Menilik Jewel Changi Airport Air Terjun Indoor Tertinggi di Dunia


Jewel Changi merupakan landmark ikonik paling baru di Singapura yang terletak di jantung Bandara Changi. Berhampiran dengan menara pengawas Air Traffic Control dan berada tepat di depan Arrival Hall (Ruang Kedatangan) Terminal 1 Bandara Changi. Bangunan Jewel berupa gedung berbentuk lonjong telur dengan atap berwarna perak melengkung yang terbungkus kubah kaca dan baja. Sekilas jika memandang dari ketinggian, kubah Jewel ini seperti mangkuk kaca yang terbalik saja.


Air Terjun di tengah-tengah Jewel


Sebuah tim konsultan desain telah ditugaskan untuk menciptakan landmark terbaru Bandara Changi. Proyek pembuatan Jewel bertujuan untuk menambah kemewahan Bandara Changi sebagai salah satu  bandara terkemuka di dunia yang mempunyai daya tarik utama publik. Proyek ini telah rampung dan dibuka untuk umum pada awal 2019. Luasnya mencapai 134.000 meter persegi dan pembangunannya diperkirakan menelan biaya sebesar 1,47 miliar dollar termasuk biaya tanah.

Jewel menawarkan berbagai fasilitas seperti taman dalam ruangan, tempat-tempat rekreasi, berbagai toko ritel, fasilitas hotel dan restoran semuanya dalam satu atap. Bangunan ini juga dirancang sebagai pusat penghubung  antar terminal bandara yang ada di Changi Singapura. 


Taman bertingkat

Melihat pemandangan ke bawah

Pemandangan atap di lantai 5

Beberapa bagian inti dari bangunan Jewel ini adalah Hutan Lembah, taman yang bertingkat-tingkat yang menawarkan banyak pengalaman spasial dan interaktif bagi pengunjung. Selain itu ada Forest Valley yang mencakup jalur pejalan kaki, air terjun, dan area tempat duduk yang nyaman. Di sekitar taman terdapat toko-toko  ritel yang mengisi seluruh lantai di lima tingkat dan dua basement. 


Air terjun dilihat dari pintu masuk

Dilihat dari lantai 5


Dan... yang paling menjadi pusat perhatian dari seluruh keunikan Jewel adalah Jewel's Rain Vortex, yakni sebuah air terjun indoor tertinggi di dunia yang mengalirkan air terjun langsung dari oculus (kaca) di atap bangunan. Ketinggian air terjun ini mencapai 130 kaki atau sekitar 40 meter.

Jewel Changi mudah diakses dari  semua terminal bandara. Baik terminal 1, 2, 3 dan 4. Setiap terminal dihubungkan oleh jembatan penyebrangan yang mempunyai atap dengan dinding kaca yang tembus pandang sehingga para pejalan bisa menikmati suasana bandara di luar jembatan.


Jembatan penyebrangan menuju Jewel

Di dalam jembatan penyebrangan


Karena keunikan itulah, beberapa waktu yang lalu, saya dan Ayung (Yulia Marza), teman di Komunitas Blogger Kepri, sengaja mengunjungi Jewel Changi demi menuntaskan rasa kepenasaranan. Sudah lazim bagi warga Batam, jika ada destinasi baru di Singapura maka tak menunggu waktu lama mulai ramai-ramai pergi ke sana. Cukup nyebrang naik ferry dengan biaya dua ratus sampai tiga ratus ribu rupiah PP sudah bisa jalan-jalan santai di Singapura.


Saya dan Yulia Marza

 
Bagaimana caranya menuju Jewel? 

Dengan Pesawat Terbang ke Bandara Changi turun di terminal-terminal:
Dari terminal 1: Jewel terhubung dengan Ruang Kedatangan di lantai 1. 
Dari terminal 2: Berjalan kurang lebih 5-10 menit  lewat jembatan dari ruang keberangkatan di lantai 2. 
Dari Terminal 3: Berjalan kaki 5-10 menit melalui jembatan dari ruang keberangkatan di lantai 2. 
Dari Terminal 4: Naik free shuttle bus atau bis jemputan gratis antar terminal 4 dan terminal 2. Turun di Terminal 2 dan lanjutkan dengan berjalan kurang lebih 5-10 menit  melewati jembatan dari ruang keberangkatan di lantai 2.

Dengan Kereta Api atau MRT 

Naik  Mass Rapid Transport (MRT) ke Changi Airport Station (CG2). Jika teman-teman masuk Singapura dari Pelabuhan Ferry Harbourfront, begitu keluar imigrasi langsung saja lurus ikuti petunjuk menuju Stasiun MRT Harbourfront (NE1). Bisa lihat tanda petunjuk di atap saat kita berjalan. Di ujung ruangan belok kanan dan turun via eskalator menuju stasiun Harbourfront yang terletak di basement

Menggunakan Jalur Hijau East-West (Jalur dari Timur ke Barat dengan kode stasiun EW)
Dari Stasiun MRT Harbourfront (NE1) naik terlebih dahulu MRT jalur ungu ke Outram Park (NE3). Dari Outram Park pindah MRT ke jalur Hijau dan turun di Tanah Merah (EW4). Dari Tanah Merah lalu naik MRT menuju Stasiun Bandara Changi. Dari Tanah Merah sudah sangat dekat tinggal 2 stasiun lagi. Setelah keluar dari Stasiun Changi Airport (CG2), Jewel dapat diakses melalui jembatan yang terletak di lantai 2 terminal 2 dan terminal 3.

Menggunakan Jalur Biru Down (Pusat Kota dengan kode DT)
Naik MRT ke Expo (DT35). Dari sini naik lagi MRT jurusan Changi Airport Station (CG2). Jewel dapat diakses melalui jembatan yang terletak di lantai 2 terminal 2 dan terminal 3.

Menggunakan Bis:
Nomor-nomor bis berikut akan berhenti di basement Terminal 1 Changi: No 24, 27, 34, 36, 53, 110, 858. Setibanya di Terminal 1ikuti tanda petunjuk arah menuju Jewel di lantai 1.

Referensi:

20 comments :

  1. BUAGUSSS BUANGEETTT aaakkk!
    Aku puingiiin main2 k Changi lagi gegara banyak content creator yg sharing ttg Jewel Changi ini Maaakk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Wahh kalo dari Batam kesini cuma kayak ke kota sebelah gitu ya kak..haha...Pengen banget kesini..wes gak usah eksplor jauh2...puas2in eksplor bandara aja udah seru banget kayaknya...

    ReplyDelete
  3. Enaknya kalau tinggal di Batam gitu ya mbak. Tinggal nyebrang aja udah langsung bisa main ke Singapura. Aku kemarin cuma bisa lihat Jewel Changi ini dipostingan temen, cakep ya. Kapan ya Indonesia bisa bikin yang begini

    ReplyDelete
  4. waaah lengkap petunjuknya mbaa...pingin ngajak anak2 nih ke sini, ibuknya jg blom pernah sih ke situ heheh... ga keluar abndara juga udah pelseiran yaaak klo di changi

    ReplyDelete
  5. Wah bagus banget nih Mbak tempatnya. Saya jadi pingin nih lihat air terjunnya juga

    ReplyDelete
  6. Wah ini salah satu air terjun yang paling tinggi nih ya Mbak. Bagus banget

    ReplyDelete
  7. Wah seru banget nih Mbak ke Singapura ini. Saya jadi pingin nih huhuhu. Kapan ya bisa ke sana :D

    ReplyDelete
  8. Thanks for sharing, semoga sukses terus..

    ReplyDelete
  9. Asyik bener ya orang Batam mainnya keuar negeri hihi aku penasaran dengan air terjun di Changi inii kok cakep bener..ngga ada matinya memang orang sana yaa, bandara jadi tempat tujuan wisata hihi

    ReplyDelete
  10. OMG taunya changi airport itu hanya dari mainan monopoli aku.. Ternyata tempatnya sebagus ini

    ReplyDelete
  11. Air terjun ini lg hits banget, akh liat fotonga bersliweran di IG. Ooh tenyata bukan di Changinya itu sendiri ya. Tapi jalan agak jauh dikit ya.

    ReplyDelete
  12. Keren ya...bayangin gimana itu dialirkan jadi bisa jadi air terjun gitu. Tapi memang bandara changi tu keren bingit...banyak spot bagus buat berfoto...

    ReplyDelete
  13. Masyaallah air terjun indoor sebagus itu, mba. Tapi aku amati aku ngeri ya membayangkannya

    ReplyDelete
  14. Tempat hits di S'pore, jadi akses nya mudah ya dari mana mana. Keren banget sih ini yg desain nya, kalau aku udah nyerah deh, ga kuat ngitung kekuatan struktur nya, hahah.

    ReplyDelete
  15. keren deh, tapilebih keren yang alami ya mba, bisa mandidan duduk dibatuan, hahaha. btw itu foto berdua keceh banget habis cuci muka di air terjun yah

    ReplyDelete
  16. Ini salah satu tempat yang masuk wishlist-ku. Pengen banget lihat jewel air terjun langsung. Pengen jalan-jalan di taman bertingkat. Enak ya yang di Riau dan Batam tinggal naik boat saja.

    ReplyDelete
  17. wah cakep banget nih sayang banget aku transitnya ke KL ga ke Sipore euy minggu lalu padahal kalau ke singapore bisa lihat Jewel Changi ini :)

    ReplyDelete
  18. Kalau dari Batam ke Singapore gak perlu pasport yaa, kak Lina?
    Cantik yaah...air terjun indoor nya...

    ReplyDelete
  19. jewelnya bagus ya mba, enak nih kalau ke sana lewat batam lebih dekat ya. saya pengen main ke SG bareng keluarga.

    ReplyDelete
  20. Cantik banget yaa. Adem nih pasti di dalamnya. Semoga di Jakarta juga nanti bisa kayak gini supaya polusi berkurang.

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates