D’Kandang Amazing Farm Lokasi Wisata Edukasi Berbasis Pertanian dan Peternakan


Sejak 2 tahun lalu, ketika pulang kampung ke rumah keluarga suami di Sawangan Depok, adik-adik ipar saya heboh bercerita tentang lokasi wisata terbaru yang ada di Sawangan, namanya D’Kandang. Karena waktu itu liburan di Depok hanya 3 hari saja, sementara kami harus segera meluncur ke Garut untuk mengunjungi keluarga dari pihak saya, maka niat bertamasya ke D’Kandang pupus sudah.

Pintu masuk D'Kandang Amazing Farm

Beberapa bulan lalu, ketika pulang kampung ke Sawangan Depok lagi, saya tak ingin menahan rasa penasaran semakin lama bertahan. Saya pun mengatur jadwal sedemikian rupa supaya bisa tetap berkunjung ke D'Kandang. Alhamdulillah, di hari terakhir sebelum pulang ke Batam, akhirnya sempat juga mampir kesana yang ternyata tidak jauh samasekali. Jaraknya dari rumah hanya 5 menit saja. Ya ampuun, tahu gitu kenapa nggak dari 2 tahun yang lalu saja ke D’Kandang ini. Mampir sebentar sebelum berangkat ke Garut. 


Hari itu, kami tiba ke D'Kandang jam 8 pagi. Namun petugas yang jaga tiket belum ada di tempat. Kata petugas yang lain jam buka hari itu sekitar jam 9 karena masih dalam suasana lebaran. Dia pun menyarankan agar kami duduk-duduk terlebih dahulu di lobby sambil menunggu jam buka. Jam 8.30, petugas penjaga tiket datang dan memanggil orang-orang yang sudah menunggu sejak tadi. Harga tiket Rp 18.000 pada hari biasa dan Rp 20.000 pada setiap akhir pekan dan libur nasional.

Lobby yang jadi pintu masuk ke D'Kandang

D'Kandang Amazing Farm Depok
Rumput Sintetis


Memasuki D'Kandang kita akan disambut oleh hijaunya rumput sintetis yang terhampar cantik diteduhi oleh pepohonan di kanan kirinya. Beberapa keluarga terlihat menggelar tikar di atasnya sambil menyantap sarapan. Anak-anak tampak ceria berlarian dan berkejaran. Pemandangan yang menghangatkan hati di pagi itu seiring hangatnya matahari yang mulai meninggi. 


Saya dan keluarga mulai menyusuri satu per satu wahana demi wahana yang ada di D’Kandang. Wahana-wahana ini dibuat sedemikian rupa dengan tujuan agar dapat mengedukasi anak-anak dan juga para orang tua tentang betapa menyenangkannya kegiatan beternak, berkebun, berladang atau bercocok tanam. Memberikan pengalaman secara langsung kepada mereka dengan pemberian edukasi sesuai bidang yang D’Kandang kembangkan yakni pertanian dan peternakan. 


D’Kandang Amazing Farm beralamat di Desa Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Lokasinya sedikit berada di dataran rendah dengan panorama yang hijau dan asri sehingga menjadikan suasana D'Kandang terasa alami dan segar. Terlebih area wisata D’Kandang juga dilintasi oleh sebuah sungai yang cukup bersih dengan air yang mengalir cukup deras. Terdengar suara gemericik aliran air, membaut pengunjung merasa nyaman dan tenang. 


D’Kandang juga memiliki konsep Fresh Food From Farm For Family yaitu mengintegrasikan konsep pertanian dan peternakan mulai hulu hingga hilir. Menghadirkan bagaimana pertanian dan peternakan diproses dari awal hingga hasil panennya siap konsumsi ke tangan para pengunjung. 


Secara garis besar terdapat dua tema wahana yang bisa dicoba oleh pengunjung yakni wahana edukasi dan wahana kreasi. Keduanya terdiri dari beberapa aktifitas yang dapat menstimulasi kemampuan motorik anak-anak sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Memberikan pengalaman berkesan yang akan diingatnya hingga besar. Wahana-wahana tersebut diantaranya: 

Wahana Edukasi 

Wahana edukasi ini termasuk di dalamnya seperti pengalaman menunggang kuda, naik delman, memberi susu anak-anak kambing, memerah susu sapi, menunggang kerbau bule, memberi pakan kelinci, memberi pakan domba, memberi pakan ayam/bebek/burung/ikan, memanen sayuran, menanam tanaman hias, menangkap ikan, kegiatan hidroponik, ATV, flying fox, scooter, istana balon dan handboat. 


Wahana Kreasi 

Wahana Kreasi ini termasuk di dalamnya seperti membentuk tanah liat, melukis layang-layang, melukis topi caping, kreasi boneka potty, kreasi kokedama, melukis kaos anak dan melukis kaos ukuran dewasa. 


Fasilitas D’Kandang 

Selain berbagai wahana tersebut di atas, D’Kandang juga memiliki berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung dalam berwisata di sana. Beberapa diantaranya adalah lapangan parkit yang luas, mushola, restoran, toilet, air mancur, taman bacaan, kolam pancing, rumah kreasi, area pertanian, pendopo, kantor marketing, dan fasilitas pendukung lainnya. 

Sayangnya Sierra, anak saya tidak terlalu bersemangat karena dia bete makanan yang dia pesan jatuh dan tidak bisa diselamatkan. Menjadikan sepanjang jalan dia terdiam saja meskipun ayahnya sibuk mengajak ngobrol.

Ban donat


Kejutekan Sierra mencair tatkala kami berkunjung ke kandang kelinci. Wajahnya sedikit ada riak senang melihat kelinci-kelinci putih berlari dan memakan rumput. 

Menyusuri jalan di area D’Kandang ini menjadikan ide-ide untuk berkreasi saya semakin liar dan membuncah. Bagaimana tidak, berbagai perlengkapan, peralatan dan fasilitas yang digunakan di D’Kandang sungguh membuat saya berkata “Oh iya ya bisa juga pakai ini.” Sebut saja kursi yang terbuat dari drum, ban-ban bekas yang disulap seperti donat raksasa, pot-pot bunga dari barang bekas seperti sepatu boots, kaleng bekas, botol bekas dan tali wol. 

D'Kandang Amazing Farm Depok
Kursi dari drum bekas

Pot bunga dari kaleng dan botol bekas
Pot bunga dari sepatu boots

Wahana terakhir yang kami kunjungi adalah area tangkap ikan. Setiap tiket yang dibeli untuk wahana ini dapat ditukar dengan ikan hias yang disiapkan petugas untuk dibawa pulang. Namun ikan yang ditangkap oleh-anak-anak di kolam, tidak untuk dibawa pulang melainkan dilepaskan kembali. 


Di kolam tampak anak-anak sangat antusias mengejar dengan berlari atau berenang, mencoba menangkap ikan dengan tangan kosong. Tapi lama-kelamaan saya kok kasihan melihat para ikan yang megap-megap sepertinya mabok. Ketika dimasukkan ke ember pun tidak banyak gerak lagi. Mungkin para ikan kelelahan atau kekurangan oksigen karena terus-terusan ditangkap dan dilepaskan oleh anak-anak. 


Selain melayani pengunjung secara perorang, D’Kandang juga menyediakan berbagai paket wisata edukasi bagi kelompok pelajar TK, SD, SMP dan SMA. Diantara paket-paket yang ditawarkan adalah: 

1. Paket Little Farmer untuk TK-SD 
2. Paket Fun Cooking untuk TD-SD 
3. Paket Outbond Kids untuk TK-SD 
4. Paket Amazing Farming untuk SMP-SMA 
5. Paket Amazing Outbond 
6. Paket Camping/LDK 
7. Paket Ulang Tahun 
8. Paket Companion 

Paket-paket di atas telah termasuk fasilitas instruktur pendamping atau guide, sesi foto-foto, welcome drink, gift berupa yogurt, juga makan catering. 


Berkunjung ke D’Kandang memang sangat positif. Terutama bagi anak-anak kota yang tidak mempunyai pengalaman sama sekali dengan kehidupan di desa yang erat kaitannya dengan pertanian dan peternakan. Para orang tua juga banyak yang mengapresiasi pendekatan wisata edukatif yang diterapkan oleh D’Kandang. Dan sebagai salah satu hasilnya, pada tahun 2018 D’Kandang telah meraih penghargaan dari Kementrian Pariwisatan dalam ajang Indonesia Sustainable Award (ISTA) untuk kategori Penghargaan dalam Tata Kelola. 


Sekitar 1,5 jam saya dan keluarga berada di D’Kandang. Sebenarnya ingin berlama-lama lagi untuk menawarkan Sierra berbagai pengalaman dari aneka wahana yang ada. Apalagi dia penyayang binatang dan sangat senang jika diajak memberi makan hewan-hewan itu. Namun sayang, sorenya kami sudah harus terbang ke Batam. 


D'Kandang Amazing Farm 

Alamat     :  Jalan Penarikan, Pasir Putih, Sawangan, Depok - Jawa Barat.
Buka         : Sabtu - Kamis (Jum'at libur)
Jam Buka : Jam 08:00 -17:00 WIB
Telepon    : 021 77887138
Website     : www.dkandang.co.id
HTM        : Hari biasa Rp 18.000, Hari Libur Rp 20.000

16 comments :

  1. Uwuwuwuwu, seruuu banget ini destinasinyaaaa
    aku kapan hari main ke Pamulang, TangSel, tau gitu mampir ke Sawangan ini ya Mba
    Cihuy abisss!

    ReplyDelete
  2. Kalau anak-anak sih keduanya sudah pernah berkunjung ke Dkandang dari sekolahnya tapi aku belum pernah mampir padahal tinggal ngelangkah nih dari rumah adeku di Sawangan. Seru sih kalau yang aku liha bisa bermain sambil belajar

    ReplyDelete
  3. Asyik juga ya sekeluarga main ke D'Kandang ini, puas banget bisa menikmati kedua wahana yang disajikan di sana. Plus sejuk rasanya ya menikmati ijo-ijo gini mba.

    ReplyDelete
  4. Wah Mba nggak nyangka ya deket banget tempat wisata ini dengan keluarga di depok ya sampe 5 menit gitu. Apa tempat wisata ini termasuk barukah? Tempatnya enak banget ya buat liburan keluarga terutama mengedukasi sekali untuk anak-anak. Sayangnya jauh dari tempat tinggal saya lokasinya hiks

    ReplyDelete
  5. tempat duduk dari tong dan pot sepatu bootsnya unik dan lucuk.
    udah lama tahu ada dkandang tapi belum kesampean kesitu. kalo anak2 n suami udah nyoba yg serupa, kuntum di tajur bogor

    ReplyDelete
  6. Dekat banget sama rumahku ini, tapi belum pernah sengaja main ke situ hahaha. Pernah mampir aja jemput anakku pas acara bareng sekolahannya. Memang bagus sih tempatnya, cocok untuk mengenalkan alam dan hewan ke anak-anak :)

    ReplyDelete
  7. Asikkk banget ini Teh. AKu belum kesampaian mau kemari dari tahun kapaaaaan itu. Haha...

    ReplyDelete
  8. Saya suka sama ide-idenya di sana. Apalagi yang sepatu bot itu. Jadi kepikiran juga pengen bikin yang seperti itu di halaman rumah

    ReplyDelete
  9. Lah kampung suami deket sama saya dong ya.. xixixi. Saya aja yg lama tinggal di Depok belum kemari, Mba. Berapa kali orang mengulas tentang D'Kandang. Jadi mau coba deh. Mana tiketnya murah hanya 20rb kalau libur. Cumaa yang ga nahan kalau weekend ke sawangan itu raja macet, Mba. Semoga Abinya mau diajak kesini deh.

    ReplyDelete
  10. aku udah sempat lihat dan baca reviewnya tapi belum sempet main ke sini..yang udah ke De Ranch :)

    ReplyDelete
  11. Aku kadang setiap munggu pagi senam disana mba... Free tiketny nti kalau kesana lagu mampir ke rumahku mba, beli susu mirni di dkndang murah meriah

    ReplyDelete
  12. Saya yakin anak-anak suka kalau diajak berlibur ke D' Kandang. Mereka bisa berinteraksi dengan hewan yang ada di sana ya...
    Asyiknya lagi kita bisa bawa makanan untuk disantap bersama beralaskan rumput sintetis.
    Kalau di Bandung, banyak tempat wisata yang gak ngebolehin kita bawa makanan dari luar

    ReplyDelete
  13. Bagus banget ini tempatnya seru banget pasti kalau anak anak di ajak main kesini... Dan apalagi anakku pasti dia happy banget deh mak

    ReplyDelete
  14. Ini mah cocok banget untuk anak anak ya, warna warni, sekalian mengenalkan alam kepada mereka

    ReplyDelete
  15. Seru ya mb...banyak banget permainannya. Mengajarkan anak cinta hewan dan lingkungan. Wah, pot dari kaleng-kaleng bekas yang diberi warna, lumayan juga kalau ditiru..

    ReplyDelete
  16. Waaah, aku juga udah penasaran sama tempat rekreasi D'Kandang yang kebetulan banget dekat dengan tempat tinggal adikku, next kalau berkunjung ke Depok, langsung minta anterin main disini

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates