Menonton Semi Final Sepakbola SEA Games di Manila

Pertandingan Semi final Sepak bola SEA Games ke-30 di Manila
Para Supporter Bola Indonesia

Desember 2019, atau sekitar 3 bulan yang lalu saya dan teman sebangku semasa SMA mengadakan trip reunian berdua ke Filipina. Pengalaman ini baru bisa saya tulis sekarang karena entah kenapa semangat menulis beberapa bulan terakhir ini sangat menurun. Apalagi kalau sudah tiba di rumah, bawaannya pengen rebahan terus. Terlebih terganggu oleh drakor yang semakin membuat produktifitas menurun drastis. Padahal jika melihat jadwal judul postingan yang sudah saya buat sejak akhir tahun lalu, sudah menanti 60 judul dan tema postingan yang harus segera diselesaikan. Apa daya, saya lemah. Lemah kemauan, lemah tekad dan lemah kedisiplinan. Hikss. Maka meskipun telat tetap akan saya tulis demi menceritakan semua perjalanan traveling saya di blog ini.

Teman sebangku semasa SMA saya ini namanya Reny. Ia tinggal di Tangerang dan mengelola sebuah restoran Sunda yang cukup terkenal di wilayahnya. Entah angin apa yang tiba-tiba membuatnya menelpon meminta saya agar mengajaknya jalan-jalan ke luar negeri. “Terserah Eloe deh mau ngajak kemana, pokoknya gua mau jalan-jalan ke luar negeri. Tapi nggak usah yang jauh, yang dekat-dekat aja.” Kata Reny menawar. “Jangan negara yang sudah pernah kita kunjungi.” Lanjutnya lagi. Katanya terserah tapi masih juga nawar haha.  Hmm…baiklah. “Nggak usah ngajak anak-anak ya, kita aja berdua!” Tambahnya lagi.

Sebelum ini, saya dan Reny sudah pernah melakukan trip reunian ke Malaysia dan Thailand dengan mengajak serta anak-anak kami. Kami juga sudah beberapa kali ke Singapura. Jadi dipastikan ketiga negara ini kami skip. Tidak ada dalam jadwal traveling.

Setelah diskusi memilih antara Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam dan Filipina, maka akhirnya kami memutuskan untuk memilih Filipina dengan alasan utama saya karena di sana terdapat sebuah gunung yang sudah lama ingin saya daki. Yakni Gunung Pinatubo. Ketika saya utarakan niat ini kepada Reny, dia sangat antusias menyambut. Dia bilang ingin sekali mendaki gunung karena ini akan menjadi pengalaman pertama dan tentu saja akan sangat berkesan baginya. Alhamdulillah ternyata Reny mendukung.

Beberapa hari menjelang keberangkatan, saya baru menyadari bahwa bertepatan dengan kedatangan kami ke Filipina, di sana sedang digelar perhelatan akbar SEA Games ke-30. Dan tepat sehari setelah kami di Manila yakni hari Sabtu tanggal 7 Desember 2019 akan ada jadwal pertandingan semifinal Sepak Bola antara Tim nasional Indonesia melawan Myanmar. Sebagai pecinta sepak bola, tentu saya tidak mau melewatkan kesempatan emas ini. Saya pun berniat menonton dan menjadi suporter timnas.

Jum’at 6 Desember 2019 malam, setelah tiba di Hotel Paragon Manila, kami langsung googling tempat pembelian tiket untuk pertandingan sepakbola esok. Menurut website resminya, tiket pertandingan bisa dibeli di  Mall of Asia. Maka keesokan harinya, setelah mengunjungi Rizal Park kami naik taksi ke Mall of Asia untuk membeli tiket pertandingan sepak bola.

Karena pertandingan dimulai jam 4 sore, maka kami pun sempat berjalan-jalan terlebih dahulu ke Fort Santiago, sebuah bangunan benteng terkenal dan bersejarah di Manila. Siangnya, kami keliling-keliling mencari restoran halal. Untungnya saya masih bisa internetan sehingga segera googling restoran halal. Saya googling dengan keyword Halal Restaurant in Manila dan memilih pilihan yang near me atau yang terdekat. Alhamdulillah tepat 3 menit dari tempat saya mencari, dengan petunjuk google map, kami pun tiba di salah satu restoran halal di Manila.

Jam 3 sore, kami segera beranjak dan berjalan kaki menuju Rizal Memorial Stadium. Di sana tampak sudah ramai dengan berbagai perlombaan. Di halaman Stadium, saya sempat bertemu rombongan senam dari Indonesia. Sempat mengobrol dan bertegur sapa. Duh rasanya bangga dan bahagia bertemu rombongan ini. Apalagi mereka mengapresiasi kedatangan kami untuk menjadi suporter.

Dengan suporter bola

Dengan rombongan atlet senam

Di pintu masuk, kami diperiksa petugas dan dilarang membawa makanan serta minuman ke dalam. Tas besar juga dilarang dibawa masuk. Barang-barang berharga seperti dompet, handphone dan kamera harus dibawa. Selain dari itu tidak boleh membawa apapun.

Seumur-umur, saya belum pernah sekalipun menonton pertandingan sepak bola di stadion. Begitu tiba di tribun penonton mendadak ada rasa haru yang menyelinap terlebih sejak masuk, suporter dari timnas sudah menyanyikan berbagai yel-yel dan nyanyian yang diiringi alat tabuh yang membuat suasana semakin bersemangat.

Satu orang tampak memimpin meneriakkan yel-yel kemudian diikuti oleh suporter lainnya. Kami juga mengibarkan bendera merah-putih raksasa ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Tidak saya saja, ternyata beberapa suporter lain pun tampak menahan haru dan tangis. Duuh begini ternyata rasanya jadi suporter bola ya. Nano-nano rasanya. Haru dan bangga bercampur menjadi satu.

Pertandingan babak pertama berlangsung seru. Indonesia menang hingga turun minum. Di bangku penonton, seorang ibu-ibu dari KONI mendekati kami dan mengajak kenalan. Dengan ramah ia mengajak kami pindah ke kursi VIP yang terletak di sebrang lapangan. Dan ketika kami mengecek tiket, ternyata posisi saya dan Reny seharusnya duduk di bangku VIP. Maka kami pun keluar stadion dan berjalan memutar untuk menuju ke tribun VIP di sebrang lapangan.

Pertandingan babak kedua dimulai. Beberapa gol dilancarkan Evan Dimas dan kawan-kawan. Alhamdulillah Indonesia menang di pertandingan semifinal tersebut yang nantinya Selasa 10 Desember 2019 akan menghadapi Vietnam di partai final. Sayang Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam.

Setelah puas menonton kami pun segera beranjak untuk berbelanja keperluan mendaki Gunung Pinatubo keesokan harinya.

68 komentar :

1. wah serunya menonton pertandingan rame2, semoga pandemi ini cepat berakhir biar bisa berkumpul dengan teman2 lagi seperti ini ya mbak

BalasHapus
  2. wih bisa gini sama temen tuh asik banget mbak, aku juga suatu hari pengen deh ke luar negeri sama temen baik pasti rasanya beda dibanding sama suami atau keluarga ya

3. Mba Linaaaa, seruuu bgt punya sohib ikrib kayak gituuuu
    teman sebangku aku jaman sekolah kok ngga ada yg inisiiatif ngajakin trip, yak? Hahaha
    Mogaaa corona ini segera berlalu, supaya kita bisa ngebolang lagiii

1. Asik asiiikk
      Memang jalan dgn sahabat adalah pengalaman yang super menakjubkan ya

Hapus
  4. Saya juga pernah nonton sepakbola di stadion.
    Dan memang bener lho, rasanya beda banget dibandingkan dengan nonton di TV/Streaming.
    Saya sangat menikmati nonton sepakbola di stadion meski sebenernya saya nggak suka nonton bola, hehehe.

BalasHapus
  5. Wahh asik banget nih bisa nonton langsung pertandingan di sana :)
    Pasti kerasa banget tegangnya saat pertandingan :)

6. Wah kalau udah ketemu temen sehobi, dijamin deh seru dan senengnya. Kebayang keseruannya. 😍

BalasHapus
  7. Senangnya bisa nonton bola secara langsung! Aku suka bola tapi belum pernah nonton secara langsung. Serem sama suporternya, hahaha. Jadi nonton di TV aja

8. Waduh seru banget punya temen yang bisa diajak ngetrip kayak gitu, karena kalo jalan bareng kan emang cocok-cocokan yaaah.

9. Asiknya bisa nonton pertandingan langsung ke Manila mbak. Dari dulu pengen ke kota ini karena banyak hal menarik dari cerita keluarga. Btw kompak terus ya mbak.

BalasHapus
  10. Serunya bisa ngebolang sama sobat kemana-mana.
    Bisa ngebayangin gimana suasana supporter Indonesia di stadion bola. Seru banget pasti sambil teriak Indonesia.

11. Seruuu sekali Mbak, bisa nonton langsung pertandingan Sea Games ini. Bangga dan haru ya bisa jadi supporter Timnas, apalagi di negeri orang. Woow dan tiketnya VIP pula ya, kerenn.
    Menunggu cerita pendakiannya jg ini :)

BalasHapus
  12. Kalau menonton langsung memang beda yaa mba sensasinya.. aku udah lama nih ngg nonton live sports like this

13. Eh serunya jalan2 sama temen. Terus anak2 udah biasa ditinggal gitu ya kak? Ga ngambek? ��

14. Saya belum pernah menonton pertandingan secara langsung di stadion, Mbak. Tapi bisa membayangkan keseruan dan kehebohannya. Anak cowok saya udah mulai merengek untuk bisa nonton secara langsung di stadion

Balasan
    1. Apalagi di Bandung sering sekali diadakan pertandingan sepak bola. Anak saya udah pengen sekali bisa nonton langsung di stadion

Hapus
  15. Kalau aku suka diajak bapakku nonton pertandingan bola mbak, tapi sejak nikah ya beluym pernah lagi. Seru juga ya bisa nontn pertandigan bola di luar Indonesia, ini aku belum pernah

BalasHapus
  16. Nonton langsung di stadion emang beda ya, mbak, lebih meriah dan asyik! Apalagi kalo bareng2 gtu ya.. jadi inget udah lama ga nonton olahraga di stadion gini

17. Wah kakak keren, perempuan tapi bisa suka bola. Saya sampai sekarang tidak pernah paham soal persepakbolaan. hehehe. Senengnya meski sudah punya anak tapi tetap bisa travelling. Kapan-kapan bagi tipsnya ya Kak.

18. Yaap auranya pasti ikutan seru nih mba kalau liat langsung. Ikutan teriak teriak seru. Heheheh

Balasan
    1. Aku belum pernah liat langsung pertandingan bola gini. Tapi kayaknya berharap bisa meluangkan waktu buat ikutan ama keluarga

Hapus
  19. Berasa banget nasionalisme nya kalau sudah berada jauh dari tempat tinggal yaa, kak..
    Senangnya bisa travelling brsama sahabat.

BalasHapus
  20. nah aku selalu pengen begini nih kalo pas jalan-jalan ke luar negeri sekalian nonton event apa gitu. Euforianya lebih terasa ya kalau langsung hehe

21. Seru banget nonton pertandingan secara langsung di lokasi. Saya dulu hobi nonton bola di stadion Kediri. Apalagi ini Sea Games wah wah pasti happy banget rasanya. Suka sama euforianya itu lho.

22. Seru banget deh bias nonton sepak bola langsung di stadion. Apalagi di luar negeri. Semoga semua segera berlalu ya. Aku juga kangen kepengen nonton bola langsung seperti ini.

BalasHapus
  23. Idem mbak walau kyknya waktu luang krn gak ke luar rumah kok semangat nulis malah turun ya. Lagi banyak draft juga nih hehe
    Wah senengnya bisa reunian gtu sama teman2 apalagi berkesan sekali nonton pertandingan di luar. Bisa nih reunian kyk gini ditiru hehe

Balasan
    1. Wah pertama kalinya nonton sepakbola ya mbak, pasti seru ya hehe. Saya kyknya juga sekali dua kali aja tapi zaman masih piyik banget masa sekolah krn sekolah dulu deket stadion haha

Hapus
  24. Mba Lina ini keren banget sudah sampai kemana-mana ya. Senang loh baca cerita perjalananmu di blog ini. Banyak yang tadinya aku ga tau, kemudian taunya ya dari blog Mb Lina ini.

Ditunggu cerita naik gunung Pinatubo ya mbaa...

BalasHapus
  25. nonton samapi malem..seru banget nih buat yang hobi nonton sepak bola apalagi bareng teman..makin malam makin semangat..

26. seru ..rame banget yang nonto ya, apalagi kalo udah cinta n hobi nonton bola..rugi kalau gak dateng. nonton bareng teman dan sahabat makin semangat ..

27. Yang jelas asik banget pas main ke sana pas ada perhelatan Akbar sea games adalah bonuus ya mba Lina.

Aku pernah soale nonton final bola di stadion GBLA Deket rumah, seruuuu abis.Euforianyaa bedaa..

BalasHapus
  28. Wah seru sekali kak. Btw dirimu sehat-sehat selalu ya. Inget olahraga begini, inget Olimpiade yang ditunda sampai tahun depan.

29. Seru banget, Kak. Kalau aku yg nonton pasti cuma tolah-toleh dan ikut sorak-sorak aja meski gak ngeh. Wong rulesnya aja aku gak ngerti, bedain kedua tim juga mungkin aku kesulitan kalo kostumnya gak bener2 beda. Haha

30. Saya pikir akhir-akhir ini lho kak, nyatanya February yang lalu nya. Manila kau sungguh memesona, sampai laut malam yak

BalasHapus
  31. Woww seru bgt ya mbak bisa ntn bola secara langsung.
    Aku blm pernah ni

32. Waktu di Manila saya juga sempat nonton pertandingan sepak bola. Kalau gak salah Asean Games ya waktu itu. Emang rasanya beda nonton dan jadi supporter saat berada di negara lain. Kayaknya adrenalin muncrat gak karuan hanya mendengar lagu Indonesia Raya :)

BalasHapus
  33. Aku baru pernah nonton sepakbola langsung kompetisi di kotaku Balikappan.
    Setuju! Memang sungguh menguras emosi, hihihi
    Apalagi aku termasuk tipe ekspresif, seru pisan euy!

BalasHapus
  34. Sebetulnya saya bukan penggemar sepakbola. Tetapi, pernah sekali nonton langsung di GBK. Ternyata auranya memang berbeda. Saya yang bukan penggemar sepakbola aja bisa merasakan serunya

35. Seru banget pasti Kak, bisa nonton live depan mata di Manila hehehe. Aku bukan pencinta sepak bola, tapi ngebayangin bisa nonton pertandingan antar negara, kayaknya bakal seru banget yaa...

36. Wah asyik banget bisa merasakan euforia di stadion, pengalaman yang sangat berkesan tentunya ya mbak.

Btw, itu yang di dalam kresek biru apaan, hihi lihat fotonya kok pandangan pertama saya langsung ke situ

BalasHapus
  37. Aku ga tau efek drakor sedahsyat itu, soalnya sejak nonton drakor pertama kali saat revisi skripsi aku setahunan ga bisa move on sama judul itu.

38. Saya nonton langsung pertandingan bola waktu Asian Games tahun lalu di Stadion Pakansari Bogor...dan sensasinya memang beda dibandingkan nonton di TV. Apalagi ini nonton di negeri orang, pasti mengharu biru ya Mbak Lina..wah, acara reunian yang berkesan pasti

39. ckckck.. itu drakor sungguh dahsyat ya, Mbak Lina. mampu mengalahkan 60 list menulis Mbak Lina hhehehe.
    Tapi seru ini, Mbak. Jalan-jalan, sekaligus emndukung atlit Indoensia yang berlaga di Sea Games, khususnya Sepak Bola. Karena tidak mungkin filipina akan berurutan jadi tuan rumah sea games lagi.

BalasHapus
  40. Sebagai pecinta sepakbola aku pengen banget ngerasain nonton di stadion langsung, apalagi membela negara tercinta, belum pernah dan kayaknya bakal nano nano juga kalau aku bisa hadir. Ketika di TV aja aku nonton bola pertandingan internasional Indonesia pasti aku ikut nyanyi lagu Indonesia Raya, ada rasa bangga di situ

41. Widih aku bukan penggemar bola sih hihi. Tapi suami dan Mas Pijar hobby banget dehm klo punya kesempatan kayak gini nonton langsung luarbiasa happy pastinya deh

42. astaga temannya seru juga, mungkin angin sepoi2 sebelum angin pandemi yg membuatnya punya ide demikian. Waktu skul en kul juga punya teman2 begini, tp pas nikah udah surut yg ekstrim hehehe.
    Tapi sayangnya saya gak suka bola, entah apa yang akan saya lakukan di dalam stadion.

BalasHapus
  43. Enak banget bisa nonton langsung Evan Dimas dan kawan-kawan di Manila. Belum pernah rasain jadi suppoter Indonesia langsung. Kereeenn.. Auranya pasti beda daripada nonton di tv.

44. Teh Lina senang banget bisa merasakan gempitanya Sea Games langsung di Filipina, beruntung sekaliiii...

45. Seneng ya Mb bisa menyaksikan pertandingan Indonesia langsung dari stadion tetangga. Apalagi saat timnas berlaga dengan seruan yel-yel. Pasti aku juga terharu huhuhu
    Trip ke Filipina kali ini beda karena bisa nonton bola sekalian ya mb wkkwkw seruuuu

BalasHapus
  46. Pengen deh nonton langsung kapan-kapan ngerasain euforianya. Kayak gimana rasanya gitu ya. Mungkin bakal senang banget, melihat tim Indonesia bertanding langsung di depan mata.

47. Sebagai penggemar sepak bola, aku pengen banget tuh bisa nonton timnas berlaga di negara lain termasuk Filipina. Kalau menang terus lagu kebangsaan kita dikumandangkan itu Rasanya merinding terharu mbak.

48. Wawaw...aku takjub, mb Lina penggemar sepakbola ya. Kebayang sih terharunya di negeri orang mendukung TimNas pula. Serunya lagi, besoknya mau mendaki gunung. Sip...jempol-jempol. Ditunggu kisahnya...

BalasHapus
  49. Pasti beda ya mbaak rasanya nonton langsung sama lewat media, kata suamiku yang doyan bola.. yang kebetulan nonton streaming katanya beda nonton streaming sama siaran ulang haha.. apalagi nonton langsung :D

50. Enak banget mbak punya teman seperti itu, pasti seru banget deh jalan-jalan bareng, apalagi sambil nonton pertandingan bola secara langsung pasti seru banget, aku aja kalau lihat pertandingan di TV aja greget banget apa lagi secara langsung

51. Pas baca judulnya aku langsung kepo ini ditulis kapan. Ternyata bulan februari. Hihi. Kali aja baru2 aja krn mungkin aku yg ketinggalan berita kalo ada daerah yg boleh gak stay at home. Skrg gak bs nonton langsung lg ya mba. Di tv aja.huhu

BalasHapus
  52. Waah seru sekali Mbak bisa nonton pertandingan bola di negeri tetangga . Jadi kangen jalan-jalan lagi yaa mbak.

53. Wow Penggemar bola ya Teh Lina. Kalo aku gak ngerti deh soal bola. Ga suka nontonnya juga wkwk.

54. Keren ini kak. Bisa nonton langsung sea games di Manila. Pasti lebih seru daripada liat di TV ya..

BalasHapus
  55. Wah momen yang tak terlupakan ini mbak!

Apalagi mengingat saat ini, tidak ada even olahraga apapun... akibat si jahat korona ini :(

56. Mbaknya keren amat sih ngerti nonton bola hahaha aku mah apa atuh, orang pada teriak2 aku sibuk makan hotdog :( Tapi pasti unforgetable nonton sea games secara langsung ya mbak

57. OMG Bun, keren banget jadi ke Manila tuh gegara ini ya? Hahahah
    bola mania ini berarti kamu bun sampe ke sana, seru. AKu jadi pengen juga jalan-jalan ke Manila

58. Seru banget ya mba, berkesempatan melihat langsung ke sana. Pasti menjadi momen yang tidak terlupakan ya.

BalasHapus
  59. Aih mbak, di bulan itu bukanny sdh corona ya? Ckckck..enskny bisa janjalan LN plus bonus nonton timnas

60. Asyik banget bisa nonton bareng-bareng. Waktu dulu asian games juga aku seneng bisa seru-seruan. Ini langsung di manila!

61. Seru banget, bisa nonton bola di Manila. Apalagi sekalian reunian sama teman, pasti berkesan banget ya Mbak.

BalasHapus
  62. Pengalaman luar biasa banget ini ya, Kak, bisa nonton langsung semi final sepak bola Sea Games di Manila. Terima kasih sudah berbagi cerita. Jadi bisa ikut merasakan suasana di sana euy

63. Mantap banget pengalamannya. Belum pernah nih saya ke Manila, pengen banget bisa ke sana, tapi sekarang lagi ada pandemi. Duh bisa sempat kesana gak yah..

64. Aduhaaai, seru banget kak bisa menyaksikan timnas sedang berjuang di negeri orang. Aku jadi punya impian pengen nonton bola di luar negeri secara langsung. Duh, semoga pandemi ini segera berakhir ya :(

BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.