Blog Review: Jalan-Jalan ke Bali Bersama Arina Mabruroh




Assalamualaikum wr wb

Apa kabar teman-teman semua? Semoga senantiasa ada dalam lindungan Allah SWT dan dijauhkan dari segala macam marabahaya termasuk salah satunya dijauhkan dari paparan virus covid-19. Semoga tetap stay di rumah dan terus menjaga keluarga agar tetap sehat dan bersih.

Di postingan kali ini, saya akan mengulas tentang blog seorang rekan blogger yang mungkin sudah banyak dari teman-teman yang mengenal blognya dengan baik. Yakni mengulas tentang blog Mbak Arina Mabruroh yang menuangkan ide dan fikirannya di blog arinamabruroh.com yang mempunyai tagline IstanArina.

Baca juga blog review lainnya: Inspirasi dari Seorang Momblogger Ruli Retno

Mbak Arina Mabruroh biasa disapa Arina atau Rina. Ia lahir di Wonosobo Jawa Tengah, kemudian setelah menikah pindah ke Semarang. Sekarang ia dan keluarganya tinggal di Denpasar, Bali karena mengikuti sang suami yang pindah tugas ke sana.

Hobby menulis ia awali sejak SD dimana saat itu ia sangat suka membaca buku-buku cerita dan mengumpulkan puisi-puisi pendek. Sejak itu ia mulai senang menulis puisi. Setelah beranjak dewasa Mbak Arina rajin mengikuti berbagai lomba menulis di dunia maya dengan sehingga tulisannya diterbitkan oleh beberapa penerbit indie.

Beberapa tulisannya tersebar di dalam buku-buku antologi seperti  Antologi 'Inspirasi Untaian Nama Bayi' bersama IIDN Semarang,  Antologi Catatan Cinta Untuk Murabbi, diterbitkan oleh Pro-U dan puluhan antologi indie lainnya hasil dari mengikuti lomba menulis. 

Yang menarik bagi saya ternyata ada dua buku dimana saya dan Mbak Arina sama-sama berada dalam satu projek antologi yaitu buku Masa SMA dan Antologi buku Kepada Ayah. Bedanya Mbak Arina ada di buku Masa SMA 2 sedangkan saya di Buku Masa SMA 3. Sayangnya untuk kedua buku ini (Masa SMA dan Kepada Ayah) saya tidak sempat punya buku fisiknya sehingga tidak dapat memeriksa seperti apa cerita yang dibuat Mbak Arina di kedua buku tersebut.

Baca yuk blog review lainnya: Mengenal Zata Ligouw

Mbak Arina mempunyai blog sejak tahun 2009. Namun menurutnya, ia tidak pernah mengisi blog tersebut karena masih malu-malu. Ia mulai rajin ngeblog setelah mengikuti workshop blogging di akhir tahun 2014. Sejak itu kepercayaan dirinya muncul dan mulai ngeblog dengan platform blogspot di www.istanarina.blogspot.com.



Setelah mulai konsisten ngeblog, akhirnya sejak Agustus 2015 ia memutuskan untuk membeli domain dot com sehingga blognya menjadi www.arinamabruroh.com.  Pada bagian header blog ditulis A life style blog by Arina Mabruroh. Ia juga mencantumkan petikan hadist “Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfa’at bagi manusia.” (HR Thibrani dan Daruquthni). Tagline ini dicantumkan dengan harapan agar senantiasa tulisan-tulisannya dapat memberi manfaat bagi orang lain.         

Blog Mbak Arina banyak membahas tentang parenting, traveling dan kuliner. Di tahun 2016 dan 2017 ia terlihat produktif. Bisa dilihat dari jumlah postingannya yang berjumlah masing-masing 134 post. Ini berarti rata-rata ia menulis 11 post per bulan. Namun di tahun 2018 dan 2019 seiring kepindahannya ke Denpasar, produktivitas menulisnya mulai menurun sehingga hanya menghasilkan 100 postingan di 2018 dan  81 psotingan di 2019. Semoga tahun 2020 ini postingannya meningkat tajam. Semangat Mbak Arina! 

Karena ia menyukai jalan-jalan, salah satu kanal blognya banyak membahas tentang traveling. Domisili Mbak Arina yang kini berada di Bali, membuat kanal ini banyak bercerita tentang Bali. Beberapa tulisannya bercerita tentang destinasi wisata, kuliner maupun budaya Bali. 

Destinasi menarik di Bali yang diulas blog ini diantaranya seperti Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, Dream Island Sanur, Bali Bird Park, Bali Safari dan pantai-pantai indah seperti Pantai Batu Bolong, Pantai Batu Belig, Pantai Kelan, Pantai Pandawa, dan masih banyak lagi destinasi lainnya.

Sebagai penyuka traveling, tentu saya sangat tertarik dengan konten di kanal traveling blog Mbak Arina. Beberapa destinasi di Bali bisa menjadi referensi saya jika suatu saat ada rejeki bisa berlibur ke Bali bersama keluarga.

Referensi kuliner Bali yang halal pun bisa saya jumpai di blog Mbak Arina. Jadi bagi teman-teman yang butuh info mengenai kuliner halal di Bali, blog ini bisa dijadikan rujukan. Selain itu panduan jalan-jalan dan kuliner Balinya lumayan lengkap. 

Jika penasaran dengan Mbak Arina, teman-teman bisa menghubunginya melalui akun-akun media sosialnya di bawah ini:

facebook @Arina Mabruroh
twitter: @arinamabruroh
Instagram: @arinamabruroh

email: arina.mabruroh@gmail.com

Sekian, selamat bekerja dan mendampingi si kecil belajar di rumah.

47 comments :

  1. sudah lamaaa tidak ikutan mempromo para blogger ini, yuk yuk mulai lagi mbak?

    ReplyDelete
  2. Waah..Mba Arina ini temen online pas aku ngeblog udah familiar, emang luar biasaaa pencapainyaa, huhuy makin cemerlang yaaa.

    Sukses buat MB Arina dan Mba Lina jugaaaa dan buat kita semua.

    ReplyDelete
  3. Seru ya traveling bareng teman blogger juga. Kapan aku diajak traveling bareng sama Mbak Lina nih? Ketemu juga sebentar banget waktu itu ya

    ReplyDelete
  4. Banyak cerita & tempat wisata yang dibahas oleh Mak Arina ya di blognya, Baca-baca lagi di sana sambil mengobati kerinduangn gak bisa traveling dulu

    ReplyDelete
  5. Saya baru tau kalau Mbak Arina ternyata tinggal di Bali. Semoga terus menginspirasi untuk semua blogger, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan berarti saya punya sumber lagi nih kalau ada rencana ke Bali. Buka blog mbak Arina aja.

      Delete
  6. Waktu Mbak Arina masih di Semarang sudah pernah ketemu. Jajan buku bareng juga waktu di pameran. Sekarang di Bali, ketemu lewat tulisan aja deh

    ReplyDelete
  7. Wah, serunyaaaaa
    Berarti kalo ke Bali, kudu kontak mba Arina nih, ajakin meet up yaaak

    ReplyDelete
  8. Langsung otw ke halaman yang dimaksud, semoga selalu berkah dan bermanfaat untuk yang lain

    ReplyDelete
  9. Makin kenal dengan Mba Arina nih, kepoin ah blognya... pengen tahu seputar makanan halal di Bali dari tulisan Mba Arina

    ReplyDelete
  10. Ooo kukira mbak arina masih di semarang. udah pindah denpasar to?

    dulu pernah ikut giveawaynya mbak arina. dapat apa ya waktu itu...bros cantik deh kayaknya.

    ya Alloh, kangen giveaway-giveaway gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah agak lama deh kyknya mbak, mungkin 2 tahun terakhir apa ya hehe #sokteu
      Sekarang kalau inget bloger Bali salah satunya inget mbak Arina :D

      Delete
  11. Asyik, ada mba Arina di pulau dewata.

    Btw,
    Ini keren lho idenya, membahas profil blogger lain di blog kita.
    Jadi bisa tanam inbound link ya.

    Dulu pernah ikut arisan seperti ini, tapi bubar di tengah jalan, muahahaha.
    Membaca ini jadi seperti diingatkan lagi.

    Sudah sempat menulis beberapa profil namun tulisan tentang aku tak kunjung tayang.
    Aku sampai sudah lupa, kenapa hal itu bisa terjadi.
    Saking sudah lamanya peristiwa itu terjadi.


    ReplyDelete
  12. Setelah membaca tulisan ini, saya termasuk yang baru 'ngeh' kalau mba Arina Mabruroh sekarang posisinya sedang di Bali.
    Kalau mau ke Bali akan makin seru kalau bersama mba Rina dan bloger lain ya.

    ReplyDelete
  13. wah.. mbak arina di Bali toh, pas banget nih cari info kuliner enak di Bali

    ReplyDelete
  14. Wah aku baru mampir ke blog ini loh mba. Kece banget apalagi cerita-cerita yang ditulis dan daftar achievementnya bikin ngiler. Salam kenal dari blogger Jogja yang masih nyubi ini ya mba..

    ReplyDelete
  15. Wah aku harus kenalan dulu nih sama Mbak Arina, melipir dulu deh ke blognya.
    Kayaknya bakal seru nih baca-baca seputar keindahan Bali

    ReplyDelete
  16. Selamat kenal ya buat owner IstanaRina
    Semoga silaturahmi tetap terjaga. Kalau tahu gitu saat ke Bali kemarin bisa mampir dong hehehe

    ReplyDelete
  17. Kalau ada kesempatan pengen juga main ke Bali bareng teman Blogger lainnya mbak. Banyak hal yang bisa dinikmati di Bali apalagi pemandangannya ya mbak.

    ReplyDelete
  18. Jadi rindu dengan ide mereview blog teman ya mba. Seru...mba arina ini emang top deh. Mempunyai dua anak yang masih kecil tak menyurutkan langkahnya untuk traveling keliling Bali. Saya yang juga tinggal di Bali kadang masih terkendala berbagai kesibukan untuk blusukan di Bali hehehe...

    ReplyDelete
  19. Yang aku suka dari Blogger itu ada aja yang mereka bahas, terutama tentang kota tempat mereka tinggal. Mulai dari tempat kuliner sampai tempat wisata. Salah satunya Mbk Arina

    ReplyDelete
  20. Wahhh jadi punya kontak org yg bisa dihub klo pengen ke bali. Mbak arina. Saved.. Mksih kak

    ReplyDelete
  21. Wah idenya menarik ini mbak, mengenalkan orang lain melalui tulisan kita ya dan ini bisa jadi ide kita untuk menulis sehari hari.. kapan ya aku masuk blognya mba lina hehe ngarep banget bisa dikenalin diblog ini.. nice to share mbak

    ReplyDelete
  22. Kirain tdnya mbak Lina cerita kalau pernah ke Bali trus kopdaran sama Mbak Arina dan jalan bareng lho hehe. Smoga aja kalau ke Bali bisa ketemuan sama mbak Arina yaaa

    ReplyDelete
  23. Aku sering mampir ke blog mba Arina Mabruroh dan senangnya bisa dapat banyak review dan materi tulisan yang menginspirasi dari blognya

    ReplyDelete
  24. Wah jadi penasaran pengen berkunjung ke blog nya Mbak ARina pengen tahu nih tentang destinasi liburan di Bali terutama makanan halal nya

    ReplyDelete
  25. Kemarin pas mudik aku mau ketemu mbak arina nggak jadi
    padahal udah deket banget wkakak karena mba rin lagi ada hajatan di tetangga
    moga-moga kaapn2 bisa jumpa lagi

    ReplyDelete
  26. Senangnya bisa mengenal mbak Arina di blognya mbak Lina. SUka banget dengan review tentang mbak Arina. btw, aku juga udah lama banget enggak update blog nih, jadi seperti diingatkan. thanks mbak

    ReplyDelete
  27. Arina memang keren tulisannya, sering juara ngeblog dan yahud jika membahas parenting, semoga sehat selalu ya Rin..

    ReplyDelete
  28. Aku belum mampir ke tulisan mba Arina yang jalan jalan ke Bali. Kayaknya harus mampir deh buat referensi

    ReplyDelete
  29. Mantul mba Arina udah telurin buku antologi udah ngeblog lama wow mantap yah mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ya lupa lagi udah pernah main ga yah ke blognya mba Arina hahaha baca ini jadi pengen mampir ke bloognya

      Delete
  30. Wah asyik ya kalau blog kita ada yang review. Saya kenal Mbak Arina ini kalau nggak salah waktu sama2 di komunitas Blogger Muslimah tahun 2017 lalu. Waktu itu juga sering berkunjung ke blognya cuma sekarang udah jarang.

    ReplyDelete
  31. Udah pernah Juga jln2 k blog nya mba Arina lngkap waktu travelingan ke Bali.. mudah2an dlm waktu dekatpun bisa y k Bali

    ReplyDelete
  32. Wah..aku belum kenal banyak nih sm mb arina. Dulu sempat koment di akun ignya. Pas dapet buzz yg sama. Keknya mesti kepo ke blognya jg nih

    ReplyDelete
  33. Mampir ke blognya mbak arina ah... Biar bisa cuci mata ke bali, hehehe...

    ReplyDelete
  34. Arina ini salah satu mama bloger kece. Meskipun riweuh masih punya anak bayik, tetap berusaha konsisten untuk menulis. Ikut bangga pernah punya Arina di komunitas Gandjel Rel sebelum dia pindah ke Bali. Eh, masih jadi anggota Gandjel Rel juga meskipun sudah tidak di Semarang lagi. ;)

    ReplyDelete
  35. Oh, kukira beliau memang stay di Semarang loh Mba, ternyata di Bali ya. Terima kasih sudah mengulas tentang MBa Arina jadi makin mengenalinya

    ReplyDelete
  36. Wah kalo Arina nih dulu tetangga aku ketika di Semarang, mba.
    Sejak di Bali kami belum sempat ketemu lagi, kangen sama putrinya yang sulung.
    Untuk blognya Arin, dia termasuk blogger yang rajin update. Dan sekarang juga sering nulis tentang Bali, menurutku itu keberuntungan yang harus dioptimalkan untuk tema blog nya, hehee

    ReplyDelete
  37. Mbak Lina... Makasih banyak.. ���� ternyata dulu kita sama2 hobi hunting lomba nulis di FB ya ����

    Iya nih.. sejak pindah ke Bali memang menurun drastis ngeblognya. Maklum, dulu ada mbah yang seneng jagain anak-anak sementara emaknya ngeblog. Sekarang apa-apa sendiri, jadi ngeblognya dikurangi.

    Makasih semangatnya.. semoga bisa konsisten dan makin produktif ����

    ReplyDelete
  38. ini bhas mbak arina yang baru nerbitin buku solo itu yaa, maunya ada foto mbak arinanya juga

    ReplyDelete
  39. Keren loh mba arina ini selalu produktif dan ramah. Semoga berkah y mba. Selalu ku dukung dengan doa

    ReplyDelete
  40. Wah aku ingat nih saat kepindahan mba Arina ke Bali langsung konfirm alamatnya. Karena pas ada campaign sama aku dan barang sudah dikorom ke Semarang wkwkkw. Moga semakin sukses mba Arina

    ReplyDelete
  41. Kalo aku taunya Mba Arini pas dia menang lomba Indomilk. Habis itu nama dia muncul terus, dan sekarang jadi familiar. Ternyata mba Arini tinggal di Bali

    ReplyDelete
  42. Sesama blogger harus saling menyemangati nih. Semoga kita terus punya semangat nulis dan ngeblog ya kak. :)

    ReplyDelete
  43. Senang kalo sesama blogger bisa saling silturahmi. Jadi inget pas ngeblog zaman lawas. Kraket

    ReplyDelete
  44. Penasaran sama postingan blog travelingnya. Aku belum pernah jalan ke Bali. Lewat tulisan di blog Mbak Arina, aku bisa banyak tahu tentang Bali, nih.

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates