Berpacu di Amazing Race Ala Tauzia Detox 2019

Tauzia Detox 2019 merupakan challenge yang digelar selama 2 hari pada 27-28 Juli 2019 dan berlangsung di 3 properti Tauzia di Batam yakni Harris Hotel Batam Center, Harris Barelang Resort dan Harris Waterfront Resort. Challenge ini merupakan ajang unjuk kebolehan para influencer, vlogger dan blogger Singapura dan Batam dalam hal menyelesaikan berbagai tantangan perlombaan dengan cara yang menyenangkan.

Tauzia Detox 2019
Tim Lengkap dan panitia

"Kenapa diberi nama Tauzia Detox? Pada dasarnya kepanjangannya adalah Tauzia Detoxication. Tauzia menginginkan para influencer, blogger dan media merasakan pengalaman staycation di properti-properti Tauzia dengan cara yang berbeda dari yang sebelum-sebelumnya. Makanya ada aktivitas yang dibuat seperti healthy bowl, photo illusion, dan lainnya yang sesuai dengan brand voice masing-masing properti. Kami berharap aktifitas-aktifitas tersebut bisa menjadi pelipur penat dari kesibukan di hari-hari kerja yang padat, semacam detok dari vibes begitu." Ujar Pak Maulana perwakilan Tauzia Pusat yang datang dari Jakarta khusus untuk mengawal acara ini.

Tauzia Detox diadakan pertama kali pada tahun 2017 di Jakarta dan Surabaya - Malang kemudian tahun 2018 di Bali, Solo - Semarang dan Bandung. Sedangkan tahun ini diselenggarakan di Batam di 3 properti seperti yang telah saya sebutkan di paragraf pertama.

Adapun peserta dari Batam merupakan selebgram dari akun-akun @anakhitsbatam, @semuatentangbatam, @msholihinn dan @enjoybatam_ selain itu ada vlogger & blogger Danan Wahyu Sumirat, Chai Loekman dan saya sendiri. Sementara peserta dari Singapura adalah para selebgram lifestyle, beauty, dan foodie. Mereka adalah Tjang Fonda (tjang.fonda), Claire (xclarieacaciateo), Cloe (@jujujucloe), Elaine Heng (@mselaineheng), Vanessa (wafflenessa) dan pasangannya, Tony San (tonyfoodsage) dan pasangannya.

Meeting Room at Harris Hotel Batam Center
Meeting dan penyambutan

Sebelum challenge dimulai, kami dibagi menjadi 5 kelompok dengan pembagian campuran antara peserta dari Batam dan dari Singapura. Tujuannya agar dapat membaur dan berinteraksi satu sama lain walaupun beda negara. Siap-siap deh kami dari Batam belepotan ngomong bahasa Inggris haha. Tapi senang sih bisa praktik langsung. Suka banget melihat para staff Harris yang cas cis cus berbahasa Inggris. Ya memang pekerjaannya begitu, sudah terlatih setiap hari. Semoga saja kami ketularan.

Sebelum bermacam-macam tantangan dimulai, kami makan siang terlebih dahulu dimana menu appetizer pertama yang dihidangkan adalah tahu gejrot dan tahu telur. Sedangkan main course atau hidangan utamanya adalah sup kikil, fillet ikan, steak dan tumis sayur. Hidangan penutup disajikan es krim dan beberapa jenis cake. Nah, yang paling saya suka itu kuah tahu gejrotnya yang pas di lidah. Ada pedas dan ada asem-asemnya. Saya kira hanya saya saja yang bilang enak, ternyata Tony San dari Singapura saja nambah berkali-kali. Pokoknya juara deh chef di Harris Hotel Batam Center ini.

View from Harris Hotel Batam Center
Pemandangan dari kamar hotel Harris Batam Center

Challenge Dimulai

1. Mengumpulkan uang pecahan rupiah dan dollar Singapura sebanyak-banyaknya.

Setelah makan siang, tantangan dimulai. Tiap-tiap grup harus mengumpulkan pecahan mata uang rupiah dan dolar Singapura sebanyak-banyaknya. Grup yang berhasil mengumpulkan paling banyak, akan menjadi pemenangnya. Kelompok saya hanya berhasil mengumpulkan 15 pecahan mata uang. Dan dua kelompok lainnya berhasil seri karena sama-sama mengumpulkan 18 pecahan mata uang. Diantara kedua grup ini diberi satu pertanyaan sehingga grup yang menjawab benar adalah pemenangnya. Sesi ini berhasil dijawab dengan baik oleh grup Danan Wahyu.

2. Membereskan tempat tidur ala Petugas House Keeping Hotel

Tantangan kedua adalah membereskan tempat tidur sesuai dengan petugas house keeping hotel. Bagaimana cara menutup kasur dengan seprei, menaruh selimut, bantal dan guling dengan benar. Tantangan yang ini seru banget karena adu cepat sehingga kerap membuat kami gugup dan panik. Apalagi di kamar sebelah grup satu dan dua telah selesai terlebih dahulu.

Mulai dari jam 14.30 dengan selisih grup setiap 5 menit, kami meluncur dengan kendaraan yang disediakan per grupnya menuju Harris Barelang Resort yang terletak di kawasan Jembatan I Barelang. Baca tulisan saya sewaktu staycation di sini di postingan "Mengintip Resort Terbaru yang Cantik dan Unik dan "Staycation Seru di Harris Barelang Resort."

Harris Resort Barelang
Harris Barelang Resort

Awalnya perjalanan kami ke Harris Barelang akan dibuat seperti Amazing Race betulan yakni dikasih mobil dan peta per grup lalu mencari sendiri lokasi yang ada di peta. Namun, sebagian dari kami yang penduduk Batam sudah mengetahui dengan baik dimana letak Harris Barelang. Jadinya cukup dihantar saja ke sana, tidak perlu peta sudah bisa sampai.

Tauzia Management
Tanda arah untuk peserta

Tiba di Harris Barelang kami diarahkan menuju kawasan pantai dimana di sana sudah disediakan 2 challenge lagi yaitu: healthy bowl dan archery atau panahan. Sesi healthy bowl adalah menirukan menu persis apa yang sudah dibuat oleh chef. Baik isinya maupun penampilannya. Sementara untuk lomba panahan tiap grup diwakili oleh 2 orang dan diberi kesempatan sebanyak 6 kali memanah. Siapa yang dapat memanah balon dengan waktu tercepat dialah pemenangnya.

Healthy Cooking
Foto ala-ala dulu bersama healthy bowl

Archery
Perlombaan memanah

Sorenya kami menyantap makan malam dalam balutan sunset dinner di Rock Salt Bar. Nah ini makan malam yang istimewa banget karena mengusung konsep outdoor dengan lokasi di tepi kolam renang yang cantik dimana tak jauh juga dari tepi pantai.

Untuk hidangan makan malam, tak diragukan lagi penyajiannya penuh dengan kreatifitas. Rasanya juga enak-enak. Ada banyak pilihan makanan mulai dari appetizer, main course, maupun dessert yang melimpah. Yang jika tiap jenis diambil satu per satu untuk dicicipi, perut akan langsung kenyang.

Menu makan malamnya ada beragam salad, pastry, berbagai jenis sate, buah-buahan tropis dan yang paling menyenangkan saya adalah hidangan utamanya daging kambing/domba seperti lamb rack dan lamb shoulder. Karena ingin mencicipi keduanya tanpa kekenyangan, saya pun melupakan nasi sejenak dan cukup mengambil kentang dua potong. Untuk lauknya meminta potongan lamb rack dan lamb shoulder kepada Mbak-Mbak yang melayani. Menu lainnya saya mengambil chicken wing, sate dan sayur. Itu saja sudah penuh.

Sunset dinner at Harris Resort Barelang
Sunset dinner di tepi kolam renang

Harris Resort Barelang
Sunset dinner

Menu ngemil sore

Selesai makan malam peserta dihibur oleh tarian para staff Harris yang menari dan berjoget bersama. Keren. Kayaknya semua orang yang bekerja di Harris dari level bawah hingga atas pada pintar menari. Terbukti saat itu Pak Bobby, dan Pak Maulana yang berasal dari Tauzia Jakarta saja kompak menari berbarengan dengan Mbak Dilla, Mas Vicky, dan Mas Oni dari Batam. Mereka ini memang ahli deh dalam urusan hospitality. Salut.

Healthy Dinner
Ini makan malam saya tanpa nasi 😄

Dan di tengah-tengah acara nari lalu muncul pengumuman pemenang lomba archery yang ternyata dimenangkan oleh tim saya. Horeee Alhamdulillah. Tidak menyangka jadi yang tercepat dan tertepat dalam membidik balon. Padahal itu kebetulan aja kali ya. Baiklah, rejeki memang harus diterima.

Saat itu juga langsung whatsApp dan laporan sama suami di rumah. Dan dikasih emoticon peluk dan emot mata berbintang. Ah biar bangga kan ya sang suami kalau istrinya ini bukan main-main tidak karuan, tapi dapat sesuatu yang jadi kebanggaan. Tsaaaah.

Pemenang Lomba Panahan
Grup kami menang lomba panahan

Setelah makan malam romantis di tepi kolam renang, kami segera meluncur ke lokasi ketiga yakni Harris Waterfront Resort. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Setibanya di sana, kami langsung menuju resepsionis dan mengambil kunci untuk berisitirahat di kamar masing-masing.

Kolam renang di Harris Resort Waterfront
Harris Resort Waterfront

Kamar saya terletak di lantai 4 nomor 454. Letaknya agak di pojokan dimana dari sini pemandangannya langsung menuju kolam renang. Saya sekamar dengan Yossie perwakilan dari Enjoy Batam. Senangnya saat tiba di kamar, telah disediakan dua botol jus sebagai welcome drink. Ada juga banana cake, kue kering dan coklat.

Di lemari pakaian disediakan piyama. Kebetulan saya tidak bawa baju tidur jadi bisa deh bobo cantik pakai piyama ini. Dan setelah itu saya tertidur pulas efek kekenyangan. Subuh terbangun karena alarm sholat subuh. Lanjut edit foto lalu sholat dan mandi.

Kamar di Harris Resort Barelang
Kamar saya dan Yossie

Di grup whatsapp, Pak Maulana bilang kalau jadwal sarapan kami dimulai pukul 7:30 WIB. Karena masih malas gerak, saya dan Yossie baru turun ke restoran jam 8 pagi. Dan ya, restorannya rame banget. Penuh. Seperti biasa, ada zumba yang dimainkan oleh para staf Harris Waterfront saat pagi-pagi tiba. Membuat suasana sarapan makin meriah.

Sebenarnya ada begitu banyak menu sarapan pagi itu, namun saya dan Yossie makan secukupnya saja. Hanya sedikit nasi dan sedikit lauk. Mungkin efek makan malam yang banyak sehingga pagi itu saya tidak merasa lapar.

Setelah sarapan, semua peserta berkumpul di lobby untuk room tour. Kali ini kami mengunjungi lantai 2 dimana terdapat kamar-kamar dengan tipe family room. Oh iya jadi ingat saya dan keluarga juga pernah menginap di kamar tipe family room. Mengajak serta dua bocah lainnya mengingat tempat tidur kamar inibanyak. Ada 4 bed. Baca di tulisan ini "Serunya Staycation di Harris Resort Waterfront Batam."

Setelah room tour kami diajak untuk sejenak menikmati serunya naik kapal yacht. Kapal ini bisa disewa secara pribadi untuk keperluan honeymoon, mancing, island hop, atau aktifitas lainnya.

Challenge terakhir adalah membuat foto ilusi dengan alat peraga buah dan sayur. Para peserta dituntut untuk membuat foto ilusi dengan buah-buah dan sayuran sekreatif mungkin. Selesai sesi ini para peserta kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat dan kembali berkumpul saat makan siang tiba.

Vegetable
Buah dan sayur untuk properti lomba

Funny Photo
Pemenang lomba

Makan siang di Harris Waterfront ternyata juga menyenangkan. Hidangannya beragam dan menggiurkan. Saya seperti biasa mengambil menu kesukaan yaitu sate. Dan menu lainnya yang bahkan beebrapa kali nambah karena habis terus yaitu sotong bumbu.

Setelah makan siang, ada kuis dan pengumuman pemenang untuk berbagai lomba. Tentu saja bertabur hadiah. Bahkan ada yang mendapatkan voucher menginap di Harris Resort Bali dan Jakarta. Sebagian dari kami malah berharap mendapatkan voucher menginap di Malaka. Sebagaimana disampaikan Pak Maulana bahwa di Malaysia sudah beroperasi Haris Malaka dan sebentar lagi hadir juga di Kuala Lumpur.

Tepat pukul 13.30 WIB acara selesai dan para peserta dari Singapura dan Batam pulang ke rumah masing-masing.

Alhamdulillah acara ini seru dan pasti keren. Benar-benar me-refresh hati dan fikiran.

77 komentar :

1. seru banget acaranya kak..sunset dinnernyaa wow bangett... gak sabar baca kelanjutan nya nih..

Balasan
    1. Udah aku tulis di sini semua haha. Kemarin itu buru² nulisnya tinggal beberapa paragraf lagi keburu aku berangkat kerja.

2. Masyaallahh,, kupengen suatu hari nanti bisa menjejakkan kaki di Batam, Mak
    Pemandangan hijaunya dari kejauhann bikin mupengg euyyy
    Seru yahh event Tauzi Detox, apalagi dapat bonus jadi pemenangnya heheheee

Balasan
    1. Sini sini main ke Batam. Sekalian nginap di Harris Resort.

3. seruuuuu pol-polan ya Mba
    Pengin deh suatu saat bisa ikutan Tauzia Detox kayak gini
    karena hotel HARRIS emang kece badaaaiiii
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

Balasan
    1. Iya tuh semoga tahun depan adalagi di Jatim Mbak. Jangan lupa kepoin akun-akun properti Tauzia siapa tahu ada undangan.

Hapus
  4. Wah alhamdulillah nih ya Mbak menag di salah satu lomba hihi. Lumayan lah ya Mbak

BalasHapus
  5. Saya suka banget tuh Mbak sama foto yang memakai apron untuk memasak itu Mbak hihi

Balasan
    1. Ini pengarah gayanya yang keren. Itu tuh blogger kondang Danan Wahyu.

6. Wah enak banget nih Mbak hidangannya tuh yang bikin ngiler wkwk

Balasan
    1. Betul banget Mbak. Ini detix banget sih buat kami. Jadi pengen balik lagi makam di Harris.

Hapus
  7. Wah seru banget nih Mbak acaranya. Selain itu, bisa bertemu dengan orang Singapura ya hihi

BalasHapus
  8. Seru banget nih pastinya gamenya ya Mbak, alhamdulillah ya menang timnya hehe

Balasan
    1. Walau gak juara umum Alhamdulillah masih ada yang nyangkut.

Hapus
  9. ini tuh staycation terindah karena... karena ada healthy bowl yang mengundang selera plus disediakan piyama pula .. ha ha , saya emang anaknya sesederhana itu. disediakan piyama aja bahagiaaaa

Balasan
    1. Bwahaha... Maaak. Ada piyama itu bahagia karena nggak nambah cucian baju tidur. 😄

Hapus
  10. Gilaaaaa...acaranya seru banget ya. Kreatif tu yang ngerancang acaranya. Wah kapan ya aku bisa dapet kesempatan ikut acara seru kayak gini.

Balasan
    1. Iya seru apalagi kalau dibuat lebih benar-benar race bisa ngos-ngosan lari-lari.

Hapus
  11. huwaaaa asyiknya main Amazing Race ala-ala bareng influencer hits pula. Eh foto ilusi itu emang paling kocak, hahah. btw, selamat yaa jago juga memanah!

BalasHapus
  12. Mba Linaa, serunyaa ikut kegiatan seperti ini. Keren bisa jadi salah satu yang di undang untuk ikut ini ya mba. Makanannya juga enak enak

Balasan
    1. Alhamdulillah rejeki bisa ikutan acara keren begini Mbak.

Hapus
  13. Ya ampun seru banget siiyyy.. Tahun kemarin kok aku ga tau event ini di Semarang.

Balasan
    1. Iya malah sebelum-sebelumnya diselenggarakan di Pulau Jawa.

Hapus
  14. Wah, lucu mb konsep lombanya... Jadi kompetisinya tetap berasa fun ya.. Bisa detox stress jadinya..

Balasan
    1. Iya aku juga pas testimoni aku bilang konsep acaranya keren. Out of the box deh soalnya kudu beresin tempat tidur haha

Hapus
  15. Mbak Lina beruntung sekali bisa ikutan acara di Amazing Race. Perlombaannya seru-seru dan pastinya bisa nambah banyak pengalaman. Seandainya ada acara serupa di Pulau Jawa, wah bakalan mupeng deh hihihi

Balasan
    1. Ini acaranya memang pernah diadakan di sana Mbak. Kami tahun ketiga penyelenggaraan.

Hapus
  16. Bentar ngakak dulu liat foto pemenangnya. Bisaaaaaan euy.

Tauzia ini propertinya bnyak sampai batam sana ya. Aku taunya dia hotel aja sekitar jakarta ternyata luassss. Seru banget amazing race gitu ikutan tauzia detox

Balasan
    1. Tauzia ini malah properti pertamanya di Batam Mbak. Dari Harris Waterfront awalnya. Dari sana berkembang menjadi puluhan hotel dan resort di Indonesia dan bahkan kabarnya sudah merambah ke Malaysia dan Vietnam.

Hapus
  17. Ini hotel Harris Batam kok asik banget ya, pemandangannya pun cakep disini. Kebayang ini kalau aku staycation disini foto dari segala penjuru mesti deh. Itu foto yang paling terakhir kretif, hahahahaa

Balasan
    1. Iya orang-orang Harrisjuga asyik Mbak. Kami rasa karena manajemen yang bagus dan ber-impact baik kepada hal lainnya.

Hapus
  18. Aku awalnya gak mudeng Tauzia apaan, ternyata setelah gugling ternyata merupakan sebuah manajemen jaringan hotel gtu ya mbak?
    Wow seru ya acaranya gak cuma org Indonesia tapi jg bareng ma org Singapura. Makanannya emang makanan sehat semua gtu ya mbak yang ditekankan di hotel2nya?

Balasan
    1. Iya Mbak Tauzia itu manajemennya. Karena konsep yang diusung Harris adalah healthy life maka makanannya harus yang sehat dan bersih.

Hapus
  19. Oh...foto ilusi itu gitu yaa...
    Hahhaa...unik banget.

Ini seru banget siih...acara yang diselenggarakan di Harris Hotel Batam Center.

Balasan
    1. Tepatnya di 3 Harris Mbak. Harris Hotel Batam Center, Harris Resort Barelang, dan Harris Waterfront Resort.

Hapus
  20. itu bagian yang foto kok kreatif sekali ya mba, mas danan itu kan ya yang baju kuning. seru seklai kalian . btw sekarang udah bisa manah juga yah

BalasHapus
  21. Aku jadi salfok lihat foto fotinya, hotelnya bagus ya mba. Mantap seh kalau bisa staycation di situ. Beruntung mba bisa ikut di acara amazing rice

Balasan
    1. Hotel dan resortnya iya bagus-bagus Mbak.

Hapus
  22. Ini Tauzia bakalan bikin gathering di Jogja ga ya mbak, berharap hahahaha. Oia jaringan hotel Tauzia ini favoritnya suamiku kalo bepergian

Balasan
    1. Haha kita colek Pak Maulana sama Pak Bobby biar mengadakan di sana juga.

Hapus
  23. So happy dapat kesempatan dan pengalaman traveling bareng teman-teman beda negara

24. Wah, seru banget tuh acaranya. Alhamdulillah deh bisa menang. Lumayan ya

Balasan
    1. Lumayan Mbak, bisa makan-makan lagi di sana soalnya aku dapat voucher makan. Pas banget karena makanan di sana enak-enak.

Hapus
  25. Seru banget Mbak kegiatannya. Ditambah ada temen temen dari negara lain. Meriah banget pasti ya.

26. Aih asyiknya
    Ada memanah, makanan enak dan suasananya sangat sangat menyenangkan
    Di Surabaya ada juga ga ya jaringan hotel Tauzia?

Balasan
    1. Ada dong Mbak. Kan udah ditulis di atas. Malah acara ini pertama kali digelar di sana dan Jakarta.

Hapus
  27. Seru ya acaranya, melibatkan peserta dari luar pula.

Mbak, kenapa menjepitkan diri diantara 2 kasur?

1. Wakakak apalah Mbak ini. Kan cuma buat foto doang :D

Hapus
  28. Seru banget ya mbak acaranya, lombanya juga menarik semua terutama yang terakhir tuh lucu. Kliatannya gampang tuh tapi kan ngepasinnya susah juga soalnya aku pernah nyoba dan harus saling kerjasama ya. Btw, team Tauzia nih kreatif banget.
    ---bundadzakiyyah[com]---

Balasan
    1. Iya Mbak kadang gemeretan pas foto atau si modelnya gerak-gerak jadi nggak pas.

Hapus
  29. Ngga nyangka, teh lina adalah blogger famnousnya Batam. Ajang ngumpul bareng blogger luar itu beneran jadi buka mata dan pengetahuan banget. Jadinya punya newtwork yang lebih luas lagi

BalasHapus
  30. Lomba membereskan tempat tidur ala house keeper hotel, aduuuwww seru banget.

Sepanjang baca cerita dan berhenti di beberapa foto, aku merasa ikut terbawa ke keseruannya mba..

31. Tauzia sepertinya memang concern sama kesehatan ya. Jadi inget pernah nginep di Harris dan welcome drinknya boleh milih jus apa aja :)

BalasHapus
  32. Ya ampunnn, baca review tempat dan detail acaranya jadi senyum senyum sendiri. Hehehe. Aku pernah staycation juga anyway mba di salah satu hotel yang masih groupnya Tauzia. Di Lampung tapi. Hehehe. Dan kurang beruntung dari segi pelayanan dan sarapannya. Hehhe

33. Padat banget Agendanya ya Mba, dan semuanya seru-seruuuu. Pengalaman yang berharga banget pastinya ya bisa ikutan Tauzia Detox ini. Btw Batam indahnyaaaa..

34. Harris Barelang Resortnya unchh banget Mbak. Bikin mupeng nginep2 pinggir pantai. Kegiatannya asik juga nih. Kira2 abis nginep bisa move on Mbak?

BalasHapus
  35. Ini saya sampai bingun mau komen yang bagian mana. Karena acaranya asik banget, makanannya juga menggiurkan, sampai hotelnya pun nyaman. Berkesan banget lah ini acaranya

36. Waduh seru nih Tauzia Detox nya, ya ampun itu potonya kreatif banget ya yang pake buah dan semangka haha, layak untuk menang haha.

37. Seru banget sih acaranya
    Kelihatan banget dikemas rapi dan profesional deh
    Btw itu yangmenang lomba foto dengan sayur dan buah, idenya tooop

BalasHapus
  38. Kalau ikutan Tauzia Detox kayaknya aku bisa kurus nih kudu pindah-pindah tempat dan ikutan challenge-nya. Eh tapi menu sunset dinner bikin ngiler. View-nya apalagi, duh nikmat banget!

39. Akhirnya aku paham mengapa dikasi nama "detox" karena fokusnya ke makanan sehat ya mbak? Bagus nih kalau mengunjungi hotel di jaringan tersebut, makanannya dijaga banget :D

40. Menarik sekali pengalamannnya, kakak. Seru sekali bisa komplit mengenal bagian hotel dan staycation. Di Batam, campur dengan Blogger Singapura? Jadi ingin tahu seperti apa hotel-hptel di Batam. Makasih infonya.

41. Wah keren kalo blogger di batam bs go internasional ya

42. Kreatif banget yang bikin event ini. Semoga kelak ada di Bandung lagi dan saya bisa ikutan :D

43. Daku suka sama challenge nya apalagi ada panahan, soalnya belum bisa memanah daku

BalasHapus
  44. Seru acaranya, rangkaian challenge sampe makanannya bikin mupeng pengen ikutan acaranya.

45. Wah, challenge yang menarik, perjalanan menyusuri ditemani pemandangan yang indah. Seru!

46. Kece banget ini challengenya, malah ada memanah juga. Itu foto yang terakhir kocak banget deh.

BalasHapus
  47. Itu tempat sunset dinnernya kayak diatas perahu ya mbak? wah seru ya acaranya. Itu kalau pingin ikut gimana ya mbak caranya?

48. Ini aktivitas yang seru banget yah,mbak. Punya kegiatan menyenangkan bareng temen-temen influencer rasanya asik nih apalagi kegiatannya outdoor gini.

49. seru banget mbaaa ini di hotel yg ada resort nya. Aku selalu suka sama yg ada resort nya gini dan semoga aja d adakan event seperti ini d Jabodetabek deh mba, pengen juga sedikit leyeh2 dan detox haha

BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.