Tips Puding Mangga Lebih Kenyal dan Tidak Berair




Ada banyak variasi puding buah yang bisa kita nikmati sebagai dessert atau camilan biasa. Tak hanya enak tapi puding juga memberi efek menyegarkan bahkan mengenyangkan. Apalagi puding buah yang terlebih dulu disimpan di kulkas, sensasi kesegarannya sangat terasa jika dinikmati siang hari ketika udara panas.


Saat ini salah satu varian puding yang paling disukai adalah puding buah mangga. Memanfa'atkan musim mangga seperti sekarang, tentu bukan hal yang sulit untuk membuat puding mangga sendiri. Atau kalau tidak mau ribet tinggal samperin outlet terdekat yang menyediakan puding dari ekstrak buah-buahan.


Rasa yang manis dan segar serta teksturnya yang lembut membuat puding mangga sangat disukai. Terlebih cara membuat puding mangga sendiri terbilang instant, tak perlu menunggu lama untuk prosesnya sehingga bisa langsung dinikmati.


Dibalik kenikmatan puding buah, makanan penutup yang identik dengan warna-warna cerah ini memiliki beberapa kelemahan, salah satunya mudah lembek dan berair meskipun sudah disimpan dalam kulkas.

Nah, supaya puding buah lebih awet dan tidak mudah berair sebaiknya ikuti tips-tips di bawah ini! 


Biarkan puding dingin dengan sendirinya

Setelah dituang dalam kondisi panas biarkan puding mendingin dengan sendirinya dalam cetakan. Jangan langsung meletakkan puding dalam kulkas ketika masih panas. Selain merubah tekstur puding, menaruh sesuatu yang masih panas dalam kulkas juga akan merusak komponen kulkas itu sendiri.

Puding yang masih panas tapi langsung ditaruh dalam kulkas membuat permukaan puding cepat berair karena uap panas yang mengalami perubahan suhu mendadak. Demikian juga puding panas yang langsung ditutup juga menimbulkan uap air yang merusak bagian permukaan puding itu sendiri. 



Kurangi komposisi air dari takaran yang yang dianjurkan


Jika membuat puding dari bahan puding instant yang dijual di pasaran, biasanya sudah tertera cara pembuatan termasuk takaran airnya. Jika misalnya di balik kemasannya tertulis takaran air 400ml (2 gelas) sebaiknya takaran dikurangi menjadi 350 ml atau 375 ml.

Cara ini akan membuat puding tetap kenyal dan tidak mudah berair meski baru akan disajikan beberapa jam lagi. 


Simpan puding yang dingin dengan penutup

Seperti yang disebutkan di awal, menyimpan puding yang masih panas dalam kulkas sangat tidak dianjurkan karena membuatnya mudah berair. Namun sebaliknya ketika puding sudah benar-benar dingin sebaiknya segera disimpan dalam kulkas setelah terlebih dulu ditutup wadahnya.

Puding yang sudahdingin tapi terlalu lama dibiarkandalam suhu ruangan kandungan airnya juga mudah keluar. Segera masukkan dalam kulkas setelah ditutup mengunakan plastic wrap.


Jangan simpan di kulkas terlalu lama

Supaya lebih awet puding buah sebaiknya memang disimpan dalam kulkas. Namun menyimpan dalam kulkas terlalu lama juga kurang baik sebab sebenarnya puding adalah jenis makanan yang harus disajikan ketika masih fresh.

Jika memang harus menyimpan dalam kulkas sebaiknya puding segera dikonsumsi sesegera mungkin.Simpan dalam kulkas 3-4 sebelum disajikan. Puding yang disimpan berhari-hari dalam kulkas tidak hanya membuatnyaberairnamunkemungkinanrasanyajugaberubah.
 


Sajikan ketika masih fresh

Puding instant yang dijual di pasaran komposisi bahannya memang mengandung pengawet. Namun ketika sudah melalui proses pembuatan hasilnya tidak bisa diawetkan. Oleh karena itu sebaiknya puding disajikan ketika masih fresh.

Bagaimana cara  menjaga puding buah tetap fresh? Buatlah puding 2-3 jam sebelum disajikan. Jika lebih dari waktu tersebut kemungkinan puding sudah lembek sebelum sampai di meja makan, apalagi jika takaran airnya melebihi takaran yang dianjurkan.



Jangan lupa baca juga tulisan saya tentang 5 brand kuliner Batam yang biasa dijadikan oleh-oleh.

14 komentar :

  1. wah sedapnya nih
    Apalagi disantap dlm cuaca panas
    sy mmg suka makan dingin
    bentar aja bisa habis
    jd jarang disimpan lama lama di kulkas

    BalasHapus
  2. Wah, paporit nih mbak. Plus ilmu2 baru mengenai puding

    BalasHapus
  3. Kadang bikin puding, eh kayak berair. Gak kayak puding yang dibuat orang lain, kok gak berair. Ternyata ada yang salah!!

    BalasHapus
  4. Duh jadi bikin puding mangga niih.. Enak banget dimakan dingin-dingin ya teh. Apalagi Surabaya lagi panas-panasnya niih...

    BalasHapus
  5. Puding itu cemiln kesukaan anak2 jg di rumah. Kdg aku buat msh berair. Ntr ku coba tipsnya teh.

    BalasHapus
  6. Lagian klo puding panas2 disimpen di kulkas mak, yg ada kulkasnya rusak kan 😆😆😆

    BalasHapus
  7. Ngeces... apalagi di sini lagi panas matahari

    BalasHapus
  8. Setuju nih tentang mengurangi takaran airnya. Karena buah mangga sendiri sudah mengandung banyak air.

    BalasHapus
  9. Pas banget manggaku panen niii hihi

    BalasHapus
  10. Waduh mba, aku baru tau kalo nyimpan puding yg masih panas2 ke dalam kulkas bisa efek gitu.. Hehe
    Makasi mba tips nya

    BalasHapus
  11. Terima kasih kak tipsnya. Kapan-kapan masak puding aku terapkan tips ini. Aku mau belajar masak dulu kak

    BalasHapus
  12. Oh, gitu caranya supaya puding ga berair .Kukira karena kebanyakan air, hahaha

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah makan puding buah mangga... enakan mana sama duren 😀

    BalasHapus
  14. Makasih mbak Lina tipsnya. Akhirnya tau juga cara efektif mengurangi air Dalama puding buah.

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita