Taman Bunga Celosia Agro Piknik Sei Temiang Batam

Agro Piknik Sei Temiang Batam
Taman Bunga Celosia di Agro Piknik Sei Temiang

Jika hari Minggu saya berada di rumah, suami selalu saja bilang begini, “Tumben Bunda di rumah, nggak ada acara kemana-mana lagi?” Saya langsung mengernyitkan dahi sambil nyureng. Haha. "Nggak ada." Jawab saya. Atau kadang cuma jawab seperti ini, "Hmmm… nanya apa nyindir?” 😂Iya sih dulu saya tipe orang yang tidak bisa diam di rumah. Sering wara-wiri, sana-sini, ikut kegiatan ini, kegiatan itu, nggak ada capeknya. Seorang teman pernah bilang bahwa saya ini spesies langka dan perlu dilestarikan. Gubraks. Namun seiring bertambahnya usia dan tanggung jawab terhadap keluarga dan pekerjaan, aktifitas yang saya nilai kurang begitu urgent, saya lewatkan saja dan tidak mau ikut-ikut lagi.

Hari libur Januari lalu, saya tidak kemana-mana. Hanya di rumah menyelesaikan cucian lanjut masak. Suami berkali-kali bertanya. Jadi saya terpancing untuk menjawab, ”Memangnya Ayah mau ngajak kemana?" Suami malah terdiam, dia saja bingung tidak ada ide. Yang saya lihat sih dia sedang ingin jalan-jalan sore keluar rumah.  Ketika saya tawarkan satu lokasi yang baru dibuka di kawasan Agromania Sei Temiang yaitu Agro Piknik, dia langsung setuju. Sementara Sierra anak kami, dia tampak kurang suka. Menurutnya keluar rumah jalan-jalan itu nggak asyik. Karena dia lebih senang kalau berada di rumah leyeh-leyeh sambil nonton tv atau main games di gadget. Ini tipe-tipe anak zaman now banget. Kuper. Maunya bergumul sama gadget. Namun, karena tidak mau ditinggal di rumah sendirian, akhirnya dia pun mengalah ikut kami walau sambil cemberut.

Dari rumah kami, perjalanan menuju Agro Piknik tidak jauh. Tidak lebih dari 10 menit berkendara. Lokasinya yang berada di kawasan Sei Temiang merupakan kelebihan tersendiri karena kawasan ini terdiri dari hutan dan bukit-bukit kecil yang tampak sambung menyambung. 

Agro Piknik Sei Temiang Batam
Jalan Raya Sei Temiang - Marina. Menuju Agro Piknik belok kiri di sini!

Jalan menuju Agro Piknik pun terbilang sepi, cocok untuk kegiatan bersepeda atau jogging. Biasanya, saya bersepeda sendiri melewati jalan di sekitar kawasan ini. Namun terkadang karena sepi ini, kalau ada kabar kurang mengenakkan semisal penjambreatan atau tindakan kriminal lainnya di Batam, saya jadi takut dan tidak lewat kawasan ini lagi karena biasanya kabar yang beredar sering sekali mengait-ngaitkan kejadian dengan daerah ini. 

Dari jalan utama Sei Temiang mengarah ke Pantai Marina, jalan menuju Agro Piknik ini belok kiri ke arah perumahan milik Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam atau bisa kami singkat BP Batam. (Dulu namanya dikenal sebagai Otorita Batam). Yang tinggal di perumahan tersebut adalah mereka para karyawan BP Batam yang sudah tinggal di sana selama puluhan tahun. Jadi, kawasan perumahan ini meskipun berada di sekitar hutan, sudah ramai sejak dulu bahkan jauh sebelum hadirnya kawasan-kawasan ramai seperti pusat pemerintahan kota di Batam Center. 

Di ujung perumahan, kami melewati peternakan kambing dan sapi. Bau kotoran sapi dan kambing menguar di udara. Membuat siapapun yang belum terbiasa dengan bau-bauan itu langsung menutup hidung saat melewatinya. Begitu juga dengan kami. Tak lama setelah itu kami tiba di kawasan Agro Piknik, dimana terdapat poster besar yang menjadi petunjuk akhir menjelang parkiran di Agro Piknik. Jadi kalau ditanya dimana lokasinya? Ya tepatnya memang dekat dengan kandang sapi dan kambing di Sei Temiang itu.   


Agro Piknik 

Agro Piknik ini merupakan salah satu lokasi wisata berbasis agro dengan mengembangkan wisata  rekreatif, eduktatif dan interaktif. Dengan salah satu tujuannya yakni mengedukasi pengunjung dengan memberi pengetahuan tentang agro dan peternakan.

Tiket masuk ke Agro Piknik Rp 10.000. Sama halnya dengan Citra Kebun Wisata Durian penjaga tiket masuknya tidak kelihatan karena menyatu dengan lokasi jual wortel untuk kelinci, baru setelah kami masuk ada ibu-ibu yang bertanya apakah kami sudah membeli tiket masuk atau belum? Padahal dari gerbang sudah celingukan nyari orang yang jaga tidak ada.  

Objek utama yang menjadi daya tarik wisata di Agro Piknik adalah Taman Bunga Celosia yang didominasi oleh warna merah dan kuning. Bunga-bunga ini dibentuk sedemikian rupa menyerupai lingkaran, selang-seling dengan tanah kosong sehingga para pengunjung dapat masuk ke bagian tengahnya. Walaupun tidak begitu luas, taman bunga celosia ini sangat menarik digunakan sebagai latar untuk berfoto.

Taman Bunga Celosia

Selain Taman Bunga Celosia, terdapat juga taman bunga lainnya walaupun tidak terlalu luas. Kemudian terdapat wahana berkuda, kandang kelinci yang tentu saja ada kelincinya, kandang kambing, area panahan, nursery strawberry, ayunan, spot berswafoto dan yang unik ada beberapa petak sawah dengan pemandangan bukit-bukit yang menghijau. Sungguh suasana yang menenangkan jiwa.

Taman Bunga lainnya.

Menjelang sore, matahari mulai tergelincir ke ufuk barat. Burung-burung yang sedang mencari makan, tampak begitu banyak dan beterbangan. Di tepi sawah, di sebuah bangku yang menghadap perbukitan, saya duduk termenung sambil mengingat-ingat lagi kapan terakhir suasana seperti ini pernah saya nikmati. Kicauan burung di sore hari seolah memanggil kawan-kawannya untuk segera kembali ke kandang selepas mencari makan.


Agro Piknik Sei Temiang

Agromania, Sei Temiang Batam
Buka setiap hari dari jam 08:00 - 18:00 WIB
HTM: Dewasa dan Anak-anak Rp 10.000
Nomor Telpon:
- 0852 1331 7000
- 0819 9100 7000
- 0813 6417 5001
           

25 comments :

  1. Hahhaa, asik ada temen spesialis manusia langka. Iya banget kalo diem dirumah ditanya mulu ga keluar ma tetangga, kalo keluar terus, ko ga dirumah. Ahh karepmu ..wkakak
    Btw kbayang mau kesana ngelewat peternakan yang baunya aduhai, tapi langsung digantioleh pemandangan dan aroma bunga dimana mana ya Mbaaa. CAnteek ...

    ReplyDelete
  2. Kalau lagi butuh liburan menyenangkam tapi nggak ribet, tempat ini kayaknya memang pilihan terbaik ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah asyik buat didatangi sekeluarga. saya pengen banget wisata ke agro begini, asri

      Delete
  3. Tipe suaminya sama kayak suami aku mba. Ga suka kalau jalan-jalan keluar itu. Dia lebih seneng diam di rumah. Ngomomg-ngomong mba, beruntung banget rumahnya masih deket ama pepohonan gini. Aduh segernya itu. Ga kayak rumah aku banyak polusi, kendarannya. Ga nyaman banget. Ternyata agro piknik ini deket banget sampe 10 menit doang. Enakya

    ReplyDelete
  4. Kayaknya kalau ada di sana, kayaknya bakalan betah! Masya Allah, pemandangannya bagus sekali

    ReplyDelete
  5. oh itu namanya bunga celosia ya. Terlihat biasa kalau sendirian, tapi kalau rame ya cantik. HTM 10K nggak mahal menurut saya, cocok juga buat bawa anak-anak

    ReplyDelete
  6. pernah ke Batam tapi cuma di pusat kotanya,, next time pengen juga ah jelajahin pulaunya, termasuk ke taman bunga ini boleh juga, siap2 aja pake masker pas lewatin kandang sapi hehe..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  7. dan baru nyadar kalau yg namanya taman bunga celosia ini ada di mana2 tp saya belum pernah ke satu pun taman bunga celosia hahaha.

    btw...sebagai spesies langka, salam lestari ya mbak lina hahahaha

    ReplyDelete
  8. Wisata alam dengan view cantik bunga-bungaan gini enak buat refreshing juga ya mbak ��

    ReplyDelete
  9. AGRO PIKNIK, cateeett!Lokasinya menarik bangeett, bikin hati kian tenang dan riang
    ku mauuu cuss ke sana!

    ReplyDelete
  10. Tempat wisata yang murah meriah ya mb...di Jogja tempat wisatanya juga banyak tanamsn itu. Tapi kalau di sini namanya bukan celosia, tapi jengger ayam..😀

    ReplyDelete
  11. Tempat yang cocok untuk melepas penat dan menghilangkan stres ya, Mbak. Melihat aneka bunga yang berwarna-warni juga sawah dan bukit sungguh pemandangan yang memanjakan mata.

    ReplyDelete
  12. karena aku kerja jadi kalau libur ya kebalikannya mba wkwkwk justru kalau ada event pasti suami bilang tumben ga di rumah :p
    btw asik yah mba tempatnya :)

    ReplyDelete
  13. aih seneng banget mba ditanyain hari minggu ga kemana2.
    terbalik sama aku, wiken justru cancel acara krna fokus buat keluarga kecuali udah ijin berhari2 sebelumnya :D

    ReplyDelete
  14. Nama taman bunganya bisa persis sama nih mba dengan yang ada di Kabupaten Semarang. Ya taman Celosia gitu. tipikal bunganya juga mirip-mirip. Jadi adem dan segar ya mba melihat bunga-bunga yang indah gini.

    ReplyDelete
  15. wah tempat indah ini ternyata di batam, coba di kabupaten lingga ada tempat seperti ini yaa

    ReplyDelete
  16. Cocok buat refresh, recharge energi. Kalau capek udah nggak ketulungan emang enaknya jalan di lokasi kayak gini, Mbak. Seger di mata, seger di hati. Gak bikin kantong kebobolan pula, hehe.

    ReplyDelete
  17. Bagus banget tamannya buat poto. Dulu aku masih kecil pernah ke agro juga yang serba apel, sepanjang hari makan apel. Di sini kan bunga aja ya mbak?

    ReplyDelete
  18. Wah di Kabupaten Semarang juga ada taman bunga celosia kompak bener ya teh hihi..cantik deh pemandangannya dan adem mata lihat yang cantik giniii

    ReplyDelete
  19. Sudah kayak taman di luar negeri aja ya mbak. Cantik banget. Apalagi kalo perawatan tempat wisatanya bagus bunganya bertahan lama

    ReplyDelete
  20. Cantik banget ini teh. Jadi pengen piknik dan jalan-jalan disitu. Pasti seru

    ReplyDelete
  21. Bunga2nya sbnrnya seperti yang sering kita jumpai di halaman rumah ya mbak tapi jd menarik karena dikunpulkan di satu tenpat sbg sebuah taman dan terawat. Yg suka bunga pasti suka sekali berada di tempat kyk gtu apalagi buat pepotoan kyknya indah sekali ya mbak hehe.

    ReplyDelete
  22. Sekarang Batam makin banyak tempat wisatanya. Kalau dulu2 ke Batam tuh bingung mau wisata kemana. Ujung2nya ke Singapura deui.. haha.. btw, ini taman wisatanya cocok buat yang senang berkebun dan berbunga ya, Mba.

    ReplyDelete
  23. Aku bebas-bebas aja karena hidupku lebih banyak di rumah wkwk. Setidaknya 15th menikah baru sekali aku gak tidur di rumah, itu pun cuma semalam dan vidiocall terus sama anak. Makanya klo aku bisa keluar kayak even dibolehin banget biar waras hahaha. Itu juga kan setengah hari. Btw bagys banget taman bunganya

    ReplyDelete
  24. wah kakakku suka banget bunga, dia udah tahu apa belum yaa Agro Piknik. HTM-nya terjangkau lah. Oh ya, kira-kira butuh waktu berapa lama supaya puas eksplor di taman bunga ini?

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates