Film Koboy Kampus ini Wajib Ditonton Mahasiswa dan Mantan Mahasiswa!

Apa jadinya jika ternyata di Indonesia dulu pernah berdiri sebuah negara di dalam negara? Yang didirikan sebagai bentuk kekecewaan terhadap penguasa Indonesia pada masa itu. Mungkin teman-teman baru mendengarnya. Sama, saya juga baru minggu lalu mendengarnya.




Para pendiri negara tersebut menyatakan bahwa mereka tidak butuh pengakuan PBB karena mereka juga tidak mengakui adanya PBB. What? Negara macam apa itu yang tidak butuh pengakuan PBB dan tidak mengakui adanya PBB? 😂




Alkisah, negara yang aneh ini luas wilayahnya hanya seukuran ruangan studio di kampus ITB. Bahkan kalau mau ke toilet saja, penghuni negara ini harus ke luar negeri dulu. Yaitu ke Indonesia. Dan yang bikin ngakaknya lagi, saat salah satu warganya ada yang mau jatuh dari jendela, maka jatuhnya ke Indonesia. 😃

Adalah Pidi Baiq, penulis novel best seller Dilan 1990 yang filmnya juga meraup sukses besar, ternyata menjadi sosok penentu di balik hadirnya Film Koboy Kampus ini. Pidi kembali ke dunia perfilm-an dengan menggaet Tubagus Deddy sebagai partner sutradara sekaligus penulis skenario. 

Film Koboy Kampus menceritakan tentang kisah masa muda Pidi saat kuliah di ITB jurusan Seni Rupa. Dan konflik awal yang diusung dalam film ini adalah pendirian sebuah negara yang bernama Negara Kesatuan Republik  The Panasdalam. Negara seukuran studio yang saya ceritakan di awal tadi.  

Film ini merupakan kolaborasi antara 69 Production dengan MNC Pictures dan dibintangi oleh musisi Jason Ranti yang berperan sebagai Pidi, Bisma Karisma sebagai Deni, Ricky Harun sebagai Ninu, David John Schaap sebagai Erwin, Miqdad Addausy sebagai Dikdik, Steffi Zamora sebagai Rosi, Danilla Riyadi sebagai Nova, serta artis pemeran lainnya. 


Para Pemain Film Koboy Kampus

Selain menceritakan Republik The Panasdalam, beberapa scene di film ini menceritakan kisah-kisah asmara para pemainnya dengan menyertakan candaan dan komedi yang membuat penonton ngakak terhibur.

Film Koboy Kampus juga diperkaya dengan iringan beberapa lagu dari grup band asal Bandung The Panasdalam bank. Dikemas dengan gaya bahasa yang ringan, unik serta penuh canda khas suasana tahun 1990an.

Film ini mulai tayang pada 25 Juli 2019 lalu dan hingga kini masih tayang di beberapa bioskop seperti XXI dan CGV di Bandung juga Jakarta.

"Kok bikin negara?" Tanya Rosi yang diperankan oleh Steffi Zamora.
"Habis kan kalau bikin anak belum boleh," Jawab Pidi sambil memegang gagang telpon umum di dalam kotak biru di tepi jalan. Suasana khas yang memang tren pada era  90-an. Adegan ini bikin saya senyum-senyum sendiri. Candaannya memang khas Pidi Baiq banget. Sama seperti candaan-candaan Dilan kepada Milea. Ah jangan-jangan Dilan itu memang Pidi saat masih SMA.

"Nggak bisa ada negara lain. NKRI harga mati."
"Tapi kata Pidi, NKRI harga naik Bang." 
Bwahahaha. Asli ini juga bikin ngakak. Segokil dan se-absurd itulah candaannya.

Salah satu bagian film yang saya suka adalah lirik lagu dari offical Lyric Video Koboy Kampus. Jleb banget rasanya, haha sampai-sampai saya sudah hafal lagunya hanya dengan mendengarkan tiga kali putar saja. Duh kok lagu ini kayak nyindir beberapa orang yang ada di sekitar saya ya. Iyalah orang lain, bukan saya. Kalau saya mah lulus kuliah tepat waktu dong.

Btw, ini dia lirik lagunya:


Lalu kapan saya akan diwisuda
Adik kelas sudah lebih dulu
Hati cemas merasa masih begini
Teman baik sudah di-DO

Orang tua di desa menunggu
Calon istri gelisah menanti
Orang desa sudah banyak menganggap
Aku jaya di negeri orang

Tolonglah diriku
Koboy kampus yang banyak kasus
Ha....tiku cemas
Gelisah sepanjang waktu-waktuku

Bagaimana begini saja?
Luluskan apa adanya
Bagaimana begitu saja?
nanti kayak bapa dibagi

Jlebbb buat para koboy kampus.

Lalu bagaimana akhir dari film ini? Yuk tonton saja sendiri eh ramai-ramai mumpung masih tayang.


29 comments :

  1. Wah iya juga tuh Mbak, sepertinya keren banget filmnya. Saya jadi pingin nonton nih

    ReplyDelete
  2. Memang film ini cocok banget nih ya buat para mahasiswa hihi. Hayo siapa nih yang mahasiswa hihi

    ReplyDelete
  3. Jadi makin penasaran nih Mbak sama film Koboy Kampus ini. Pingin nonton ke biskop nih hihi

    ReplyDelete
  4. Keren buangett ini Mak.
    Sayang udah turun layar kalo d Sby hiks hiks

    ReplyDelete
  5. hahaha namanya kok lucu banget sih Negara Kesatuan Republik The Panasdalam. Belum nonton filmya aja udah ketawa ini. Asyik banget kayaknya nih film, kocak dan menghibur ya. Pengin nonton.

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah main ke biooskop lagi, Mbak huhuu
    Dilihat dri trailernya bagus juga film Koboy Kampus, dari Ayah Pidi Baiq, dan sutradarnya juga Ayah Pidi Baiq yahh, kerenn, ihh.

    ReplyDelete
  7. Wahhhh film ini ramai banget dibicarin di kampus ku, kupikir kan yang aneh aneh itu yang satunya " ayam kampus : wkwkwk, kupikir kan itu, ternyata beda :D

    ReplyDelete
  8. Wah, Mba Lina bikin penasaran nih dengan penggalan-penggalan ceritanya yang sepertinya gokil banget nih filmnya. Apalagi kayaknya setting kejadian ya sebelas dua belas lah dengan jaman aku kuliah dulu hehee... bisa untuk mengenang kembali masa muda dulu hehehee

    ReplyDelete
  9. Wah aku jado penasaran ama filmnya mba. Mba pidi di sini itu yang penulis buku dilan itu kan ya. Kayaknya nonton ini kita diajak kembali ke indonesia tempo dulu ya. Jadi bkin penasaran pesan apa saja yang disampaikan lewat film ini pada penonton

    ReplyDelete
  10. Temanku udah nonton dan emang dia rekomendasikan karena memang bagus bener, Aku juga rencananya mau nonton mbaa

    ReplyDelete
  11. Oh, ini karyanya Pidi Baiq ya Mba? Belum nonton nih, tapi boleh juga dilist ya buat weekend, seru nih jd inget2 masa kuliah, yaa walaupun beda cerita, haha

    ReplyDelete
  12. Aku kalau nonton film dengan settingan kampus gini tuh inget jaman masih kuliah deh. Ini Koboy Kampus salah satu film yang memang mau aku tonton juga di akhir pekan ini, ceritanya mau me time. Hehehehee

    ReplyDelete
  13. Karya Pidi Baiq memang selalu bikin gregetan. Baik itu novelnya atau yang difilmkan.

    Hmm, kayaknya weekend perlu nonton nih. Apalagi ada lucu-lucunya. Cocok buat ngilangin penat.

    ReplyDelete
  14. Waa baca Reviewny aja bikin ngakak apalagi ku nonton sampe habis ya, pasti seru. Pidi baiq memang keren nih mengemas film jadi menarik

    ReplyDelete
  15. Seru kyknya filmnya, apalagi kalau nontonnya sama teman2 kuliah jaman dulu ya mbak, pastinya bisa nostalgia bareng2. Penasaran smaa jalan ceritanya, ada adegan romantis2nya gak selain adegan anak kuliah jd aktivis? :D

    ReplyDelete
  16. Aku mantan mahasiswa.. Adanya film ini aku jadi kepikiran pengen lanjut kuliah s2 nieh...ngejar karir lagi

    ReplyDelete
  17. Wuah... Aku kesindir nih, kapan lulusnya?
    Filmnya seru nih kayaknya... Jd bingung mau nonton apa,filmnya bagus2

    ReplyDelete
  18. Wuah... Aku kesindir nih, kapan lulusnya?
    Filmnya seru nih kayaknya... Jd bingung mau nonton apa,filmnya bagus2

    ReplyDelete
  19. Wah ada Ricky Harun ikutan main. Jadi penasaran nih sama filmnya. Kayaknya bakalan kocak

    ReplyDelete
  20. Abah Pidi Baiq kocak deh kalau bikin film. apalagi slentingan becandaannya bikin gemes. "abis kalau bikin anak, gak boleh", polos2 nyebelin deh. hehe

    ReplyDelete
  21. Berasa balik muda lagi ya nonton ini. Kisah nyata ya ?
    Nunggu di tv aja dah karena bwlum biaa nonton huhu

    ReplyDelete
  22. Jamannya Pidi kuliah berarti seangkatan aku ya ini hihihi. Seru pengalaman nyatanya di filmkan begini kocak juga pakai mendirikan negara segala

    ReplyDelete
  23. Lirik lagunya mak jleb dan bikin miris karena beberapa teman suka curhat hal serupa. Iya, sih, siapa yang gak galau kelamaan di kampus? Masa depan belum pasti mau lulus pun sulitnya setengah mati. Yungalah!

    ReplyDelete
  24. kisah aku kuliah ada gak yah yang mau bikin filmnya Mba Lina, hehehe. btw film ini sejati juga mengajarkan soal perjuangan mahasiswa yah, dan ini keren di tonton para Maba

    ReplyDelete
  25. lirik lagunya lucu, heheh ... bisa aja ya Pidi Baiq tiap bikin film genrenya komedi tapi nyentil.

    ReplyDelete
  26. Iiih...Ayah Pidi emang nyentrik yaa..
    Apa semua anak Seni suka nyetrik bagini pemikirannya?
    Hehhehe...kalo ke jurusan Seni ITB memang unik ((kebetulan jurusannya sebelahan sama jurusan suami))

    ReplyDelete
  27. Penasaran sama filmnya. Siap-siap berasa nostalgia kala jadi mahasiswa, nih, hihi

    ReplyDelete
  28. membayangkan bangunan kotak berwarna yang berisi gagang telpon umum, ah saya masih ngalami menggunakan telepon fenomenal itu Mbak. Terpanah dengan kalimat ini "Tapi kata Pidi, NKRI harga naik Bang."

    ReplyDelete
  29. Candaannya Pidi Baiq ini khas banget emang ya Mbak. Jadi si koboy ini adalah kisah dia sendiri jaman kuliah? hahaha ya Allah, tapi akhirnya bukan jadi MA kan ya? Mahasiswa Abadi.

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates