5 Destinasi Wisata di Gunung Kidul Jogjakarta

Ada banyak tempat wisata di Gunung Kidul Jogjakarta yang bisa dijadikan destinasi liburan saat akhir pekan ataupun saat libur panjang. Tidak hanya pantai, di Gunung Kidul kamu bisa menemukan beberapa tempat unik dan menarik yang sangat cocok untuk memuaskan hasrat berfoto-foto ria ala anak milenial zaman now.

Pertama, kamu bisa memulai perjalanan liburanmu dari taman bunga, lalu menuju waduk, setelah itu ke air terjun bertingkat hingga menyusuri goa-goa yang mempunyai efek pencahayaan yang sangat amazing. Semua itu akan kamu temukan di Gunung Kidul.

Selesai menjelajah Wisata Gunung Kidul dan sekitarnya, pastikan membawa pulang oleh-oleh khas  Gunung Kidul dan Jogjakarta untuk sanak famili yang menanti di kota asal kamu. Ada beragam kuliner, cendera mata dan oleh-oleh asyik dari Gunung Kidul yang dapat kamu beli di sekitar Wonosari, Malioboro ataupun alun-alun Jogja.

Nggak pakai lama-lama, yuk kita cari tahu apa saja lokasi-lokasi non pantai di Gunung Kidul yang unik dan menarik untuk dijadikan spot foto-foto itu!


1. Goa Jomblang


View this post on Instagram





Goa Jomblang Gunung Kidul ini sangat cocok bagi para pecinta aktifitas ekstrim. Tempat ini juga bisa disebut Goa Vertikal, karena pintu goa terletak vertikal di permukaan tanah. Dan untuk memasukinya, kamu perlu memiliki keahlian khusus seperti kemampuan melakukan rappeling.

Jalur masuk ke goa pun bervariasi. Ada jalan masuk bagi para pemula, yakni dengan kedalaman 15 meter pertama dan masih bisa ditapaki oleh kaki. Ada pula jalur dengan kedalaman 40 meter, 60 meter hingga yang utama hingga 80 meter. Semua medan tentu memiliki rentang kesulitan tersendiri.

Lokasi wisata ini terletak di Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu. Jaraknya dari Gunung Kidul sekitar 4,6 kilometer.

Untuk tiket masuk, sebenarnya kamu nggak perlu membayar kalau membawa peralatan pribadi untuk bisa turun ke dasar goa. Kamu pun hanya perlu meminta izin pada Kepala Dukuh di wilayah tersebut. Tapi kalau kamu ingin ada pemandu sekaligus menyewa peralatan, kamu perlu menyediakan budget sebesar 450 ribu sampai 1 juta rupiah. Semua ini tergantung fasilitas yang akan kamu dapatkan.

Jam buka objek wisata di Gunung Kidul ini mulai dari pukul 08.00-14.00 WIB saja. Tapi sebaiknya datang pada jam 10.00-12.00WIB agar bisa melihat keindahan cahaya yang masuk ke dalam goa.


2. Taman Bunga Amarilis


Taman Bunga Amarilis pasti akan menyita perhatianmu. Apalagi panorama yang ditawarkan wisata di Jogja ini begitu memukau. Hamparan bunga berwarna oranye di lahan seluas 2.350 meter persegi akan kamu temukan di sini. Tapi di saat musim hujan, mulai bulan November-Desember saja kamu bisa melihat tanaman ini bermekaran.

Kalau tidak ingin ketinggalan untuk menikmatinya, kamu bisa berkunjung ke Desa Beli, Kecamatan Patuk. Dari pusat Kabupaten Gunung Kidul, jaraknya sekitar 28,4 kilometer. Untuk bisa sampai ke objek wisata ini, kamu bisa menggunakan aplikasi google maps dengan tujuan Polsek Patuk. Dari sini, kamu bisa bertanya pada warga sekitar tentang keberadaan Taman Bunga Amarilis.

Menariknya lagi, kamu nggak perlu menyediakan biaya khusus untuk bisa masuk ke area wisata ini. Cukup menyediakan biaya parkir senilai tiga ribu rupiah untuk motor maupun mobil. Sangat terjangkau bukan? Apalagi kamu bisa puas hunting foto dari pukul 06.00-18.00 WIB.


3. Taman Bunga Nawari


Salah satu objek wisata di Gunung Kidul yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Taman Bunga Nawari. Lokasinya ada di Grogol, Bejiharjo, Karangmojo. Daya pikat utama di taman ini adalah hamparan bunga matahari yang tumbuh di lahan seluas 5000 meter persegi. Bisa dibayangkan betapa segarnya saat melihat tanaman ini bermekaran.

Apalagi kamu juga bisa menemukan spot populer di sini, yakni di antara bunga matahari yang tumbuh. Ada pula panggung-panggung kecil dengan ketinggian 1-4 meter ada di tengah hamparan tanaman.

Untuk bisa sampai di area wisata, kamu juga bisa kok menggunakan transportasi umum, seperti bus jurusan Jogja-Wonosari. Selanjutnya kamu harus turun di perempatan Grogol-Bejiharjo. Dari sini, kamu bisa dengan mudah menemukan lokasi wisata. Sebab keberadaannya tepat di perempatan tersebut.

Kamu pun hanya perlu menyediakan budget senilai enam ribu rupiah untuk bisa masuk ke lokasi wisata. Sangat terjangkau bukan? Apalagi dengan jam buka dari pukul 07.00-18.00 WIB, kamu bisa puas hunting foto di sini. Yuk liburan ke Taman Bunga Nawari!


4. Air Terjun Kedung Kandang


Sebuah panorama memukau yang terbentuk secara alami akan kamu temukan di Air Terjun Kedung Kandang ini. Apalagi hamparan tebing bebatuan yang ditumbuhi tanaman hijau menambah kecantikan destinasi wisata yang satu ini.

Lokasi air terjun Kedung Kandang terletak di Desa Nglanggeran, Patuk. Dari pusat Kabupaten Gunung Kidul, jaraknya sekitar 24,7 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 43 menit. Sesampainya di parkiran, kamu perlu menyiapkan tenaga untuk mencapai air terjun. Karena perjalanan menuju ke sana masih sekitar 900 meter lagi dengan melalui jalan setapak di antara kebun warga dan persawahan.

Walaupun terbilang jauh, dijamin rasa lelah dan capek akan sirna sesaat tiba di lokasi. Kesejukan air terjun dan suasananya membuat badan akan merasa rileks. Terlebih sepanjang perjalanan kamu dapat menyaksikan pemandangan menghijau dan menguning dari sawah dan tumbuhan yang menyejukkan mata.

Biaya masuk ke air terjun ini sebesar tujuh ribu rupiah. Dengan tambahan biaya parkir kendaraan sebesar  dua ribu rupiah  untuk motor dan sepuluh ribu rupiah  untuk mobil. Cukup terjangkau bagi masyarakat umum. Apalagi kamu bisa puas menikmati panorama alam dari pukul 06.00-16.00 WIB.


5. Air Terjun Sri Gethuk


Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan eksotisme alam di Jogja. Bahkan pesonanya disejajarkan dengan Grand Canyon yang berada di Utara Arizona, Amerika Serikat.

Lokasinya berada di Dusun Menggoran, Bleberan, Playen. Jaraknya sekitar 25,9 kilometer dari Gunung Kidul. Dapat ditempuh selama 47 menit berkendara. Untuk memasuki area wisata ini, kamu dapat menggunakan jalur darat maupun air. Dari daratan, kamu bisa melewati jalan setapak yang lengkap dengan pemandangan hamparan sawah dan deretan pohon kelapa.

Perjalanan yang ditempuh sekitar 450 meter dan disusul dengan menuruni anak tangga sejumlah 96 undakan. Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan jalur air. Tapi kamu masih harus berjalan kaki sejauh 300 meter menuju dermaga penyeberangan.

Sungai Oya adalah jalur yang dilewati menuju air terjun. Kamu akan menyebrang dengan menggunakan rakit sederhana dari drum bekas dan papan. Selama 7 menit perjalanan, kamu pun bisa langsung sampai ke area wisata. Bahkan kamu juga hanya perlu menyediakan budget senilai sepuluh ribu rupiah untuk bisa menaiki transportasi sederhana ini.

Sementara untuk bisa masuk ke objek wisata, kamu hanya perlu menyediakan biaya sebesar tiga ribu rupiah saja. Sangat terjangkau bagi kantong pelajar apalagi masyarakat umum. Pengunjung bisa berada di lokasi ini hampir seharian sebab jam bukanya mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB.


Nah itulah teman-teman beberapa destinasi wisata di Gunung Kidul bukan pantai yang bisa jadi destinasi liburanmu bersama pasangan atau keluarga. Tidak hanya akses menuju lokasi yang sudah mudah dijangkau, tiket masuk ke semua objek wisata di atas terbilang murah sehingga siapapun bisa berkunjung ke sana.


25 komentar :

  1. Masya Allah, luar biasa semua tempatnya. Kalau ada kesematan ke Gunung Kidul harus ke sini deh.

    BalasHapus
  2. Dan saya belum satu pun ke situ. Kalau ke Gunung Kidul pasti tujuannya cuma pantai. Padahal selain pantai banyak sekali tempat wisata yang bagus di Gunung Kidul. Semoga next trip saya bisa ke Taman Bunga Amirilis dulu.

    BalasHapus
  3. Gunung Kidul memang tiada matinya, Mbak. Wisatanya indah-indah. Saya tinggal di Jogja, belum sempat mendatangi semua wisata di GK. Hihi...

    BalasHapus
  4. Ih keren semua euy. Nabuuung biar bisa kesana. Hahahha

    BalasHapus
  5. Belum pernah ke Jogja, hmm kapan ya bisa ke Jogja :)

    BalasHapus
  6. Jogja ya,bener2 banyak tempat wisata..aku pingin banget ke goa jomblang

    BalasHapus
  7. Aku kudet amat, sih. Beberapa kali ke Jogja belum pernah nyampe ke salah satu pun tempat ini. Cus ah, tandain kalau ke Jogya lagi

    BalasHapus
  8. Waktu anak-anak masih kecil, pernah juga jalan sekeluarga ke Goa Jomblang. Sayangnya pas udha sampai sana, kamera ngadat. Jadi cuma ala kadarnya fotonya hihihi

    BalasHapus
  9. Aku suka pantainya kalau ke Gunung Kidul. Pantai di Gunung Kidul keren2 lo mbak. Kalau yang kebun bunga amarilis itu cantik banget sayang waktunya berbunga pendek jadi harus tepat waktunya kalau mau ke sana.

    BalasHapus
  10. Ternyata di sekitar Gunung Kidul banyak tempat wisata alam yang cantik dan menarik. Yang Goa Jomblang itu paling saya ingat posenya Hamish Daud waktu masih pandu acara MTMA 😁

    BalasHapus
  11. Gunung kidul emang cantik bgt ya. Itu goanya bikin mupeng tapi deg2an jg ya

    BalasHapus
  12. Dulu zaman aku kecil kalau disebut :Gunung Kidul" yang terbersit "kekeringan". Skrng luar biasa indah banyak destinasi wisata kece yaaaa

    BalasHapus
  13. Sering liat - liat view gunung kidul, bisanya mupeng aja huhuh semoga bisa kesana yah secepatnya, aamiin.

    BalasHapus
  14. landscape Air Terjun Kedung Kandang, seperti pemandangan latar yang digunakan film-film jaman dulu ya Mbak, magis dan eksotis. (duh kapan ya bisa all out jelajah gunkid? *tanya dirisendiri*)

    BalasHapus
  15. cakep bamget taman bunga Amarilis mba pengen deh foto disana sapa tahu mukanya bisa jadi kayak Bella beneran :D

    BalasHapus
  16. Udah pernah ke Gunung Kidul tapi belum pernah ke sini semuanya. Dari dulu pengen ke Gua Jomblang tapi masih maju mundur antara takut dan penasaran.

    BalasHapus
  17. Jogja selalu punya alasan untuk dikunjungi dan dirindukan. Aku terpana liat taman bunga amarilis, cantik sekali

    BalasHapus
  18. Gunung kidul semakin beragam ya teh, aku org Jogja malah baru tau destinasi itu dari blognya. Yg udh pernah cuma di Sri Getuk aja. Kapan ke Jogja?

    BalasHapus
  19. Hamparan bunga mataharinya indah.
    Semoga bisa ke sana.

    BalasHapus
  20. Tempat wisata di GK memang luar biasa banyaknya, tersembunyi di sana sini. Nggak bakal bisa selesai semua didatangi. Apalagi masyarakatnya makin sadar utk mengolah lingkungan mereka jadi tempat wisata, jadi tambah banyak lagi bermunculan tiap tahun :)

    BalasHapus
  21. Ih seru tuh yang Goa Jomblang. Semacam spot foto yang bisa seolah bermandi cahaya kalau kesana. Keren ya. Taman bunga juga bisa dijadikan a la artis India lari lari bawa kain.

    BalasHapus
  22. Duh, cantik2 ya alamnya. Bikin kupengen ke sana dan foto2. Hehehe, iya tukang foto2 mah, yang dicari pasti spot yang cantik2 kayak gini ya. :D

    BalasHapus
  23. pemandangannya, indah banget
    noted nih kalau dolan ke Jogja. Selama ini kalau ke Gunung Kidul cuman ke pantai doang...

    BalasHapus
  24. Setiap ke blognya mba lina selalu deh, mupeng banget dengan gambarnya. Cantik dan natural sekali. Sukses selalu mba Lina

    BalasHapus
  25. Dari semua destinasi wisata yang ada di Jogja, saya menobatkan Jomblang jadi yang paling kece. Udah 3 kali turun ke sana dan nggak pernah bosen. Gilak itu gua dahsyat banget. Apalagi kalau pas cerah bisa dapat ROL yang perfect.

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita