5 Pantai di Batam yang Sering Dikunjungi Wisatawan

5 pantai di Batam

Sebagai wilayah yang memiliki perairan lebih luas dibandingkan daratan, serta memiliki ratusan pulau yang mengelilinginya, Batam dianugerahi pantai-pantai cantik dengan hamparan pasir putih yang tersebar di setiap sudutnya. Pantai-pantai ini kerap dikunjungi wisatawan baik lokal maupun manca negara terutama pada akhir pekan dan hari-hari libur.


Tak ketinggalan saya, keluarga, teman dan juga tetangga sebagai warga Batam yang kerap disibukkan oleh rutinitas kerja, kami kerapkali mengunjungi pantai-pantai di sekitar Batam untuk bertamasya atau sekedar melepas penat setelah seminggu bekerja.

Pada umumnya, pantai-pantai di Batam dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Ada juga yang dikelola oleh swasta namun tetap memberdayakan masyarakat lokal yang tinggal di daerah tersebut. Pemerintah Kota Batam pun tidak terlalu mempermasalahkan pengelolaan pantai ini karena pada dasarnya pemerintah akan tetap mendukung siapapun yang mampu berkontribusi bagi pariwisata Batam yang kini menjadi “Core” bagi perekonomian Batam.

Beberapa pantai di Batam yang sering dikunjungi warga dan juga wisatawan diantaranya adalah pantai-pantai berikut ini:


1. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir Batam

Pantai Tanjung Pinggir terletak di Kawasan Sekupang. Sekitar 20 kilometer dari pusat kota Batam di Batam Center. Atau sekitar 14 kilometer dari rumah saya di kawasan Batu Aji Batam. Salah satu keistimewaan Pantai Tanjung Pinggir adalah para pengunjung dapat langsung melihat gedung-gedung tinggi di Singapura dengan mata telanjang. Selain itu Pantai Tanjung Pinggir memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dengan hamparan rerumputan serta pepohonan kelapa juga Pohon Waru Laut yang dapat digunakan para pengunjung untuk berteduh di saat terik matahari yang semakin menyengat.


2. Pantai Melur

Pantai Melur Barelang Batam

Pantai Melur terletak di kawasan Barelang tepatnya di Pulau Galang. Pantai Melur memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dan memiliki ombak yang tenang serta pepohonan yang rindang dengan cabang-cabang yang besar dan meneduhi sekitar tepi pantai. Sayangnya, kini beberapa titik sudah ditandai oleh beberapa perusahaan yang mungkin akan membangun hotel atau villa di sekitar sana sehingga akses pantai dan jalan jadi menyempit.


3. Pantai Mirota

Pantai Mirota Barelang

Pantai Mirota terletak di Kawasan Barelang tepatnya di Pulau Galang. Bisa ditempuh sekitar 1 jam berkendara  dari Batu Aji Batam. Pantai Mirota memiliki pasir yang agak kecoklatan. Pantainya landai dengan ombak yang tidak terlalu kuat. Di pantai ini telah berdiri beberapa villa yang dapat disewakan kepada para pengunjung yang ingin bermalam sehingga dapat menikmati suasana pantai lebih lama lagi. 


4. Pantai Melayu

Pantai Melayu Barelang Batam

Pantai Melayu terletak di kawasan Barelang juga, tepatnya di Pulau Rempang. Dari Jalan Raya Barelang belok ke sebelah kanan dengan papan petunjuk yang dapat dilihat jelas di sisi kanan jalan. 

Pantai Melayu memiliki kestimewaan tersendiri dimana saat laut surut, pantainya terbentang hingga hampir seratus meter ke tengah laut dan pantai yang surut tidak berlumpur sehingga pengunjung dapat bebas berjalan di atas pasirnya hingga ke tengah laut. Pantai Melayu juga memiliki gazebo-gazebo serta aula yang dapat digunakan pengunjung untuk menggelar acara keluarga atau  acara perusahaan.


5. Pantai Marina

Pantai Marina Batam

Pantai Marina berada di kawasan Teluk Senimba Batam. Lokasinya sangat dekat dengan tempat tinggal saya di Kecamatan Batu Aji. Tak lebih dari sepuluh menit menggunakan kendaraan bermotor. Tiket masuk ke pantai Marina pun terbilang cukup murah hanya sebesar Rp 7.000. Pantai ini memiliki hamparan rumput dengan pepohonan yang rindang yang dapat digunakan pengunjung untuk duduk-duduk beristirahat. Selain itu terdapat taman bermain anak-anak yang akan menambah liburan keluarga semakin seru karena biasanya setelah berenang, anak-anak akan tertarik untuk masuk ke lokasi ini dan menjajal beberapa wahana permainan yang banyak terdapat di sana. Walaupun beberapa wahana tampak sudah tua dan tidak terurus, namun masih aman dan layak untuk digunakan.

Nah dari kelima pantai di atas, mana yang ingin teman-teman kunjungi? Jangan bingung! Jika berkunjung ke Batam, kelima-lima pantai ini bisa teman-teman kunjungi dalam satu kali jalan saja loh. Karena jarak ke titik terjauh dari pusat Kota Batam pun sebenarnya hanya ditempuh dalam waktu 1,5 jam perjalanan saja.

Sebenarnya masih banyak pantai dan bahkan pulau-pulau yang cantik dengan keunikan tersendiri yang dapat teman-teman kunjungi di Batam. Jadi tidak hanya dapat 5 pantai bahkan bisa menjelajah 10 pantai sekaligus dalam sehari.

Lalu bagaimana caranya agar bisa sampai di Batam? Tentu beragam cara. Namun yang paling mudah adalah dengan naik pesawat terbang. Tiket pesawat ke Batam bisa teman-teman dapatkan di Pegipegi.com. Cara bookingnya mudah karena didukung oleh navigasi yang jelas serta alur yang mudah dimengerti. Selain itu banyak diskon dan promo untuk semua rute penerbangan domestik.

Untuk Batam sendiri sudah memiliki bandara yang berkelas internasional. Bahkan runaway bandaranya saja terpanjang di Indonesia yakni sepanjang 4.025 meter, mengalahkan Bandara Changi Singapura dan Bandara Narita di  Jepang. Sementara untuk penginapan, teman-teman bisa memilih berbagai alternatif pilihan yang beragam, mulai dari kelas budget traveler hingga kelas resort bintang 5. Semua tinggal pilih dan menyesuaikan dengan kantong.


27 komentar :

  1. Waah udah lama banget aku gak ke tanjung pinggir, padahal dari pantai ini bisa liat bangunan Singapura ya teh..

    BalasHapus
  2. Kayaknya pantai Melur oke juga sayang udah mulai ada villa yang bakal dibangun..

    BalasHapus
  3. Pengen ke pantai nomor 1 itu mbak.. kalau foto dengan background gedung-gedung di Singapura kira-kira ketangkep ngga ya sama kamera? hihi, belum pernah ke Batam, tapi temenku banyak yang merantau ke sana. Fix, jadi wishlist aku nih ke Batam

    BalasHapus
  4. Waktu ke Batam gak sempat keliling kotanya. Maklumlah kalau urusan bisnis dikejar waktu jadi gak bebas. Tapi, sudah ada rencana buat melancong ke sini. Thanks mba info pantai-pantainya.

    BalasHapus
  5. Saya pernah beberapa kali ke Batam saat masih kerja. Tetapi, memang hanya urusan kerjaan. Gak sempat ke mana-mana. Padahal pesona Batam juga cakep, ya. Mudah-mudahan bisa balik ke Batam lagi. Tapi, kali ini khusus untuk liburan

    BalasHapus
  6. Banyaaak ya mba pilihan pantai-pantai cantik di Batam. Aku ke sini tahun 2013 nih mbaaa

    BalasHapus
  7. Menurutku...pantai Melayu yang paling cantik mba .Kesannya teduh gitu. Pantai di Batam cantik2 ya mba...jernih, pasir putih, trus datar... Kayaknya enak banget buat mainan air sama momong anak.

    BalasHapus
  8. woaaa batam punya banyak pantai indah yah. jadi pengen ke sana, wisata beli tas sama main ke pantai. hihi... btw foto pantai marina kok gak ada? tapi seru sih ada hamparan rumput padahal di tepi pantai

    BalasHapus
  9. Batam cantik sekali ya pantainya..aku belom pernah ke batam...jadi pengen wisata kesana

    BalasHapus
  10. Waaahhh enak ya mak Lina kalo tinggal di tempat yg dikelilingi pantai, cakep cakep bangeeettt aahhh, aku iri sebagai warga kota yg jauh dr pantai... Kalau ada rezeki masukin Batam ke list traveling oke juga nih..

    BalasHapus
  11. Kalo di Batam pasti banyak pantai ya, Mbak Lina. Yang recommended yang lima ini, ya. Sip, noted 😊

    BalasHapus
  12. Bangga banget akutu tinggal di Batam. Kiri kanan depan belakang pantai semua. Mana bersih-bersih dan bagus bagus banget lagi. Pernah tinggal di Jakarta setahun dan stres karena gak bisa liat laut wkwk. Tapi dari semua pantai di atas yang masih jadi paling juara masih MIROTA. Pasirnya lembut, ga banyak karang, enak buat berenang, uwu uwuuuu pokoknya :3

    BalasHapus
  13. Pantai2 di Batam boleh juga ya.. cakep.. landai gt.. Someday lah main ke Batam..

    BalasHapus
  14. Ini 5 Pantai selain sering dikunjungi wisatawan juga merupakan pantai yang legendaris. Kalau saya sendiri lebih suka di Pantai Marina dan Tanjung Pinggir, karena aksesnya gampang dan juga banyak arena permainannya..

    BalasHapus
  15. Batam banyak pantainya ya.. aku kemarin ke batam cuma transit aja. Hahahaha

    BalasHapus
  16. Selama ini di Batam hanya transit doank, gak sempet explore2.. gak nyangka ternyata Batam banyak pantai2 bagus ya. Next time semoga bisa ke pantai2 ini..

    BalasHapus
  17. Pantai tanjunng pinggir cakep juga ya mba. suka lihatnya. Banyak pantai yang bisa menjadi pilihan wisata

    BalasHapus
  18. Pantai di Batam masih bersih2 ya...semoga walaupun kelak banyak wisatawan tetap bersih. Pantai anyer sini banyak sampahnya efek pengunjung buat sampah sembarangan

    BalasHapus
  19. Pantai marina dan mirota aku blom loh, coba lah nanti sekali2 kesono. Tq info nya

    BalasHapus
  20. 2x ke Batam, gak pernah sempat main ke pantainya. Membaca tentang 5 pantai di sini, jadi makin yakin suatu hari nanti harus balik ke Batam lagi deh

    BalasHapus
  21. Aku baru pernah ke Marina Beach dan Tanjung Pinggir doang mba. Hehe. Pernah ke Batam jaman tiket pesawat cuma 377rb ekwkwk

    BalasHapus
  22. Aih,pantainya bersih banget ya. Jadi ingin gelosoran di sana, hahaha. Aku belum pernah ke Batam, kupikir di sana gersang. Ternyata ada bagian yang indah

    BalasHapus
  23. Kami juga suka ke Pantai... Anak Pantai sih duo crucils... Dari lima Pantai itu, Pantai tanjung pinggir kasih pengalaman tdk menyenangkan saat tahun baru 2017. Padat sekali dan gak ada lahan utk duduk, ampe ke Atas bukit. Da gitu bayarnya mahal bgts... 😁 😁 Gak sebanding dgn fasilitas yg didapat.

    BalasHapus
  24. Dari lima pantai ini, sudah ke sana semua. Yuk 2019 ini main ke pantai yuk. dah lama kita nggak island hopping and mantai.

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah ya Alloh
    Sebagai warga batam

    Kubangga sudah mengunjungi 5 pantai itu
    Wkwkwkw

    BalasHapus
  26. Pantai di batam ombaknya tenang semua yaa, enak banget buat main sama keluarga, pasirnya juga cantik banget :)

    BalasHapus
  27. Mb Lina aku jadi kangen ke Batam lagi nih. Batam makananya enak-enak semua. Kangen makan Mie Terempak sam makan gonggong hahahaha

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita