Serunya Bermain Gokart di Batam Dirt Karting (Batam Gokart)

Batam Dirt Karting merupakan wahana sport gokart terbaru yang ada di Kota Batam. Yang menarik adalah lintasan yang dibuat tidak berbentuk aspal melainkan jalan tanah atau off road. Mungkin sebab itu pengelola menyebutnya dengan sebutan Dirt Kart atau bahasa saya menyebutnya main gokart sambil kotor-kotoran.  

Saya di lintasan tanah


Tahun lalu, saya juga pernah bermain gokart namun bermainnya di lintasan aspal. Nah begitu mengetahui di Batam Dirt Karting ini lintasannya tanah, jadi penasaran ingin menjajal seperti apa sensasinya. Sudah membayangkan akan seru dan menegangkan. Tegang yang kebayang adalah seperti main roda-rodaan zaman kecil dulu di kampung, di sebuah turunan jalan tanah yang becek dan berlumpur. Sensasinya luar biasa. Haha. Kenangan indah tak terlupakan.
  
Hari itu, Minggu sore 15 September 2019, saya dan anak saya, Sierra, tiba di Batam Dirt Kart sekitar jam 3 sore. Race akan dimulai sekitar jam 4 sore, jadi kami hanya duduk-duduk manis sambil mengobrol dengan kru Batam Dirt Karting. Sekalian menunggu teman lainnya yang akan ikut bermain, yaitu Mas Akut Wibowo pemilik akun @enjoybatam_ dan blog enjobatam.com

Batam Dirt Karting beralamat di Jalan Bakal, Taman Baloi Batam atau tepatnya di belakang Queen Victoria Apartment, Imperium Superblock. Jika kita berkendara dari  arah Kepri Mall ataupun Batam Center, tinggal mengarah ke Simpang Cammo lalu belok di pertigaan mengarah ke Jalan Bakal. Lurus saja dan dari sana sudah dapat melihat spanduk besar terpampang di pinggir jalan bertuliskan Dirt Kart Open. Jika bingung, patokannya tidak melewati Apartment Victoria, bangunan paling tinggi di kawasan itu. Kalau sudah melalui Apartment Victoria, alamat kamu sudah terlewat dan harus mundur atau putar balik ke belakang. Oh iya, kalau teman-teman ikut mencari di Peta Google nama lokasi ini ditulis Batam Gokart.

Spanduk penanda buka

Sisi kanan ada Apartemen Victoria


Batam Dirt Karting dibuka setiap hari Kamis sampai Selasa. Rabu libur. Pada hari week end Sabtu Minggu tetap buka mulai jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Sedangkan pada hari kerja atau week days buka dari  jam 1 siang sampai jam 9 malam.  

Seperti yang sudah ditulis di atas, Batam Dirt Karting dibuka hingga malam hari. Week end hingga jam 10 sedangkan weekdays hingga jam 9 malam. Jadi, para racer atau pembalap bisa datang dan bermain hingga jam-jam tersebut. Terlebih tempat ini merupakan satu-satunya lokasi yang menggelar night race. Jadi bagi mereka yang pulang bekerja sore ataupun maghrib, bisa sekalian menambah-nambah  lelah dengan berkotor-kotor ria bermain gokart di sini. Jangan takut kotor, karena kotor itu baik, kata slogan salah satu detergen :D

Jam setengah empat sore, Mas Akut dan istrinya datang. Tanpa menunggu lama, kami meminta kru untuk memulai. Kami lantas mengganti pakaian dengan rain coat (coating rain),mengenakan lapisan penutup rambut (head cover), helm, masker dan kacamata. Perlengkapan standar untuk memulai balapan. Sebenarnya saya tidak berniat balapan sih, hanya ingin mencoba dan menjajal lintasan Dirt Kart ini saja. Lagian masa harus berlomba melawan laki-laki manalah level, yekan? Saya mah  tim penggembira saja.

Setelah duduk di gokart masing-masing, kru memberi pengarahan tentang penggunaan gokart yang baru saja kami naiki. Jenis mesin gokart yang kami gunakan adalah gokart matic dengan gas dan rem yang dikendalikan oleh tangan. Keduanya terletak di dekat kemudi dan mudah dijangkau seperti rem tangan pada kemudi sepeda motor biasa. Di kemudi juga ada tombol on off yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan mesin. 

Ada 12 unit gokart yang telah tersedia. 10 diantaranya sudah di-assembly sendiri oleh owner dan teknisinya sehingga sudah disimpan berjejer di lintasan agar dapat digunakan. Mesin gokart ini berkekuatan 9.0 tenaga kuda (Horse Power), terletak di belakang senderan kursi. Setiap unit gokart ditanam alat untuk mengukur kecepatan dan terhubung atau terekam langsung saat itu juga ke dalam sistem yang telah disediakan oleh kru. 

Barisan gokart siap dimainkan


Pada setiap satu game atau permainan, pengunjung diberi kesempatan menjajal lintasan sebanyak 6 lap. 1 lap untuk warming up dan pengenalan lintasan, 4 lap bermain dan 1 lap terakhir cooling down. Lintasan tanah sepanjang 545 meter atau off road yang berdebu serta berkerikil membuat tantangan tersendiri bagi kami. Panjang lintasan yang harus kami lalui adalah 545 meter setiap lap-nya. Dengan bentuk lintasan yang beragam ada lurus, berbelok tajam seperti  U turn dan S turn.

Ketika bendera kotak-kotak berwarna hitam putih dikibarkan kru, saya mempersilahkan Mas Akut untuk duluan karena takut ketabrak kalau saya yang lebih dulu. Haha secemen itu perasaan saya. Setelah Mas Akut jalan, saya pun menyusul. Namun ternyata debu lintasan mengepul langsung menyerang ke muka saya. Meskipun wajah sudah tertutup rapat, tetap saja partikel-partikel debu beterbangan membuat saya menahan nafas. Saya pun lantas menjaga jarak dengan gokart Mas Akut yang ada di depan. Biar lambat asal selamat. Sudah memberanikan diri menjajal main dirt kart ini saja sudah luar biasa menurut saya. (Menghibur diri sendiri ceritanya haha). 

Bagaimana rasanya meluncur mengendarai gokart  off road ini? Luar biasa. Ada rasa takut, bergairah, senang, degdegan, campur aduk rasanya. kayak permen nano-nano. Kesulitannya sedikit, saat menghadapi belokan yang tajam saya kadang kehilangan kendali namun untung saja ingat mengerem dan membelokkan kemudi dengan sigap, kalau tidak bisa, bakalan nyuksruk alias nyungsep ke parit di samping lintasan.

Berapa kecepatan gokart ini? Mmm berapa ya? Saya lupa bertanya. Namun jika dari rekor saya yang tercatat sekitar satu menit, berarti rata-rata kecepatan gokart yang saya kendalikan sekitar 35 km per jam. Kalau di jalur aspal mungkin bisa cepat tapi ini di jalur off road loh. Mohon pengertiannya. 😃 Kalau untuk pembalap bisa mencapai sekitar kurang lebih 50 km per jam. 

Meluncur sendirian


Main gokart seperti ini mahal nggak sih Kak? Menurut saya nggak mahal. Standar sih apalagi lokasi balapan ini terletak di tengah Kota Batam yang berbatasan langsung dengan Singapura. Kalau orang lokal tidak ada yang main pun, turis Singapura tetap bisa datang dan bermain di sana. Justru bagi mereka, balapan di lintasan tanah ini lebih menantang karena di negaranya malah tidak ada.  

Oh iya saya beri rincian harga bermain di Dirt Kart ini ya, mana tahu ada teman dan saudara yang mau traktik main. ( Akan saya update jika ada perubahan harga).
  
BiayaMain Gokart di Batam Dirt Karting
1. Tamu asing (non lokal) Rp 150.000 week days dan week end sama
2. Tamu lokal Rp 90.000 pada weekdays dan Rp 115. 000 pada week end
3. Pelajar/Mahasiswa Rp 60.000 pada week days dan Rp 85.000 week end

So, tidak usah berfikir panjang kalau ingin mencoba, Bisa langsung datang ke lokasi dengan waktu yang sudah saya terangkan di atas ya. Jangan datang pagi-pagi, karena pasti belum buka. Silahkan mencoba sebelum Grand Opening. Mumpung harga masih terbilang bersahabat. Lumayan untuk memompa adrenalin yang lama tak tersalurkan. Ajak teman, sodara, ponakan yang suka kebut-kebutan di jalan. Lebih baik kebut-kebutan di sini daripada di jalan raya kan? Bisa menyalurkan hobby dengan lebih baik lagi. Lebih safety dan tidak membahayakan orang lain, justru malah bisa menambah prestasi.

Setelah selesai main gokart, badan saya terasa pegal-pegal. waktunya memanjakan diri dengan datang ke Spa Central Batam yang beralamat di Ruko Nagoya Hill Blok R4 No. D6-7. Nggak ada salahnya dong santai-santai dipijat kaki dengan metode reflexology. Mumpung ada luang waktu.

Dengan menumpang kendaraan Mas Akut dan juga Mbak Jike, istrinya,  Kami menumpang hingga ke Nagoya Hill. Tiba di Spa Central Batam mendadak betah banget. Sungguh suasananya menyenangkan dan menenangkan sekali. Cerita tentang spa akan saya tulis di postingan selanjutnya karena kalau di sini terlalu kepanjangan. Nanti pembaca pada mabok. haha.


44 comments :

  1. Hahaha jangan takut kotor ya. Setuju itu. Dan mungkin satu lagi, jangan takut kemalaman. Karena itu pasti ramainya magrib ke sana, pas banyak yg pulang aktivitas.

    Musim kemarau mungkin gak seberapa kotor. Nanti kalau musim hujan, baru menikmati cucian hehehe

    ReplyDelete
  2. Nah, daripada main kebut2an di jalan raya, mending main gokart aja.
    Sepertinya seru juga ya bermain gokart, tapi takuut kalau aku haha.

    ReplyDelete
  3. Whoaaaa, ini asyiiik, menjajal adrenalin dgn cara yg FUN!
    Mauuk lah kapan2 cobaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. kereenn, aku pengennn, ini gak susah kan mba mainnya? hahah dari kecil aku suka yang balap2an begini dan suka otomotif juga

    ReplyDelete
  5. Mbak, aku pikir mahal bgd lho kayak gini ini. Ternyata nggak semahal yg kupikir, sepadan sama pengalaman dan keseruan yg didapat. Ditunggu share spa nya yak.

    ReplyDelete
  6. Debu track-nya mayan juga ya Mba
    Butuh stamina, effort dan semangaaaattt buat ikutan permainan ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. Serunya yang main gokart.
    Harga buat pelajar/mahasiswa lumayan juga ya bedanya dengan tamu lokal, apalagi dibanding tamu asing, cuma 60 rb saat hari biasa.

    ReplyDelete
  8. Belum pernah nyoba gokart, paling sering bumper car hi...hi.... Lokasinya menantang ya, apa pasirnya nyelib nyelib di sela sela helm mba?

    ReplyDelete
  9. Seru juga ya kak main Gokart gini..meskipun bentuknya kayak kerangka gt hehe.. Sengaja sih ya biar yang main pada belepotan lumpur..

    ReplyDelete
  10. aku hobi lhooo mba main yang seperti ini..boleh juga main go kart dan coba yang satu ini, tapi kayaknya ngga tahan debunya niiih :)

    ReplyDelete
  11. Haha asyik ya main gokart kayak gini..namanya dirt karting? tp emang bikin drty ya..wong lintasannya gitu. Berasa kayak pembalap off road beneran

    ReplyDelete
  12. Anak saya pernah main gokart, tetapi yang lintasan aspal. Kalau lintasan tanah gini seru juga, ya. Jadi punya pengalaman lain

    ReplyDelete
  13. Wah track-nya tanah gitu, seru banget pastinya ya. Di Jakarta pernah coba tapi track-nya aspal. Kurang menantang mainnya. Tapi jauhnya euy, mesti ke Batam dulu. Saya belum pernah ke Batam

    ReplyDelete
  14. Aih asyik banget bs seseruan kayak gini.. jd pengen nyoba juga..aku ga tau di Bandung ada dimana ya..hehe..

    ReplyDelete
  15. Mbaaa serunya euy main dirt kart ini, aku pengiiinn.. Iya daripada kebut-kebutan di jalan, mending begini aja ya, aman enggak ganggu lalu lintas. Tarif segitu ya masih masuk akal lah mba, masih banyak yang mau tentunya.

    ReplyDelete
  16. Dari dulu pengen coba gokart blm kesampaian nih, sensasinya beda ma nyetir motor ya mb? Serunya langsung di jalanan ala off road ya. Keren mak udh menjajal adrenaline, hihi

    ReplyDelete
  17. wah.. keren nih permainannya...
    aku bahkan belum pernah main gokart sampai sekarang.
    aku jadi tertantang nih buat mencoba :D

    ReplyDelete
  18. Wah seru main gokart. Udah cukup aman ya dipakaiin perlengkapan gtu jd bisa nih kalau mau coba2 ngebut hehe.
    Mbak itu main gokartnya bisa bebas atau dibatasin berapa jam gtu untuk tiap pengunjung?

    ReplyDelete
  19. Kalau Palung tahu pasti pengen coba juga, tapi untuk anak kecil entah apa bisa. Soalnya dia suka main game balap mobil, gokart juga.
    Kalau dilihat harga rasanya tidak terlalu mahal sebab ditujukan untuk kalangan menengah atas yang hobi menjajal adrenalin.
    Saya selalu bingung dengan bentuk gokart, mengapa dibuat kayak gitu, apakah akan bikin nyaman pengendaranya?

    ReplyDelete
  20. Aku baru sekali mba main Gokart dan langsung ketagihan. Hahaha. TApi sayangnya ya baru sekali saja. Pengamanannya juga terpenuhi dengan baik ya misalnya naik helm

    ReplyDelete
  21. Wah keren banget.... Nuansanya saja seperti di padang gurun, bikin naik adrenalin. Semoga Dewi bisa cobain.

    ReplyDelete
  22. Widih kayaknya seru yah kak main gokar itu, q cma dgr nih belum pernah coba, jd kepengen

    ReplyDelete
  23. Wihhh serunya mbak LIna nge-dirt kart niy, capek dan harus berani kotor kotor ya. Tapi seneng dan puas pasti karena bisa meluapkan keinginan ngebut di race khusus. Tapi abis itu kayaknya kudu ke spa deh, mandi dan pijit-pijit. Terutama lihat posisi duduknya itu kebayang capeknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecepatannya udah oke lah mbak, selisih dikit sama pembalap pro yang sampai 50 km perjam ya. Kalo aku sih nggak kebayang naik ginian mbak, males debunya itu.

      Delete
  24. aku dah lupa lagi rasanya nyetir hehe. seru juga bisa maen balap2an kayak gini...syungg wuuss

    ReplyDelete
  25. Kalau saya ga kebayang bisa naik Gokart disana pasti bikin deg degan dan adrenalin naik ya kak. Btw wajib banget ya pakai masker naik itu soale debu juga ya.

    ReplyDelete
  26. Ah ini seru banget mbak bisa naik Gokart gini mbak. Apalagi bayarnya cukup terjangkau dan daerahnya keren banget mbak.

    ReplyDelete
  27. Mbaaaa, aku blm pernah ke Bataaam hahahah ajakin dooong XD #ngarep ! Maen gokart seneng banget, tapi kalau di Jakarta harganya mayan mihiiiil jadi ngga bisa sering2 euy :D

    ReplyDelete
  28. aku ga pernah main gokart, padahal ini tuh serasa naik mobil tapi kecil dan pantat nyaris nempel ke taah aja ya.. aku kash tau anak anak aja deh

    ReplyDelete
  29. Wah referensi wahana seru-seruan yang perlu masuk dlm list saat jalan2 ke batam nih.

    ReplyDelete
  30. Aku belum pernah main gokart. Tapi kalau lihat di TV tuh seru. Mainnya di lintasan yang aspal. Kalau tanah gitu, kebayang panas dan debu di mana-mana. Kudu pakai pengaman banyak deh

    ReplyDelete
  31. gronjalannya ekstrim banget ya kalau di tanah. kalau di aspal kan mulus... Saya belum pernah naik Gokart sih, liat ajah dah seru gitu apalagi kalau bs naik beneran

    ReplyDelete
  32. Wah seru banget nih lintasan gokarnya asli banget buat balapan, jadi berasa pembalap beneran hihihi..apalagi kalau musim hujan yaa

    ReplyDelete
  33. Wah seru banget nih mbak Lina gokart di area yg tanah semua gitu. adrenalinnya lebih greget karena model offroad.
    Harganya juga gak semahal itu yaa, terjangkau lah

    ReplyDelete
  34. Wah, main gokart aja seru ditambah main kotor-kotoran tambah seru lagiii.
    Tarifnya juga masih wajar ya. Yang suka memacu adrenalin wajib coba ini.

    ReplyDelete
  35. seru nih, man ini klao pas hujan, pas banget dapat asiknya mba lina, ini khusus buat orang dewasa yah, ga ada buat anak, atau yang paket keluarga kayak mobilan mini

    ReplyDelete
  36. Lintasannya luar biasa ya. Panas2 go kart an. Biasanya kan bawahnya diaspal ini di tanah

    Kayak offroad gitu ya. Seru bangett. Si raffi kalau kuajak ke sink pasti seneng

    ReplyDelete
  37. Seru banget loh ini main GoKart, aku kayaknya sudah lama sekali gak main ini deh. Terakhir tahun 2011 kayaknya sama suami waktu itu.

    ReplyDelete
  38. Ko keren banget sih mba mainnya, itu pedalnya sama kayak mobil ga sih? Seru banget tracknya

    ReplyDelete
  39. Waah...aku berani gak ya...kalau ditawarin main gokart?
    Kalo nyetir dengan kecepatan tinggi siih...sering.
    Apalagi ada warning anak-anak bakalan telat sekolah. Waah...Mama langsung injek gas-rem-gas-rem.

    Beda sensasi kalo nyetir di tanah begini yaa...

    ReplyDelete
  40. Ini mainan gocart waktu aku SD mba,, kakak ku dulu ikut kursus ini jadi ikutan jg sesekali
    dan coba bbrp putaran ketagihan jdnya

    ReplyDelete
  41. Hahaha, langsung senyum dikulum pas di bagian ini:

    "... jangan takut kotor, karena kotor itu baik, kata slogan salah satu detergen"

    Lengkapnya, "Berani kotor itu, baik!" Hahaha...

    Aku paling suka melakukan hal-hal di luar rutinitas, seperti bermain gokart di Batam Dirt Karting ini.
    Jadi, aku bacanya pelan-pelan, biar nampol:)

    ReplyDelete
  42. Yang suka memacu adrenalin wajib coba nih, kalo saya kayaknya gak bakalan berani naik gokart ini, hehehe

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates