Peresmian Kapal Ferry Penyebrangan Terbesar Batam Johor

Akhir Maret lalu, saat saya dan beberapa teman blogger berangkat untuk menghadiri Grand Opening Techworld (pusat penjualan gadget, laptop, dan komputer) di Berjaya Waterfront Mall Johor, kami tidak menyadari bahwa kapal feri yang kami naiki dari Batam merupakan feri baru yang pada hari itu akan juga sama-sama diresmikan penggunaannya. Dalam undangan via email, panitia memang tidak menjelaskan secara detail perihal peluncuran kapal baru ini dan kami pun hanya membaca sekilas itinerary yang dibagikan melalui whatsapp.

Kapal Ferry Batam Johor
Kapal feri baru Oceanna 175

Tepat pukul 6.30 pagi, kapal feri yang kami tumpangi berlayar dari Pelabuhan Harbourbay Batam menuju Pelabuhan Stulang Laut Johor. Saya dengan 2 orang Blogger Batam lainnya yaitu Danan dan Ahmadi Sultan memilih duduk di kursi di bagian depan. Begitu juga 3 orang media dari harian Tribun Batam dan Koran Sindo, duduk bersebelahan dengan kami.

Saya,Danan dan Ahmadi mengetes kamera depan xiaomi Max 2 di Techworld. Hasilnya membuat wajah kami tampak lebih muda 😁😀

Baru saja beberapa menit duduk, kami didatangi mas-mas berwajah oriental berkemeja putih yang langsung memberitahu bahwa acara di Johor nanti salah satunya adalah peresmian beroperasinya kapal feri yang sedang kami naiki ini. Waaah iyakah? Mata saya berbinar. Surprise. Si mas-mas itu kemudian mempersilahkan kami untuk naik ke dek 2 dimana terdapat dua ruang VIP. 

Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan, saya pun mengajak teman-teman untuk segera naik ke dek 2. Kami mendadak bersemangat untuk menjelajah setiap sudut kapal meskipun perut keroncongan karena belum sarapan. Pukul 6.00 pagi ternyata belum ada satu pun penjual makanan di terminal feri Harbourbay yang buka. Maka kebahagiaan berada di kapal baru, sedikit terganggu dengan keluhan cacing-cacing di perut yang minta diisi.

Tiba di dek 2, benar saja ternyata dek ini didesain untuk tamu istimewa alias VIP. Ada 2 ruang istimewa yang bisa ditempati para tamu VIP ini. Satu ruang tidur lengkap dengan televisi dan satu lagi seperti lounge untuk ngobrol santai dan karaoke. Sementara itu bagian depan dek 2 diperuntukkan sebagai ruang nakhoda. Saya sempat melongok ke ruangan ini dan para ABK mempersilahkan duduk. Karena di ruangan ini isinya kaum Adam semua, saya merasa tidak nyaman dan segera berpamitan untuk mengeksplor ruangan lainnya.

Oceanna175
Ruang VIP kapal feri Oceanna175. Foto oleh Danan.
Kamar di kapal yang mirip di hotel
Ruang kemudi kapal

Kapal Alumunium berkapasitas 423 penumpang yang diberi nama Oceanna 175 ini memang masih tampak kinclong dan baru. Setelah saya perhatikan baik-baik dari kursi penumpang, meja-meja, tangga, televisi, gorden, dan semua benda yang merupakan bagian kapal terlihat bersih. Jelas saja karena memang kapal ini baru saja dibeli beberapa bulan lalu khusus untuk melayari rute Batam – Johor.  Kira-kira berapa ya harga kapal begini? Ada yang tahu?

Pada peresmian hari itu, Terminal Feri Berjaya Waterfront memperkenalkan 4 armada feri baru yang siap beroperasi dan melayani masyarakat Johor dan Batam dalam hal kenyamanan perjalanan penyebrangan. Kesitimewaan kapal ini memiliki kapasitas penumpang yang banyak, ruangan penumpang luas, bersih, dan dalam kondisi ombak yang kuat, goncangan tidak terlalu terasa.

Ferry Batam Johor
Kursinya masih kinclong

Terminal Ferry Stulang Laut Johor
Para pejabat Berjaya Waterfront dan beberapa konsulat dari Indonesia dan Singapura sedang melawat kapal baru di terminal feri.

Warna dinding lambung kapal.

Sauh kapal terikat

Pada sesi wawancara dengan Mr. Tan Yew Chuan, GM Senior Berjaya Waterfront Sdn Bhd, ia mengatakan bahwa banyak warga Johor kelas menengah ke atas yang bepergian ke Batam untuk main golf. Mereka ini tentu memiliki standar kenyamanan yang berbeda dengan masyarakat biasa, maka hadirnya kapal Oceanna 175 yang dioperasikan oleh Bistari Gemilang Sdn Bhd akan membuat warga kelas ini merasa terlayani kebutuhannya. Begitupun sebaliknya. Warga Batam yang ingin bepergian ke Johor dengan mengutamakan kenyamanan dan keselamatan maka kapal feri baru ini akan menjadi jawaban yang memuaskan.

Kapal Oceanna 175 beroperasi hanya dari Pelabuhan Harbourbay Batam. Kapal berangkat mulai pukul 06.30 sampai 17.30 dengan interval waktu 3 jam. Sebaliknya dari Pelabuhan Stulang Laut Johor berangkat pukul 07.30 dan terakhir pukul 18.30 waktu Malaysia. Namun jika penumpang sedang terburu-buru, maka bisa menaiki kapal lain karena setiap 15 menit sekali ada keberangkatan kapal dari pelabuhan ini.

Saat grand opening hingga beberapa hari kemudian berlaku promo tiket pergi bayar dan pulang gratis. Penumpang cukup membayar ongkos feri sebesar 70 Ringgit atau sekitar 235.000 rupiah saja untuk tiket pulang pergi. Ini berlaku untuk pembeli tiket di kedua-dua pelabuhan.

Proses check in di Terminal feri Johor

Counter penjualan tiket Oceanna175 di Johor

Secara geografis, warga Batam diuntungkan dengan keberadaannya yang sangat dekat dengan luar negeri seperti dengan Singapura dan Johor Malaysia. Karena jarak yang dekat itulah maka jamak jika warga Batam seringkali bepergian ke luar negeri (padahal cuma nyebrang naik feri ke Johor dan Singapura saja haha).

"Tapi kan tetap saja itu ke luar negeri." Celetuk teman saya yang tinggal di Jawa Barat sana. Iya juga ya. 😃

Keuntungan lainnya dari posisi strategis ini adalah tingkat kedatangan wisatawan ke Indonesia melalui pintu imigrasi Batam sangat tinggi. Tertinggi ketiga setelah Bali dan Jakarta. Maka hal ini tidak bisa dianggap sepele oleh siapa pun.

Dengan cerdas, para pebisnis dan pengusaha telah mengambil kesempatan untuk berada di posisi yang tepat. Kini tinggal warga dan pemerintah Batam yang harus segera bahu membahu membangun Batam menjadi kota yang ramah untuk wisatawan.

Butuh informasi mengenai kapal Feri penyebrangan dari Batam ke Johor? Hubungi saja 0778 4085508 atau 8012281 untuk pemesanan tiket.

42 komentar :

  1. Wihhh mevvah yaa kapalnya, boleh nih sekali-kali dicoba :3

    BalasHapus
  2. Untuk VIP berapa tiketnya teh ?? apa sama dengan umum ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiket VIP gak dijual Sar. Hanya untuk orang-orang yang memang VIP seperti ada konsulat atau pejabat.

      Hapus
  3. Terima kasih teh informasinya... Kapalnya luas dan nyaman. Nanti kalo aku ke Johor naik kapal ini lah.

    BalasHapus
  4. Wow. Sudah jadi blogger lintas negara nih... Keren :) saya mah lintas provinsi saja tahunan kali juga blm tentu hehehe...

    Kalau kapal di luar bagus2 ya. Meni kaya di hotel gitu. Coba kapal penyeberangan di Jawa (yg saya naiki saja) duh gusti... Meni watir. Tidur ngabarak, kaya yg mengungsi. Semua tumplek disitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak...iya Teh leres di lembur mah ngabarak siga lauk asin nu dipoe. 😁😂

      Hapus
  5. Kapalnya gede dan mewah yaa. Pingin naik ini juga lah kalau liburan :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Mbak Nis ke Batam. Nanti kita nyebrang ke Johor.

      Hapus
  6. duh gagal fokus dengan kasurnya
    asyik banget nih klu numpang VIP gini
    bisa bobo cantik
    eh ga terasa dah sampe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau agak puyeng dikit bisa bobo, kalau bosan bisa stel tv atau karaokean. Enaknya jadi VIP Mbak. Nah tapi masalahnya kapan kita jadi VIP? 😁

      Hapus
  7. Bagus sekali kapal mewahnyaaa. Senangnya jika ada kesempatan unuk mengikuti kapal ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kapal Oceanna 175 ini kategorinya udah masuk kapal mewah kali ya Mbak.

      Hapus
  8. Kapal yang ada selama ini lebih kecil keliatannya dari yg ini ya.. asik sekarang ada pilihan lain kalo mau ke johor...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan sekali angkut bisa membawa penumpang hingga 400an orang. Cocok pas liburan panjang.

      Hapus
  9. Nice info, Teh. Pengen deh naik kapal ini. Tapi hanya dari Harbourbay aja ya... Enak kali ya tidur di kapal, dikamar VIP itu. Hehe. Tapi baru ketiduran, eh, udah nyampe...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hanya melayani rute Harbourbay - Stulang Laut saja.

      Hapus
  10. Adanya cuma dari harbour bay ya kak Lin? jgn2 ini kapal terbaru perusahaan MV Oceanna yg melayani Karimun dulu dr Harbour Bay.

    Keren banget sik itu VIP roomnya? apa saya hrs jd pejabat dulu biar bisa tidur di VIPnya? hahaha

    btw thanks informasinya kak Lin.. mayan ntar ke JB naik ini ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Chay cuma dari harbourbay doang adanya. Bisa jadi sih, perusahaan yang sama tapi kapalnya baru.

      Hapus
  11. Baca postingan ini mendadak kangen nongkrong di ruang kemudi kapal hahaha.. Btw, kamar VIP nya keliatannya nyaman banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sebagai engineer kapal tukang nongkrong di kapal ya haha

      Hapus
  12. seru kayak nya nih kalau traveling pakai kapal ini
    bakal banyak petualangan terbaru ala ala
    via drama korea

    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma buat nyebrang aja Kok Mas. gak usah kayak drama Korea :D

      Hapus
  13. Wah kapalnya ada tempat tidurnya.... pengin coba deh, sayangnya gak dijual umum ya tiketnya karena khusus orang2 tertentu. hehehe... atau mungkin kalau ada yang sakit parah bisa diletakkan di kamar VIP ini ya. Saya juga penasaran dengan mal barunya yang ktnya murah2 ya barangnya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kamar VIPnya gak dijual Mbak. Nah kalau ada yang sakit bisa juga kali ya emergency baringkan di situ :D

      Hapus
  14. Tuh kan, semakin bertambah alasan ke Batam. Biar bisa nyoba ke Singapore dan Johor pakai kapal. ahahahaha. Kalau dari Jakarta kan mana bisa ke luar negeri pakai kapal feri gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ayo main ke Batam. Sudah mulai banyak destinasi menarik.

      Hapus
  15. Mantap nih ya Batam keren euy, ikutan dong hehe... biar bisa jalan-jalan. Kamar VIP-nya cakep bangets

    BalasHapus
  16. Eh, iseng2 ngecek jawaban pertanyaan saya brp harga tijet kanar VIPnya ternyata makah comment saya ga masuk sama sekali teh.. ternyata ga dijual utk umum ya.. padahal lumayan utk pasien yg mau berobat ke Johor bs sambil tiduran selama perjalanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mbak Nis, buat pasien yang berobat lumayan juga bisa baring di kamar VIP ini.

      Hapus
  17. Kapalnya keren banget ih, mewah. Klo di dalam sana berasa gak kyak di dalam kapal ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini lumayan mewah karena menyesuaikan dengan pasar menengah ke atas.

      Hapus
  18. Jadi kepikiran untuk nyeberang ke Johor, padahal sebelumnya gak tertarik. Tapi itu serius ya ruang VIP-nya berupa kamar, takutnya betah gak mau turun, hahaha.. Ada termasuk room service jugakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak ada room service-nya sih. Itu cuma buat pejabat dan orang terkenal saja kayaknya :D

      Hapus
  19. Wahh,, kece nih kapal nya. Kalau harga normal, naik kapal ini berapa ya mbak.. hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga normalnya kisaran 400-500 ribuan PP.

      Hapus
  20. Informasi yang sangat bermanfaat, semoga kelak saya bisa naik kapal hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok naik kapal ini asal pergi ke Batam atau Johor dulu. 😀

      Hapus
  21. sekarang harga tiketnya Rp 450rb include tax batam, dan blom tax malaysia...hik hiks..mahalnyaaa

    BalasHapus
  22. keren sekali, andai aku bisa naik :(

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita