Gedung Gonggong Bangunan Ikonik di Kota Tanjungpinang

Gedung Gonggong

Tanjungpinang merupakan kota yang sarat akan warisan sejarah dan budaya Melayu di Indonesia. Kota yang kini menjadi ibukota Provinsi Kepualauan Riau ini semakin lama semakin menata diri. Berbagai titik yang vital diperbaiki dan terus dikembangkan. Contohnya seperti fasilitas Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tugu Pensil dan area taman Laman Bunda Melayu di tepi laut kota.

Guna memenuhi harapan masyarakat memiliki representasi kota secara ikonik dan juga dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata ke kota ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang menggagas berdirinya sebuah bangunan yang mewakili kekhasan kota ini. Maka terpilihkan gonggong, hewan sejenis siput yang hanya hidup di perairan Tanjungpinang dan wilayah Kepri lainnya yang mampu merepresentasikan kekhasan Tanjungpinang.

Sejak 2016 silam berdirilah sebuah bangunan cantik dengan arsitektur unik meniru bentuk gonggong di tepi laut kota Tanjungpinang. Bangunan ini dibuka bertepatan dengan diselenggarakannya Festival Bahari Kepri yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi serta didukung oleh kementrian pariwisata.

Kini, bangunan gongggong ini dijadikan sebagai Pusat Informasi Pariwisata Kota Tanjungpinang dan berada di bawah pengelolaan Dinas Pariwisata kota. Bangunan ini terdiri dari 2 lantai dimana pada lantai 1 dijadikan sebagai ruang display yang memajang berbagai atraksi dan destinasi menarik di Tanjungpinang. Berbagai foto perayaan seperti Festival Sungai Carang, Festival Bahari Kepri dan Festival Pulau Penyengat dipajang dan ditampilkan dalam papan display. Begitu juga berbagai lokasi menarik seperti lokasi-lokasi wisata sejarah di Pulau Penyengat.


Dinding kaca

Papan Informasi


Di lantai 1 terdapat ruang pertemuan yang biasa digunakan untuk menerima tamu. Sementara di lantai 2 terdapat ruangan multifungsi yang dapat menampung 100 orang. Sewaktu berkunjung dan masuk ke lantai 2, saya kebetulan mendapat undangan untuk berbagi cerita kepada teman-teman anak-anak muda dari Tanjungpinang dan Bintan mengenai tips menulis Catatan Perjalanan dan tulisan wisata.

Acara ini juga sempat dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan. Dari keduanya kami mendapat sedikit gambaran mengenai kondisi pariwisata kedua wilayah di Kepri yang berada dalam satu daratan ini.

Banyak orang menyebutkan bahwa bentuk Gedung Gonggong ini tidak benar-benar mirip dengan gonggong pada aslinya. Namun walaupun demikian, arsitekturnya tetap terlihat unik  dan menarik. Dengan warna bangunan serta atap melengkung berwarna kuning bergaris putih serta berdindingkan kaca menjadikan bangunan ini selalu menjadi daya tarik ketika orang melihatnya.

Di halaman Gedung Gonggong terdapat taman yang kerap dijadikan masyarakat sebagai tempat hang out atau sekadar duduk sendirian menikmati senja. Taman ini biasanya tampak ramai menjelang sore hingga malam tiba.

Terdapat beberapa fasilitas publik yang disediakan di taman ini seperti bangku-bangku untuk duduk, taman bermain untuk anak-anak dan ruang terbuka bagi mereka yang hendak berolahraga.

Taman Tepi Laut Tanjungpinang

Tempat bersantai memandangi laut saat sunset




49 comments :

  1. Wah, gedungnya unik sekali dan mencirikan salah satu makanan favorit saya kalau main ke Kepulauan Riau, gonggong. Kenapa ya gonggong itu enak banget, kayak ga bisa berhenti kalau udah makannya.

    Padahal udah diingetin, jangan banyak-banyak, bahaya kolesterol.

    ReplyDelete
  2. Unik juga ya bangunannya, mengadopsi cangkang gonggong.
    Duh jadi pengen makan gonggong nih baca tulisan ini, tapi di Jawa nggak ada. Mesti terbang ke Tanjung Pinang

    ReplyDelete
  3. Begitu tau gonggong itu sejenis siput, aku langsung googling Mbak. Dan, malah jadi laper pengin nyemilin gonggong LOL. Meskipun, gak mirip dengan aslinya tapi tetap instagramable dan bisa dijadikan spot pepotoan kan? Tempatnya adem banget, enak di pinggir pantai.

    ReplyDelete
  4. namanya unik banget ya mba gonggong hehehe arsiteknya keren banget sih menurutku idenya jadi aja bangunan yang unik banget di Tanjung Pinang

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru tahu ini sejenis siput dan cuman ada di perairan Tanjung Pinang huhuhu kalau omongin Tanjung Pinang jadi inget seseorang yang naksir aku wkwkk *elah emak2 malah flashback

      Delete
  5. Di Tanjung Pinang banyak spot yang dilengkapi taman untuk kummpul2 asyik ya Mba?
    Wah, keren nih... bisa untuk lokasi relaxing

    ReplyDelete
  6. Bangunan sekarang itu lucu-lucu ya. Jadi ingat di Jepara juga ada bangunan Kura-kura. Deket pantai juga deh. Dilihatnya juga lumayan

    ReplyDelete
  7. Bangunan sekarang itu lucu-lucu ya. Jadi ingat di Jepara juga ada bangunan Kura-kura. Deket pantai juga deh. Dilihatnya juga lumayan

    ReplyDelete
  8. Aiiih ini kok berasa di Sidney ya (kayak udah pernah aja)
    tapi beneran deh, udah gedungnya cantik - juga pemandangan sekitarnya kece

    ReplyDelete
  9. Unik banget bentuk gedungnya ya, model gonggong gitu.
    Ikonik banget.
    Pasti banyak wisatawan berfoto di sana.

    ReplyDelete
  10. Walaupun mungkin tidak mirip dengan asli, tetapi tetap unik bangunannya. Udah gitu, suasana sekitarnya juga kelihatan menarik

    ReplyDelete
  11. Bangunannya beneran bagus gan ikonik sekali ya mbak, duh jadi ingin membuat destinasi wisata kesana nih kalau virus corona sudah pergi jauh. Sekarang menikmati lewat blogmu dulu mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa akupun pengiiinn jalan jalan ke sini.
      Semogaaaa badai corona segera berlalu yaaaa

      Delete
  12. MasyAllah bangunannya unik dan lucu ya mba. Suka aku apalagi disuguhin ama pemandangan yang bagus juga. Jadi bisa memandang laut ya. Suka aku indah 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya pemandangan di sekitar gedungnya apik. Semoga wabah segera hilang jadi masyarakat bisa datang ke sana lagi ajak anak dan keluarganya ya mbak :)

      Delete
  13. Aku udah lama banget pengen kesini mbak, sodara ku ada yang tinggal di sana dan sering kirim2 foto wisatanya T. Pinang bagus2 banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jadi ingat waktu ke Batam diajakin makan gonggong terus sama teman-teman ku awalnya aku geli tapi lama2 nagih

      Delete
  14. Akhirnya ada ikon untuk kota Tanjung Pinang ya..bisa jadi pusat informasi bagi wisatawan pula. Dan itu pemandangan ke lautnya pasti menyenangkan ini buat dikunjungi. Semoga terjaga kebersihan dan terawat bangunan gonggong ini

    ReplyDelete
  15. Unik banget gedungnya... Menurut saya mirip kok, cuma memang kurang mulus aja ya, hehe...

    ReplyDelete
  16. Bangunannya menarik banget sih mbakz bisa masuk list kalau kapan-kapan ke Tanjung Pinang. Duh tapi kapan ya bisa kesana 😅

    ReplyDelete
  17. Aku juga nie liat postingan ini jadi inget jaman Masi bisa bebas jalan jalan bebas tanpa adanya Corona ini..ya Allah..sedih

    ReplyDelete
  18. Aku pas baca gonggong. Jadi tersenyum simpul.
    Karena ingat si raja guk guk, satunya lagi ingat bahasa Banjar di mana gongong artinya, bodoh banget!

    Suka banget sama view tempat menikmati sunset itu.
    Sepertinya dirawat ya, mba?

    ReplyDelete
  19. Gonggong tu yg kyk keong itu kan ya mbak? Kalau gak salah mbak Lina pernah review makanan gonggong ya? Lupa2 inget.
    Jd inget kalau di Jkt ada bangunan keong mas hehe
    Gedung ini bakalan jd destinasi wisata edukasi anak2 soal laut kali ya nantinya :D

    ReplyDelete
  20. Wah.. Gedungnya lucuk. Aku kok jd keinget salah satu anime. Tapi lupa namanya. Kan kan jad pengen jalan-jakan deh. Tapi lg pandemi corona..hiks

    ReplyDelete
  21. Aku malah penasaran pengin cobain gonggong deh. Kata orang2 enak gitu ya. Btw taman tepi lautnya kayaknya instagramable ya

    ReplyDelete
  22. Jadi pengen makan siput gonggogng baca statusnya mba Lina hehehe. Salah satu daya tari Tanjunginang ada di adalah bangunan ikonik ya. Semoga nanti bisa berkunjung dan main ke sana.

    ReplyDelete
  23. Oooh gonggong itu istilah untuk hewan sejenis siput yang hanya hidup di perairan Tanjungpinang. Bentuk bangunannya jadi unik ya dan menarik.

    ReplyDelete
  24. Saya baru tau kalau gonggong hanya hidup di perairan tanjung pinang. Kirain sama kayak siput pada umumnya

    ReplyDelete
  25. Lucu ya Mba gedungnya, unik dan instagramable hahaha.
    Taman tepi lautnya juga indah dan tenang rasanya :)

    ReplyDelete
  26. Duh, membaca ini baru ngeh kalau saya sudah lama ga ke sana.
    Sebab terakhir ke sana, bangunan gedung gonggong ini belum ada.
    Jadi kangen pulau Bintan.

    ReplyDelete
  27. Ya Allah gonggong kesukaanku banget nget, dimakan dg sambal nanas. Duh jadi kangen makan gonggong. Lucu bentuknya kalau dijadikan bangungan.

    ReplyDelete
  28. Bentuk bangunannya unik banget ya mbak. Aku pernah lihat gongong ternyata itu bisa dimakan ya mbak. Kalau di Jakarta adanya gedung bentuk keong, di sana bentuk gonggong

    ReplyDelete
  29. Gedung Gonggong yang unik sekali mbak. Melihat bangunanya bikin takjub...apalagi bila penataan sekeliling gedung ini yang rapi dan bersih, pasti bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas yang bermanfaat. Semoga pemerintah daerah setempat bisa mengelola gedung ini dengan baik dan tetap lestari.

    ReplyDelete
  30. Wah aku belum main ke sini. Kalo sore ataua pagi hari pasti cantik banget nih viewnya. Semoga bisa main ke Batam lagi

    ReplyDelete
  31. Lokasi tepi laut yang kayaknya terlihat damai. Pengen ke pantai jadinya. Pantai yang agak sepi supaya bisa lebih menikmati.

    ReplyDelete
  32. Ini sempat mikir dulu. Bangunan paa dan bentuk apa? Nebak dulu baru baca artikel. Hey bener kan tebakan say hehehe

    Banyak arsitektur yang bikin bangunan unik bisa jadi latar foto hehehe

    ReplyDelete
  33. Gedungnya unik ya mbak..dan taman tepi lautnya juga asyik tuh untuk menikmati pantai di pagi / sore hari ya.

    ReplyDelete
  34. Eyaampun, unik bnaget ya arsitekturnya. Jadi kepengen masuk ke dalamnya deh. Dan iya deh, jadi kepikiran udah lama gak makan gonggong. :D

    ReplyDelete
  35. Jadi ingat sama Keong Mas yaa...
    Duluu...di Jakarta ada tuuh...((gatau sekarang apakah masih ada?)), bangunan keong seperti ini.
    Unik yaa...
    Apakah ada legenda yang melatar belakangi dibangunnya bangunan ini?
    (selain sebagai representasi kota)

    ReplyDelete
  36. Gedungnya unik banget baru kali ini liat gedung dengan bentuk seperti siput. Aku penasaran arsiteknya siapa. Semoga aja suatu saat bisa jalan2 di sana

    ReplyDelete
  37. Wah keren banget mbak gedung Gonggong ini kayak keong mas ya. Pemandangannya indah banget mbak di Tanjung Pinang.

    ReplyDelete
  38. Unik banget ya mba bentuk gedungnya. Dipilih model siput gonggong gitu yang memang khas ala Tanjungpinang gitu ya. Saat menikmati pemandangan di luar gedung juga bagus gitu mba.

    ReplyDelete
  39. Jadi namanya gonggong mirip sama siput iya kayak keong juga satu spesies ya ini Bun
    semoga kapan-kapan bisa dolan ke sini aamiin

    ReplyDelete
  40. Lucu deh mirip rumah siput dan umang2. Suasana di sekitarnya juga asyik untuk hang out.

    ReplyDelete
  41. Belum pernah masuk ke dalam museumnya lho... Jadi penasaran

    ReplyDelete
  42. Ah tadinya mau nanya soal Corona
    Tetapi untung pinter bisa lihat tanggak posting
    Semoga saya bisa ke gedung mirip keong itu deh

    ReplyDelete
  43. gedung Gonggong ini mirip keongmas yah, ikonik banget memang yah. Suatu saat nanti ingin kesini juga deh.

    ReplyDelete
  44. Satu lagi destinasi wisata di Tanjungpinang. Serius, ini unik banget. Penasaran pingin lihat langsung bagian dalamnya.

    ReplyDelete
  45. Bebeeapa kali aku kepoin Tanjung Pinang karena next fam trip kami insya Alloh ke sana. Lucu juga ada gedung gonggong ya, masuk wish list ah

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates