Ini Dia Manfaat Kamera CCTV untuk Pengawasan Pengasuhan Anak di Rumah

Manfaat kamera CCTV
Ruangan ber-cctv. Foto: pexel.com

Tidak jarang ditemukan orang tua yang mempekerjakan seorang pengasuh untuk anak-anaknya. Namun, kekhawatiran tentu tidak lepas dari pikiran orang tua. Maka dari itu, banyak yang memilih untuk memasang kamera CCTV yang akan membantu mengawasi anak Anda di rumah. 

Pada dasarnya pemasangan CCTV ini bukanlah bentuk ketidakpercayaan pada pengasuh. Namun, sebagai salah satu alternatif untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Manfaat lainnya bisa Anda simak pada ulasan berikut!

Definisi dan Jenis Kamera CCTV

Mari kenali terlebih dahulu CCTV atau Closed Circuit Television. Salah satu sistem yang secara khusus dibentuk guna membantu pengawasan tempat tertentu, seperti kantor, rumah, dan semacamnya.

Begitu pula halnya Anda yang membutuhkan kamera CCTV untuk pengawasan pengasuhan anak di rumah, maka bisa menyesuaikannya secara tepat. Banyak jenis CCTV yang bisa didapatkan dengan kelengkapan berbagai fitur sesuai kebutuhan. 

Komponen dasar yang bisa Anda lengkapi mencakup kamera, monitor hingga jenis perekam. Jenis CCTV yakni mulai dari IP, Dome Indoor, Bullet, PTZ, HD, Day & Night, Weatherproof, kamera CCTV wireless dan juga Explosion Proof. 

Dalam peletakannya pun harus diperhatikan. Anda bisa memasang kamera CCTV wireless di sudut tertentu yang samar dan tersembunyi. Alternatifnya, Anda bisa kamuflasekan dengan cara yang unik. Dengan demikian, CCTV yang terpasang pun tidak akan terlalu mencolok.


Berbagai manfaat kamera cctv
Cctv. Foto: freepik.com

Manfaat Kamera CCTV untuk Pengawasan Pengasuhan Anak

Seperti yang disinggung sebelumnya, pemasangan CCTV di rumah bisa memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Kontrol pengawasan di rumah sangat diperlukan untuk kedua orang tua yang terbiasa sibuk dalam pekerjaan. Manfaat yang bisa didapat antara lain:

1. Bisa Digunakan Sebagai Tanda Bukti

Kamera CCTV bisa dijadikan sebagai tanda bukti jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti yang bisa dilihat pada realita saat ini, manusia yang jujur sangat sulit ditemukan. Maka dari itu, pemasangan CCTV menjadi alternatif untuk bisa menjadi bukti dalam menunjukkan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan Anda. 

Tanda bukti yang dimiliki akan memudahkan Anda dalam melakukan laporan terhadap pihak yang berwenang. Prosesnya pun akan lebih cepat dilakukan. Maka dari itu, CCTV menjadi fasilitas penting yang harus tersedia di rumah Anda. 

2. Merekam Berbagai Tindakan yang Tidak Diharapkan

Berikutnya, dengan adanya CCTV, maka setiap kegiatan yang ada di rumah pun bisa terekam. Baik tindakan normal ataupun tindakan yang menyeleweng dari harapan pun bisa Anda awasi dengan mudah. Tidak heran, banyak orang tua yang sibuk kerja memilih untuk melakukan tindakan ini. 

Selain itu, para orang tua juga bisa mengetahui, apakah anak menikmati pengasuhan yang diberikan. Orang tua bisa melihat keaktifan anak dalam bermain. Anda juga bisa mengetahui kalau-kalau terjadi kecelakaan pada anak. 

3. Menjamin dan Menjaga Pikiran Lebih Tenang

Orang tua mana pun akan merasa khawatir ketika meninggalkan anak-anaknya di rumah bersama pengasuh yang bahkan bukan sanak saudara. Kamera CCTV bisa membantu membuat pikiran Anda lebih tenang. Anda pun bisa lebih fokus dalam melakukan pekerjaan. 

CCTV bisa merekam berbagai aktivitas harian yang dilakukan anak bersama pengasuhnya. Anda pun bisa menilai tingkat kecocokan pengasuh yang telah dipekerjakan. Berikutnya, bisa diputuskan untuk tetap bekerja sama atau sebaliknya.

4. Meminimalisir Risiko Buruk yang Bisa Terjadi

Hal buruk memang tidak bisa diprediksi, tapi Anda bisa mencegah ataupun meminimalisirnya melalui suatu tindakan. Satu diantara caranya dengan memasang CCTV di rumah. Pengasuhan anak pun akan tebih terawasi, sehingga risiko buruk yang terjadi pun dapat diminimalisir. 

5. Membantu Mencari Barang Hilang

Seperti yang diketahui bersama, anak kerap bergerak aktif dan bisa saja bertingkah usil sampai menghilangkan barang yang ada di rumah. Melalui CCTV yang terpasang, Anda pun bisa melihat gerak-gerik sang anak yang akan menjadi petunjuk untuk menemukan barang yang hilang. 

6. Memberikan Perlindungan yang Sifatnya Preventif

CCTV yang terpasang di rumah bisa menjadi salah satu cara untuk bisa membantu melindungi sang buah hati. Cara ini bersifat preventif yang akan memonitor berbagai aktivitas anak dengan pengasuhnya. Hal demikian pun akan menjaga keamanan serta keselamatan dari sang anak. 

7. Menghemat Biaya Pengeluaran

Melalui CCTV, Anda bisa menghemat biaya pengeluaran untuk menyewa petugas satpam. Pasalnya, keamanan dalam rumah bisa dimonitor secara langsung via CCTV. Sebaliknya, anggaran tersebut bisa ditabung dan digunakan untuk kebutuhan lainnya. 

Manfaat di atas tentunya menjadi hal yang patut dipertimbangkan untuk bisa memasang kamera CCTV. Alternatif mudahnya, Anda bisa menggunakan CCTV yang disuguhkan Hikvision, salah satu produk unggulannya yakni ColorVu.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih CCTV dari Hikvision. Teknologi yang disuguhkan ColorVu merupakan yang terdepan dalam melakukan perekaman video dengan warna yang berkualitas. Keuntungan yang bisa Anda raih yakni:

  • Menyajikan warna yang sesungguhnya, dengan render warna akurat serta kinerja luar biasa bahkan dalam ruangan yang bercahaya rendah.
  • Memiliki detail yang lebih bervarian, sehingga rekam informasi warna pun lebih jelas dan kaya jika harus dibandingkan dengan hitam dan putih. 
  • Menampilkan visual yang lebih baik, dengan tingkat kecerahan yang seimbang. Hal ini didukung pula dengan aperture super F1.o yang akan membuat perenderan tampak lebih realistis. 

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapat dengan memasang kamera CCTV guna mengawasi pengasuhan anak di rumah. Dengan demikian, Anda pun akan lebih tenang dan bisa fokus bekerja.


Post a Comment

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita