Tips Investasi Reksadana lewat MBanking agar Selalu Cuan

 

Investasi

Banyak generasi Z dan milenial di Indonesia yang mulai sadar pentingnya berinvestasi. Cara berinvestasi pun di era sekarang semakin mudah dengan adanya platform keuangan digital. Berbagai mobile banking gencar menawarkan layanan investasi digital. Namun masih banyak yang belum tahu apa itu mobile banking.


Salah satu produk investasi yang biasanya ditawarkan dalam mobile banking adalah Reksadana. Investasi digital ini cocok untuk anak muda hingga orang tua, baik itu pekerja, ibu rumah tangga, maupun mahasiswa. Selain itu, Anda bisa berinvestasi Reksadana dengan modal terjangkau mulai dari Rp100.000.

Dalam artikel ini akan dijelaskan apa itu mobile banking dan investasi digital, serta keuntungan investasi Reksadana untuk keuangan di masa depan.

Apa itu Mobile Banking?

Mobile banking adalah suatu layanan transaksi perbankan yang dapat diakses menggunakan smartphone yang terhubung internet. Aplikasi ini bisa diunduh secara mudah dan gratis di Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna Apple).

Mobile banking ini sering disebut juga dengan m-Banking, yang merupakan inovasi teknologi dari perbankan untuk memudahkan nasabahnya melakukan berbagai transaksi di era digital. Dengan mobile banking, pengguna tidak perlu repot-repot melakukan transaksi dengan pergi ke bank atau mesin ATM.

Aplikasi keuangan digital ini menyediakan berbagai layanan yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja lewat smartphone. Tidak ada batasan jam operasional untuk menggunakan layanan ini alias tersedia selama 24 jam.


Investasi Menggunakan Mobile Banking

Dengan adanya mobile banking, Anda dapat berinvestasi secara mudah. Salah satu produk investasi yang bisa Anda pilih adalah Reksadana. Reksadana bisa menjadi salah satu investasi yang cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu serta keahlian dalam menghitung risiko atas investasinya.

Merujuk pada UU Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995, Reksadana adalah suatu wadah yang disediakan untuk menghimpun dana yang diperoleh dari masyarakat pemodal. Selanjutnya, dana tersebut dapat diinvestasikan di dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Secara sederhana, investasi Reksadana adalah aktivitas investor menitipkan uang kepada manajer investasi. Uang tersebut disalurkan untuk membeli produk investasi dengan tujuan memperoleh keuntungan kepada investor.


Keuntungan Investasi Reksadana

Secara umumnya, keuntungan investasi Reksadana adalah untuk supaya uangnya grow up atau bertambah. Investasi Reksadana dapat dimulai dengan modal yang minim. Pemodal atau investor juga tidak perlu memiliki keahlian dan pengetahuan mengenai investasi. Dana atau modal Anda akan diserahkan kepada manajer investasi, Anda tinggal menunggu hasilnya.

Selain itu juga, perkembangan atau trafik investasi dapat dicek melalui online secara real time. Saat ini ada banyak penawaran investasi Reksadana dari berbagai aplikasi keuangan digital, sehingga Anda bisa berinvestasi lebih mudah.

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika berinvestasi Reksadana, yaitu sebagai berikut:

1. Diversifikasi

Keuntungan berinvestasi dalam Reksadana adalah diversifikasi atau pembagian aset. Contohnya seorang investor membeli saham di sektor keuangan, kemudian membeli beberapa saham di sektor agrikultur di waktu bersamaan.

Tips dan cara ini dapat membantu investor menghindari dampak fluktuasi pasar dan kerugian pada portofolio investasi. Anda bisa melakukan diversifikasi dan alokasikan aset secara instan dan mudah, tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal.

2. Kemudahan dalam Membeli Saham

Pada instrumen Reksadana, investor dapat membeli saham dalam denominasi yang lebih kecil. Pastinya, hal ini dapat membantu investor dalam melakukan investasi secara berkala dengan rencana sistematis bulanan. Investor juga tidak perlu mengkhawatirkan adanya pengambilan keuntungan dari kegiatan.

3. Likuiditas

Keuntungan lainnya dari Reksadana adalah mudahnya keluar-masuk dana tanpa proses yang sulit. Investor bisa menjual Reksadana dengan mudah dalam waktu yang tidak lama, tanpa harus membandingkan perbedaan harga jual saat bertransaksi.

4. Diatur dan Diawasi oleh OJK

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan ini mengatur baik kegiatan investasi Reksadana. Pasalnya, legalitas ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi investornya. Selain itu, investor juga akan lebih terbantu dalam mengambil keputusan investasi berlandas informasi akurat.

5. Biaya yang Terjangkau

Reksadana memanfaatkan kekuatan kolektif guna menurunkan biaya dengan memaksimalkan profit. Sebagai contoh Anda membeli satu buah apel, biayanya lebih murah ketika membeli selusin.


Kegiatan tersebut bisa dikatakan sebagai aktivitas jual-beli sekuritas. Besaran jumlah transaksi yang dilakukan akan membantu adanya pengurangan biaya operasional.

Jenis-Jenis Reksadana

Umumnya, investasi Reksadana dapat dibagi menjadi 4 (empat) jenis. Pembagian tersebut berdasarkan penempatan dananya yang dikelola oleh manajer investasi.

1. Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang adalah penanaman modal investasi pada instrumen investasi pasar uang. Investasi ini memiliki jangka waktu kurang dari setahun. Pasar uang sendiri memberikan keuntungan pasti, namun keuntungan ini terbilang sedikit.

2. Reksadana Saham

Reksadana saham adalah investasi yang dikelola oleh manajer investor untuk dialihkan ke portofolio saham. Reksadana saham terbilang cukup beresiko, namun keuntungan yang didapatkan sangat tinggi.

3. Reksadana Pendapatan Tetap

Terbilang mirip dengan Reksadana pasar uang. Bedanya, investasi jenis ini ditempatkan pada efek surat utang dengan sekurangnya 80 persen. Jadi, reksadana pendapatan tetap tidak terlalu beresiko, namun keuntungan yang didapatkan lebih sedikit dibanding saham.

4. Reksadana Campuran

Jenis terakhir ini adalah Reksadana dengan penempatan investasi penggabungan antara saham dengan obligasi.

Tips Investasi Reksadana

Menghitung Investasi

Lalu, bagaimana tips untuk berinvestasi Reksadana? Berikut hal yang perlu diperhatikan:

  • Mulailah investasi dengan nominal kecil.
  • Selalu belajar dan berusaha meningkatkan pengetahuan mengenai Reksadana.
  • Selalu berusaha meningkatkan pengalaman berinvestasi.
  • Meminimalisir biaya dalam berinvestasi.
  • Memilih produk Reksadana dengan kesesuaian kebutuhan dan kemampuan.

Jika Anda sedang mencari mobile banking yang menyediakan layanan investasi Reksadana, maka PermataMobile X bisa menjadi pilihan yang tepat. 


Mobile Banking PermataMobile X

PermataMobile X menjadi salah satu aplikasi keuangan yang menawarkan layanan investasi Reksadana. Anda bisa membeli Reksadana dengan mudah menggunakan mobile banking di smartphone. Proses pembelian cukup praktis karena bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja, tersedia dalam 24 jam. Aplikasi mobile banking dari PermataBank ini bisa Anda unduh di Play Store atau App Store.


Selain untuk investasi Reksadana, PermataMobile X juga memiliki ratusan fitur transaksi lain yang bisa Anda manfaatkan. Berbagai layanan yang tersedia, Layanan yang tersedia, di antaranya transfer dana dengan BI-fast, membayar tagihan (listrik, internet, cicilan, dan lainnya), fitur login dengan Face ID dan fingerprint, kartu kredit, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), WhatsApp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan Indomaret dengan fitur Mobile Cash.


Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai kelebihan, di antaranya gratis biaya admin, cashback dan beragam promo belanja, autodebet, dan masih banyak lainnya. Informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran, penggunaan, dan berbagai layanan PermataMobile X bisa anda baca melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.

1 komentar :

  1. Sekarang investasi itu menjadi pilihan yang tepat dalam berbisnis, bahkan generasi muda pun sudah banyak yang melakukannya. Apalagi di canggihnya teknologi semakin dipermudah dari sisi digital juga, salah satunya reksadana yang jadi andalan. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita