 unit rumah dengan konsep keseimbangan hidup yang berkualitas. Tidak main-main, untuk mendukung konsep ini, lahan yang dibangun memiliki taman hijau seluas 3300 meter persegi, danau resapan seluas 4600 meter persegi, dan pengolahan air bersih (Water Treatment Plant) sendiri. Selain itu, lebar jalan lingkungan mencapai 6-7 meter, dan lebar jalan utama hingga 14 meter.

Selain itu, Mustika Village Sukamulya didukung oleh akses transportasi, area komersil, sarana pendidikan, dan rumah sakit yang dekat. Dengan begitu, warga perumahan tidak akan kesulitan untuk melakukan berbagai kegiatan kesehariannya. Keamanan juga terjamin dengan adanya security system selama 24 jam.

Dibangun di area lahan seluas 35 hektar. Total unit yang akan dibangun sejumlah 3300 unit. Terdapat 4 tipe unit yang ditawarkan yaitu Ginza Premium, Ginya, Shibuya, dan Ueno dengan tanah 60 meter persegi.

Mustika Village Sukamulya bisa menjadi alternatif pilihan saya untuk mencari hunian yang nyaman, aman, dan dekat dengan keluarga besar.


24 comments :

  1. Nah ini sering sekali saat memilih hunian yang bangun pasti bingung, kadang sudah menemukan tapi ada yang kurang dan tidak sesuai :) terima kasih tipsnya, Mbak.

    ReplyDelete
  2. akupun back in the day tahun 2008 memilih hunian banyak pertimbangannya, semua harus sangat dipertimbangkan gak boleh asal pilih hunian

    ReplyDelete
  3. Iya, memilih hunian itu nggak bisa sembarangan ya mbak
    harus teliti, cek ini itunya
    termasuk fasilitas dan lokasinya
    biar nyaman nanti saat menghuni

    ReplyDelete
  4. Lokasi hunian memang penting banget. Seenggaknya kondisinya masih aman u.dijadikan hunian. Kalo udah urusan rumah gini jd bikin bernostalgia pas awal nyari rumah rss tipe 36. Duh kalo diceritain bisa 1001 malam baru kelar ceritanya hehe.

    ReplyDelete
  5. Pengennya memang tinggal di lokasi yang strategis. Tetapi, sekarang banyak perumahannyang lokasinya semakin kepinggir. Jadi, pertimbangannya agak berubah sedikit. Cari yang mudah akses transportasi umumnya. Biar ke mana-mana gak harus pakai kendaraan pribadi terus

    ReplyDelete
  6. Banyak bilang emang milih hunian tuh kayak nyari jodoh. Banyak hal yang harus dipertimbangkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuu 100 persen dg mbak alida. Pengalaman dulu pas cari rumah di Medan, dari mulai niat mau beli hingga benar2 beli (KPR) itu lamaaa prosesnya karena banyak pertimbangan. Dan jodoh rumah itu sprti juga jodoh manusia yakni nggak ada yg sempurna. Lah cocok segala kriteria rumah, tapi nggak pas budgetnya kan nggak sempurna juga jadinya hehehehe.

      Pada akhirnya, rumah di Medan harus kami tinggalkan karena mesti pindah ke kota lain. Jadi kontraktor lagi deh..

      Delete
  7. Walaupun harga sebagai penentu biasaya saya letakan di keputusan terakhir, Mba kalau sedang mencari rumah atau sewa rumah. Pertama lihat lokasi dan fasilitasnya dulu.. xixixi..

    ReplyDelete
  8. Bapak mertua mungkin mikirnya biar dekat keluarga ya jadi minta merantaunya jangan lama-lama. Harus mulai memikirkan hunian yang cocoj dari sekarang ya mbak. Baca nama huniannya kok kaya kenal, eh bener ada di Kabupaten Bekasi ternyata ya

    ReplyDelete
  9. Semoga dimudahkan rencananya untuk tinggal dekat dengan keluarga besar ya, Mbak
    Ini Mustika Village Sukamulya luas sekali ya, 35 hektare dengan banyak keunggulan, bisa menjadi pilihan untuk hunian yang nyaman dan aman

    ReplyDelete
  10. Wah keren ya mbak ada danau resapan bahkan water treatment nya punya sendiri jd emang sudah dipertimbanhkan sama pengembang ya untuk lebih nature friendly. Harus jd petimbangan tu apalagi pengennya tinggal di situ dalam jangka wakyu lama kan. Kalo transportasi kemana2 aman juga pasti lebih enak. Semoga betah ya nanti tinggal di kota baru

    ReplyDelete
  11. Pindah sekeluarga berarti memulai lagi segalanya dari awal. Apalagi anak-anak membutuhkan sekolah. Jadi harus dipertimbangkan matang secara lokasi ya mbak. Apalagi kalau bisa berada di tengah-tengah tempat tinggal keluarga kedua belah pihak. Jadi kemana-mana tidak jauh. Untunglah rumah idaman seperti itu tersedia saat ini ya. Fasilitasnya juga lengkap. Semoga betah dengan hunian baru ya mbak Lina. Amin

    ReplyDelete
  12. BEner banget mbak, kalau mau cari rumah memang harus dipertimbangkan baik-baik. Mulai dari lokasi, harga sampai fasilitas. Makin komplit makin jadi hunian idaman ya

    ReplyDelete
  13. Strategis ya lokasi Mustika Village ini. Dan sangat memperhatikan lingkungan sekitar dengan memiliki water treatment dan resapan. Semoga saya juga bisa mendapat tempat tinggal idaman

    ReplyDelete
  14. Wah sekarang perumahan udah makin ke Cikarang aja nih. Ini pasti tak lepas krn di sana area industri dan rencana proyek kereta api cepat itu ya.
    kalau KRL sih udah ada. Eh denger2 katanya mau dibangun bandara jg beneran gak sih?
    Emang yang paling bagus tu kalau kerja di ibu kota maka perumahannya aksesnya kudu oke ke mana2 yaa

    ReplyDelete
  15. Memilih hunian itu gampang2 susah, aku pun mengalamknya. Udah cocok ama tempatnya, tapi akses kemana2nya agak sulit, eh tempatnya stra6 tapi harga lumayan wow... Emang kudu sabar kalau mau beli rumah.

    ReplyDelete
  16. Merantau dan akhirnya pulang itu jadi balik ke nol lagi ya, Mbak. Memang harus dipikirkan matang-matang apalagi soal huniannya. Keamanan juga penting. Jangan lupa nyari yang ada tetangganya biar gak sendirian

    ReplyDelete
  17. Kalo akses jalan memang jadi pilihan utama ya mba, karena penting saat keadaan darurat. Semoga dimudahkan misal jadi balik ke pulau Jawa

    ReplyDelete
  18. Baca ini ,jadi pengen pindah rumah. Rumah ini udah kena banjir dua kali. Jadi pengen rasanya pindah. Tapi sayang juga sebab di sini lingkungan tenang ,udara bersih dan pastinya hijau. Jadi maju mundur pindah nya

    ReplyDelete
  19. Daerah Cikarang lagi getol pembangunan perumahan nih. Inovasi dari pihak pengembang juga bagus-bagus sehingga layak untuk dipertimbangkan. Salah satunya Mustika Village Sukamulya ini, areanya luas dan pengolahan airnya bagus.

    ReplyDelete
  20. Setuju dengan tipsnya, selain harga terjangkau, kemudahan sarana transportasi, akses pendidikan, arena publik pasti jadi pertimbangan buat memilih hunian. Mustika village Sukamulya ini luas banget ya, 35 ha. Keren

    ReplyDelete
  21. Masih jadi doa nih supaya dapat hunian yang nyaman dan sesuai impian
    Soalnya di sini harga sangat lumayan tinggi sekali
    Semoga dimudahkan

    ReplyDelete
  22. Lokasi Mustika Village Sukamulya ini bagus sekali yaa..
    Cikarang daerah berkembang yang tentunya bisa menjadi pertimbangan dalam memilih hunian nyaman.

    ReplyDelete
  23. Waah unit rumahnya banyak juga ya sampai ribuan. Bisa berapa tahap pembangunan itu ya. Udah semacam jadi kota sendiri.

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita