Daftar Istilah Dalam Investasi Kripto Yang Perlu Kamu Ketahui

Investasi aset kripto saat ini makin bergairah dan punya daya tarik yang sangat kuat, khususnya untuk pemula. Ada beberapa hal dasar yang perlu kamu ketahui sebelum mulai berinvestasi, seperti gambaran umum, keuntungan, risiko, dan jenis-jenis aset digital yang satu ini. Dalam berinvestasi secara digital, kamu juga akan menemukan banyak fitur dengan banyak istilah dan penyebutan. Tentunya kamu perlu memahami arti dari istilah-istilah itu agar tidak keliru nantinya.

Dikutip dari VOI, ada beberapa istilah yang sering ditanyakan oleh investor pemula. Pertanyaan yang banyak diajukan seperti apa itu FOMO, HODL, dan Blockchain. Selain itu, ada banyak istilah lainnya seperti Altcoin, Bagholder, dan lainnya. Mengerti dan mengetahui perbedaan dari tiap istilah ini akan membantu kamu dalam berinvestasi dengan lancar dan jitu. Setelah itu kamu bisa melakukan trading kripto mudah di Pluang.


Daftar Istilah Dalam Investasi Kripto Yang Perlu Kamu Ketahui
Satu Aplikasi Beragam Investasi

Berikut daftar istilah dalam investasi kripto yang perlu kamu ketahui.


Blockchain

Dikutip dari Glints, Blockchain adalah sistem catatan digital yang merekam seluruh transaksi setiap pengguna di seluruh dunia yang bersifat publik dan tidak bisa dimanipulasi. Catatan digital ini memungkinkan orang lain melihat histori transaksi digital kamu sebagai anonim. Sistem Blockchain bekerja secara terdesentralisasi yang menggantikan fungsi bank atau pihak ketiga lain dalam transaksi konvensional.


FOMO

FOMO atau Fear of Missing Out adalah istilah yang dipakai untuk menyebut investor pemula yang baru memasuki dunia investasi dan masih labil dalam menentukan strategi investasi. Istilah FOMO ini dalam bahasa Indonesia disebut juga “takut ketinggalan”, istilah ini mengacu ke sifat investor pemula yang cenderung sering ikut-ikutan trend dan membeli aset karena pengaruh trader lain.


HODL

HODL adalah plesetan dari kata Hold. Istilah ini dipakai untuk menggambarkan strategi membeli dan menahan aset dalam periode tertentu. Strategi ini digunakan jika ingin berinvestasi jangka panjang dengan mempertimbangkan keuntungan di masa depan.


Bearish dan Bullish

Bearish adalah kondisi dimana harga mengalami penurunan secara stagnan. Sedangkan Bullish menggambarkan kondisi harga yang naik secara stagnan. Kedua istilah ini juga bisa dikatakan sebagai kondisi dimana harga sedang jatuh dan harga sedang naik-naiknya.


Bagholder

Dikutip dari tagar.id, Bagholder adalah istilah bagi investor yang mengalami kerugian karena menahan aset dengan performa yang jelek dan berharap harganya akan naik.


Altcoin

Altcoin adalah istilah yang dipakai untuk menyebut mata uang digital selain Bitcoin yang potensial menjadi aset investasi. Ada beberapa Altcoin yang populer seperti Ethereum dan Cardano.


Pump and Dump

Pump and Dump adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan strategi para trader atau bandar dalam memainkan harga. Para bandar biasanya akan mempengaruhi investor atau trader lain agar membeli aset tertentu sehingga harganya akan naik (pump). Kemudian, bandar akan menjual asetnya dan hal tersebut membuat harga jadi turun (dump) sehingga membuat investor atau trader yang terpengaruh akan merugi.


To The Moon

Istilah to the moon ini digunakan juga dalam investasi saham. Istilah ini mengacu pada kondisi harga aset yang sedang naik tinggi. Kondisi ini sangat diidam-idamkan oleh investor, karena memberikan keuntungan yang sangat besar.


Initial Coin Offering (ICO)

Dikutip dari Investopedia, ICO memiliki arti yang sama dengan IPO (Initial Public Offering). ICO merupakan sarana atau metode untuk mengumpulkan dana melalui penawaran koin baru. Masa penawaran ini memungkinkan para investor untuk mengajukan harga atau bidding untuk mendapat bagian aset. ICO bisa jadi menguntungkan bagi investor jika di kemudian hari harga koinnya meningkat drastis.


Scaping

Istilah scalping dipakai untuk menggambarkan cara mendapat keuntungan secara cepat. Harga aset digital selalu berubah-ubah, sehingga dengan membeli aset di harga rendah dan langsung menjualnya saat harganya naik akan memberikan keuntungan meskipun sedikit. Namun, cara ini perlu strategi yang tepat, sebab jika salah kamu justru akan merugi.

 

Itulah beberapa istilah yang perlu kamu ketahui sebelum berinvestasi. Masih ada banyak istilah lain yang bisa kamu pahami agar investasimu makin menjanjikan. Pastikan kamu sudah punya strategi dan tujuan dalam berinvestasi agar tidak terpengaruh oleh opini orang lain ya!

25 komentar :

  1. Menolong banget, nih, buat yang gaptek tentang kosakata baru kayak gini. Tentunya, ini juga sangat penting untuk menunjang pemahaman kita terhadap dunia bisnis, terima kasih, Mbak.

    BalasHapus
  2. Wah lengkap nih mbak tulisan soal istilah dalam investasi kripto. Bermanfaat buat yang lagi cari² referensi dan mau tahu lebih banyak soal kripto

    BalasHapus
  3. ternyata banyak juga istilah-istilah yang harus dipahami dalam investasi kripto, buat yang menggeluti investasi ini harus paham betul ya

    BalasHapus
  4. Wah, aku nih kayaknya termasuk orang yang megap2 sama istilah investasi kripto semacam ini hihihihi :) Mesti dipelajari sedikit demi sedikit supaya paham dulu baru ikutan jika berminat. Menjanjikan sekali ya buat masa depan :) Boleh juga nih. TFS.

    BalasHapus
  5. nah ini kudu disimpen biar kalo ketemu istilah ini jadi ada penjelasannya. maklum, aku masih awam banget soal investasi kripto. makasi infonya yaa

    BalasHapus
  6. Mba jujur saya masih nggak mudeng baca istilah2 crypto.. hahaha... bisa saya save dulu nih. Mungkin kalau sudah praktekin ikut bermain crypto baru bisa ngerti istilah2 diatas.

    BalasHapus
  7. istilah baru, buat yg baru belajar investasi kripto.
    Aku baru tau ini mba. Altcoin seperti bitcoin ya.
    Dan to the moon lucu, istilah2nya gampang diinget. Makasih mba udah sharing istilah ini

    BalasHapus
  8. Kalau to the moon saya pengen banget tidak hanya saat melakukan investasi, tapi dalam segala suasana. Hehehe... Pengennya bawa hoki terus ya. Untung alias Bejo
    Terimakasih berbagai istilahnya ini Teh

    BalasHapus
  9. Wow, ternyata ad istilah-istilah khusus gitu ya terkait investasi crypto. Menarik juga nih, jadi bikin akunya tambah tau dan nggak kudet.

    BalasHapus
  10. Aku sering nemu istilah FOMO, tapi nggak ngerti apa maksudnya. Baru ngerti setelah membaca artikel ini.Dan senengnya nemu artikel ini, bisa nambah perbendaharaan kosakataku. Ternyata banyak juga istilah dalam investasi kripto ya

    BalasHapus
  11. Isitlah ini kudu banget dipahami dan banyak berlatih juga belajar berinvestasi.
    Kalau hanya melihat dan membaca, gak take action, kapan bisanya yaa..

    BalasHapus
  12. Istilah yag baru aku dengar jadi mau aku pelajari dulu deh, emang saat ini perlu juga berinvestasi agar makin bahagia dihari tua, hehehe

    BalasHapus
  13. Sekarang tuh banyak sekali jenis pilihan untuk investasi ya mbak, tinggal kita menyesuaikan deh mau yang mana ikutnya. Kalau cryto ini aku sudah pernah ikutan tapi sekarang sudah gak lagi. Kok jadi tertantang untuk coba main crypto lagi ya/

    BalasHapus
  14. Jujur merasa tertinggal mbak karena pemahamannya masih minim soal kripto. Hmm kayaknya perlu aku catat nih, mana sekarang lagi ngerjain konten bank butuh pencerahan soal kripto ini memang.

    BalasHapus
  15. Wah istilahnya cukup banyak juga ya mbak. Buat yg mau mendalami bitcoin kudu ngerti artinya dadi istilah2 di atas pastinya

    BalasHapus
  16. Ma kasih yah udah diuals, saya temasuk yang banyak belum tahu soal ini, sebab kalo soal keuangan baik uangnya atau istilah, mengandalkan suami, dia nya emnag orang keuangan, hehehe. sebab mumet juga banyak belum tahu istilah saya, hehehe

    BalasHapus
  17. Ada istilah khusus ternyata yah, wah makasih saya jadi belajar hal baru nih., Menarik banget bacanya.

    BalasHapus
  18. Mengenal istilah-istilah ini menambah wawasan tentang kripto tapi aku masih bingung deh. Haha, memang lemah dengan yang begini-beginian sih.

    BalasHapus
  19. Aku pernah ikutan nimbrung sama teman-teman angkatan di grup yang bahas soal kripto. Aku belum ngeh sepenuhnya, menarik atau nggaknya.
    Tapi bisalah ya dicari lagi infonya.. Siapa tahu jd investasi pilihan

    BalasHapus
  20. wahh ternyata banyak juga ya istilah istilah dalam investasi kripto
    parq investor kripto wajib paham

    BalasHapus
  21. Beberapa istilah ada yang aku tau, tapi sebagian besar sih istilah ini baru banget buatku. tfs ya mba.

    BalasHapus
  22. Lumayan banyak juga ya istilah di dunia investasi kripto. Anak-anak muda nih yang sekarang baru kenceng-kencengnya inves kripto. High risk high return.

    BalasHapus
  23. Banyak ya bun aku belome mgenal banyak allhamdulilah jadi nambah wawasan banget nih

    BalasHapus
  24. Wah penting banget ya istilah istilah ini untuk yang suka investasi biar ga fomo eh ketinggalan hehe btw kayaknya bagi investor, istilah yang paling menyenangkam kayaknya to the moon yaa. Meroket sahamnya hihi

    BalasHapus
  25. Informasi baru nih mbak buat saya yang masih awam tentan investasi. Penting sekalu loh ya mengetahui istilah-istilah seperti ini agar bisa melakukan investasi dengan baik dan lancar tanpa terkendala istilah sulit. Kalau gak paham bisa bahaya nanti

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita