Pengalaman Menginap di Kampung Sumber Alam Resort Garut

Kampung Sumber Alam Resort merupakan sebuah resort yang berada di kaki Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Karena namanya dimulai dari kata kampung (sewaktu disebutkan oleh panitia Writingthon Jelajah Kota Garut bahwa kami akan menginap di sana), saya dan teman-teman mengira bahwa Kampung Sumber Alam merupakan sebuah desa atau kampung yang dihuni oleh sejumlah penduduk. Sempat juga mengira bahwa kami akan diinapkan di rumah warga di kampung tersebut, bukan di hotel apalagi resort. Ternyata, nama kampung tersebut hanya sebatas penamaan saja karena memang pada kenyataannya bukan sebuah kampung melainkan sebuah resort.


Kampung Sumber Alam Resort  Garut
Pemandangan Villa dan Bungalow di Kampung Sumber Alam Resort 

Untung saja ada internet. Tepat sebelum terbang ke Jakarta untuk kemudian menuju Garut, di Bandara Hang Nadim Batam saya sempat googling terlebih dahulu, agar nanti tidak salah sangka dan salah duga. Dan ternyata Kampung Sumber Alam ini memang merupakan sebuah resort. Kebetulan juga saya berencana booking satu kamar untuk keluarga yang ada di Garut. Karena jadwal acara padat, maka dipastikan saya tidak mempunyai waktu untuk izin sebentar pulang ke rumah kedua orang tua yang juga berada di Garut. Agar dapat bertemu mereka, lebih baik ibu dan bapak saya inapkan di sana juga. Alhamdulillah masih ada kamar tersisa.


Keberadaannya yang tepat di kaki gunung, menjadikan daerah Kampung Sumber Alam tak pernah kekeringan sepanjang tahun. Tahun 2019, kemarau datang lebih panjang daripada tahun sebelumnya. Kampung dan desa di Kabupaten Garut bahkan sebagian besar Pulau Jawa, kekeringan dan kekurangan air. Begitu juga kampung saya di Sukaresmi Garut. Namun ternyata tidak demikian untuk Kampung Sumber Alam. Ketika di tempat lain kekeringan, air di sini tetap mengalir dengan deras.

Kampung Sumber Alam Resort Garut
Kolam Renang dengan latar Gunung Guntur

Suasana Kampung Sumber Alam Resort


Gemericik air dari talang-talang bambu yang mengalir ke kolam-kolam yang ada di Kampung Sumber Alam, seakan menjadi simfoni alami yang menenangkan hati. Air kolam yang bening melimpah ruah hingga meluap dan mengalir ke kolam-kolam lain yang berada di bawahnya. Vila-vila dan bungalow tampak seolah-olah mengambang di atas kolam. Terlihat anggun, artistik dan klasik dengan tiang-tiang kayu, dinding anyaman bambu serta atap dari ijuk berwarna hitam. 


Suasana lobby yang luas dengan sofa-sofa yang empuk menjadikan tamu yang baru datang bisa langsung beristirahat sambil melakukan proses check in. Lobby ini merupakan pintu gerbang menuju area lainnya di kawasan resort.


Saat beranjak dari lobby dan memasuki kawasan resort, para tamu langsung disuguhkan oleh pemandangan cantik dari villa dan bungalow yang berjejer rapi di atas kolam. Di belakang tampak jelas pemandangan Gunung Guntur dengan permukaan gunungnya yang tanpa pepohonan.


Tipe-Tipe Villa dan Bungalow

Terdapat beberapa tipe villa dan bungalow yang ada di Kampung Sumber Alam Resort diantaranya adalah Pondok Kelapa, Villa Kawung, Junior Suite, Bungalow Siceeh, Bungalow Arileu, Bungalow 1-14, Suite Arileu, Suite Room, Suite Couple, Deluxe Suit, Babakan Siluhur 1, Babakan Siluhur 2, Sibentang Villa 1 Bed dan Sibentang Villa 2 Bed.


Rata-rata villa seperti di Vila Kawung, Bungalow Siceeh, Bungalow Arileu dan Bungalow 1-14 memiliki luas 6 meter persegi dengan fasilitas seperti minibar, kulkas, televisi, dispenser, toiletries, shower dan hair dryer.


Review Kamar (Bungalow Arileu)

Saya dan 3 teman lainnya ditempatkan di Bungalow Arileu. Arileu dalam Bahasa Sunda artinya "tidak lurus". Keunikan bangunan Arileu karena didirikan mengikuti kondisi balong (kolam ikan) yang berbentuk tidak lurus. Bungalow ini tersedia 6 unit, masing-masing dengan ciri khasnya tersendiri. Sangat cocok ditempati oleh mereka yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak.


Bungalow Arileu yang kami tempati mempunyai dua lantai. Di lantai pertama terdapat 1 kamar tidur, 1 toilet dan 1 kamar mandi sementara di lantai dua hanya terdapat 1 kamar tidur saja. Suasana kamar sebenarnya menyenangkan. Terutama karena desain bangunan yang terbuat dari bilik atau anyaman bambu. Namun sayangnya, pencahayaan ruangan kurang terang sehingga terkesan remang. Selain itu air pancuran yang mengalir ke bak di kamar mandi terus-terusan mengalir sepanjang malam sehingga sangat berisik. Krannya tidak bisa ditutup karena sudah rusak. Bak mandi air panas yang cukup luas untuk berendam pun tampak kotor sehingga kami pun tidak berani berendam atau mengambil air dari sana. Keesokan harinya bak dikuras dan tidak diisi air lagi oleh petugas yang membersihkan kamar. Kami pun malas mengisi bak jadi cukup mandi pakai shower saja.


Di kamar tersedia televisi dengan saluran tv kabel, kulkas, dispenser sehingga kami bisa langsung menyeduh bandrek, teh atau kopi yang disediakan tanpa memasaknya terlebih dahulu.


Saat pagi-pagi kami membuka jendela, bunga teratai di kolam yang terdapat di bawah villa sedang bermekaran. Indah dan terasa segar alami.


Kampung Sumber Alam Resort Garut
Kolam Teratai

Pagi hari, saya menyempatkan diri untuk bertemu keluarga di Villa Kawung. Ibu dan bapak mengajak beberapa cucu untuk ikut, sehingga lumayan rame. Kami bahkan memesan extra bed agar anak-anak bisa tetap tidur di kasur. Karena hari itu merupakan pemilu untuk pemilihan kepala desa di seluruh Kabupaten Garut, maka bapak, ibu dan keponakan-keponakan saya, langsung pamit pagi itu juga untuk pulang. Dan lagi anak-anak harus tetap sekolah. Sayang sekali pertemuannya sangat singkat. Namun saya tetap bersyukur masih dapat bertatap muka dengan keluarga.


Setelah mengantar keluarga ke lobby dan berpamitan dengan mereka, saya kembali ke villa, lalu mandi dan beres-beres sekalian check out. Setelah itu saya dan rekan-rekan sekamar langsung menuju restoran yang jaraknya cukup jauh dari villa kami. Namun pemandangan sepanjang jalan menuju restoran menyuguhkan suasana taman, kolam-kolam teratai dan villa-villa bambu yang menyejukkan mata sehingga perjalanan jauh pun tidak terasa. Untuk makanan saat sarapan lumayan enak namun kurang variatif. Buah-buahan hanya tersedia dua jenis saja dan jumlah hidangan terbatas. Saya mencoba bubur ayam dan lumayan enak.



Fasilitas Resort

Berbagai fasilitas bagi pengunjung tersedia di resort ini. Diantaranya seperti area parkir, resepsionis dan layanan kamar 24 jam, kafe, restoran dan wifi di tempat-tempat umum seperti lobby. Untuk pelayanan atau servis juga disediakan bellboy, laundry dan surat kabar yang mudah didapat.

Di kawasan resort terdapat taman, fasilitas spa, kolam renang air panas, kolam renang anak-anak, wahana bermain, ruang meeting, dan fasilitas ATM yang sangat dekat dengan resort.


Untuk sekedar menyepi dan mengasingkan diri dari hiruk-pikuk kota, resort ini memang sangat cocok. Begitu juga jika berharap pemandangan yang menenangkan hati, suasana tenang dengan nuansa taman dan kolam-kolam, tempat ini bisa dijadikan rujukan. Namun jangan berharap terlalu tinggi untuk beberapa fasilitas kamar karena banyak yang perlu dibenahi dan diperbaiki. Mungkin karena resort ini sudah lama sehingga banyak hal yang harus diperbaharui.

Kampung Sumber Alam Resort

Alamat      : Jalan Raya Cipanas No. 122, Cipanas, Tarogong Kaler,
                    Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44151
Telepon     : 0262 - 238000/237700 -
WhatsApp : 081584807838
Email        : reservation@resort-kampungsumberalam.com
Website     : www.resort-kampungsumberalam.com
Check in   : 14.00 WIB
Check out : 12:00 WIB

41 comments :

  1. Duh dirimu ini kok bikin aku gatel pengen jalan jalan, nginep cantyiiik kek gini yaaaa

    beneran deh, ini second - third - fourth dst honeymoon cukmei

    ReplyDelete
  2. Garut sebetulnya jadi salah satu tujuan berlibur bersama keluarga. Apalagi banyak tempat wisata dan resort ini bisa jadi pilihan walaupun sarapannya masih kurang ya mba :p

    ReplyDelete
  3. Ini destinasi stycation yg perfecto buangeettt!
    Ortu mba Lina pastinya suenenggg banget diajak staycation di sini yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, destinasi staycation yang sempurna. Fasilitas dan kenyamanannya begitu pas untuk dijadikan tempat staycation

      Delete
  4. Masya Allah, suasana resort-nya bagus ya, Mbak. Lihat kolam renang dengan latar belakang Gunung Guntur rasanya bakalan puas banget renang di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah asri sekali. orang tuanya pasti senang ya bs menginap di tempat seindah ini. kapan yaa saya bs seperti ini? duh berkesan sekali

      Delete
  5. Keren banget ini pemandangannya. Dirimu ternyata ikut ke sana sekeluarga ya

    ReplyDelete
  6. Pemandangannya keren gila! Sumpah!

    ReplyDelete
  7. Aih, cantik banget ya tempatnya... Jadi pengen ke garut nih, ngajakin anak-anak...

    ReplyDelete
  8. Duhh...asyik banget sih resor ini. Cuma di foto kolam renang itu, aku langsung fokes dong sama bukit (atau gunung?) di belakangnya yang terlihat gundul. Semoga ke depan para stakeholder di sana, bisa memikirkan dan mengatasinya. Pasti kalo hejo-hejo bakal lebih asyik lagi.

    ReplyDelete
  9. Kalau satu bungalow ada 2 kamar tidur pas nih buatku sekeluarga..Jadi ga pisah kamarnya. View sekitarnya ini yang bikin mupeng gila!!

    ReplyDelete
  10. Pemandangan alamnya keren banget, jadi kepingin nginep juga di Kampung Sumber Alam Resort Garut, tapi jaraknya lumayan jauh dari Tangerang, anak-anak pasti seneng banget berenang plus main air dengan pemandangan pegunungan, udaranya pasti masih adem nih.

    ReplyDelete
  11. Aku juga seneng banget ini nginep di Sumber Alam Resort Garut, yang bikin kangen itu kala malam mendengar gemericik air. Kebetulan dapat kamar yang bawahnya kolam ikan.

    ReplyDelete
  12. Kolam renangnya manggil2 mbak untuk di ceburin. Kalo biasanya view kolam itu pantai, laut, atau perkotaan, yg ini viewnya gunung yak. Keren

    ReplyDelete
  13. Masya Allah, hebat deh Mba, demi bisa bertemu keluarga sampai turut memesankan penginapan.

    Pemandangannya asri sekali. Rasanya kalau saya bisa berada di sana, pasti betah ya.

    ReplyDelete
  14. Aku tuh belum pernah lho main ke Garut, padahal banyak ya daerah tujuan wisata yang seru dan alami, resortnya juga nyaman dan cantiiik

    ReplyDelete
  15. Wah pemandangannya keren banget! Meski aku tinggal di kampung, ketemu yang kaya gini tetep suka. Terlepas dari masalah kran, cocok banget ya buat liburan

    ReplyDelete
  16. Aku belum pernah main ke Garut. Tapi Sumber Alam Resort ini sudah jadi wishlist sejak lama. Kayaknya asyik banget di sana, lihat foto temen yang dah pernah nginap.

    ReplyDelete
  17. Duh,bener-bener sejuk dan nyaman ya tempatnya. Hm, pasti betah rebahan disana :)

    ReplyDelete
  18. Inget ke Garut itu pas masih TK, happy banget dulu naik bus dari Jakarta ke Garut demi berendem sama teteh2 cantik anaknya temen bapak hehhee..sekarang liat ini jadi pengen deh ke Garut lagi :)

    ReplyDelete
  19. Mbak, bocorin rate-nya dong, hehe. Aku lagi berencana pengin ke Papandayan. Katanya sih lumayan ramah untuk pendaki dengan anak. Nah, kalau turunnya bisa mampir ke sini kan mayan banget nih. Langsung jatuh cintrong sama kolam renangnya.

    ReplyDelete
  20. berasa bukan di Garut ini mah, cakep banget, bagus ya resort dan bungalow Kampung Sumber Alam ini. Family friendly dan cucok buat temen-temen ngumpul juga

    ReplyDelete
  21. Next mau nih mampir ke Kampung Sumber Alam Resort tapi memang sih y mba,, klo kamar kurang terang itu jadi engap dn bikin gk nyaman aplg kran air yg terus nyala hiks

    ReplyDelete
  22. Duh.. Cakep betul fotonya mak lina. .Ini pakai kamera apa sih? Kepo aku di bungalow itu loh kek terhipnotis gitu aku sama fotonya..

    ReplyDelete
  23. Enak banget nie kayaknya makan disini ya tempatnya menarik banget kalau aku makan disini yang ada malah foto2 kak... Hehe

    ReplyDelete
  24. Kayanya nyampe sini aku males pulang deh. Hehe. Tempatnya nyaman, spotnya cakep dan alami banget

    ReplyDelete
  25. Jalan2 ini hadiah lolos writingthon ya Bu?

    ReplyDelete
  26. Iya, ya. Gunuung Gunturnya gersang.

    Kolam teratainya cantik banget. Jadi ingat kolam teratai di SMA dulu.

    Foto-fotonya ditambahin lagi, dong, mbak. Biar makin jos.

    ReplyDelete
  27. ya ampunnn, itu gunung guntur bagus amat yaaa, aku terakhir ke garut itu nginep di darajat mbak, enak banget mandi air panas di sana

    ReplyDelete
  28. Masya Allah, indahnya Kampung Sumber Alam Resort ini, ya.
    Dari foto-fotonya saja sudah bikin jatuh cinta. Kalo makanannya, gimana, Mbak?

    ReplyDelete
  29. Enaknya jika tempat tersebut dinikmati bersama orang tersayang dan keluarga. Btw range harganya brp mbak?

    ReplyDelete
  30. Aku ke sumber alam seringnya beredam air panas aja teh. Blm pernah nginep di bungalownya. Kayaknya adem banget. Apalagi cuma berdua sm suami huehehe

    ReplyDelete
  31. Aku jadi kangen pengen ke Garut. Kalau ke sana tuh paling enak berendam air panas di penginapan. Sekarang harganya berapa, mbak?

    ReplyDelete
  32. Garut masih jadi salah satu idola bagi banyak wisatawan. Kalau musim libur penuh, deh. Kami pernah gak jadi menginap di sana karena smeua penginapan penuh. Gak ada satupun kamar kosong

    ReplyDelete
  33. Suasananya....tenang pissan, kak Lina.
    Back To Nature yaa...dengan suasana kaya gini, dijamin stres lepas menghilangkan.

    ReplyDelete
  34. Subhanallah Mbak Lina, cantik banget ya tempatnya. Ya penginapannya, ya alamnya. Duh... seru banget kalo bisa bawa keluarga besar ke sini. Aamiin, semoga bisa tercapai segera :D

    ReplyDelete
  35. Masya Allah, keren banget pemandangannya. Mau ah nginap di bungalownya kelihatan nyaman dan asri.

    ReplyDelete
  36. Pengen deh ke Sumber Alam Garut pemandangannya kayaknya asik liat sendiri. Bagus buat liburan sama keluarga.. Saya baru ke garutnya ke Darajat aja..

    ReplyDelete
  37. Wah tempatnya.menyenangkan begini ya mba..nyaman dan asri..jd pengen main ke sana

    ReplyDelete
  38. apa saja fasilitas kamar yang kurangnya? kepo. karena suamiku pemilih untuk urusan kamar hotel nih.

    ReplyDelete
  39. MassyaAllah indah banget ini BUn lin
    lengkap banget fasilitasnya, kolam renangnya pengen bikin nyebur heheheh
    asik buat hanimun juga inih

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates