Merawat Jantung Sehat Bersama SehatQ.com



Menemukan kelompok/komunitas yang satu visi dan misi dalam beberapa hal sebenarnya cukup sulit. Karena biasanya, komunitas hanya menaungi atau menjembatani satu jenis hobby atau bidang saja. Misalnya saja komunitas pesepeda hanya mengurusi hal-hal tentang sepeda. Kelompok arisan biasanya hanya mengurusi dan membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan arisan. Komunitas backpacker tentu hanya membahas masalah yang berhubungan dengan backpacker serta komunitas-komunitas lainnya yang rata-rata hanya fokus ke satu topik atau bidang saja. 


Alhamdulillah, sudah hampir 7 tahun terakhir ini saya bergabung dengan komunitas yang ternyata tidak hanya mengurusi satu jenis atau bidang saja, melainkan beberapa jenis/hal. Sehingga makin ke sini, sesama anggota terasa makin seperti kepada saudara sendiri sangking dekatnya.


Komunitas ini bermula dari remaja masjid di salah satu perumahan di kawasan Sagulung Batam. Untuk menjaga agar silaturahim tetap terjaga, maka para remaja masjid yang beranjak dewasa dan berumah tangga tersebut mengadakan arisan keluarga setiap sebulan sekali. Ketika membuat grup WhatsApp, admin menamakan grup ini sebagai Keluarga  SaMaWa, dengan harapan agar kami semua menjadi keluarga-keluarga yang Sakinah Mawaddah dan Warohmah. Jadi sebut saja komunitas kami ini sebagai Komunitas Keluarga Samawa.

Bersama komunitas keluarga ini, kami ternyata melakukan berbagai hal bersama. Tidak hanya melulu arisan, namun pengajian dan liburan bareng. Untuk kegiatan liburan bersama, biasanya dilakukan setiap libur anak-anak sekolah, saat akhir semester atau saat pergantian tahun ajaran baru. Beberapa piknik yang pernah kami lakukan saat libur sekolah diantaranya menginap dengan menyewa villa di Pantai Mirota,  kemping murah meriah di Pantai Melayu dan jalan-jalan ke Pantai Melur. Semua pantai ini berada di kawasan Barelang Batam.

Selain arisan, pengajian, dan piknik bareng, kami juga sudah memulai program untuk olahraga bareng. Niatnya sih setiap Hari Minggu pagi. Bapak-bapaknya mungkin main futsal dan badminton, ibu-ibu dan anak-anaknya bersepeda atau jogging biasa. Sebagai permulaan, minggu lalu kami sepakat untuk melakukan jogging bareng di kawasan lapangan bola Waterfront Marina. Olahraga bersama ini melibatkan ibu, bapak dan anak-anak sekaligus. Kami membawa sepeda, raket, shuttlecock, tali skipping dan bola. Jadi bisa memilih olahraga apa yang cocok untuk dilakukan pada pagi itu.

Satu per satu Keluarga Samawa mulai berdatangan. Seperti biasa, walaupun acaranya untuk berolahraga, makan-makan tetap nomor satu. Karena hampir semua belum sarapan, akhirnya kami gelar tikar di pinggir jalan dan sarapan bersama. Mirip piknik keluarga jadinya. Belum lagi ditambah ngobrol ngalor-ngidul jadilah olahraganya satu jam, ngerumpinya dua jam.  

Setelah sarapan, kami mulai berolahraga. Ada yang jalan santai, ada yang lari mengelilingi lapangan, ada yang bersepeda, dan ada juga yang bermain badminton dan lompat tali (skipping). Saat mencoba untuk skipping, baru 50 lompatan saja saya sudah ngos-ngosan. Jantung mendadak berdegup kencang. Beda banget dengan waktu masih muda. Lompat-lompat hingga seratus kali juga masih kuat. Apalagi dulu saya suka naik gunung dan bersepeda. Dua hobby ini sangat bagus untuk kesehatan jantung. Namun sayang, berhubung berbagai kesibukan yang makin padat merayap, sudah 2 tahun ini saya absen naik gunung. Dan sudah 1 tahun absen sepedaan. Padahal akhir-akhir ini saya khawatir dengan kesehatan jantung. 

Menjelang usia matang ini, saya malah diliputi rasa khawatir yang berlebihan terhadap kesehatan organ-organ dalam tubuh. Terutama mengkhawatirkan kondisi jantung. Mungkin rasa khawatir tersebut akibat perubahan hormon atau efek banyak tetangga yang meninggal dikarenakan gangguan pada jantung.  Atau karena ... entahlah, rasa khawatir itu selalu ada. Berulang kali meminta suami untuk mengantar ke dokter untuk medical check up. Namun belum sempat juga mengingat kami sama-sama bekerja dan pulang malam terus. Saya ingin mengecek kondisi jantung dan paru-paru. Sejauh ini memang tidak ada keluhan berarti, Namun kekhawatiran berlebih ini tak kunjung sirna. Malah cenderung diliputi rasa takut. 

Takut berlebih, kemungkinan akan menimbulkan sugesti yang tidak-tidak sehingga yang semula  tidak sakit malah jadi sakit. Saya memang sedang butuh pencerahan banget tentang masalah kesehatan ini. Kalau untuk sengaja konsultasi ke dokter, jujur waktu saya belum ada. Apalagi cuti habis untuk pulang kampung lebaran kemarin. Hari-hari kerja dari jam 8 pagi bahkan sering pulang jam 8 malam. Tiba di rumah, mandi, makan malam dan mengurusi pekerjaan rumah tangga yang menumpuk. Sementara pada setiap libur akhir pekan, kegiatan dan undangan juga tak kalah menumpuk.  Selain itu, kebanyakan dokter spesialis organ dalam tidak buka pada akhir pekan.


Saat santai sebelum tidur, biasanya saya mencari-cari referensi dengan membaca-baca artikel kesehatan. Setidaknya saya waspada sejak awal agar kelak tidak menyesal. Alhamdulillah saya menemukan artikel bagus tentang serba-serbi penyakit jantung di website SehatQ.com. Dari yang saya baca di website ini, penyakit jantung atau yang umum dikenal sebagai penyakit kardiovaskular merupakan suatu kondisi dimana terjadi penyumbatan atau penyempitan pepmbuluh darah sehingga dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri di bagian dada, atau stroke. Menurut WHO sebanyak 17,5 juta orang di dunia, meninggal akibat penyakit kardiovaskuler atau 31% dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia. Sungguh menjadi penyakit paling mematikan di dunia. Membaca ini saya jadi semakin aware dengan kesehatan jantung sendiri. Ah sepertinya harus mulai rajin berolahraga lagi. Setidaknya dengan bersepeda atau jogging dengan teman-teman Keluarga Samawa, saya sudah memulai langkah awal untuk merawat kesehatan jantung.

SehatQ.com


Penasaran dengan pembahasan lainnya, saya pun berselancar menelusuri satu per satu kategori bahasan di sehatQ.com. Ternyata website ini mirip dengan direktori kesehatan. Lengkap! Membahas berbagai macam penyakit dari A sampai Z. Mulai dari definisi, gejala, penyebab, diagnosis, hingga pencegahan penyakit tersebut. Bahkan ada juga hal-hal yang perlu dipersiapkan saat akan konsultasi dengan dokter. 

Selain mengenal jenis-jenis penyakit dari huruf Alfabet, pembaca situs sehatQ juga akan mudah mendapatkan informasi penyakit dengan memulai pencarian dari anggota tubuh seperti kepala, kulit, jantung, perut, kandungan, dan lainnya.

Ada penyakit tentu ada obatnya. Nah di sehatQ juga para pembaca dapat memperoleh informasi yang akurat mengenai berbagai jenis obat-obatan. Fitur ini pun lengkap karena memuat informasi tentang informasi obat itu sendiri, merk dagang, aturan pakai, efek samping, peringatan, hingga interaksi.

Dengan slogan "Asisten Kesehatan Keluarga Anda" SehatQ sangat bisa menjadi aisisten pribadi keluarga kita karena di situs ini ada banyak informasi seputar kesehatan yang sangat berguna bagi seluruh anggota keluarga. Selain itu kita juga bisa membuat janji temu dengan para dokter praktek di rumah sakit-rumah sakit dimana para dokter ini praktek.

Hal lainnya yang menarik di sehatQ adalah informasi tentang ratusan alamat rumah sakit, klinik, klinik gigi, lab, klinik kulit & kecantikan dan puskesmas di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat yang sangat bermanfaat bagi mereka yang akan berobat. Semoga saja ke depan dapat dikembangkan dengan memuat data seluruh provinsi di Indonesia.


28 comments :

  1. Bapakku nih lagi bermasalah dg jantung. Dah 10x masuk RS dalam 2 tahun. Sekarang sdg diobservasi utk tindakan selanjutnya. Semoga makin banyak artikel ttg jantung di sehatq

    ReplyDelete
  2. Wow komunitasnya positif sekali mba, kalau pnya komunitas seperti ini jadi lebih asik & seru melakukan banyak kegiatan bareng2 ya, terutama olahraga, kalau olga sendiri kan suka mager hahahaha :D aku baru tau website sehatQ alhamdulillah sekarang udah banyak website yang menyediakan informasi kesehatan yg berguna, jadi bisa langsung browsing2 sendiri tanpa harus tanya dokter dulu :D

    ReplyDelete
  3. seger banget, langitnya biru. Pengen juga olahraga sekeluarga.
    Kalau butuh asisten kesehatan keluarga sekarang bisa install sehatq. Tapi mungkin alamat rumah kesehatan di kota saya belum ada deh. Semoga makin mantap nih sehatq ke depannya

    ReplyDelete
  4. Wah kegiatan komunitasnya bergizi banget teh, piknik, arisan, pengajian bareng hingga olahraga bareng, pengen coba deh di kompleksku makasih pencerahannya ya teh lon

    ReplyDelete
  5. saya juga berharap semoga layanan info alamat fasilitas kesehatan daerah Jawa Timur juga bisa diakses di sehatQ. Kadang kalau lagi jalan2 di luar kota, saya bingung cari klinik terdekat dimana. andalin map, malah kadang belum update loh

    ReplyDelete
  6. Wah ada asisten kesehatan ini lumayan membantu kita menjaga kesehatan ya teh Lina. Semoga selalu bisa menjaga kesehatan untuk tetap sehat ya teh. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. wah web kayak sehatQ ini membantu banget ya mbak buat cek jadwal dokter dan rumah sakitnya. memudahkan banget jadi gak stres telp sana sini

    ReplyDelete
  8. Kupikir yang poto itu keluarga besarmu mbak, ternyata keluarga sekomunitas ya hehe :D
    Enak zaman sekarang kalau mau cari info kesehatan ya tinggal pakai gadget, cuma emang harus baca dan cari infonya di platform terpercaya, salah satunya kyk sehatQ ini ya

    ReplyDelete
  9. Wah asyik kalau ada ratusan rumah sakit dan klinik klinik sudah tercatat di Sehatqu. Dan ini pastinya akan terbantu banget biar yang membutuhkan

    ReplyDelete
  10. Penyakit jantung ini emang perlu kita waspadai banget ya mbak. Temen kantor aku ada yang bolak balik mengeluh sakit maag, ternyata malah jantung dan posisinya udah menyumbat penuh tinggal 25% lagi dan harus dioperasi sekarang juga.

    Senang banget ada website sehatq ini, jadi lebih banyak kita dapat pengetahuan tentang kesehatan kan lebih baik

    ReplyDelete
  11. Lengkap ya mba informasi yang ada di website sehatQ, artikelnya lengkap, segala penyakit dibahas sesuai alfabet dan bisa booking dokter pulak

    ReplyDelete
  12. Olahraga kalau banyak temannya gitu jadi semangat ya. Seneng banget nih, apalagi ditambah informasi kesehatan yang mudah diakses gitu

    ReplyDelete
  13. Jantunh ini pusat kita kalau napa2 semua bahaya. Mamaku dulu ikutan jantung sehat gitu senam pagi.

    Coba baca-baca sehatq dulu deh biar aku makin aware

    ReplyDelete
  14. Sehatq bener-bener bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan.
    Jadi bisa menangkal hoax yang beredar juga yaa..

    ReplyDelete
  15. Jika sudah kerjasama dengan instansi kesehatan situsnya lebih terjamin ya mba, karena sering sekali banyak cari informasi kesehatan tapi masih gak yakin juga.

    ReplyDelete
  16. Aku baru tahu tentang situs ini.

    Langsung aku klik lho di jendela baru.

    ... dan suka dengan taglinenya,

    "SehatQ, Asisten Kesehatan Keluarga Anda"

    ReplyDelete
  17. Saya juga suka baca web kesehatan agar tambah pengetahuan dan lebih aware bila ada tanda-tanda yang mencurigakan. Adanya web sehatQ akan menambah referensi info kesehatan yang bisa dibaca..

    ReplyDelete
  18. Keren ya SehatQ.com ini. Lengkap kontennya. Bisa jadi tempat nyari segala macam tentang kesehatan. Segera ke tekape ah, kepengen eksplor semua fitur-fiturnya :)

    ReplyDelete
  19. Ini SehatQ baru ya mbak? Enak banget ya sekarang ini jadi mudah kalau ingin melakukan konsultasi tinggal cek di SehatQ saja ya.

    ReplyDelete
  20. BIsa buat referensi aku juga nih Mak buat penyakit jantung. Tinggal buka sehatQ. Sudah ada informasi lengkap di sana. Penyakit jantung nih silent killer yang bikin deg-degan. Apalagi kalau jarang olah raga. Kudu waspada kayaknya ya.

    ReplyDelete
  21. Rumah sakit/klinik yang besar2 terdaftar juga ga? Ini perlu banget nih, khawatir ada yg tetiba pingssan. Kalau ada sehatqu pastinya kan cepat tertanganii.

    ReplyDelete
  22. Memang kalau nggak disempetin yang namanya olahraga itu terasa berattt banget. Ah mending beberes, ah mending nulis, lha kapan olahraganya. Ntar kalau udah sakit aja jadinya nyesel, nauzubillah. Sekarang aku lagi usahain yoga sama jalan cepat. Yoga-nya di rumah kalau jalan-jalannya seminggu sekali aja di area tebuka dekat rumah. Ya, lumayan deh, drpd enggak sama sekali.

    ReplyDelete
  23. wah bener2 bisa jadi asisten nih kak. .. informasinya komplit banget ya.. terutama obat2 an tuh. kadang kita main pake aja..

    ReplyDelete
  24. Menarik ini, bisa dapat info seputar kesehatan dalam genggaman. Sayangnya info rumah sakit baru untuk wilayah Jakarta, Banten dan Jabar ya. Semoga bisa segera di lengkapi untuk propinsi lain

    ReplyDelete
  25. Baru tau ada website SehatQ, jadi makin senang baca artikel tentang suatu penyakit, setidaknya jadi tau cara pencegahannya, cara mengobatinya,

    ReplyDelete
  26. Terpercaya.
    Ternyata banyak dokter disana...

    ReplyDelete
  27. Wah, nambah referensi situs kesehatan nih.. Nuhun Teh.. Krn utk artikel kesehatan mmg tdk bs sembarangan..

    ReplyDelete
  28. Hebat teh lina olahraga nya jalan terus... Duh kami da lama gak pernah olahraga... Hehehe... Btw aku sering baca sehatq.com, infonya lengkap..

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates