Simak! 5 Alasan Menarik Untuk Beli Rumah Dijual di Surabaya

Foto: Google Images

Tren jual beli properti di kota-kota besar Indonesia semakin ramai belakangan ini. Tak hanya terpusat di kawasan Jabodetabek, pasar properti menggeliat juga di kawasan Jawa Timur, khususnya kota Surabaya. 

Kota yang punya julukan kota Pahlawan ini merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Daerah metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila, berpenduduk sekitar 10 juta jiwa yang menjadikannya juga kawasan metropolitan terbesar setelah Jabodetabek. 

Properti khususnya rumah dijual di Surabaya semakin diminati karena kotanya sendiri terbilang berkembang sangat pesat, semakin nyaman untuk ditinggali dan bernilai tinggi sebagai investasi. 

Tidak heran jika Surabaya dikatakan mengejar Jakarta dalam banyak hal, termasuk sektor propertinya. Hal ini tidak lepas dari gebrakan-gebrakan yang terjadi di kota ini. Untuk ulasan lebih mendalam, simak 5 alasan menarik untuk beli rumah dijual di Surabaya ini, ya!


1. Lingkungan semakin ramah dan manusiawi 

Setidaknya satu dekade yang lalu, Surabaya dikenal sebagai kota yang keras karena punya suhu dan udara yang tidak manusiawi saking panasnya. Belum lagi masalah lingkungan lain seperti kawasan kumuh dan masalah penanggulangan sampah yang mengkhawatirkan. 

Namun, saat ini rumah dijual di Surabaya menjadi sangat menarik untuk dibeli karena lingkungannya menjadi lebih manusiawi. Kota Surabaya belakangan ini menerima tiga penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Tiga penghargaan itu adalah Adipura Kencana, Kinerja Pengurangan Sampah, dan Nirwasita Tantra. Memang, setelah berada di bawah kepemimpinan Wali Kota Tri Rismaharini, Surabaya tercatat sudah delapan kali berturut-turut menerima penghargaan Adipura.

Foto: Good News From Indonesia

Contoh perbaikan lingkungan hidup kota Surabaya salah satunya adalah kebersihan di kampung-kampung dan pembangunan 420 taman yang rata menyebar. Terdapat juga penurunan signifikan penyakit yang terkait dengan kualitas lingkungan hidup. 

Lingkungan Surabaya yang semakin sehat dan manusiawi ini membuatnya ideal sebagai lingkungan hidup. Di samping titelnya yang merupakan kota metropolitan, kota ini memiliki kadar polusi yang terbilang lebih rendah dari Jakarta. 

Keunggulannya dalam hal lingkungan hidup membuat rumah dijual di Surabaya ini lebih menarik dari rumah Jakarta, bukan? 

2. Penanggulangan banjir signifikan

Terkait dengan lingkungan hidup, rumah dijual di Surabaya saat ini semakin menarik karena makin bebas banjir. Kisaran tahun 2003, ketika Surabaya masih terkenal panas, kering, namun selalu banjir saat musim hujan, kota ini punya masalah sampah yang besar. 

Hampir setengah wilayah Surabaya banjir saat itu. Untuk menanggulanginya, masyarakat diminta turut berpartisipasi dan bahu membahu membantu pemerintah kota untuk melakukan program pengelolaan sampah. 

Usaha ini berbuah baik, karena dalam program penanggulangan banjir tersebut, area 1.228 Ha berhasil diselamatkan. Tinggal 3,7% luasan yang masih menjadi kawasan langganan banjir, dan itupun berhasil diatasi dengan penurunan air yang lebih cepat. 

Poin bebas banjir selalu jadi poin penting untuk dipertimbangkan ketika mencari rumah. Rumah dijual di Surabaya ini paling tidak dapat memenuhi poin penting tersebut. 


3. Sektor ekonomi tumbuh pesat

Salah satu yang mempengaruhi sektor properti adalah sektor ekonomi. Di Surabaya ini, sektor ekonomi memiliki pertumbuhan yang pesat sehingga sektor propertinya pun terangkat. 

Belakangan ini, tercatat bahwa pertumbuhan ekonomi Surabaya berada di atas Jawa Timur bahkan Nasional. Pertumbuhannya menyentuh angka 7 persen, meningkat dibanding tahun 2015 lalu yang hanya berada di angka 5,8. 

Pertumbuhan ekonomi ini terkait dengan perizinan, seperti sektor akomodasi dan makan minum (hotel dan restoran), real estate, dan konstruksi yang semakin berkembang.

Foto: radar Surabaya

Tak hanya itu, pasar Surabaya menjadi semakin menjanjikan. Kelas atasnya sudah terbentuk, sementara kelas bawahnya semakin membaik tingkat kesejahteraannya. Dengan tumbuhnya ekonomi, hal ini mendorong daya beli masyarakat sehingga meningkat juga. 

Daya beli yang meningkat termasuk daya beli rumah dijual di Surabaya, sehingga properti hunian di kota ini tak hanya dicari oleh investor luar melainkan juga warganya sendiri. 

4. Pembangunan infrastruktur nyata

Masih saling berhubungan, alasan lain yang membuat rumah dijual di Surabaya semakin menarik untuk dibeli baik untuk hunian maupun investasi adalah tentang pembangunan infrastruktur kotanya. 

Pembangunan infrastruktur Surabaya ini tak kalah dari Jakarta sehingga merangsang pertumbuhan ekonomi dan properti secara signifikan. Pembangunan infrastruktur ini tidak lepas dari peran Surabaya sebagai pintu dan jalur ekonomi kawasan Indonesia Timur. 

Terhitung semenjak 2010, Surabaya membangun setidaknya 315 kilometer jalan baru, termasuk Middle East Ring Road, Outer West Ring Road, dan Outer East Ring Road. Tak hanya jalan, infrastruktur sektor ekonomi juga ikut dibangun. 

Misalnya saja dengan adanya Coworking Space Koridor di Siola, tempat kerja bersama level kota pertama, buka 24 jam dalam 7 hari. Ini sangat berperan besar dalam pembangunan ekonomi lewat teknologi. 

Infrastruktur ini tak hanya memfasilitasi tech startup, namun juga UMK yang berbasis desain produk, kerajinan, elektronik, bahkan sampai robotik. 

5. Nilai investasi sangat tinggi

Dengan semua pembangunan dan perbaikan kota, terutama infrastrukturnya, nilai properti di Surabaya semakin tinggi. Ini membuat nilai investasi rumah dijual di Surabaya sangat menggiurkan untuk para investor. 

Tak hanya dalam negeri, gebrakan-gebrakan yang berhasil dilakukan Surabaya ini membuat Surabaya semakin dikenal di kancah internasional. Dengan nilainya yang naik di mata dunia, tentu saja menjadikan Surabaya semakin menarik untuk warga kita sendiri. 

Surabaya menjadi kota yang akan selalu mendapatkan pendatang. Pebisnis, pekerja, pelajar, dan kalangan lain terus datang karena merasa kota ini punya potensi yang besar. Dari bisnis hingga pendidikan. 

Hal itu membuat kebutuhan dan permintaan akan tempat tinggal juga tidak pernah surut. Hal ini menjadi poin yang menarik untuk memilih tempat berivestasi properti. Tentu saja, kota yang berkembang pesat adalah ladang investasi menjanjikan di mata pebisnis. 

Itu dia 5 alasan menarik untuk beli rumah dijual di Surabaya. Tersedia dalam berbagai tipe, lokasi, dan spesifikasi, anda bisa dapatkan properti pilihan dengan penawaran terbaik lewat www.99.co/id. Sukses selalu, ya!

25 comments :

  1. poin nomor 5 sih yang menurut saya sangat berpengaruh :)

    ReplyDelete
  2. Yap, beli rumah di Surabaya insyaAllah menguntungkan bangeeettt, karena kota ini kecintaan kami semua hahahaha :)))
    Banyak kampus, kantor, industrri, dll yg bikin Sby makin assoy geboy

    ReplyDelete
  3. Aku percaya banget kalau di Surabaya sekarang semakin bagus dan maju terus kotanya. Memiliki salah satu protperti di Surabaya aku rasa tidak ada salahnya ya, apalagi banyak menjanjikan gini ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surabaya ini kota kesukaan saya. sampai pernah punya keinginan menetap di sini tapi ternyata ditakdirkan hidup di kota sebelahnya. hihi gak papa, masih suka main ke kota pahlawan kok

      Delete
  4. kebersihan di kampung-kampung dan pembangunan 420 taman yang rata menyebar. Terdapat juga penurunan signifikan penyakit yang terkait dengan kualitas lingkungan hidup.

    Itu hanya sebagian kecil dari pencapaian Surabaya ya.
    Banyak orang yang bilang bahwa Surabaya jauh lebih bagus sekarang, enak buat berinvestasi dengan membeli rumah ya.

    ReplyDelete
  5. Nah bebas banjir nih perlu digaris bawahi. Ya meskipun agak panas sih, tapi nilai investnya tinggi bener tuh.

    ReplyDelete
  6. Surabaya, dulu, saya nggak pengen tinggal di sana, alasannya panas dan macet.

    Kalau sekarang, dipertimbangkan, soalnya jalan udah lebar-lebar, penataan kotanya juga bagus, banyak tamannya

    ReplyDelete
  7. Aku pengen beli rumah di Bandung, tapi setelah baca tulisan ini kayaknya tertarik juga untuk investasi di Surabaya, apalagi sekarang Surabaya tambah maju.. Hmmm.. harus nabung lebih banyak lagi nih bisa bisa berinvestasi rumah di SBY :D

    ReplyDelete
  8. Saya pernah beberapa kali ke Surabaya. Buat saya yang besar di Jakarta dan sekitarnya, Surabaya cuacanya lebih panas. Tetapi, memang pembangunannya juga boleh diacungkan jempol

    ReplyDelete
  9. Yaap sepakat banget. Apalagi boleh dibilang Surabaya tuh kota kedua terbesar di Indonesia yang pertumbuhan ekonominya tinggi

    ReplyDelete
  10. Investasi rumah juga properti lainnya di Surabaya memang menguntungkan ya mak, aku belum pernah tuh berkunjung ke Surabaya, padahal tiap tahu lewat karena pulang ke Jember, tapi dari sisi jalan tol terlihat kalau Surabaya bisa di bilang kota yang lengkap, ada industrinya juga pusatnya bisnis, ngak heran kalau banyak masyarakat yang pindah ke Surabaya dan otomatis kebutuhan rumah pun meningkat.

    ReplyDelete
  11. Aku pikir Surabaya gak punya permasalahan banjir loh. Tapi sekarang sudah ditangani ya makanay harga jual rumah di sana juga tinggi

    ReplyDelete
  12. Wah iya, Surabaya ini memang keren ya. Kebersihan dan kenyamanannya juara. Pastinya deh dunia properti Surabaya banyak diminati. Menguntungkan sih ya..

    ReplyDelete
  13. Surabaya itu salah satu kota yang berkembang sangat pesat. Jadi gak salah kalau mau investasi properti di sana. Harga tanah kan sering naiknya

    ReplyDelete
  14. Surabaya emang udah keren banget ya mbak semenjak walikota sekarang. Aku pengen banget deh ke surabaya lagi. Kali kali bisa beli rumah di sana :D

    ReplyDelete
  15. Surabaya makin kece ya kotanya, hanya ngga kuat panasnya, sama kayak Semarang...jadi pengen jalan-jalan deeh..

    ReplyDelete
  16. Hmmm kayaknya area pengembangan Surabaya tu lbh ke arah Surabaya bArat sekarang. Masih panas kyk dulu sih tapi skrng taman2 emang makin banyak.
    Saya pribadi juga pengen punya rumah di Sby tapi kyknya area rumah ibuku udah gak masuk akal, jd mungkin menuju ke Barat juga, atau Sidoarjo atau Gresik kalau mau cari rumah 😁

    ReplyDelete
  17. Belum pernah saya ke Surabaya, tapi suka baca perkembangannya yang semakin pesat disana yah, keren juga nih kalau beli rumah disana buat dijual lagi.

    ReplyDelete
  18. Waaahh Surabaya sekarang keren banget. Dulu aku emoh tinggal disana karena ya itu tadi. Kotanya kurang manusiawi. Panas, banyak nyamuk. Tapi kalau sekarang, boleh jga deh buat bahan pertimbangan.

    ReplyDelete
  19. Rumah di Surabaya kayaknya juga udah mahal ya mbak seperti di Jakarta. Berinvestasi rumah di sana sepertinya menguntungkan juga

    ReplyDelete
  20. Surabaya ini kota yang sangat menjanjikan, tak kalah dengan Jakarta. Ga heran ya kalau punya investasi di Surabaya tuh ga bakalan sia-sia. Termasuk dengan membeli rumah gini.

    ReplyDelete
  21. Dengar kata Surabaya pasti terbayang Bu Risma. Aku belum pernah ke Surabaya, tapi melihat berita di TV sepertinya ga jauh beda dg Jkt. Modern. Investasi rumah seoertinya juga menguntungkan, ya.

    ReplyDelete
  22. Menyenangkan ya kalau bayangin bisa tinggal di Surabaya dengan pertumbuhan kota yang sangat pesat. Sayangnya udara panas banget dan saya enggak betah, hihihi

    ReplyDelete
  23. Aku yang ornag Surabaya merasakan sendiri betapa tingginya harga properti di Surabaya. Setiap tahun naik terus harganya. Memang investasi properti di Surabaya sangat menjanjikan. Harganya naik signifikan.

    ReplyDelete
  24. Belum pernah ke Surabaya sih, tapi kata cerita temen yang sering ke sana, 5 alasan ini emang bener adanya. Dibanding tahun2 sebelum nya, Surabaya udah semakin banyak yang dibenahi. Beli rumah di sana juga ga akan rugi ya.

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates