Berolahraga dan Bermain di Jogging Track Taman Rusa Sekupang Batam

Jogging Track Sekupang

Jogging Track yang juga dikenal dengan sebutan Taman Rusa Sekupang merupakan sebuah kawasan seluas 9 hektar yang berada di Jalan RE Martadinata Kecamatan Sekupang Kota Batam. Kawasan yang sekitarannya dikelilingi oleh pepohonan hijau dan asri ini dikembangkan oleh Direktorat Pemanfaatan Aset Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk dimanfaatkan sebagai tempat masyarakat berolahraga sekaligus berekreasi bersama keluarga.

Pada awalnya kawasan ini merupakan area untuk jogging saja. Kemudian pemerintah mendatangkan 10 ekor rusa dari ex Camp Vietnam di Pulau Galang ke tempat ini sehingga rusa-rusa ini pun berkembang biak menjadi sekitar 37 ekor.¹ Rusa-rusa tersebut dahulu didatangkan dari Istana Bogor untuk memenuhi keinginan masyarakat Batam agar dapat melihat langsung rusa totol ini tanpa harus pergi jauh-jauh ke Istana Bogor. 

Anak-anak memberi makan rusa

Beberapa bulan lalu, saya dan keluarga menyempatkan diri untuk jogging di sini. Alhamdulillah bisa menyelesaikan 3 putaran dengan panjang track 1000 meter atau 1 kilometer. Saat itu fasilitas yang ada baru ada track jogging, taman rusa, gazebo untuk beristirahat , rumah pohon dan toilet. Ke depan akan dibangun lagi berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung semakin nyaman seperti mushola dan kantin.

Bulan ini, Jogging Track atau Taman Rusa ini perlahan berubah. Terdapat taman bermain yang menjadikan anak-anak betah bermain ayunan, perosotan, dan wahana permainan lainnya. Di pintu masuk pun sudah dijaga dan dipungut tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Baca ulasan lainnya tentang likasi wisata di Sekupang seperti Taman Kelinci dan Taman Kolam.

Arisan di Taman Rusa

Seperti sebelum-seelumnya, kalau bosan mengadakan acara artisan di rumah, saya dan teman-teman memilih arisan di luar ruangan. Untuk Februari ini kami memilih melakukannya di Taman Rusa Sekupang sekalian mengajak anak-anak untuk melihat rusa sementara itu para ibu dan bapak bisa sekalian berjogging.

Jogging Track


Rencana tinggal rencana. Hari itu anak-anak ternyata banyak yang ikut pawai di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Jadi, para ibu dan bapak yang anaknya ikut pawai harus menunggu anak-anak pulang baru kemudian berangkat ke Taman Rusa. Padahal saya dan Sierra sudah semangat hendak jogging kebetulan sudah lama tidak lari pagi. Namun karena menunggu-nunggu teman yang lainnya untuk sama-sama berangkat, akhirnya matahari sudah meninggi dan rencana joggingpun batal.

Taman Rusa Sekupang ini hanya berjarak sekitar 15 menit berkendara dari rumah kami. Saat tiba, tampai sudah ramai oleh anak-anak yang sedang bermain. Tak banyak yang lari, masyarakat hanya bergerombol di gazebo-gazebo dan sekitaran tempat rusa. Sepertinya, mereka ke sini hanya untuk melihat rusa saja, bukan untuk berjogging.

Gelar tikar makan deh 😅


Sekitar jam 10 pagi, semua keluarga sudah datang dan berkumpul. Anak-anak sudah menyebar ke berbagai penjuru mata angin. Apalagi banyak teman yang kenal sehingga tidak perduli lagi kepada ayah bundanya. Langsung main bersama teman-temannya.

Jam 11 makanan sudah siap dihidangkan. acara makan-makan pun dimulai. Sementara itu langit mendadak gelap, gerimis satu persatu mulai menetes ke piring. Laaah makanan di piring mendadak berkuah haha. Kuah  gerimis. Untung saja saya makannya cepat. Segera menyuruh Sierra makan dan menyelsaikan dengan segera mungkin. 10 menit kemudian, tanpa aba-aba hujan mendadak deras. Rombonganpun bubar. Menyelamatkan diri dari hujan. Untungnya kamia semua sudah selesai makan tinggal beres-beres dan rapi-rapi saja.

Walaupun acara akhir yakni rujakan tidak terlaksana, kami tetap bersyukur acara intinya arisan dan makan-makan sudah selesai sebelum hujan tiba.

Menjelang zuhur, hujan reda. Beberapa diantara kami yang tidak sempat berteduh sudah basah kuyup. Anak-anak kebanyakan basah semua, karena mereka memilih untuk mandi hujan.

Jam 12 siang, kami pun membubarkan diri ke rumah masing-masing.


Jogging Track (Taman Rusa Sekupang)
Jalan RE Martadinata Sekupang
Buka Setiap hari dari jam 06:00 - 18:00 WIB



Referensi:
1. https://batampos.co.id/2019/09/05/ada-harus-tahu-taman-rusa-sekupang-dulunya-jogging-track/




23 comments :

  1. Wah sayang hujan turun ya, Mbak. etapi, asik aja sih, terutama buat anak-anak. Mereka memang biasanya suka mandi hujan

    ReplyDelete
  2. Kalau saling tunggu itu jadinya suka gitu ya mba. Suka nggak sesuai ama rencana. Makanya aku suka sebel kalau harus nunggu 😂. Walau begitu tetap bisa seneng-seneng ya lihat rusak dan makan bersama. Pasti seru banget itu.

    ReplyDelete
  3. Ada yg lihat rusa
    Ada yg jogging
    Ada yg duduk2 aja
    Duuuh, serunyaaaaa

    ReplyDelete
  4. Ya ampun, anti mainstream mba, itu arisan di Taman Rusa :)
    Sekalian bawa anak jadi nyaman ya. Asilkan gak turun aja tuh :D

    ReplyDelete
  5. Duh mau ikutan gelar tiker sambil makan boleh nggak mba? Hhahaha. Kliatan banget nyaman ya mba. Dan aku berharap bisa menikmati kenyamanan ini :)

    ReplyDelete
  6. Seru! Anak-anak seneng lihat rusanya, yang ortu tetap sama arisannya. Kalau punya teman arisan kaya gini, mantap juga. Sekalian jalan-jalan

    ReplyDelete
  7. Tempatnya asyik nik, apalagi kalau bawa anak-anak. Bisa anteng melihat rusa. Dan kenapa aku fokus pada lalapan ijo-ijo itu ya? Seger tampaknya. Haha

    ReplyDelete
  8. Enak juga tamannnya ya apalagi kalau nanti lebih rindang pohonnya pasti makin asyik buat piknik..ada jogging tracknya lagi yaa

    ReplyDelete
  9. Bisa buat liburan, jogging, atau malah arisan. Asyik bener ya tempatnya. Meski harus diguyur hujan, yang penting acara sukses.

    Anak-anak memang suka banget kalau hujan-hujan.

    ReplyDelete
  10. Serunya bisa main dan makan lesehan kayak gitu. Btw di deket sini juga ada taman rusa tutul seperti itu. Anak-anak suka deh lihatnya.

    ReplyDelete
  11. Gelar tikar dan makan bersama, thats moment bikin saya seneng liatnya. Duh jadi ingin joging juga dan makan bersama hehe.

    ReplyDelete
  12. Wah bisa jadi kegiatan yang benar-benar menyehatkan..bisa olahraga sambil menikmati keindahan alam.
    Tapi mulai berubah jadi taman kota ya, Mbak. Masih asyik untuk tempat berkumpul ya..

    ReplyDelete
  13. Masih keliatan asri bangetttt mk. Di sini jogging tracknya dipake orang naik grab wheel semua. Padahal seru kalau rapi asri gini ya mba

    ReplyDelete
  14. Kalau arisan kayak gini mah mantul mbk. Bisa rutinan sekaligus jalan2. Pas ngajak anak2 juga bisa jadi hiburan atau liburan namun tetap dlm pantauan orgtua yg sedang arisan juga ya heheee

    ReplyDelete
  15. Senang kalau masih ada tempat yang bisa dipakai buat kumpul alias piknik plus olahraga kayak gini

    ReplyDelete
  16. enak juga ya bisa jogging sambil main ke taman rusa. Rusanya dibebasin berkeliaran gitu juga nggak mbak?

    ReplyDelete
  17. Hujannya enggak kompromo nih hehehe... sayang ya arisan terpaksa harus terjeda hujan deras. Tapi anak-anak pasti senang tuh main hujan.

    ReplyDelete
  18. Arisannya seru banget di alam terbuka. Selasa piknik ya mbak. Gelar tikar makan rame rame.

    ReplyDelete
  19. Kapan ya bisa sampai ke Batam, trus piknik ala-ala begini. Banyak tempat bagus ya di Batam. Jadi inget kalau di Solo ada taman Balekambang.

    ReplyDelete
  20. Arisan di tempat terbuka memang asyik. Kalau saya dulu model botraman gitu. Setiap orang dapat bagian membawa masakan sesuai kesepakatan. Terus dinikmati bareng di alas daun pisang. Rasanya..hmmm. ..yang penting jaga kebersihan sesudahnya.

    ReplyDelete
  21. Wah jogging track nya asik banget sih buat lari2 santai di sore hari. Kayanya bakal lebih semilir dan teduh gitu

    ReplyDelete
  22. selesai jogging bisa sarapan bareng bahkan bisa buat arisan ramai-ramai ya tempatnya, di malang mungkin semacam di alun-alun gitu walaupun bukan jogging track tapi bisalah buat lari-lari kecil jalan setapaknya

    ReplyDelete
  23. Ups, aku galfok dengan sayur selada dan lalapan lainnya. Seger banget, Mbak. Sehat!

    Ini anak-anak seneng lihat rusa dan lari-larian di jogging track, emak-emaknya asik ngerumpik. Hihihi

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates