Shelter Adventure Tempat Sewa Alat Gunung di Lombok

Hobby mendaki gunung adalah hobby yang mahal. Bagaimana tidak dikatakan mahal jika saja  harga-harga perlengkapan dan peralatan mendaki bagi seorang pemula yang akan memulai karir pendakian sungguh menyesakkan dada. Satu jenis perlengkapan saja harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Shelter Adventure
Berbagai peralatan mendaki


Coba saya hitung-hitung ya. Mulai dari kebutuhan dasar para pendaki (selain makan dan minum tentunya), kita ambil contoh saja tas ransel atau carrier (mari kita sebut saja keril karena lidah pendaki Indonesia menyebutnya seperti itu 😄). Katakanlah keril ukuran 20 liter, itu saja harga di bukalapak atau tokopedia sudah sekitar Rp. 250.000-an. Duh 20 liter mah paling itu ransel Dora The Explorer ya. Pendaki tuh butuh keril yang ukuran lebih besar lagi. 40 L, 50 L, 60 L atau bahkan keril segede kulkas dua pintu.😃 Dan tentu saja harganya lebih dari dua ratus lima puluh ribu rupiah. Sudah berada di level angka jutaan.

Selain keril, ada lagi yang wajib dibeli yakni sepatu gunung. Jangan sampai mendaki gunung pakai sendal jepit saja. Sayangi aset diri kamu sendiri. Kaki itu aset paling berharga bagi seorang pendaki. Harus dijaga dan dirawat baik-baik. Kalau pakai sendal jepit, bagaimana mau safety dan selamat itu kaki. Yang ada lecet dan luka-luka.

Nah, untuk sepatu gunung saja rata-rata yang standar safety dan bisa dipakai beberapa kali daki harganya sekitar Rp 300.000-an. Itu sudah yang murah kalau mau yang lebih bagus lagi kualitasnya, harganya juga nggak kalah bagus. bagus di kualitas tapi nggak bagus di dompet. Bikin kempes.

Hal penting lainnya yang harus dibeli atau yang wajib dimiliki pendaki adalah kemah atau para pendaki menyebutnya tenda. Masa sih kamu harus mengandalkan numpang di tenda teman terus. Kan tidak selamanya teman itu mendaki bareng ke setiap gunung yang kamu inginkan. Adakalanya kamu ingin mendaki ke gunung sana, sementara teman kamu mau ke gunung sini.

"Kan aku bisa numpang di tenda orang lain di gunung sana Kak,"

"Duh  ingat ya Dek, di gunung itu watak orang beda-beda. Ada yang baik ada yang buruk ada yang entah baik entah buruk. Macam-macam, jadi jangan terlalu berharap bisa numpang istirahat di tenda orang lain. Hellooww kamu siapanya mereka?" Jadi mulai nyicil deh beli tenda. Harga tenda di toko online sekitar Rp 500.000. Itu pun tenda yang mungkin kena hujan bisa tempias dan bocor-bocor irit. Kalau mau kualitas bagus ya harganya lagi-lagi  juga bagus. Sejutaan lebih lah.

Shelter Adventure
Toko Perlengkapan dan Peralatan Mendaki

Di atas, yang kita bahas baru 3 jenis perlengkapan mendaki gunung saja sudah satu juta lebih. Iya barangkali bagi yang sudah bekerja barang-barang itu bisa dibeli dalam sekali belanja saja, atau bisa dicicil tiap bulan beli satu per satu, tapi buat pelajar dan mahasiswa yang masih mengharapkan belas kasih orang tua, harga segitu sudah luar biasa berat. Belum tentu lagi barang-barang tersebut dipakai tiap minggu atau tiap bulan. Paling menunggu libur semester atau libur hari raya baru digunakan.

Nah, cara yang paling hemat menurut saya untuk mendapatkan perlengkapan mendaki yang lengkap, bagus, berkualitas, dengan tanpa ribet harus beli padahal nggak tahu lagi mau digunakan kapan,  ya mendingan sewa saja. Apalagi kalau mendakinya gak sering-sering amat. Atau jika rencana mendakinya santai gak mau ribet di jalan karena ingin mampir traveling ke destinasi menarik lainnya. Tentu pilihannya mending sewa alat. Contohnya Setelah mendaki Gunung Rinjani, biasanya pendaki yang jauh-jauh datang dari Sumatera, Jawa, atau Jakarta menambah waktu tinggal di Lombok untuk jalan-jalan dulu ke pantai atau ke Gili Trawangan dan Gili-Gili lainnya.

Paket trip Gunung Rinjani

Membidik pasar para pendaki Rinjani yang datang dari luar maupun dari Lombok itu sendiri, seorang teman baik saya di Mataram, Kang Asep Norman Tanjung lantas mendirikan sebuah unit usaha yang diberi label "Shelter Adventure" yang konsen terhadap jasa penyewaan  dan penjualan perlengkapan dan peralatan mendaki gunung.

"Apa sih Teh bedanya perlengkapan sama peralatan?"
"Duh nanti saja ya kita bahas di lain waktu. Sekarang saya masih semangat ingin membahas Shelter Adventure yang ada di Lombok.

Selain untuk kalangan para pendaki, perlengkapan di Shelter Adventure juga bisa disewakan untuk mereka yang suka kemping tapi tidak mempunyai alat yang lengkap. Tersedia tenda untuk kapasitaa 2 hingga 4 orang, matras, sleeping bag, dan lainnya.

Selain menyewakan alat-alat mendaki, Shelter Adventure juga menjual beragam tas daypack, keril, tenda, sleeping bag, sepatu gunung, matras, topi, hammockmerchandise, dan lainnya. Dijual dengan harga yang cukup terjangkau.


Shelter Adventure

Member Card Shelter Adventure 

Untuk memberi pelayanan maksimal bagi para pelanggan, Shelter Adventure mengeluarkan kartu member dimana para pelanggan bisa memiliki kartu anggota dan mendapat berbagai keuntungan saat belanja perlengkapan gunung di outlet-outlet Shelter.

Member Card

Bagi yang ingin menjadi member, syaratnya gampang saja cukup mengirimkan foto KTP atau identitas lain (SIM, Kartu Pelajar, Kartu Mahasiswa) Kirim ke Inbox FB Asep Noorman Tanjung, atau Facebook Shelter. Atau hubungi langsung nomor Whastapp 08175743284. Bisa juga melalui kontak instagram di @shelteradventure.id.

Para member Shelter Adventure akan mendapatkan diskon untuk rental alat, pembelian peralatan outdoor, transport service Trans Rinjani, dan diskon trip. Bulan ini bahkan ada promo 20% hingga akhir April 2018.

Selain kegiatan menyewakan dan menjual peralatan mendaki, Shelter Adventure juga aktif melakukan berbagai kampanye dan kegiatan positif lainnya dalam rangka mengurangi sampah Rinjani. Misalnya saja ikut aksi bersih gunung dan memproduksi tempat-tempat sampah seperti asbak dari kaleng untuk pembuangan puntung rokok para pendaki.

Kaleng Puntung Rokok

Selain bisa berbelanja, para pengunjung outlet Shelter Adventure dapat menambah wawasan dengan membaca buku-buku kisah perjalanan dan petualangan para pendaki gunung dalam menghadapi rintangan dan tantangan pendakian di Mini Library. Ada juga buku-buku tips berkegiatan di alam bebas, majalah outdoor, dan buku tentang adventure lainnya.




Note:
Seluruh foto-foto diambil dari Akun facebook Asep Norman Tanjung dan Shelter Adventure.


Shelter Adventure Indonesia
Melayani penjualan peralatan Outdoor.
GROSIR DAN ECERAN.
Jalan Sriwijaya No 1A Samping Timur Epicentrum Mall Mataram. 83126
Melayani pengiriman luar kota.
Buka: jam 08:00 - 10:00 WITA
Whatsapp: 08175743284
Facebook: Shelter Adventure
Instagram: @shelteradventure.id

42 komentar :

  1. Mau nangis emang pas beli perlengkapan gunung. Menguras dompet :((
    Kalau ke Rinjani boleh nih main ke sini :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau ke Rinjani, sewa di sini Mel biar gak ribet. Terus turun gunung bisa jalan-jalan deh tanpa beban keril

      Hapus
  2. belum pernah sih mendaki gunung, tapi kegiatan mendaki adalah salah satu tantangan seru
    yang bisa jadi kenangan seumur hidup

    boleh nih jika suatu hari nanti mau daki gunung, referensi alat alat daki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendaki gunung itu kalau buat aku kenangan sepanjang masa.

      Hapus
  3. Dulu waktu nasih muda sering banget naik gunung, kalo sekarang sudah tak sangggup hayati. Etapi bener dengan adanya tempat nyewa gak perlu beli soale peralatan naik gunung itu mihiillll...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah Rizka suka naik ke gunung mana saja nih?

      Hapus
  4. ternyata lumayan juga ya.... perlengkapannya. Selama ini saya naik turun gunung wilis nggak pernah pakai perlengkapan..... pagi naik sore udah turun (pasal dekat dengan rumah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya soalnya gunung Wilis dekat ya Mbak. Dan nggak membutuhkan alat yang lengkap.

      Hapus
  5. ((ransel Dora The Explorer))
    Aku ketawa pas baca.
    Kirain 20L itu besar. Ternyataa kayak Dora aja, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha. Besar juga sih Neng. Tapi tetap aja gak bakal muat banyak kalau diisi tenda, sleepingbag,jaket, dll

      Hapus
  6. teh... apa beda perlengkapan ama peralatan?? 😁😁
    belom pernah mendaki sih, tapi artikelny bisa jadi masukan klo suatu saat ada kesempatan k Rinjani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha nanti deh aku bahas. Entah kapan itu pun 😁😂

      Hapus
  7. wah keren nih teh, jadi gak perlu repot2 jauh2 bawa alat gunung atau beli alat gunung, bisa sewa disini dan lengkap pula nih, keren ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Sad, kalau mau ke Rinjani gak usah ribet sewa di aini aja.

      Hapus
  8. Belum pnah naik gunung teh...
    tapi punya keinginan banget...
    nah ini cerdas banget dah, memanfaatkan hobi skligus cari uang.
    Jeli melihat peluang...

    btw, iya teh naik gunung itu mmg btuh uang yang lumayan banyak. Apalagi kayak ira blm punya spatu gunung dan tas gunung...
    harus mulai dari nol banget...

    tks teh infonya, mana tau impian mndaki kenyataan ini bisa jd referensi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ra sama-sama. Betul teman yang satu ini cerdas membaca peluang. Alhamdulillah usahanya lancar.

      Hapus
  9. Pengen daki Gunung tapi cutinya belum kesampean, hihi. Jadi masih dalam wish list aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daki Merapi di Jogja lah Ka. Biar ke Jogja lagi hehe.

      Hapus
  10. Aku belum pernah naik gunung mbak. Setiap ada kesempatan, selalu ngga jadi. Masih awam banget sama perlengkapan naik gunung ini, dan ternyata ada banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak banget printilan mendaki gunung itu Mbak.

      Hapus
  11. Selain banyak, harga-harga perlengkapan mendaki gunung ini lumayan ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, lumayan menguras isi dompet. Hehe.

      Hapus
  12. Asik ya kalau ke Lombok, nggak harus bawa dari sini (Jogja). Disana bisa sewa aja, yang penting bawa uang..he
    Nice info nih, buat referensi kalau ke Lombok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya bener Mbak yang penting bawa uang yang cukup.

      Hapus
  13. Wah ternyata Naik gunung itu banyak persiapanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Cit, semua mesti disiapkan dengan matang karena resikonya nyawa.

      Hapus
  14. Anak akuntansi pasti tau lah y ap beda perlengkapan sm peralatan. Hihi. Eh, emg spa anak akuntansi? Haha. Aku sekalipun g pernah naik gunung log mba padahal di desa sy dulu banyak gunung. Tp g pernah naik gunubg sekalipun. Ngenes ah. Emg lbh baik menyewa sih menurutku dibanding beli peralatan buat naik gunung gini. Kepakenya paling sesekali aja kan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya kayaknya Mbak.

      Naik gunung itu sebenarnya tergantung passion kita dimana. Kalau nggak suka mendingan gak usah karena mendaki itu sebenarnya kegjatan yang cukup beresiko.

      Hapus
  15. Saya blm pernah mendaki gunung. .tapi tahun ini saya ada rencana ke Bromo bareng teman2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasyiiik. Wajib mendaki kawahnya ya Mba.

      Hapus
  16. bener banget, aku dulu pernah mau beli carier untuk ke luar jawa mbaa tapi nggak jadi soalnya mahal wkwkwkkw akhirnyaa pakek koper aja. klo ada yg nyewain itu pas banget bagi kqntong mahasiswa.

    BalasHapus
  17. wah. emang pas banget kalau ada tempat penyewaan seperti ini ya mbak. Pas banget untuk yang jarang ke gunung tapi pengen sesekali.

    BalasHapus
  18. Keselamatan selama mendaki itu penting agar bisa menjumpai keluarga di rumah

    BalasHapus
  19. Ini catatan yang harus dibaca para pendaki. Baru ngerti perlengkapan mendaki gak kyak DORA yg bawa ransel kecil aja. Lol :D

    BalasHapus
  20. Naik gunung emang olah raga mahal mah ini teh. Peralatannya banyak. Mahal di alat, di ongkos dan mahal di kesehatannya. Hehe

    BalasHapus
  21. Keren banget... aku naik gunung hanyalah angan-angan dan rencana saja, liat ini jadi kepengen banget.

    BalasHapus
  22. Suami saya punya lengkap, tapi kadang-kadang masih sewa juga kalau dirasa lagi ribet. Biasanya sewa tenda :)

    BalasHapus
  23. Belum pernah naik gunung, masih sebatas mimpi. Ternyata lumayan juga ya modalnya. Memang baiknya sewa aja ya untuk yang sekali-kali naik gunungnya... Thanks infonya, Teh.

    BalasHapus
  24. Wah seru naik gunung. Gak perlu beli2 ya, cukup sewa aja, toh naik gunung jg jarang2 (itu akyuu hahaha). Makasih infonya mbak, yg sering naik gunung terutama di Lombok pasti suka ma info ini :D

    BalasHapus
  25. Meski mahal, kalau memang senang, ya tetap dilakoni ya mbak hehe

    BalasHapus
  26. Wihhh banyak ya perlengkapan sebelum mendaki. Pengen deh hiking gitu tapi belum berani, haha

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita