Ini Dia Cara Merawat Mobil Bekas Agar Tetap Optimal dan Prima

Merawat mobil bekas tidak boleh sembarangan. Misalnya dengan membawanya ke bengkel terpercaya Walaupun hanya bekas atau second tetapi kamu wajib memberikan perawatan yang sama seperti mobil baru pada umumnya. Kamu perlu tahu bagaimana cara perawatan yang benar sehingga mobil tersebut lebih optimal ketika digunakan. Masalah perawatan mobil bekas banyak orang katakan cukup sulit. Maka dari itu kamu harus ketahui caranya dengan menyimak ulasan berikut ini.

Cara Merawat Mobil bekas
Rawat mobil bekas yuk! 


Cara Merawat Mobil Bekas Agar Tetap Optimal

Mobil hampir menjadi kebutuhan yang utama bagi keluarga Indonesia. Saat mobil bekas yang kamu beli mengalami sedikit kerusakan maka bisa membawanya ke bengkel. Sekarang ini kebanyakan orang memilih untuk membeli mobil bekas, sebab harganya cenderung lebih terjangkau daripada mobil baru. Kadang perbedaan harga bisa sepenuhnya dari harga awal pembelian. Hanya saja memerlukan perawatan ekstra supaya keadaannya tetap prima.

Nah, setelah kamu membelinya, ada beberapa tindakan untuk penyesuaian keadaan mobil supaya sesuai dengan selera. Begitu juga dengan perbaikan pada beberapa bagian yang mengalami kerusakan. Tentunya berbeda dengan kendaraan beroda empat yang baru, tidak mempunyai masalah pada bagian manapun. Untuk bisa mendapatkan mobil sesuai impian walaupun mobil itu bekas maka kamu perlu merawat mobil bekas dengan cara yang tepat dan benar sebagai berikut ini.
 

1. Cek Komponen Mobil

Hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik mobil bekas yakni mengecek komponen mobil secara berkala atau rutin. Mulai dari mesin, ban, rem, dan lain sebagainya. Pengecekan komponen mobil tersebut memastikan supaya mobil tidak mempunyai kerusakan yang lebih besar.

Apalagi beberapa perawatan sederhana untuk komponen mobil yang dapat kamu lakukan sendiri. Nah, salah satunya yakni mengganti minyak rem yang lebih disarankan setiap 20.000 km. Kamu bisa konsultasi dahulu dengan montir maupun teknisi bengkel yang sudah berpengalaman untuk memeriksa terkait dengan komponen mobil.

2. Mengecek Air Radiator

Jangan sampai lalai memeriksa radiator mobil serta selalu memastikan air radiator dalam volume yang aman. Pengecekan dapat melalui lubang cadangan dan usahakan supaya air selalu ada dalam keadaan yang sedang. Selain itu juga selalu periksa bawah mobil untuk memastikan tidak ada kebocoran air radiator.

Untuk air radiator lebih baik kamu menggunakan air khusus bukannya sembarang air keran maupun air kemasan. Hal ini bertujuan untuk menjaga usia radiator lebih lama maupun panjang dibandingkan dengan menggunakan air keran.

Air yang asalnya dari keran memiliki kandungan zat besi dengan kadar cukup tinggi sehingga bisa menimbulkan karat pada radiatornya. Pada umumnya air radiator ini harus kamu ganti jika sudah mencapai jarak 100.000 km. Kamu juga harus rajin membersihkan tangki radiator agar aman dari karat.

3. Membersihkan Karburasi

Karburasi yang tidak biasa dirawat akan mengakibatkan boros bahan bakar. Banyaknya kotoran serta debu yang menempel pada setiap komponen dapat menyebabkan lubang suplai menjadi terhambat.

Tetapi kamu jangan khawatir, untuk membersihkan bagian ini cukup dengan menggunakan kunci 10, 12, serta 14. Gunakan obeng, carburator cleaner, serta tang. Carburator cleaner tersebut fusngisnya untuk menyemprotkan setiap kotoran yang mampet. Tujuannya supaya pembakaran dapat bekerja secara lebih baik.

4. Mengganti Oli Mobil

Oli memiliki fungsi menjaga setiap komponen mobil supaya tidak aus walaupun mengalami gesekan terus menerus. Oli ini juga bermanfaat sebagai pembersih kotoran mesin yang nantinya akan disaring oleh saringan oli mesin. Fungsi lainnya yakni pendingin supaya mesin tidak terlalu panas meskipun sering digunakan.

Merawat mobil bekas harus kamu perhatikan pergantian oli mobilnya. Jika kamu selalu rutin mengganti oli maka hal ini akan membantu mencegah karat sehingga mesin bisa bekerja secara lebih maksimal. Pada umumnya mengganti oli jika sudah mencapai jarak tempuh 5000, 7000. sampai dengan 10.000 km.

5. Panaskan Mesin Mobil

Hal ini bisa dikatakan sepele tetapi wajib kamu lakukan untuk mobil. Apalagi mobil yang dimiliki adalah mobil bekas yang mungkin saja dari tangan pertama sudah beberapa kali berpindah tangan.

Kamu harus selalu rajin memanasi mobil dalam rentang waktu 10 sampai 5 menit sebelum digunakan. Hal tersebut penting dilakukan supaya mobil tidak kaget saat dipakai apalagi kalau memang tidak digunakan dalam waktu yang lumayan lama.

6. Memeriksa Ban

Pemeriksaan ban mobil penting dilakukan. Jangan sampai ban dalam kondisi sudah menipis di bagian yang vital bagi kendaraan. Ban yang sudah tipis akan menjadi pemicu timbulnya slip ketika berkendara. Hal ini tentunya berbahaya.

7. Timing Belt

Timing belt mobil perlu kamu ganti jika waktunya sudah tepat mengingat fungsinya akan membantu pulihkan roda. Kamu harus pertimbangkan sejak penggunaan sabuk waktu yakni 40.000 km sehingga kamu perlu memperhatikan dengan baik kapan waktu mengganti timing belt. Selain bisa membantu jaga kualitas mobil timing belt ini juga membantu agar optimal dalam urusan keamanan ketika mobil kamu gunakan untuk berkendara.

8. Servis Rutin

Satu hal yang wajib kamu jaga yakni melakukan servis rutin. Kamu bisa melakukan servis di bengkel terdekat yang sudah jadi langganan dan kepercayaan. Mulai dari perawatan mesin sampai dengan bagian komponen lainnya. Walaupun mobil bekas tetapi jika mesinnya terawat maka kinerjanya akan tetap optimal. Merawat mobil bekas haruslah telaten, jadi kamu bisa melakukan pengecekan komponen nya terlebih dahulu.

18 comments :

  1. Aku juga biasanya beli mobil bekas. Kalau bagus perawatannya, bakal untung berlipat, deh

    ReplyDelete
  2. Jika dana belum cukup untuk membeli mobil baru, sementara memang butuh mobil, pilihannya memang membeli mobil bekas ya mbak. Mobil bekas pun kalau di rawat dengan baik dan rutin, pasti performanya akan bagus

    ReplyDelete
  3. Mobil bekas kalau rutin dan telaten dirawat masih bisa panjang umur sih yaa .... gak boleh ceroboh pemiliknya.

    ReplyDelete
  4. perawatan mobil bekas memang harus telaten ya mbak, apalagi kan bukan kita yang tangan pertamanya ya, jadi harus bener bener diperiksa oleh bengkel yang sudah jadi langganan dan terpercaya yaa. Biasanya mereka tahu riwayat mobill.

    ReplyDelete
  5. Bisa nih diterapi kalau udah punya mobil meskipun bekas, sebenarnya nggak papa sih ya mbak meskipun bekas kalau masih bagus, toh yang terpenting pada manfaatnya. mungkin lain kali bisa ditulis cara membeli mobil bekas yang baik dan biar gak rugi rugi amat di perawatan :D

    ReplyDelete
  6. Memang membeli mobil bekas harus dengan orang yang tahu mesin, karena pihak penjual apalagi dealer mobil bekas pasti sudah memoles body menjadi cakep tp untuk mesin harus ada yang ngecek tau mesin.

    Mobil bekas untung untungan kqlau dapat penjual yang merawat mobil dengan bagus rejeki tp kalau dpt yg suka suka seenaknya yaa resiko.

    ReplyDelete
  7. Keluargaku terbiasa beli mobil bekas karena harganya yang terjangkau. Sebelum beli, suamiku juga memperhatikan beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Bagaimana kondisi mesinnya, tahunnya, sudah berapa km penggunaannya, cat ulang atau tidak, dan hal teknis lainnya. Memang harus teliti supaya tidak kecewa di kemudian hari..

    ReplyDelete
  8. Dengan melakukan service rutin bisa memperpanjang usia kendaraan ya mbak & kalau ada masalah juga bisa cepat teratasi. Paling yang bisa aku lakukan nomor 2, 5 & 6 selebihnya ke bengkel paling

    ReplyDelete
  9. Pernah berencana beli mobil bekas tapi maaih mikir-mikir lagi takut banyak biaya untuk perawatan. Tapi bener juga sih kalau rutin dicek semua mesin dan rajin dirawat bisa lebih hemat juga ya

    ReplyDelete
  10. Kebanyakan mobil jaman sekarang matic, jadi akinya kering.
    Ini kudu banget diinget, karena pas 2 tahun, kudu diganti secara berkala.
    Memang banyak sekali perawatan mobil yang harus diperhatikan agar semakin awet.

    Tapi aku selalu yakin, mobil zaman dulu..terutama mobil-mobil keluaran Eropa, ini tangguh di segala medan.

    ReplyDelete
  11. AKu jadi keingetan waktu dulu tergila gila sama VW kodok dan VW combi. Kalo dipikir pikir sekarang, kok aku berani beraninyaaaa yaaaa bawa mobil segede gaban gitu kuliah! Yup setuju banget kalo si mocil 2nd HARUS EKSTRA PERHATIAN UNTUK PERAWATANNYA tapi bahagia gitu loh punya mobil kuno!

    ReplyDelete
  12. mobil lama emang butuh perhatian dan perawatan ekstra...emang keren sih..apalagi kalu bisa divariasi pasang aksesoris..jadi keliatan antik estetik

    ReplyDelete
  13. Jadi ingat ayahku dulu merawat mobil yang sudah bekas. Bolak-balik ke bengkel. Jika kelak ada dana pengen juga beli mobil walau mobil bekas. Tips di atas sangat membantu.

    ReplyDelete
  14. Aku beli mobil bekas mbak, Alhamdulilah sejauh ini masih berfungsi dengan baik. Punya mobil bekas ini memang harus telaten, salah satunya harus rutin servis. Jadi setahun sekali pasti kami lakukan servis mobil. Kl udah servis rasanya udah tenang gitu

    ReplyDelete
  15. Yang penting tapi suka abay servis rutin, kalau kendaraan baik baik saja merasa tidak perlu servis atau malah ga inget, giliran ada masalah baru ngeh oh ya udah 6 bulan ga diservis, ini pengalaman saya heuheu

    ReplyDelete
  16. Ketika memutuskan membeli mobil bekas memang penting banget survey dulu permasalahan apa yang biasanya dihadapi sama mobil tersebut. Jangan lupa perawatan secara berkala.

    ReplyDelete
  17. bener banet mbak yang dilakukan itu kalau beli mobil bekas, pengalaman aku beli mobil bekas tahun 2002 yang mesinnya masih bagus tetap perlu perawatan tiap tiga bulan ku service rutin dan benar saja ada aja komponen yang musti diganti tapi sesudahnya makin nyaman tarikan mobilnya

    ReplyDelete
  18. Bener banget nih, Mba. Panaskan mobil setiap hari itu wajib. Krn pernah kejadian saya pergi keluar bersama pak suami 3 hari ga dipanaskan yang ada pas mau dipakai mandeg. Mesin ga idup.

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita