Saturday, January 6, 2018

9 Lokasi yang Saya Kunjungi Sepanjang Tahun 2017



2017 adalah tahun yang cukup menghibur dan menyenangkan bagi saya. Jika dibanding tahun-tahun sebelumnya, 2017 adalah tahun yang paling banyak jalan-jalan ke luar dari Pulau Batam. Menyebabkan cuti tahunan saya yang tinggal seuprit menjadi minus. Bahkan jatah cuti tahun 2018 saja sudah terambil beberapa hari. Hiksss. 

Alhamdulillahnya, hampir 80% dari jumlah jalan-jalan sepanjang 2017 itu adalah gratis atau dibayarin (penting banget ya nulis kata gratis ini, wkwkwk). Gratis dalam arti sebagian harus ada feed back menulis di blog, sebagian lagi tidak sama sekali. Selain itu, ada juga tawaran dan kesempatan jalan-jalan lainnya yang saya tolak karena tidak ada cuti dan tidak dapat izin dari bos di tempat kerja. Lillahi. Ikhlas merelakan. Tidak merasa rugi karena memang bukan rejeki saya. *pukpuk diri sendiri.

Berikut Daftar 9 lokasi yang saya kunjungi sepanjang tahun 2017. Sebenarnya hanya 8 tempat sih karena Pulau Bintan sebanyak 2 kali kunjungan namun dalam waktu yang berbeda. Kemana saja? Simak deh catatan di bawah ini!


1. Januari 2017: Menjelajah Pulau Bintan Bersama Teman-Teman Blogger Batam

Pulau Bintan merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Batam. Jarak kedua pulau ini hanya terpaut kurang lebih 8 kilometer, atau sekitar 5 mil laut saja. Banyak lokasi menarik yang dapat kita kunjungi dan jelajahi di Pulau Bintan ini. Mulai dari dasar laut hingga ke titik tertingginya yakni Gunung Bintan. Akses jalan hampir di seluruh wilayah Bintan terbilang baik dengan aspal yang mulus dan bagus.

Hari pertama di Bintan, kami mengunjungi Gurun Pasir Busung yang mempunyai lanskap menarik. Kita seperti sedang berada di gurun-gurun pasir di Timur Tengah atau Afrika. Meskipun tidak terlalu luas, gurun pasir ini mampu menyedot perhatian masyarakat terutama anak-anak muda pengguna media sosial instagram. Jelas menarik karena pemandangannya sangat unik dan khas. 



Untuk akomodasi, kami menginap di De Bintan Villa, sebuah hotel dengan konsep villa yang terletak di perbukitan di tepi Jalan Raya Tanjung Uban – Tanjungpinang. 

Setelah check in, teman-teman blogger kemudian berkunjung ke Taman Lampu di Kawasan Pantai Lagoi sementara saya tidak ikut karena takut ketinggalan Film Drama Filipina “Pangako Sa’yo” wkwkwk. Ada yang masih ingat drama ini?

Villa-Villa di atas Bukit
Keesokan harinya, kami meluncur ke Safari Lagoi dan Taman Pemancingan Poyotomo di Sekuning Bintan. Kedua lokasi ini baru saja dibuka dan masih dalam tahap penyelesaian. Meskipun demikian, keduanya tetap menarik jika digunakan untuk berfoto-foto. 

2 hari 1 malam sebenarnya tidak cukup untuk menjelajahi Bintan, masih banyak lokasi menarik lainnya yang tidak sempat kami kunjungi seperti Pantai Trikora, Kawasan Wisata Lagoi, Gunung Bintan, dan Perkampungan Suku Laut Berakit. 


2. Maret 2017: Mengikuti Famtrip dari Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau ke Kabupaten Kepulauan Anambas

Kunjungan ke Anambas kali ini sungguh tak terduga. Rezeki yang tak disangka-sangka. Saya terpilih sebagai satu-satunya perwakilan dari blogger diantara teman fotografer dan media nasional yang diundang Dinas Pariwisata Provinsi Kepri dalam rangka Kepri Famtrip ke Kabupaten Kepulauan Anambas yang terletak di Laut Cina Selatan.

Letung Ibukota Kecamatan jemaja

Peserta Famtrip. Foto: Yuli Seperi

Pada famtrip kali ini kami khusus meng-explore Kecamatan Jemaja saja. Pulau utama di kecamatan ini adalah Pulau Jemaja dengan Letung sebagai ibu kota Kecamatannya. Selain menjelajah Pulau Jemaja itu sendiri, kami mengunjungi  Pulau Mangkai dimana terdapat Markas TNI Angkatan Laut, Pulau Ipan yang mempunyai pantai dan terumbu karang alami, Pulau Durate yang bersih dan indah, PulauKeramut yang terdapat penangkaran penyu, dan Pulau Ayam yang mempunyai pesona paling memikat. Sedangkan lokasi menarik di Pulau Jemaja  yang kami kunjungi diantaranya adalah Pantai Kusik, Air Terjun Neraja, Pantai Rewak, dan Pantai Padang Melang.

Pantai Kusik Kemaja. Foto: Yuli Seperi

Pantai di Pulau Durate

Pulau Ayam


3. Awal Juni 2017: Famtrip Bersama Generasi Pesona Indonesia dan Kementrian Pariwisata ke Taman Nasional Komodo

Pada Mei 2017 saya terpilih sebagai Kordinator (Ketua) Komunitas Generasi Pesona Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Sebuah komunitas Netizen yang diinisiasi kementrian Pariwisata yang akan membantu menggaungkan lagi beragam destinasi, kebijakan, kegiatan (Calender of Event) di platform media sosial seperti facebook, twitter, instagram, G+, youtube, Whatsapp, dan lainnya. Sudah tradisi di GenPI, jika ada pembentukan GenPI baru, maka kordinator GenPI provinsi yang sudah terbentuk harus ikut menghadiri. Karena itu pada Juni 2017 saat Kemenpar membentuk Genpi NTT di Labuan Bajo Flores, saya dan rekan kordinator lainnya diminta untuk datang ke sana. 

Pulau Padar
Selain menghadiri pembentukan Genpi NTT, kami juga diajak mengunjungi Taman Nasional Komodo. Spot utama yang kami kunjungi adalah Pulau Padar, Pulau Komodo, dan Pink Beach. Tiga lokasi itu saja telah menghabiskan waktu seharian. Padahal masih banyak spot menarik lainnya yang sangat luar biasa. Namun sayang waktu kami sangat terbatas.



4. Akhir Juni 2017: Pulang Kampung ke Jawa Barat (Mengunjungi Depok - Garut - Bandung)

Sudah lebih dari 4 tahun saya dan suami tidak pernah berlebaran di kampung. Maka tahun 2017 kami meniatkan diri untuk bisa pulang. Meskipun cuti saya sedikit dipersulit sama si bos di tempat kerja, pada akhirnya form cuti tetap ditandatanganinya. (Masih terbayang memohon cuti sambil terisak-isak nangis. Hikss). 

Hari pertama lebaran, saya merayakannya di rumah mertua di Depok. Baru di hari ketiga pulang ke Garut. selain bersilaturahim, kami juga berkunjung ke Kawah Darajat dan mandi berendam di salah satu Pemandian Air Panas yang banyak terdapat di sepanjang jalan menuju Kawah Darajat. Salah satunya adalah pemandian air panas Awit Sinar Alam Darajat.


5. Awal Agustus 2017: Island Hopping ke Pulau-Pulau di Perairan Batam (Pulau Subang Mas - Pulau Tunjuk - Pulau Awi)

Kebiasaan saya dan teman-teman di Batam jika akhir pekan tiba adalah menjelajah pulau-pulau atau bahasa kerennya disebut island hopping. Tidak kurang dari 300an pulau yang tersebar di wilayah administratif Batam, maka ini adalah suatu potensi besar untuk terus kami jelajahi satu per satu. 

Saat itu kami hanya sempat menjelajahi 3 pulau yakni Pulau Subang Mas, Pulau Tunjuk, dan Pulau Awi. Padahal semula mau berkunjung juga ke Pulau Mencaras dimana kami bisa bertemu lumba-lumba. Namun karena si Bapak pengemudi pompong bilang pulau ini tidak boleh dikunjungi, maka kami pun batal untuk mampir ke sana.


Ceritanya sudah saya tulis di sini: 


6. Akhir Agustus 2017: Mengikuti Event Mombassador SGM Eksplor ke Jogjakarta

Para Mombassador berfoto di Depan Pabrik Sari Husada

Terima Kasih sebesar-besarnya kepada SMG Eksplor yang telah memberikan pengalaman berharga kepada kami, para ibu dari berbagai pelosok tanah air untuk mendapatkan ilmu tentang betapa pentingnya Nutrisi Untuk Bangsa di event Mombassador Jogjakarta. Event yang seluruh biayanya ditanggung oleh SGM Eksplor, bahkan sejak para ibu melangkah dari depan rumah hingga kembali ke rumah. 

Pada rangkaian acara ini para ibu mendapat surprise dengan berkunjung ke Pabrik SGM yakni Sari Husada di perbatasan Solo - Jogja. Selain mendapatkan ilmu, para mom/ibu juga dimanjakan dengan beragam hadiah, cendera mata, serta oleh-oleh menarik. Para mom tentu sangat bergembira bisa merasakan pengalaman berharga ini. 


7. September 2017: Mengikuti Rakornas III Kemenpar di Jakarta

Pada Bulan September 2017 ini diselenggarakan Rakornas III Kemenpar yang bertempat Assembly Hall Bidakara Jakarta. Rakornas dihadiri oleh Pak Arief Yahya sebagai Menteri Pariwisata, staf-staf di jajaran Kementrian Pariwisata, Para Kepala Dinas Pariwisata Provinsi, Kabupaten, dan Kota dari seluruh Indonesia, dan para stake holder di bidang kepariwisataan termasuk saya dan teman-teman Netizen dari Komunitas Generasi Pesona Indonesia. .

Agenda Puncak Rakornas dimeriahkan oleh "Indonesian Tourism Award 2017". Yang merupakan malam penganugerahan bagi insan pariwisata Indonesia. Sebuah penghargaan prestisius yang diberikan oleh Kementrian Pariwisata kepada mereka yang telah bersungguh-sungguh memajukan pariwisata Indonesia.

Pada Rakorna IV yang lalu, Pak Menpar Arief Yahya dengan bangga memperkenalkan destinasi-destinasi baru di Indonesia yang digarap oleh teman-teman GenPI diantaranya adalah Pasar Mangrove di Kampung Wisata Terih Batam. 


8. November 2017: Bersepeda ke Pulau Bintan, Kepulauan Riau (Kepri)


Keinginan lama untuk bersepeda ke Pulau Bintan akhirnya bisa terpenuhi pada bulan November ini. Rute yang saya tempuh dimulai dari Kota Tanjung Uban menempuh jarak kurang lebih 40 kilometer ke Pemancingan Poyotomo Bintan. Ceritanya bisa teman-teman baca di sini gowes ke pemancingan Poyotomo Bintan.


9. Desember 2017: Mengunjungi Kantor Google Asia Pacific di Singapura

Tahun 2017 ditutup dengan manis. Alhamdulilah niat lama sejak 2016 akhirnya terwujud di Penghujung tahun 2017. Awalnya agak pesimis bisa berangkat, karena sebenarnya google masih belum mebuka diri untuk kunjungan media dan blogger. Buktinya semenjak 2016 teman media di Batam telah mengajukan jadwal kunjungan, namun ditolak.

Beruntung, Mbak Lucy Kiroyan dari Yayasan Cinderella from Indonesia (yang bermarkas di Batam) telah mengagendakan kunjungan dan pelatihan bersama Ibu Noor Lizah Istri Gubernur Kepulauan Riau ke Kantor Google Singapura. Atas rekomendasi teman juga, akhirnya saya pun diikutsertakan sebagai tim publikasi di media sosial. Apa pun itu Alhamdulillah. Saya sudah pernah ke kantor Google!

Yeay, I am in Google Office!

41 comments:

  1. Ah keren. Pengen juga Teh... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo pengen kemana? Banyak lokasi yang dituju :D

      Delete
  2. Banyak ya daerah yang dikunjungi.. semoga tahun ini lebih banyak lagi... biar pengalaman pun tambah banyak :)

    ReplyDelete
  3. Wah enak sekali banyak tempat yg dikunjungi, apalagi bisa gra...tis.
    Semoga 2018 pecah rekor baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kayaknya 2018 akan sedikit Koh, jatah cuti udah keambil setengah di tahun 2017.

      Delete
  4. kk ini kerenn banget.. udah ke mana2.. jadi mupeng liat destinasi di 2017 nya

    salam kenal kak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah meskipun belum banyak tempat dikunjungi. Indonesia Timur belum tersentuh semuanya haha.

      Delete
  5. Good Bye 2017 selamat datang 2018. kerennnn banget teh perjalanannya di 2017 semoga di 2018 pastinya tambah keren lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat juga dong Sad, kemana aja tahun 2017?

      Delete
  6. Wah ... Senangnya bisa jalan-jalan. Sekaligus mengeksplore destinasi wisata. Indah dan memesonanya alam Indonesia ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul baru sebagian saja ini, masih banyak tempat-tempat kece lainnya yang belum ter-explore.

      Delete
  7. haduh, kalah deh eike, eike di Batam Bintan mulu. hiihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ah aku juga muter Batam Bintan doang.

      Delete
  8. Waaahh, asik jalan-jalan terus sepanjang tahun. Rencana tahun ini ke mana teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, bingung hehe. Niatnya harus mendaki gunung sekeluarga.

      Delete
  9. 2018 jadi ke nepal teh? ayo teh berangkat teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata suami itinnya nggak ke Annapurna Base Camp. jadi agak enggan gitu. Niatnya kan ke ABC. Kalau berangkat sendiri duh sebelah jiwaku tertinggal dong di Batam. Ngak nikmat rasanya jjs tanpa suami dan anak hehe.

      Delete
  10. yang di list nomor 5 kaykanya ada aku, jadi 2018 mau kemana lagi planya teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada. Yuk cusss ke pulau apa lagi kita?

      Delete
  11. Jadi terinspisari bikin tulisan begini juga... Saya amnesia sini jadi sudah agak lupa apa aja yg dikunjungi... Kudu lihat blog lagi... Hahahaha... Untung ada blog sbg pengingat apa yg sudah sy lakukan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku gampang Mbak men-trace-nya. Tinggal buka HP dan tadaaa foto-foto lokasi yang dikunjungi selama setahun langsung nongol berikut tanggal dan jamnya :D

      Delete
  12. wahh keren teh, 2017 ku juga menyerukan. tidak terduga

    ReplyDelete
  13. Waaah Mantab banget ini Jelong2nya, ikoot..
    cuma ga sreg ahh ke Bandung cuma lewat doank, ga kopdar atuuh Teteeeh..
    Next ke bandung lagi kita kopdaar yaa

    ReplyDelete
  14. Keren2 tempat kunjungannya apalagi yang ke singapura, aku kapan yaa bisa jalan2 dibayarin

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah mba Linaa. Senang sekali mendapat banyak banget kesempatan bisa berkeliling. Senangnya bahkan bisa sampai ke Singapura ya mba. Semoga tahun ini bisa sehat dan bebas beraktifitas ya. Aamiin

    ReplyDelete
  16. Destinasi 2017 nya keren semua teh apalagi yang gratis :D
    tapi kalo gratis gak ada cuti nyesek juga yah teh, kapan-kapan mau dong ajalan bareng teh.

    ReplyDelete
  17. Aaaah seru banget kerjanya mobile ya Mba. Semoga bisa ketularan :D btw tahun ini ada rencana eksplor daerah mana lagi Mba?

    ReplyDelete
  18. asyek jalan jalan terus
    ikutan donk teh hehehe
    klu buka hp pasti banyak foto jalan jalan ya
    bahkan ada yg belum ditulis hihihi

    ReplyDelete
  19. Kerennn, travel blogger hits ini mah namanya. Duh semoga tahun ini bisa jalan2, seperti mba lina ini. Amin.

    ReplyDelete
  20. Kereen banget, ngiro deh.....
    Bisa Pergi ke berbagai tempat berkat aktivitas Ngeblog adalah resolusi saya di tahun 2017, tapi ternyata gak pernah terwujud.

    ReplyDelete
  21. Ya Allah..betapa beruntungnya dirimu

    ReplyDelete
  22. Mba lina, aku baru aja daftar mombassador sgm ternyata ke jogja toh.. berapa hari itu mba harus ninggalin anak :(

    ReplyDelete
  23. Yang seru pasti yang naik sepeda ya...
    Apalagi camping gitu..

    Asyik bisa jalan2..terus

    ReplyDelete
  24. List liburan ku tahun 2018 pulau Bintan mbak, pengen banget kesana.

    ReplyDelete
  25. Asyik banget mbak bisa jalan jalan terus dan bahagia gitu. Semoga di tahun 2018 ini bisa makin banyak tempat yang di kunjungi ya

    ReplyDelete
  26. Ih keren mbak! Pengen juga main-main ke kantornya google..

    ReplyDelete
  27. Tempatnya indah-indah semua. Paling suka tuh Pulau Padar. Senang banget ya pasti bisa mengunjungi tempat indah gitu :)

    ReplyDelete
  28. keren ya ... pengalaman nya sudah banyak banget

    pantesan bisa ke kantor google ... hiks

    pengen banget kesana ... tapi apa daya

    ReplyDelete
  29. wiih....keren banget, ngiri ah..... saya mesti berguru nih sama travel blogger satu ini... nomor 9 mupeng banget, kantor Google Singapura.... ^^

    ReplyDelete
  30. Wuih, enak banget ini, jalan2 di backing Ama kementrian, hahahaha

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...