Menjajal Sop Tulang Sapi yang Enak di RM Cirebon Sekupang Batam


Salah satu tempat makan favorit warga di kawasan Kecamatan Sekupang Batam adalah RM Cirebon Sop Tulang Sapi.  Lebih dikenal dengan nama RM Cirebon Sekupang. Sesuai namanya, warung makan ini menyediakan sop tulang sapi sebagai hidangan utama. Selain sop tulang ada banyak jenis makanan lain yang tak kalah enak seperti empal gentong, ayam penyet, sup ayam, rawon, sate, bakso, nasi goreng, mie goreng, pecel lele, cumi goreng tepung serta aneka olahan ikan dan sayur.

RM Cirebon Sekupang Batam
RM. Cirebon sekupang, Batam

Sejak  10 tahun lalu warung makan ini sudah menjadi tempat makan siang alternatif saya dan suami jika sedang libur akhir pekan. Kami biasanya mampir makan di sini jika sudah malas masak atau ingin makan yang segar-segar. 

Meskipun tempat tinggal saya berada di kecamatan yang berbeda dengan lokasi rumah makan ini, namun karena jarak tempuh ke sana hanya sekitar 15-20 menit saja melalui jalan lurus tanpa belokan hingga sampai di lokasi RM Cirebon, maka tempat ini menjadi tempat yang paling sering kami kunjungi dibanding tempat makan lainnya.  

Dari bangunannya, RM Cirebon Sekupang ini terlihat biasa saja. Menempati bangunan ruko di sudut jalan yang dekat dengan jalan utama di Kecamatan Sekupang yakni Jalan RE Martadinata, rumah makan ini selalu ramai oleh pengunjung. Terutama di jam-jam makan siang dan makan makan malam.

Harga yang terjangkau, didukung oleh cita rasa yang tetap terjaga begitu juga porsi yang tidak pelit menjadikan rumah makan itu terus saja kebanjiran pembeli. Mungkin dikarenakan lokasi yang strategis serta mampu menjaga kualitas dan pelayanan, menjadikan restoran yang sudah belasan tahun beroperasi ini tetap diminati.

Sembari menunggu menu atau pesanan datang ke meja, biasanya pengunjung disuguhi bakwan, tahu isi, tahu dan tempe goreng yang masih panas. Ada juga perkedel yang menjadi kesukaan anak saya. Kalau ke sini, kebiasaan saya bahkan sebelum makan hidangan yang dipesan sudah kenyang duluan karena ngemil gorengan. Meskipun sudah berusaha mengurangi makan gorengan, namun jika mampir ke rumah makan ini, pantangan dan larangan pun akhirnya dilanggar juga. Tak kuasa menahan godaan gorengan yang masih hangat-hangat renyah gitu.

Saya dan suami biasanya memesan menu utama yakni sop tulang. Menu satu ini tak pernah luput dari pesanan karena memang enak. Daging sapi yang masih menempel di tulang terasa empuk dengan kuah yang bening namun kaya oleh cita rasa rempah. Meskipun namanya sop tulang, tetap saja masih terdapat banyak daging sapi sehingga satu porsi saja cukup untuk kami makan berdua. 

Sop Tulang RM Cirebon Sekupang
Sop Tulang RM Cirebon, dagingnya lembut

Karena daging pada sop tulang tersasa lembut, anak saya yang paling anti makan daging (karena giginya belum kuat dan tidak bisa mengunyah daging sampai halus) akhirnya malah suka dan ketagihan. Sekali waktu, saya pernah mencoba membuat sop tulang di rumah. Beberapa jam merebus daging sapi tetap tidak lembut juga. Sepertinya harus ada trik melembutkan daging sapi sebelum direbus jadi tidak buang-buang gas. Jadi ingat sewaktu di kampung, kalau ada kurban, biasanya bapak suka memberi lapisan daun pepaya pada potongan daging yang disimpannya. Pernah juga dicampur nanas pada olahan daging yang sedang dimasak. 

Penyajian makanan di RM Cirebon juga khas. Nasi dihidangkan dengan bakul-bakul yang terbuat dari anyaman bambu. Membuat aroma nasi berbeda dan suasana terasa seperti di kampung halaman.

Selain dengan keluarga, saya pernah makan di sini bersama rekan-rekan pesepeda. Waktu itu kami sepulang latihan dan melewati kawasan Sekupang menjelang makan siang. Jadi sekalian beristirahat mampir ke rumah makan Cirebon alih-alih mengganti energi yang hilang selepas melintasi tanjakan Bukit Dangas yang curam. 

Pengunjung rumah makan ini sangat beragam dari rakyat biasa hingga pejabat pemerintahan. Tak heran parkirannya selalu sibuk dan ramai terus. Ketika baca review di google map, banyak yang menyayangkan kenapa parkir bayar, seharusnya sudah gratis.

Nah apakah teman-teman sudah pernah mampir ke RM Cirebon Sekupang ini? Jika ingin mencari alternatif pilihan rumah makan atau restoran untuk makan bersama dengan keluarga juga sahabat yang harganya terjangkau namun menunya istimewa, maka RM Cirebon ini layak dijadikan pilihan.


RM Cirebon Sekupang
Alamat: Jalan Kartini No.18 Sungai Harapan, Kecamatan Sekupang, Batam 29444
Buka: Setiap hari selama 24 jam
Kontak : 0813-7245-8871

38 komentar :

  1. Aduh aduh Mbaaaa, itu kebayang daging sapinya guriiihhh,
    DAGING yg paling endeus itu menurutku, kalo masih nempel di tulang
    INi WAJIB banget dicoba siih

    BalasHapus
  2. Tadi ku kira dirimu main ke Cirebon loh mbak, ternyata ini hanya nama resto sop tulang sapi ya. Aku tuh demen banget daging sapi dimasak apapun terutama dibikin sop gini.

    BalasHapus
  3. wah aku suka nyerah deh sama sop atau soto mba, entah kenapa sesuka itu, seger banget dan rasanya bikin badan lebih hangat juga

    BalasHapus
  4. Wah, jadi ngebayangin makan daging lembut yang lepas dari tulangnya itu kenikmatan yang tiada tara. Hm..bikin seger n hangat ke badan ya mba. Dimakan selagi masih panas..

    BalasHapus
  5. Aku pernah nyicip juga kulineran dari daging sapi yang masih ada tulangnya. Wiiih emang juara rasanya. Empuk dagingnya. Kuahnya gurih. Huaaaa jadi pengen nih

    BalasHapus
  6. nah kalau dagingnya lembut gini emang biasanya anak suka mba. Asik ya makanan cirebon atau makanan nusantara bisa berkelana kemana aja ya mba

    BalasHapus
  7. Namanya SOP tuh aku suka banget ya ampun kalau kayak gini aku tuh juga suka gak nahan gitu kan soalnya

    BalasHapus
  8. Paling suka makanan tulang dengan daging nempel gtu jd makannya lbh puas haha :D
    Wah RM khas Cirebon ada pula di Batam ya :D
    Wadahnya masih tradisional jd lbh nikmat ya jadi masakannya :D

    BalasHapus
  9. Aku pikir awalnya RM Cirebon Sekupang ini d Cirebon gk taunya d Batam enak segernya mba

    BalasHapus
  10. waduh kak.. menggoda sekali menunua ini..gmpang pula bikinnya. Meksi pake tulang tetep. lezatos..

    BalasHapus
  11. Wah, langganan di sana sudah lama ya Teh, kalau udah cocok di lidah sih malas berpaling ke lain resto ya...

    BalasHapus
  12. Waah mba kukira mba makan ini di Cirebon eh taunya di Batam hehehe masakan Cirebon emang oke ya mba aku jadi pengen deh kangen keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata yah udah ga perlu jauh ke kota asal karena domisili tempat kita tinggal udah ada yang jual mantabs

      Hapus
  13. Di Batam nih kayaknya banyak tempat makan enak ya. Disana kulinernya variatif karena memang banyak pendatang ya mbak?

    BalasHapus
  14. Sama halnya kalau kkita makan di resto Sunda ya nasinya dihidangkan dengan bakul juga nih, ada yang bakul kecil maupun bakul besar. Duh aku jadi ngiler pingin makan sop tulang sapi

    BalasHapus
  15. Baca ini jd inget perburuan tulangan sapi kemarin di pasar. Aku keabisan donk.. Hahaha.. Bener2 pengen bikin pas baca ini deh

    BalasHapus
  16. Meski di Batam, bisa kuliner khas Cirebon.
    Rinduu...
    Aku suka sama kuliner Cirebon kaya sega jamblang dan sop tulang sapi gini...
    Leganyaaa tenggorokan sama makanan haneut.

    BalasHapus
  17. Selera suamiku nih mba hidangan sejenis sop tulang ini. Dia suka sop buntut, sop iga, dan aneka sop yang masih ada tulang-tulangnya gitu. Jadi gurih banget gitu sih katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang enak banget mbak aku juga suka banget apalagi bisa disedot-sedot tulang iganya :) Tapi belum pernah nyobaon sop tulang sapi RM Cirebob nih

      Hapus
  18. Kirain di Cirebon, tenyata di Sekupang Batam ya mbak.
    Sup Iga memang enak disantap dan jadi menu favorit keluarga saya. Noted deh ntar kalo ke Batam bakal minta diajakin kesini, ada teman saya yang udah ngundang kami ke Batam. Sayang belum kesempatan berkunjung kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disantap pas panas-panas trus ditaburi emping goreng kayaknya endeus banget ya mba. Kebayang deh kuahnya lagi mengepul panas gitu gurih banget pasti aromanya

      Hapus
  19. Rumah makan ini Bisa juga jadi obat kangen orang Cirebon yang ada di Batam ya kan Mbak

    BalasHapus
  20. Salah satu yg dirindukan di masa pandemi ini kulineran mba...walaupun bisa gofood rasanya beda klo datang langsung k tempat makannya. Aneka sop termasuk kuliner favorit krn enak klo ngajak anak2 pasti mereka suka. Semoga setelah pandemi berlalu bisa kulineran dan jalan2

    BalasHapus
  21. Ngeliat penampakannya aja dah meyakinkan banget Mbak akan rasanya. Pasti mantul ya itu sup.

    BalasHapus
  22. Dikasih topping jeruk nipis dan kecap, aku yakin endolita parah ini!
    Apalagi plus taburan bawang gorengnya, hmmm, mantul!

    Btw,
    Sop tulang sapi, kuliner kesayangan hubbby.
    Bisa mandi keringat beliau kalau sudah menyantap ini.


    BalasHapus
  23. Wah sop tulangnya keliatan segeeer, apalagi kalau ditambah perasan jeruk nipis dan sambal, duh jadi ngiler sendiri nih bayanginnya haha.
    Aku juga pernah baca daun pepaya atau nanas bisa untuk bikin daging cepat empuk, tapi aku belum pernah coba praktekin.

    BalasHapus
  24. Menggoda banget sop tulangnya dan kelihatan lembut banget dagingnya.

    Nanti kalo aku maen ke Batam, ajak makan ke RM ini yaaa.
    TrusTKalo ramai gitu ya wajar saja menurutku, parkirnya bayar.

    BalasHapus
  25. Aih lihat penampakan makanannya jadi kangen kulineran Cirebon nih...Enak2 ya makanan Cirebonan itu..

    BalasHapus
  26. Wah kalau ke Cirebon udah ad referensi rumah makan yg enak nih dy pribadi suka dgn mknn sop2 aplg sop sapi

    BalasHapus
  27. waaa sop tulang sapi, kayanya aku belum pernah cobain nih, jadi pengen cobain juga deeeh, mau coba juga aaah penasaran banget heheheh

    BalasHapus
  28. Belum, mba.
    Saya ke Batam baru transit aja. Jika ada kesempatan mau nyobain rekomendasi sop rulang sapi khas Cirebon ini.
    Seger banget dan empuk dagingnya.

    BalasHapus
  29. pertama kali baca mikirinya di cirebon hahahaa taunya bukan, aku jadi kangen makanan khas cirebon kayak empal, lengko dan nasi langgi

    BalasHapus
  30. Sepertinya segar banget. Tapi tulangnya nggak kelihatan ya, banyak dagingnya. Pasti sedap banget.

    BalasHapus
  31. Wuih, enak banget ini sop tulang sapinya. Aku suka deh yang begini. Tinggal tambah sambel yang banyak, udah deh. Maknyoooos :D

    BalasHapus
  32. Wah, aku punya foto tempat makan sop tulang sapi RM Cirebon ini. Dulu Pewe-ku waktu masih jadi auditor kan setahun bisa sampe 2-3x ke Batam untuk mengaudit Persero di sana. Dia dan teman-temannya mesti makan di depot ini. Katanya enak memang.

    BalasHapus
  33. Kalau udah beres Corona dan bisa berkunjung ke sana, ingin banget nyobain menu makanannya. Hehehe...

    BalasHapus
  34. Ya ampun lihat foto sop tulang auto ngiler, duh bikin ngeces ya, kebayang seger kuahnya dan empuk dagingnya

    BalasHapus
  35. Sop tulangnya ini enak banget mbak sampai pengen ngerasain. Kapan ya bisa main ke Batam lagi dan merasakannya pasti nyummy ini. Buat di rumah dulu hehe

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita