Kaleidoskop Blog 2020

Perjalanan ngeblog saya di tahun 2020 ternyata tidak lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan jika dibandingkan dengan tahun 2015 mengalami penurunan produktivitas hingga 50 persen.


Tahun 2020 yang baru saja terlewati hanya mampu menghasilkan 70 tulisan di blog ini, baik yang bersifat organik, content placement ataupun sponsored post. Padahal tahun sebelumnya  2018 dan 2019 ternyata lebih baik dengan 78 dan 79 tulisan. Sementara tahun 2015 merupakan tahun paling produktif saya dengan 134 tulisan. Setelah 2015 blogpost di tahun-tahun berikutnya hingga 2020 semakin menurun drastis. 

Awal tahun 2020 saya telah menyusun resolusi yang salah satu poinnya adalah akan menulis minimal 10 artikel per bulan. Januari dan Februari 2020 target tercapai namun pada bulan-bulan berikutnya, produktivitas menulis anjlok bahkan dari 10 artikel per bulan yang ditargetkan, hanya mampu menyelesaikan 3 artikel saja dalam sebulan. 

Pandemi Corona mungkin menjadi salah satu alasan yang membuat tulisan tentang traveling di blog jadi mandek. Meskipun masih banyak stok cerita jalan-jalan yang belum dituliskan namun semangat untuk menulis mendadak menguap begitu saja seiring santai dan berjalan perlahannya segala hal dalam kehidupan saya. 

Tulisan-tulisan di awal 2020 pun sebenarnya adalah beberapa kisah traveling yang dilakukan di 2019 yang memang belum sempat ditulis seperti perjalanan ke beberapa destinasi di Garut saat ikut writingthon pada November 2019 dan pendakian ke Gunung Pinatubo di Filipina yang dilakukan Desember 2019.

Selanjutnya tulisan-tulisan di bulan berikutnya kebanyakan bercerita tentang destinasi  wisata di Batam serta review restoran seafood yang saya dan keluarga kunjungi, pun masih di sekitar Pulau Batam..

Tentang blog ini, ada kesedihan yang mendalam di lubuk hati saya. Ada banyak ketidakpuasan dan kekecewaan kepada diri sendiri terhadap pencapaian yang semakin menurun. Jika dahulu di tahun-tahun sebelumnya, dimana waktu yang digunakan sangat padat dengan berbagai pekerjaan dan mengurus balita saja saya masih sanggup menulis begitu banyak, kenapa tahun ini dimana saya lebih santai, tidak banyak pekerjaan baik di kantor maupun di rumah, justru malah produktivitas menurun?

Namun, kekecewaan pada tahun 2020 terobati di saat Juli 2020 mengetahui bahwa ternyata saya hamil. Sesuatu yang sangat keluarga kecil kami tunggu-tunggu dan harap-harapkan selama lebih dari 7 tahun. Selepas program KB berakhir semenjak kehamilan anak pertama. Beberapa tahun terakhir lalu, saya dan suami sudah pasrah dan hilang harapan karena berbagai usaha sudah dicoba namun tak membuahkan hasil. Lalu usia saya pun sudah memasuki kepala 4 sehingga kemungkinan untuk hamil lagi sangat kecil. Namun, pada pertengahan tahun lalu, Alhamdulillah sikap pasrah itu malah menjadi berkah. 

Pandemi corona mungkin bisa menjadi salah satu sebab saya bisa hamil. Hanya menebak-nebak saja karena pada tahun 2020 itu tubuh saya lebih banyak rehat dan bersantai. Meskipun dalam kondisi tetap bekerja, namun ritme pekerjaan lebih rileks dan cenderung menurun sehingga kebanyakan hanya duduk di depan komputer tidak banyak lalu-lalang di ruangan produksi. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana saya kebanyakan di lini produksi memastikan dan mengecek kondisi tetap stabil tanpa masalah.

Dari sisi pencapaian, 2020 bagi perjalanan blogging saya sangat minim prestasi. Biasanya saya rajin ikut lomba-lomba blog dan ada saja satu dua kompetisi blog yang dimenangkan. Namun blasss tahun 2020 tidak mengikuti kompetisi blog apapun sehingga tidak memenangkan lomba apapun. Hikss. 

Dari perjalanan menulis, 2020 menghasilkan 1 buah buku antologi yakni Writingthon Jelajah Kota Garut. Alhamdulillah masih ada yang nyangkut.

Untuk perjalanan traveling 2020 sama sekali tidak keluar dari wilayah Batam. Paling hanya ke beberapa destinasi terdekat dengan rumah seperti Taman Rusan & Jogging Track Sekupang, makan di beberapa restoran seafood seperti Slimmoza Barelang, Gerai 2M Tiban Mentarau, Puncak Beliung Batam, Pantai Pak Ujang di Pulau Galang, Menghadiri Media Gathering  di Hotel Batam Marriott, dan terakhir ke Sea Forest Adventure Nongsa Batam.

Target tahun ini hanya menunggu persalinan yang Insya Allah akan tiba di pertengahan Maret 2021. Lalu mengurus bayi dan mengisi blog satu lagi yaitu bundachila.com yang mungkin akan bercerita banyak tentang kehamilan, proses lahiran, menyusui dan hari-hari bersama bayi nanti.

Doakan agar kelak persalinan saya lancar ya teman-teman.


Salam! 

   

32 comments :

  1. Alhamdulillah. Barakallah teh.. senang banget.. Semoga masa hamil hingga melahirkan menyenangkan dan segala prosesnya lancar. Aamin YRA. Doain saya jg segera nyusul ngasih adik ke Ziqri ya..

    70 tulisan sudah lumayan banget teh. Sepanjang 2019 saya hanya 2x menulis itupun keduanya kegiatan bareng Blogger Kepri. Baru mulai semangat lagi akhir tahun 2020 lalu. Semoga 2021 bisa makin produktif


    ReplyDelete
  2. Mbaaa, Alhamdulillaaahh ikut bahagia dgn berita kehamilan ini Mba
    Semoga lancaaarrr semua ya, persalinan di thn ini juga lancar, aman, sehaaattt
    bayi dan ibu dan semua elemen keluarga sehaaatt tak kurang suatu apapun

    ReplyDelete
  3. Aamiin, semoga persalinannya lancar dan sehat selalu ya Lina, nanti setelah pandemi berlalu insya Allah bisa aktif travelling dan naik gunung lagi

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah Mbak, masih mampu menuangkan tulisan di blog. Tahun 2020 bisa dihitung jari tulisan di blog. Alasannya anak-anak PJJ dan aku mengawasi dan menemani mereka. Malamnya aku sduah ngantuk. Semangat Mbak,

    ReplyDelete
  5. Allah selalu memberi diwaktu yang tak disangka sangka ya Teh, dan semoga persalinannya lancar :) Duuh senangnya Kak Chila dapat dedek

    ReplyDelete
  6. Waaah sepertinya pandemi ini memang nggak cuma bikin alam beristirahat. Tapi juga membawa manusia2 yang biasanya sibuk jadi istirahat. Tetangga saya pun juga alhamdulillah pas pandemi ini ada yg hamil dan melahirkan kak. Seneng banget melihat mereka, setelah penantian panjang. MasyaAllah nikmat yg luar biasa ya kak

    ReplyDelete
  7. “ bisa bikin 70 tulisan di taun 2020” aku langsung menangis mba bacanya 😭😭 apa kabar aku yg cuman 5 dalam setahun 😭 tapi aku jadi termotivasi nih mba..bismillah 2021 lebih produktif

    ReplyDelete
  8. Asik masih produktif ya mba untuk menghasikan karyanya di blog. Semoga persalinannya juga lancar sehat dan selamat ya mba Lina :)

    ReplyDelete
  9. Wow...sedang menanti tambah anggota keluarga nih mba Lina. Semoga sehat semua ya, Ibu dan baby-nya. Semakin seru nih nanti artikelnya setiap tumbuh kembang si Kecil. Semangaaat...

    ReplyDelete
  10. Wah baru tahu Mba Lina sedang hamil ternyata, semoga lancar ya Mba..Ibu dan anak sehat-sehat selalu... Lumayan lah Mba saya juga turun sih ga nyampe 100 padahal biasanya selalu di atas 100 an...kemarin 95 an kalau ga salah...hehe

    ReplyDelete
  11. Masya Allah. Semangat dan sehat sehat selalu ya Mba. Semoga lancar persalinannya di bulan Maret nanti. Walau memang ngeblog itu naik turun,semoga tetap jadi ladang untuk banyak berbagi ya.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah, selamat ya mbak Lina atas kehamilannya. Akupun 2020 mengalami penurunan utk blog tapi ada peluang rezeki lain yang menghasilkan cuan, lumayan banget ditengah pandemi

    ReplyDelete
  13. bumil ... aku malah enggak sampai 70 deh tapi naik dikit dibanding tahun lalu. waktu aku hamil malah payah banget, ga kuat di depan layar.

    jumlah artikel sekarang aku udah ga ngoyo lagi. Maunya lebih banyak waktu buat ngurusin bayi yang lagi aktif-aktifnya.

    ReplyDelete
  14. Yuni tahu bagaimana rasanya naik turun mood nulisnya. meski baru setahun sih yuni fokus di blog. HEhehe.. Tapi, tetap semangat kakak.. Semoga lancar sampai persalinan ya.

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah, blognya masih rutin terisi. Terpaku pada angka-angka sering malah bikin stres. Aku sih ya. Udah nggak pake target nulis blogpost berapa banyak per bulan atau per tahun. Yang penting jangan sampai menghasilkan tulisan hoax :)

    Selamat menunggu persalinan ya. Semoga lancar dan sehat semuanya.

    ReplyDelete
  16. up and down sih klo aku hihii, kadang banyak nulis kadang engga..cmn aku di 2021 sepertinya akan memperbanyak tulisan organik deh

    ReplyDelete
  17. Ah, jadi pengen bikin kedelioakop blog juga nih. Tapi kan aku minim pengalaman traveling. Gakk seru dong nanti

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah sehat terus ya, semoga kelahirannya lancar. bakalan banyak cerita nih kalau debaynya udah lahir. Tetap produktif ya....

    ReplyDelete
  19. luar biasa bumil yg satu ini..
    bisa tetap produktif ngeblog nya
    smoga sehat terus dan lancar sampai lahiran ya mbak

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah semoga sehat selalu ibu dan bayinya ya serta lancar sampai melahirkan. Semangat ya kak.

    ReplyDelete
  21. Wah, kita gak jauhan nih HPLnya mbak. Saya juga bakal melahirkan awal Juli nanti. Semoga kita sehat semua ya mbak. Semangat ^^

    ReplyDelete
  22. Kak Linaaa...therbaiiqq~
    Aku selalu yakin, kalau kak Lina uda turun gunung berpartisipasi dalam lomba, in syaa Allah.
    Sukses terus di tahun 2021.
    Dan semoga lahirannya lancar yaa, kak.

    ReplyDelete
  23. Pas baca artikel ini langsung ngecek seberapa produktif saya nulis di blog pada tahun 2020, sama juga lumayan menurun tapi gak sampai 50% sih kayaknya, semoga semangat menulis tetap selalu ada yaa semoga 2021 lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  24. Menengok perjalanan blog sungguh menyenangkan ya memang. Kadang seperti flash back pada kejadian pada saat kita menulisnya. Selamat menghadapi kelahiran ya, semoga lahirannya lancar dan tetap sehat selalu.

    ReplyDelete
  25. Barakallah, semoga lancar sampai hari persalinan ya Mbak. Tahun 2020 ini saya juga menurun drastis. Blas nggak ikut lomba dan tentu saja nggak menang. Total postingan juga menurun drastis. Tapi alhamdulillah view malah naik. Semoga 2021 tetap semangat ngeblog dengan segala warna-warninya. Amiin.

    ReplyDelete
  26. Bisa mengeluarkan 1 buku di tahun 2020 itu udah keren kak, bagi aku hehe. Soalnya aku malah belum produktif nih untuk keluarin buku. Semoga tahun ini bisa.

    ReplyDelete
  27. Barakallah, semoga dilancarkan ya mbak Lina. Ah saya baru tau mbak Lina hamil nih, sehat - sehat selalu yah mbak Lina

    ReplyDelete
  28. Uwoooo bisa bikin buku antologi Kak. Aku tahun 2021 ini, minat banget pengen punya 1 tulisan yang menjadi satu kesatuan buku gotong royong. Semoga aku bisa nyusul ya Kak.

    ReplyDelete
  29. Kalau saya tahun 2020 merupakan langkah signifikan dalam blog. Awal melangkah, sinh sebenarnya. Dari tulisan kak Lina ini saya jadi paham, bagaimanapun situasi bisa mengubah produktivitas kita ya...

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah teteh selamat atas kehamilannya. Sehat-sehat selalu apalagi tengah Pandemi kayak gini. Teteh is better than me. Aku cuma punya beberapa tulisan aja di tahun 2020. Semoga tahun ini kita bisa battle dengan diri sendiri untuk lebih produktif ya teh.

    ReplyDelete
  31. Kecee dong tetaap, ada punya antologi writingthon. Selamat juga atas kehamilannya ya, semoga tahun ini diberkahi rezeki baik yang berlimpah dan tercapai juga target2 blognya :D

    ReplyDelete
  32. Moga persalinannya nanti lancar ya mbak. Waah saya sendiri belum bisa fokus ngeblog mbak. Tahun 2020 yang lalu jumlah postingan blog saya masih bisa dihitung dengan jari. Semoga saja untuk tahun 2021 ini saya lebih giat lagi

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates