Wednesday, 4 April 2018

Mengintip Resort Terbaru yang Unik dan Cantik di Kawasan Jembatan Barelang Batam



SEKILAS TENTANG HARRIS RESORT BARELANG

Sejak pertama kali mengetahui ada pembangunan resort di kawasan Jembatan Barelang Batam, saya excited sekali untuk mengetahui lebih banyak lagi. Karena sesungguhnya, ide membangun resort ataupun hotel di wilayah Barelang ini sungguh brilian. Bagaimana tidak, ribuan orang baik warga lokal maupun turis setiap akhir pekan akan membanjiri kawasan Barelang untuk bertamasya. Maka bukankah keputusan yang luar biasa ketika turis sudah berbondong-bondong datang dan pihak swasta menyediakan fasilitas yang akan membuat mereka lebih betah berada di sana. 

Lobby Harris Barelang saat malam
Lobby Harris Barelang saat siang

Kondisi di atas memang menguntungkan berbagai pihak. Win win solution. Keberadaan fasilitas menginap di kawasan Barelang memang sudah seharusnya. Ini merupakan tanda kesiapan dari sebuah destinasi wisata. Kalau kata Menteri Pariwisata Pak Arief Yahya adalah 3A. Atraksi, Akses dan Amenitas. Barelang itu sendiri sudah merupakan Atraksi atau daya pikat bagi wisatawan. Sementara Akses kesana pun sangat bagus. Maka Amenitas seperti hotel/resort adalah pelengkap selanjutnya yang menyempurnakan semuanya.

Kehadiran Harris Resort Barelang menjawab tantangan 3A ini. Sehingga ketersediaan amenitas di kawasan Barelang mampu menjadi trigger bagi perputaran roda ekonomi Batam yang sedang lesu, pun bagi ketersediaan lapangan pekerjaan sehingga menyebabkan multiplyer effect yang berkesinambungan. Selain dari itu keberadaannya akan menyebabkan length of stay para tamu di Barelang menjadi lebih lama. Ini artinya pemerintah dan masyarakat juga diuntungkan. Dimana masyarakat sekitar Barelang bisa mendapat keuntungan misalnya dengan dibuatnya paket Islands Tour tamu-tamu ke pulau-pulau sekitar yang berpenduduk atau paket keliling kampung tua di sekitar resort, atau tamu yang keluar untuk makan malam di restoran warga sekitar.

HARRIS Resort Barelang Batam merupakan resort terbaru yang berada dalam naungan Tauzia Hotel Management. Tauzia mengembangkan konsep hotel ini untuk bisnis dan rekreasi di level pasar skala menengah. Tujuannya adalah untuk menyediakan sesuatu yang lebih dari sekedar hotel, tetapi gaya hidup. Dan lebih dari satu dasawarsa sejak pembukaan Hotel HARRIS pertama di Batam, yakni HARRIS Waterfront, TAUZIA telah secara tegas membentuk budaya inovasi dalam layanan desain, pemasaran, dan perhotelan. 

Filosofi yang selama ini dianut oleh HARRIS dalam mengembangkan sayapnya adalah "THE BRIGHTER SIDE OF LIFE." Ini pula yang kemudian menjadi visi bersama dalam memulai kesuksesan di tahun-tahun mendatang.  Selain itu terdapat juga konsep "SIMPLE FRIENDLY UNIQUE" yang makin inovatif yang menjadi budaya bagi brand hotel kelahiran Indonesia ini.  Yang bahkan merupakan salah satu jaringan hotel terkemuka di Indonesia.

Harris Resort Barelang memiliki 173 kamar tersebar di lahan seluas 2,5 hektar dari total keseluruhan wilayah yang mencapai lebih dari 10 hektar. Dimana sebanyak 68 kamar dengan pemandangan ke arah laut, 16 kamar ke arah kolam renang, 81 kamar menghadap  taman, 6 kamar suite, dan 2 villa. Jika dilihat dari udara, kamar-kamar ini seperti membentuk huruf U dengan atap berwarna merah dan hijau. Jalan-jalan di depan kamar hotel yang bersih, rapi, lengang, dan juga rimbun oleh pepohonan seperti cemara dan pohon tanjung, sangat cocok untuk dijadikan tempat jogging atau sekedar jalan santai.




Jalan pagi di antara pepohonan yang berseri.


Selain kamar-kamar dan ruang lobby yang unik tadi, beragam fasilitas lainnya akan membuat para tamu makin betah berlama-lama di sini. Sebut saja café & pizza dengan live cookingjuice bar, kolam renang anak-anak, kolam renang tanpa batas (infinity pool), spa & pusat kebugaran, bay house, Dino kids club dan water playground, butik, beach club dengan konsep modern dilengkapi dengan kolam renang dan whirlpool, fasilitas untuk rekreasi & olahraga bermotor maupun tak bermotor, pantai dengan pasir putih, trek jogging dan trek bersepeda, pusat bisnis, pojok internet, ATM Center, Minimart, tempat parkir yang luas yang berkapastias 200 mobil. Tuh kan banyak sekali fasilitasnya. Selain itu terdapat juga  function hall yang dapat menjadi tempat pertemuan, insentif, konvensi dan pameran dengan kapasitas 500 orang dengan 8 ruang meeting. Semua lengkap dan semakin memanjakan para tamu.

Kamar-kamar berupa cluster


Ruang santai

Suka dengan Interiornya

Pemandangan ke sisi laut dari lobby



STAYCATION  BERSAMA KELUARGA

Rasa kepenasaranan saya terhadap HARRIS Resort Barelang akhirnya mengantarkan saya dan keluarga menghabiskan libur akhir pekan lalu di sana. Kami tiba di kala warna senja telah menua. Tatkala lampu-lampu jalanan berpendar di lembapnya udara. Bangunan utama yang dijadikan lobby, ruang santai, dan restoran, memiliki desain tabung yang unik. Dinding-dindingnya berkilauan memancarkan cahaya yang bergelombang bagai ombak. Tatkala pandangan menatap atap, tulang-tulang baja berwarna coklat melayang tergantung di udara menyerupai tulang ikan raksasa.




Kami menempati kamar bernomor 135 yang terletak agak jauh dari lobby. Namun tentu tidak khawatir karena ada kendaraan buggy yang dapat mengantarkan para tamu ke kamarnya masing-masing. Ruang kamar sangat luas, di dalamnya terdapat 2 tempat tidur dengan aksen khas guling HARRIS berwarna oranye, IP Smart TV 42 inc dengan televisi kabel dan saluran satelit internasional, saluran telepon IDD, sofa, kotak deposit atau brankas, AC yang dapat dikontrol sendiri, mini bar, coffee & tea maker, cermin pembesar, hair dryer, perlengkapan mandi, lemari pakaian dengan set gantungan, dan juga beranda atau balkon untuk bersantai. Selain itu kami juga dapat menikmati layanan internet broadband berkecepatan tinggi sambil goleran manja di kasur. Seandainya semua itu kita miliki di dalam rumah sendiri, percaya deh akan mager tidak mau kemana-kemana. 

Menyambut pagi di beranda
Bersyukur kami mendapatkan kamar yang menghadap ke arah laut dengan pemandangan Jembatan I Barelang. Pada malam hari bisa menyaksikan lampu-lampu Jembatan Barelang membias dan memendar indah ke udara. Sementara malam itu rembulan tampak bulat sempurna mengambang di langit kelam hingga meredupkan cahaya bintang gemintang yang biasa berbinar cerlang.

Suasana malam hari di Jembatan Barelang

Suasana tengah malam di depan kamar

Telah hampir tiba jam 12 malam tatkala saya berkeliling sendirian menyusuri jalan di depan kamar yang rimbun oleh pepohonan. Meskipun rimbun, pencahayaan di jalan tetap terjaga baik. Ingin rasanya memotret suasana malam saat itu namun saya bertanya sendiri apakah kamera saya mampu melakukannya? Saya pun mencoba beberapa kali meskipun hasil foto tidak jernih dan fokus, ternyata langit malam itu bersih tanpa awan dan masih tampak kebiruan.

Keesokan harinya saaat bangun pagi, lagi-lagi kami disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menarik. Yaitu sunrise di atas Jembatan Barelang. Pemandangan yang belum pernah saya lihat selama hampir 20 tahun tinggal di Batam. Maka pagi itu sungguh menjadi momen sunrise paling berharga selama keberadaan saya di Batam. Bagi pemburu foto sunrise dan sunset, pagi seperti itu akan menjadi pagi yang sangat luar biasa. Alhamdulillah.

Sunrise dari Harris Barelang

Sunrise Jembatan Barelang batam
Sunrise di atas Jembatan Barelang Batam

Selepas menikmati matahari meniti lazuardi pagi, saya dan keluarga menuju restoran untuk sarapan. Suasana ruangan resto yang berpintu dengan tangga terbuka dan berdinding tinggi tembus pandang hingga dapat menyaksikan pemandangan ke taman, kolam renang, laut, dan pulau-pulau sekitar maka bisa dikatakan bahwa restoran di HARRIS Barelang adalah restoran dengan pemandangan terbaik di kota ini.
Sarapan pagi

Mengusung konsep hidup "Healthy Life" maka tak diragukan lagi, makanan dan minuman yang disajikan di restoran ini semuanya sehat tanpa MSG. Makanan yang melimpah dengan aneka pilihan yang bahkan kami sendiri bingung mau mulai sarapan darimana. Menu seperti nasi dan beragam lauk, nasi goreng, salad sayur dan buah, aneka roti dan kue, bakso, buah potong yang segar, bubur, jamu, jus, dan masih banyak lagi yang lainnya membuat nafsu makan makin tinggi.

Selepas sarapan, Chila, anak saya, mengajak untuk berenang. Dia sengaja memilih kolam yang pemandangannya langsung ke tepi laut. Bukan kolam anak-anak yang terletak di bagian atas. Kolam renang yang Chila pilih memang tepat. Sambil berenang saya bisa menyaksikan pemandangan pantai berpasir putih, pulau-pulau di sebrang, dan tentu saja laut biru membentang. Selain itu kolam renang juga dilengkapi kursi-kursi yang cantik dengan batal-bantal empuk yang lagi-lagi membuat mager. Chila bahkan berkali-kali protes karena saya malas beranjak dari sana. Duh menyesal tidak bawa buku bacaan, padahal spot ini kece dan cocok untuk duduk santai sambil menyelami tulisan di buku-buku.

Harris Resort Barelang
Infinity pool

Kursi-kursi bikin mager

Tak terasa waktu beranjak siang. Waktu check out telah tiba. Chila bilang liburnya sebentar banget dan dia masih betah di sini. Wahaha. Sama sih Chil, Bunda juga betah tapi berdoa saja semoga kita bisa liburan lagi di sini. Liburan tidak harus keluar Batam, di sini pun kita bisa lupa waktu karena asyik menikmati beragam fasilitas yang memanjakan diri.

Teman-teman tertarik juga untuk stay di HARRIS Resort Barelang? Sila cek kontak dan email di bawah ini. Semoga liburan kamu menyenangkan.


SIGHTSEEING

 Beberapa tempat di sekitar HARRIS Barelang yang bisa kamu kunjungi diantaranya:
  1. Jembatan Barelang bisa menyaksikan sunrise, sunset, dan pemandangan ke pulau-pulau sekitar.
  2. Pantai di dalam HARRIS dan juga di sekitar Barelang.
  3. Menyewa perahu di Jembatan 2 Barelang untuk berkunjung ke pulau-pulau di sekitar seperti pulau Akar, Pulau Bali Barelang, dan Pulau Panjang.
  4. Berburu sea food di Restoran Barelang Sea Food, Golden Fish, atau Kopak Jaya di Kampung Tua Tingwangkang.

HARRIS RESORT BARELANG BATAM
Jl. Trans Barelang (sebelum Jembatan 1), Batam, Indonesia, 29439I
Phone: +62 778 4091111
Fax: +62 778 4091333
E-mail: res1-harris-batambarelang@tauzia.com
Website: http://barelang-batam.harrishotels.com/

52 comments:

  1. wah keren banget teh. pemandangan matahari terbitnya juga keren banget. nanti aku cobalah liburan ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liburan ke sini dapat view sunrise dan sunset sekaligus Zack. Seru. Apalagi bawa drone.

      Delete
  2. Harris Barelang ini keren banget, aku juga lihat beberapa teman di IG Sharing. Rekomendasi penginapan bagus kalau liburan ke Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Dilla, udah mulai nih anak-anak IG share foto-foto kece mereka di Harris Barelang.

      Delete
  3. Harris memang jaringannya bnyak ya mba..tp yg resort baru di sini kayaknya ya? Enak sekali staycation bareng keluarga..menghabiskan quality time bersama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Lingga, jaringan Harris berada di 20 kota lebih di Indonesia. Tapi yang Barelang ini bukan resort yang pertama.

      Resort pertama adalah Harris Waterfront Batam yang sekaligus menjadi hotel/resort pertama yang berdiri di Indonesia.

      Delete
  4. Harris Resort Barelang mah emang nyaman banget teh untuk tempat penginapan liburan ke kota Batam. Recommended lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini teman-temanku aja udah pada rame nanyain padahal baru pajang foto-foto di facebook. Kepo banget karena Harris barelang emang cantik sih Chai Luk.

      Delete
  5. Wih bagus banget view resortnyaa, kalau saya liburan ke sini sih pasti juga bakalan betah banget :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Nis, bikin betah siapapun di sini mah.

      Delete
  6. Pingin liburan ke sini jugaa, bagus banget tempatnya :).

    ReplyDelete
  7. Ngajak pasangan liburan di sini pasti keren sekali, duh tempatnya baguss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, kalau sama pasangan ke sini malah lebih seru.

      Delete
  8. Fix, ini keren banget. Pemandangan kalo ga ngeliatin view jembatan Barelang, rasanya kayak bukan di Batam loh, super keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Ka, kan khasnya Batam itu Jembatan Barelang. Jadi lokasi ini memang strategis secara instagramable banget.

      Delete
  9. pengen banget kesini deh ... harris resort barelang

    tempat kece dengan view luar biasa

    menanti penantian ini dengan deg deg an ... aw aw aw aw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk selalu ada aw aw awa di setiap kesempatan :D

      Delete
  10. Kalo cuma jalan2 kesana main kepantainya boleh gak teh ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini yang lupa aku tanyakan ke security di sana hehe.

      Delete
  11. Bawa saudara yang dari luar Batam kayaknya seru, nih. Terima kasih infonya, Teh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru kayaknya kalau ngajak sodara yang di luar Batam ke sini Jul.

      Delete
  12. Suka ama foto lobi, terlihat beda banget pas siang dan malam. Sunset dan sunrise yang tertangkap kamera juga ciamik banget teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulliah. Ajaib aja rasanya bisa lihat sunrise di atas jembatan Barelang.

      Delete
  13. Kayanya kalau ke sana kerjaan saya foto" aja nih saking bagusnya tempatnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bakalan begitu kayaknya Amel hehe. Setiap sudut bagus untuk pefotoan.

      Delete
  14. Suka banget sama suasana harris resort barelang. Apalagi suasana kompleknya kayak di rumah mewah, adem dan tenang banget. Bikin betah tinggal lama-lama!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Bang Uma, itu kamar serasa rumah kita sendiri. Luas dan ada pekarangannya :D

      Delete
  15. baper deh lihat Batam banyak tumbuh hotel baru yang makin kece dan menyempurnakan liburan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di tengah-tengah ekonomi lesu, dunia perhotelan di Batam malah tambah maju.

      Delete
  16. Harris resort memang selalu memberikan nuansa kejutan di Batam. Setelah hadir di Batamcentre, pusat kota kini di Barelang dengan nuansa yang berbeda.... Kapan bisa nginap disana lagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pernah nginap di Harris Batam Center ya Cit? Keren.

      Delete
  17. Pemandangan cantik banget di malam hari. Jembatan nya. Liburan makin asik bersama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah Mbak. Malam-malam yang gelap aja cantik di sini.

      Delete
  18. Mbak. aku udah sering bolak balik ke Singapore lewat Batam. tapi gak pernah sekalipun ngunjungi Kota Batamnya. Lihat resort ini, pengen deh sekali kali stay 1 malam di batam jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah gitu dong, mampir dulu sini Mbak Irni. Nginap sehari dua harilah.

      Delete
  19. Lobinya memang keren bgts ya utk futu2. BTW kl siang kerasa panas bgts gak sih tempatnya teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di ruangan terbuka iya panas sih Mbak. Nggak beda jauh ama Bengkong haha. Tapi kerwnnya di sini tiap kamar disediakan payung.

      Delete
  20. Pembangunan di Batam memang enggak ada habis2nya ya mbak Lina. Sebentar2 ada resort or hotel baru yang dibangun. jadi tambah pingin ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nggak ada habis-habisnya padahal perekonomian global dan regional sedang lesu.

      Delete
  21. Mbak Lina, indah sekali ya hidup kalau tiap bangun tidur di Harris Resort, jalan-jalan ke Jembatan Barelang terus menyaksikan kelahiran matahari pagi. Pasti membetahkan nginap di hotel seperti itu. Semoga pariwisata Indonesia semakin maju ya. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, indah banget kalau kayak gitu. Amiin semoga pariwisata negara kita makin maju.

      Delete
  22. Ajakin dong ke sini wkakakakaka minta diajak ke maldives

    ReplyDelete
  23. aku suka desain arsitekturnya, dan warnanya seger, memang disengaja unik kali ya dan instagrammable

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, salut deh sama arsiteknya, yang entah siapa dia 😁 pengen nanya-nanya jadinya.

      Delete
  24. Suka banget ama suasana resort ini.. Nyenengin dan bikin betah. Pengen ngerasain nginep di kamar yang tipe villa deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya tipe villa kamarnya lebih luas lagi ya Dee.

      Delete
  25. Dari tulisan dan foto2 yang disajikan, jelas Harris ini tempat yang menyenangkan buat menginap. Kagum dengan desain lobby nya, ga biasa. Model cluster nya itu berasa kayak di perumahan eksklusif. Viewnya juara. Kalau ke Batam maulah nginep di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, aku kepo malah siapa desainer atau artisek bangunan lobbynya ini. Keren banget.

      Hehe iya loh pas nongkrong di terasnya berasa punya rumah pribadi di perumahan elite wkwkwk.

      Delete
  26. Waaah bagus banget ya mba :D
    Kamarnya banyak, areanya luas..

    Hmm.. mau nambahin lagi dong 3 A nya.
    Kalau udah ada 3A, kita sbagai traveler harus nambah 1 A lagi kayaknya, yaitu Anggaran Dana :D

    ReplyDelete
  27. Wah, keren banget, selain tempatnya asik, paling suka sunsetnya itu, kalau saya disitu bakal menyambut sunrise dan sunsetnya. Sayang kalau dilewatkan..he

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...