Berbagai Pilihan untuk Liburan Awal Tahun di Kota Batam

Alhamdulillah pada pergantian malam tahun baru ini cuaca di Kota Batam sangat bagus. Setelah sebelumnya, awal Desember lalu kota kami dihantam hujan seminggu penuh tanpa berhenti. Hampir semua orang menduga bahwa cuaca pada puncak pergantian tahun juga tidak akan berbeda dengan awal Desember sehingga banyak warga Batam yang tidak berencana untuk berwisata jauh-jauh keluar rumah atau bahkan keluar pulau. Padahal dua pekan terakhir ini sedang liburan sekolah dan anak-anak haus liburan. Seperti halnya saya dan rekan-rekan di komunitas arisan keluarga besar Samawa yang batal liburan akhir tahun dan tidak kemana-kemana karena takut hujan dan gelombang besar datang jika kami tetap meneruskan rencana berlibur ke pantai atau ke pulau-pulau. Padahal kenyataannya, Batam baik-baik saja bahkan cuaca sangat sangat bagus.

Kawasan Pusat Kota Batam 


Seperti direncanakan semula, jika akhir tahun tidak jadi berlibur, maka kami akan mengganti liburan pada Januari ini. Dan sepertinya, bulan Januari cuaca sudah membaik. Selain itu ada banyak pilihan lokasi wisata baru di Batam yangbelum pernah kami dan anak-anak kunjungi sehingga akan sangat menarik.


Para pelaku usaha dan pemerintah di Kota Batam sudah banyak yang menyadari bahwa sektor pariwisata merupakan sektor yang cukup menggiurkan dan bisa meraup banyak keuntungan sehingga beberapa diantara mereka mulai membuka usaha di bidang pariwisata dengan berbagai atraksi pilihan yang menarik untuk berlibur. Atraksi ini ada yang mempunyai nilai edukasi, religi maupun hanya sekedar untuk bersenang-senang.


Pilihan Destinasi Wisata Menarik di Batam


Berikut beberapa alternatif yang bisa dijadikan pilihan berlibur teman-teman yang termasuk ke dalam kategori destinasi wisata baru di Kota Batam:


1. Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam baru saja dibuka untuk umum pada  Jumat, 20 September 2019 silam. Pengerjaannya memakan waktu lebih dari 3 tahun. Dan sampai tahun 2020 ini masih dalam tahap penyelesaian. Masjid ini terletak di Jalan Brigjen Katamso Tanjung Uncang, Batu Aji, Batam. Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah disebut juga sebagai Masjid Agung Batam II  dan menjadi kebanggaan warga Batam karena merupakan masjid terbesar di Sumatera dimana ruang shalat utamanya mampu menampung hingga 5.555 jamaah sedangkan total ruangan keseluruhan mampu menampung sebanyak 24.536 jamaah. Kemegahan dan keanggunan arsitekturnya bisa mendatangkan banyak wisatawan sehingga masjid ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata religi Kota Batam.

2. Ninos Batam

Salah satu profesi yang diperkenalkan Ninos Batam

Ninos merupakan pusat rekreasi yang berkonsep edutainment yang unik dan menarik. Wahana-wahananya mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan bagi keluarga terutama bagi anak-anak atau pelajar. Ninos menyerupai replika sebuah kota, namun dalam ukuran anak-anak. Wahana-wahananya dilengkapi dengan jalur trem, kawasan bisnis, industri, hiburan, dan masih banyak lagi. Para pengunjung terutama anak-anak dapat memainkan berbagai peran juga mempelajari profesi seperti polisi, dokter, aktor, pemadam kebakaran, hingga pemain sepakbola profesional. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mempelajari profesi masa depan seperti insinyur robotika, pengembangan aplikasi, pemasar digital, desainer UI/UX, dan profesi lainnya.

3. Kepri Coral Pulau Pengalap

Kepri Coral. Foto: Modelux Digital Media

Salah satu destinasi wisata yang sedang hit di Batam akhir-akhir ini adalah Kepri Coral yang terletak di Pulau Pengalap di gugusan Pulau Abang Batam. Destinasi ini menawarkan pilihan wisata bahari seperti berenang, snorkeling dan memancing. Fasilitas yang tersedia di Kepri Coral diantaranya adalah kolam renang, undersea aquarium dimana pengunjung dapat menyaksikan biota laut dari kedalaman laut tanpa harus menyelam, kayak, water bike, fish feeding, shark feeding, ayunan, hammock, jetski, banana boat dan lainnya. Terdapat restoran apung dan pantai dengan pasir putih yang indah Lokasi ini bisa dicapai dengan menaiki ferry dari pelabuhan KPC terminal Pulau Galang baru, Jembatan 6 Barelang, Batam.


4. Citra Kebun Wisata Sei Lekop  

Duriannya berdahan rendah

Citra Kebun Wisata ini merupakan perkebunan yang ditanami berbagai buah-buahan seperti durian, rambutan, jambu madu dan lainnya. Daya Tarik utama terletak pada tanaman duriannya yang berdahan rendah dengan buah yang banyak. Selain buah-buahan akan dibangun juga berbagai fasilitas untuk outbond, panahan, kolam pancing dan lainnya. Citra Kebun Wisata terletak di kawasan Sei Lekop Batam. Tiket masuk untuk dewasa Rp 15.000 dan anak-anak Rp 10.000.


5. Agro Piknik Sei Temiang 

Taman Bunga Celosia Agro Piknik

Salah satu lokasi wisata yang baru saja dibuka adalah Agro Piknik yang terletak di Sei Temiang. Di sini terdapat taman bunga Celosia yang sedang mekar-mekarnya, ada juga kebun stroberi, sawah, rumah kelinci, ternak kambing, atraksi berkuda, wahana panahan dan wahana untuk outbond. Tiket masuk untuk dewasa Rp 15.000 sementara untuk anak-anak Rp 10.000.


Pilihan Kuliner Lezat di Batam


Setelah berwisata ke berbagai destinasi menarik di Batam, jangan lupa juga untuk berkunjung ke restoran-restoran yang menyajikan olahan kuliner seafood yang lezat-lezat. Ada banyak pilihan restoran sea food di Batam,dengan harga terjangkau. Teman-teman dapat memilih lokasi restoran sea food yang hampir ada di seluruh pelosok Batam seperti di kawasan Tanjung Piayu, Barelang, Bengkong, Batu Besar, Batam Center dan Tiban Mentarau. Salah satu menu khas asli Batam yang tidak boleh dilewatkan jika menikmati kuliner seafood adalah menikmati sajian Sop Ikan Batam yang lezat dan sangat terkenal.


Pilihan Menginap di Batam


Jika berwisata dengan keluarga besar, menginap di hotel tentu akan memakan biaya yang sangat besar jika menginap dalam jangka waktu beberapa malam. Apalagi jika anak-anak sudah besar dan terkadang mereka masih dalam tahap usia tanggung. Dihitung dewasa belum waktunya, dhitung anak-anak juga tidak lagi masanya. Maka pilihan tepat untuk menginap bersama keluarga besar  di Batam maupun di kota lainnya, sangat disarankan untuk memilih apartemen murah.

Salah satu Apartemen di Batam

Ada banyak keuntungan jika kita memilih menginap atau menyewa apartemen. Pertama, karena memuat banyak orang. Biasanya apartemen memiliki 2 hingga 3 kamar bahkan ada yang lebih sehingga satu keluarga besar bisa masuk dalam satu apartemen sekaligus. Anak-anak pun tidak takut tidur terpisah dari orang tuanya. Kedua, biaya yang dikeluarkan juga dihitung per apartemen bukan per kamar sehingga  akan menekan biaya menginap yang lebih besar lagi.

Di kota Batam sendiri sudah banyak terdapat apartemen-apartemen yang disewakan dengan fasilitas yang tak kalah bagusnya dengan hotel ataupun resort. Selain itu harga terbilang murah apalagi jika menginap dalam jangka waktu yang cukup lama.

Booking atau pembelian voucher menginap di apartemen bisa teman-teman dapatkan di Traveloka. Caranya, buka aplikasi Traveloka dan klik fitur “semua produk”. Pada pilihan menginap akan terdapat fitur baru yaitu Vila & Apartemen. Tinggal klik dan lanjutkan proses booking dengan memilih apartemen sesuai kebutuhan berlibur teman-teman semua.

Yuk segera rencanakan liburan di Batam dengan cara yang menyenangkan. Liburan tidak harus berakhir dengan masuknya anak-anak sekolah, masih ada week end atau liburan lainnya seperti Imlek Januari ini.


67 comments :

  1. Sepotong hati saya masih ada di Riau, Mbak Lina, karena saya pernah tinggal di Rumbai dan Minas. Di Riau daratan sih, tapi pernah sekali ke Batam. Sayangnya gak sempat eksplorasi Batam Jika suatu saat bisa ke sana, pengen mendatangi tempat0tempat yang disebutkan di atas. Terutama sama Ninos ... penasaran sama tempat ini.

    ReplyDelete
  2. Citra Kebun Wisata itu, apakah kita boleh makan duren sepuasnya on the spot, Mak?
    Duh, aku udah mupeng bangeett nih
    Kudu mulai cari apartemen yg sesuai dgn budget ya

    ReplyDelete
  3. Nah Gini kan enak. Ada yg rekomendasiin tmpt wisata utk pendatang baru kayak aku.. Paling penasaran sama Coral Kepri. Katanya sih ada hotel bawah laut gitu. Ayeeeay!!

    ReplyDelete
  4. Agro piknik sei temiang dan kebun citra kebun wisata destinasi yang wajib dan mesti saya kunjungi nih. Mumpung masih pada baru dan bersih. Hehehhe

    ReplyDelete
  5. Cakep-cakep banget tempat wisata di Batam, pengen deh kapan-kapan ke sana. Mau durennya juga donk

    ReplyDelete
  6. ternyata banyak juga destinasi wisata alam di Batam ya, saya dulu ke Batam wisatanya ke nagoya aja, wisata belanja hehehe...
    Sempga suatu ada kesempatan ke Batam lagi dan bisa ke Citra Kebun Wisata Sei Lekop, syukur-syukur pas musim durian

    ReplyDelete
  7. Selalu terpesona dengan Batam, banyak sekali tempat menarik yang bisa dikunjungi, semoga ada rezekinya ya Teh aamiin

    ReplyDelete
  8. Wah Ninos ini mirip kayak kidzanianya jakarta ya mba. Jadi tempat wisata edukasi dan belajar profesi untuk anak. Suka aku ngeliat wisata edukasi begini, cocok banget buat anak-anak. Apalagi sekarang banyak sewa apartemen yang memudahkan kita ngumpul 1 keluarga tanpa harus sewa kamar lain ya. Lebih praktis dan bebas ya kalau apartemen

    ReplyDelete
  9. udah banyak tempat wisata Batam yang terbaru dan menarik,dulu tahunya cuma ke emol , jadi pengen ngajak anak anak kesana :-) :-)

    ReplyDelete
  10. Batam itu pilihan kuliner lautnya sangat menggoda ya mba... duduk menghadap laut dengan udang dan kepiting besar dengan aneka rasa menggoda... nyyummy...

    ReplyDelete
  11. Ahhhh aku pengen yg nomer 3,memang gak bisa banget kalo liat yg biru2 laut dan pantai hahahaha..doain aku bs kesana lagi ya mbak

    ReplyDelete
  12. Wah ada taman bunga Celosia,kayak di Bandungan, Kabupaten Semarang. Batam pantai nya cantik banget yaa, airnya bening gitu

    ReplyDelete
  13. Aduh ini bagus semuanya tempat rekomendasi untuk liburannya, jadi pengen membuat agenda untuk liburan ke Batam. Semoga tahun ini bisa terlaksana untuk main ke Batam.

    ReplyDelete
  14. Yang anak Batam aja banyak yan gak tahu kalau sekarang Batam udah banyak banget tempat wisatanya *toyor diri sendiri
    Makaciw infonya yah kak Linaaaaa. Btw kebun durennya menggiurkan yahhh *sayang mehong wkwk

    ReplyDelete
  15. waah aku belum ke Ninos ni..boleh lah ajak keponakan ku main main disini...soalnya nak ngajak anak bujang dah kegedean dia..hehe

    ReplyDelete
  16. Wow belum pernah ke Batam boleh nih jadi referensi next seandainya ke sana hehehe mantap mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. penasaran deh sama Ninos mba seru kayaknya kalau ke sana nih ajakin anak-anak hehe

      Delete
  17. Aduh duriannya bikin gagal fokus. Hahhaha. Mba, aku belum pernah ke Batam dan pengen suatu saat ada kesempatan buat ke Batam :) Nice info mba

    ReplyDelete
  18. Galfok sama durian berdahan rendahnya, duh tinggal metik durian dan langsung santap deh hehehe.

    ReplyDelete
  19. Waah masjid Sultan Mahmud Riayat Syah megah juga ya mbak. Saya suka wisata masjid. Suka aja gitu ngajak anak-anak berwisata sambil beribadah ke masjid. Tapi gak pernah ditulis di blog. Hihihi..

    ReplyDelete
  20. Ulasan yang lengkap membuatku ingin segera terbang ke Batam. Saya penasaran banget Kepri Coral. Seneng banget kayaknya bisa menikmati pemandangan laut melalui snorkeling. Airnya juga masih jernih banget. 😍😍

    ReplyDelete
  21. Wah dah banyak tempat wisatanya ya. Dulu pas mau ke Bqtam pernah ada temen yang komentar, kalau Batam ga ada apa2nya. Aah.. 8ni banyak rupanya. ^_^

    ReplyDelete
  22. Akupun suatu hari mau begini juga sistemnya mba. Nyewa apartemen pas wisata keluarga. Entah kapan bisa ya. Soalnya lebih enak aja gitu kalo di apartemen. Berasa lebih rumah dibanding di hotel

    ReplyDelete
  23. Temenku cerita tentang Ninos pusat rekreasi yang berkonsep edutainment dn Wahana2 ada unsur pendidikan jd penasaran Juga Kpingin kesana ajak anak2 mba

    ReplyDelete
  24. Mbak Lina, Batam begitu menggoda nih buat didatangi..kepincut saya
    Itu masjid bisa 5555 jamaah ? Alhamdulillah
    Belum lagi wisata alam ya, wishlist dah ini

    ReplyDelete
  25. Batam aman mak
    Di Batam pasti juga seru liat pesta kembang api di singapura keliatan kata temen2ku
    Seru ya ini bisa didatangi seluruh keluarga 😍

    ReplyDelete
  26. Itu nama taman bunganya persis dengan yang ada di Kabupaten Semarang mba, ya Celosia gitu. Keindahan taman bunganya bikin hati jadi adem ya.

    Aku pengin banget nih bisa ke Batam dan menyaksikan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah yang megah dengan arsitektur yang menawan itu. Semoga kapan-kapan bisa mengunjungi Batam ya mba.

    ReplyDelete
  27. pengennya ke ninos, ajak anak berpetualang. ah ternyata ada hal seseru itu di batam. eits ada kebun durian juga yak, wajib kunjungi nij

    ReplyDelete
  28. batam tuh semakin ke sini nggak kehabisan tempat wisata dan iven keren kaya sepedahan perasaan ada terus tiap bulan

    ReplyDelete
  29. Duriaaan...
    Kaya apa durian Batam teh...?
    Penasaran sama rasa dan bentuk buahnya.

    ReplyDelete
  30. Wah jadi pengen ke Batam. Sudah lama banget ingin jalan-jalan ke Batam. Ngiler sama durian dan taman bunganya nih Kak. Semoga suatu saat bisa ke Batam dan nyewa apartemen kalau ke sana. Emang enak ya kalau sewa apartemen. Lebih murah dari hotel dan lebih irit pula untuk biaya makan.

    ReplyDelete
  31. Waah, semua destinasi ini ada di Traveloka ya .... sip sip.
    Kalo Traveloka mah lengkap memang ya

    ReplyDelete
  32. Nah..musti kucatat nih mba..kalau2 suatu saat berkunjung ke Batam, jadi tahu mana yg hrs kukunjungi. TFS mba..

    ReplyDelete
  33. Kalau ke kota lain, rasanya kurang afdol kalau tidak ngunjungi masjidnya ya. Ini yang muslim sih. Tapi ke Agro Piknik Sei Temiang boleh juga tuh. Nunggu musim hujannya agak reda dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya...masjidnya tampak indah ya..jadi pengen mampir juga nih...

      Delete
  34. hihi aku yang dekat aja, belum pernah ke satupun tempat yang Lina rekomendasiin. Belum pernah nyoba nginap di apartemen juga. Trims infonya ya, kalo ke batam jadi punya pilihan lain selain mal

    ReplyDelete
  35. Banyak ya destinasi baru di Batam. Kalau tau gini, saya gak perlu ke Singapura dan Malaysia liburan akhir-awal tahun. Tapi itu Pengelap keren banget ya!!

    ReplyDelete
  36. Batam sudah luar bisa pesat kemajuannya ya. Adiknya Singapura dong ini mah hehehe....wisata Batam tidak kalah dengan daerah lain bikin turis penasaran untuk mampir

    ReplyDelete
  37. Dulu ke Batam cuma 2 hari satu malam. Sama emak-emak pula yang lebih suka belanja aaaa. Belum puas main. Semoga bisa balik ke Batam lagi. Amiiin.

    ReplyDelete
  38. Kalo aku liburan lagi ke Batam, pengen ke Kepri Coral Pulau Pengalap, snorkeling sampe puas abis itu makan seafood sepuasnya. Enaknya jadi pengen liburan ke Batam..

    ReplyDelete
  39. Berhubung saya suka laut dan pantai saya memilih untuk ke Coral Pulau Pengalap, sepertinya indah kalau liat di foto dan google

    ReplyDelete
  40. Oh itu namanya bunga celosia. Baru tahu saya.

    Ya ampun, saya keluar pulau jawa aja belum pernah mbak. Semoga suatu hari bisa ke batam. Lihat undersea aquariumnya.

    ReplyDelete
  41. Waaah temiang kok jadi cakep banget ya. Waktu aku masih di Batam, temiang itu cuma hutan. Temanku ada yg ilang disana, ketemu udah meninggal. Sekarang jadi cakep banget buat foto2 & pastinya nggak serem lagi.

    ReplyDelete
  42. Honestly, paling kepo sama yg nomor 2 mbaaa
    Cucok bgt buat bocah nih
    Ya Allah moga ada rezeki biar bisa maen ke sana
    aamiin

    ReplyDelete
  43. Wah di sini malam tahun baru dan beberapa hari ke depan diguyur huajn lebat trus mbak. Kayanya menarik tuh bak berkunjung ke Kepri Ciral. Btw mbak untuk kendaraan di sana gimana ya kalau mau liburan di Batam harus sewa kendaraan kah? atau ada transportasi umum macam taksi online juga. Pingin deh ke Batam

    ReplyDelete
  44. Batam....jadi penasaran pengen kesana mbak. Selama ini yang saya tahu di Batam tempatnya barang-barang murah tapi tidak murahan. Ternyata banyak destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi, termasuk kulinernya yang bikin lapar.....semoga saya bisa liburan ke Batam. Bener2 mupeng euih....

    ReplyDelete
  45. Anak-anak pasti seneng kalau diajakin ke Ninos ya mba. Selain bersenang-senang, ada konsep edutainmentnya itu loh. Bagus untuk penambahan pengetahuan mereka.

    ReplyDelete
  46. Teman temanku yang sudah ke batam juga bilang makanan di batam enak enak hehe.. apalagi makanan lautnya duh bikin pengen balik lagi deh.. itu pulaunya bagus baget, lautnya biru.. tapi aku memang belum pernah ke batam sih.. semoga suatu saat nanti bisa berkunjung ke batam juga ya mbak

    ReplyDelete
  47. Penasaran, pengen kesana juga kalau lain waktu hmmm

    ReplyDelete
  48. Aku belum pernah mampir ke Batam. Duh lihat duriannya segede itu aku mauuuuuu :) Eh kok murce amat yak HTM nya 10K dan 15K wiiih manul. Iya ya di tv aku lihat tuh Kepri Coral lagi hits. Kudu coba main banana boat, dll dong ya di sana pasti asik.

    ReplyDelete
  49. terakhir ke Batam tahun 2013 dan aku suka bangeet pantai dan resortnya. Tapi memang panas yaa mba hehehe...but it's always good to be back here again

    ReplyDelete
  50. Banyak destinasi menarik di Batam yah Mbak. Pengen deh bisa jalan-jalan ke sana apalagi ke Pulau Pengalap itu. Viewnya keren banget. Eh ke tempat yang banyak buah2annya itu juga saya mau apalagi kalau bisa dipetik dan dinikmati buahnya juga, hehe

    ReplyDelete
  51. Wah mantaps nih destinasi di.Batam.
    Semoga next berkesempatan ke.sana ..hehe

    ReplyDelete
  52. Cukup lengkap ya di Batam. Ada pantainya. Ada taman bunga cantik juga. Kebunnya bikin pengen berkunjung.

    ReplyDelete
  53. Jadi sangat rekomended sekali ke Batam lalu menginap di Apartemen yaa, kak...
    Karena fasilitas dan lingkungannya yang lebih homey.

    ReplyDelete
  54. Aku baru pernah sekali ke Batam buat transit dan cuma sempat ke Jembatan Barelang, makan seafood, dan ke Nagoya. Ternyata Batam juga punya agrowisata ya, cakep-cakep deh tempat wisatanya.

    ReplyDelete
  55. Wah, Masjidnya sudah jadi ya. Beberapa kali le Batam dalam rangka kunjungan kerja, masjidnya masih dalam pengerjaan. Nanti mampir deh ke masjidnya kalau ada penugasan ke Batam lagi :)

    ReplyDelete
  56. Bacanya jadi pengen menginjakkan kaki ke Batam. Belum pernah soalnya. Hehe, jadi ngebayangin ntar kalau saya dan keluarga ke Batam, adek bakal senang nih kalau diajak ke ninosbatam. Terus hunting foto di taman bunga celosia agro piknik dan kepri coral.

    ReplyDelete
  57. Salah satu destinasi wisata yang kuimpikan sejak dulu adalah Batam
    Banyak sekali artikel-artikel menarik tentang Batam yang sudah aku baca
    Semoga suatu hari bisa menoreh jejak di kota ini

    ReplyDelete
  58. saya kira di Batam ga asa taman bunga atau kebun gitu, ternyata ada juga ya. dan bagus juga view-nya.

    ReplyDelete
  59. Batam sekarang jadi salah satu tempat yang mulai dikenal orang luar sumatera ya sepertinya. Pengen kapan-kapan mampir ke sana, belum pernah sama sekali pergi ke Sumatera huhu

    ReplyDelete
  60. Aku tertarik sama masjid, Kepri Coral, sama Agro Piknik mbak. Lengkap ya, Batam punya wisata kota dan alam sekaligus.

    ReplyDelete
  61. Ninos ini mirip kayak Kidzania gak, Mbak? Minimum dan maksimum usia anak untuk bisa bermain di sana berapa tahun?

    ReplyDelete
  62. Banyak banget referensi tempat wisatanya mbak. Aku belum pernah main ke Batam nih. Citra Kebun Wisata Sei Lekop nya menarik banget untuk dikunjungi ah. Tergoda pose dengan duriannya itu ah, mbak.

    ReplyDelete
  63. Wahh kami belum pernah ke Batam nih mbak, tapi sepertinya ada banyak tempat seru buat dijelajahi disana...

    ReplyDelete
  64. Wisatanya komplet banget mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi untuk anak ya..seru..

    ReplyDelete
  65. aku belum pernah ke Batam dan baru tau ada wisata Agro Piknik Sei Temiang disana, bagus banget pemandangannya.

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates