Tips Memasang Kamera Pengintai Tanpa Bantuan Teknisi

 

Kamera pengintai.  Foto: unsplash.com

Pada dasarnya memasang kamera pengintai atau CCTV tidak boleh dilakukan secara sembarangan agar mendapatkan hasil yang sempurna. Namun, biaya menggunakan jasa teknisi terbilang cukup mahal jika memesannya secara terpisah dari paket CCTV yang dibeli. 

Memasang kamera pengintai terbaik sendiri di rumah bisa kamu jadikan solusi untuk menghemat biaya pemasangan. Akan tetapi, pastikan kamu sudah memahami cara dan metode pemasangannya. Sebenarnya pekerjaan ini tidaklah sulit jika kamu memahami tips cara memasang kamera CCTV pada penjelasan kali ini.  


Kamera pengintai. Foto: unsplash.com

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memasang Kamera Pengintai

Untuk melakukan pemasangan CCTV, sebenarnya tidak diperlukan keahlian khusus, siapapun bisa melakukannya asal mau mengikuti langkah-langkahnya. Sebelum membahas cara memasang CCTV sebaiknya kamu melakukan persiapan berikut:

1. Tentukan Jenis Kamera yang akan Digunakan

Hal utama yang harus dipersiapkan adalah memilih jenis kamera pengintai terbaik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya kamu akan memasang kamera CCTV di dekat pagar rumah untuk memantau siapa saja orang yang masuk, maka sebaiknya gunakan jenis CCTV outdoor agar lebih tahan terhadap cuaca.

2. Tentukan Titik Pemasangan yang Tepat

Hal yang tidak kalah penting dan tidak boleh kamu lewatkan begitu saja adalah menentukan titik pemasangan. Titik pemasangan sangat berpengaruh pada area tangkapan kamera, jadi pilihlah titik pemasangan yang mampu menjangkau area tangkapan yang lebih luas. Hal tersebut agar kamera pengintai dapat memantau objek yang lebih luas.

3. Tentukan Tempat Penyimpanan DVR dan Power Supply

Lokasi tempat penyimpanan DVR dan power supply harus diperhatikan sejak awal pemasangan. Pilihlah ruangan yang aman sehingga hasil rekaman tidak mudah diakses oleh orang lain. Selain itu, juga pastikan ruangan tersebut memiliki ventilasi yang cukup agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Jika memungkinkan, pasang AC pada ruangan tersebut agar DVR tidak mudah panas.

4. Gunakan UPS atau Battery backup

Supaya kamera pengintai dapat tetap bekerja saat listrik padam, sebaiknya gunakan UPS. Harga UPS memang cenderung mahal, tetapi sangat berguna untuk menyokong kinerja CCTV dalam memantau aset berhargamu saat listrik padam.

5. Persiapan Peralatan Pemasangan

Ada beberapa peralatan yang harus disiapkan saat hendak memasang kamera pengintai. Peralatan-peralatan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Palu
  • Obeng
  • Tang
  • Cutter
  • Tangga
  • Bor
  • Klem
  • Sarung tangan

Tips Cara Memasang Kamera Pengintai Sendiri Tanpa Bantuan Teknisi

Supaya kamu tidak salah langkah dan hasil pemasangan memuaskan, sebaiknya perhatikan langkah-langkahnya dengan saksama. Berikut ini cara memasang kamera CCTV sendiri tanpa bantuan teknisi dengan mudah yang bisa kamu terapkan:

1. Memasang Kamera CCTV

Pertama tandai titik-titik pemasangan menggunakan spidol atau kapur, jika semua sudah ditandai. Mulailah memasang kamera pengintai di salah satu titik, berikut caranya:
  • Bor lubang dan palu pada cetakan sekrup lalu kendurkan tiga sekrup yang ada di dasar kamera untuk mengarahkan arahnya.

  • Kemudahan kencangkan kamera dan masukkan kabel daya ke dalam soket, hubungan output video dan kabel power listrik DC dengan koneksi yang sesuai

  • Hubungkan masing-masing ujung kabel ke input video di DVR lalu sambungan power adaptor ke stopkontak.


2. Penempatan DVR

DVR adalah perangkat yang menyimpan hardisk rekaman, untuk itu penting sekali memilih tempat yang aman untuk meletakkan DVR. Supaya tidak ada orang yang masuk dan mencuri data-data rekaman CCTV, jadi akan percuma rasanya jika memasang kamera pengintai tapi DVR diletakkan di sembarang tempat.

3. Mengatur Kabel

Kamu perlu mengatur arah semua kabel dari kamera CCTV ke DVR, supaya terlihat lebih rapi dan tertata. Gunakan cetakan kawat supaya kabel tetap dalam keadaan baik. Pasang cetakan kawat di sepanjang dinding dan letakkan kabel di dalamnya.


4. Menghubungkan Kabel

Berikut cara menghubungkan kabel ke port BNC:
  1. Hubungkan kabel video ke port BNC dengan melepaskan sekitar 1,5 cm penutup kabel video hingga terlihat kawat kepangnya.
  2. Kemudian geser crimping ke kabel tersebut dengan diameter yang lebih besar dan menghadap ke ujungnya.
  3. Selanjutnya lepaskan isolator putih yang menutup kabel paling dalam dan masukkan kabel yang terbuka tersebut ke port BNC.
  4. Kencangkan laras crimping dan hubungan port output DVR ke layar monitor. Pemasangan kamera pengintai pun selesai dan kamu bisa mencoba menyalakannya untuk melakukan testing.

Produk Hikvision dengan Teknologi AcuSense Menjadi Pilihan yang Tepat

CCTV Hikvision dengan teknologi AcuSense menjadi salah satu rekomendasi kamera pengintai terbaik yang mampu membantu meningkatkan sistem keamanan di rumah maupun di tempat-tempat komersial, seperti perkantoran, pergudangan, industri manufaktur, dan lingkungan umum lainnya.


Berikut detail keunggulan yang ditawarkan produk Hikvision dengan teknologi AcuSense:

Fitur Alarm Peringatan yang Lebih Akurat

CCTV Hikvision berteknologi AcuSense akan memberikan alarm peringatan yang lebih akurat. Berkat teknologi AcuSense yang digunakannya, kamera CCTV Hikvision dapat membedakan pergerakan mencurigakan dengan lebih akurat. Sehingga, dapat meminimalisir terjadinya alarm palsu yang disebabkan oleh pergerakan benda dan hewan kecil yang tidak relevan.

Fitur Peringatan Visual dan Auditori

CCTV Hikvision AcuSense telah memiliki fitur peringatan secara auditori dan visual. Selain itu, juga ditambah lagi dengan fitur audio dua arah yang akan mempermudah penggunanya mengontrol dan memantau area sekitar. Pengguna dapat menyesuaikan fitur peringatan tersebut sesuai kebutuhan dan keinginannya.

Hasil Rekaman Dapat Dicari dengan Mudah dan Cepat

Teknologi AcuSense membuat CCTV mampu mengurutkan hasil rekaman  berdasarkan objek manusia dan kendaraan. Jadi, akan mempermudah dan mempercepat pengguna dalam mencari data hasil perekaman.

Dengan teknologi AcuSense yang disematkan, membuat kamera pengintai dari Hikvision menjadi lebih optimal dalam membantu meningkatkan kinerja bisnis dan sistem keamanan di berbagai sektor. Untuk informasi lengkap tentang detail spesifikasi produk Hikvision AcuSense, kamu dapat mengunjungi laman resminya.

Post a Comment

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita