Merencanakan Kembali ke Jakarta Demi Naik Monas

Bund, ayolah kita ke Monas! Ajak Sierra, anak semata wayang kami yang kini sudah berusia 10 tahun. Entah kenapa dia penasaran sekali ingin berkunjung ke Monumen Nasional atau yang kita kenal dengan singkatan Monas ini. Sebuah monumen setinggi 132 meter yang didirikan pada masa Presiden Sukarno dan difungsikan sebagai monumen untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Monas

"Tidak sekarang ya sayang, soalnya jauh harus naik pesawat terbang. Nanti kalau kita pulang kampung ke Depok, kita jalan-jalan ke sana." Jawab saya diplomatis. Sierra pun senang dan tidak bertanya kembali tentang Monas.

Juni lalu ketika lebaran Idul Fitri tiba, kami pun pulang kampung ke Sawangan Depok. Janji untuk mengantarkannya ke Monas pun segera kami penuhi. Saat itu kami berangkat ke Monas dari stasiun Lenteng Agung setelah terlebih dahulu mampir bersilaturahim kepada keluarga tante di Jagakarsa yang memang dekat dengan Stasiun Lenteng Agung.

Dari Lenteng Agung kami naik kereta api (commuter line) dan turun di stasiun Gondangdia. Dari sana naik bajaj ke arah pintu masuk Monas. Dari pintu masuk menuju bangunan Monas ternyata membutuhkan waktu hampir 10 menit dengan jalan kaki. Kirain dekat. Saat dijalani ternyata jauh juga. Padahal kalau tidak dirasa-rasa tidak bakalan terasa. Namun saat itu bulan puasa, beberapa hari lagi menjelang lebaran. Suhu udara yang panas dan jalan kaki yang lumayan jauh menyebabkan Sierra lemas dan kecapekan.

Setibanya di kawasan basement Monas, kami dengan pedenya mendaftar untuk tiket menuju puncak Monas. Kata petugasnya kalau mau jam segitu sudah full, adanya nanti jam 3 sore. Waaah sayang banget. Padahal kami masih punya rencana berkunjung ke beberapa tempat lagi. Karena tidak bisa menunggu, kami pun gagal mengunjungi puncak Monas. hanya berkeliling di dalam museum yang terletak di area basement dan lantai 1.

Yang paling kecewa tentu saja Sierra. Dia ngambek dan bilang percumalah sudah ke sini tapi nggak naik ke puncaknya. Lalu dia pun bete. Namun karena lemas, amarahnya agak teredam dikit. Ketika kami bilang tidak apa-apa ya Kak nanti kapan-kapan ke sini lagi. Melihat sorot matanya yang lemah saya pun yakin dia mengiyakan.

Namun ternyata baru saja beranjak agak jauh dari Monas, Sierra sudah mengeluh dan bilang percuma jauh-jauh  ke Monas kalau tidak naik ke atasnya. Duuh kaaaan kami jadi serba salah. Semoga saja, di lain waktu kami bisa ke sana lagi.

Penyesalan Sierra tidak naik ke puncak Monas ternyata berlanjut hingga kembali ke Batam. Saya dan suami merasa bersalah karena tidak memenuhi keinginan Sierra untuk menuntaskan rasa penasarannya naik ke puncak Monas. Kami pun berencana membuat surprise untuk Sierra untuk kembali jalan-jalan ke Monas.

Sepertinya, liburan sekolah untuk tahun ajaran semester ganjil ini 2,5 bulan lagi akan segera tiba. Saatnya memberi kejutan di hari tersebut kepada Sierra. Saya dan suami berencana untuk mengajaknya kembali mengunjungi Monas. Oleh karena itu, sayapun mulai berburu tiket untuk penerbangan yang murah dari Batam ke Jakarta di Pegipegi. Tentu rencananya tidak hanya ke Jakarta saja, Namun sekalian melanjutkan liburan ke Yogyakarta. Kebetulan dari Jakarta ke Yogyakarta sudah terdapat beberapa pilihan maskapai penerbangan yang nyaman dan berkelas seperti pesawat Cathay Pacific.

Agar lebih maksimal, memesan tiket di Pegipegi sebaiknya menggunakan aplikasi Pegipegi yang terbaru. Kebetulan sedang banyak promo dengan diskon atau potongan yang lumayan besar. Bagi siapapun yang baru mengoperasikannya, aplikasi ini memiliki navigasi yang sangat mudah sehingga siapapun yang baru install atau yang pertama kali menggunakan aplikasinya tetap dapat mengoperasikan dengan lancar.

Saya mencoba mem-booking tiket untuk keberangkatan Jakarta - Yogyakarta dan ternyata ada promo yang masih bisa digunakan dengan diskon tiket hingga Rp 500.000. Wow lumayan  banget sih.

Karena belum pernah naik maskapai Cathay Pacific sama sekali, sementara maskapai lain sudah pernah berkali-kali, maka kami pun memutuskan untuk membeli tiket pesawat Cathay Pasific. Kebetulan di Pegipegi sedang ada promo tiket pesawat Cathay Pacific Jadi kita masih punya kesempatan mendapatkan promonya.

Jangan ketinggalan yuk sekalian pesan dari sekarang. Lumayan menghemat banget kalau dipesan sejak awal, apalagi setelah libur semester pengeluaran untuk buku dan keperluan sekolah lainnya akan mulai berdatangan.

Jangan lupa baca juga tulisan ini: Liburan ke Dufan Ancol yuk!

41 komentar :

1. Semoga Sierra bisa kesampaian menaiki puncak Monas. Keren juga ternyata di sana ada puncaknya, saya kudet, he he. Tapi karena itu jadi pengen ke Monas juga untuk menaiki puncaknya. Pengen merasakan bagaimana rasanya di sana bareng anak dan suami. Sierra patri bahagia sekali jika sudah berada di atas puncaknya.
    Selamat berlibur bersama Pegipegi. BRW, Cathay Pasific itu iklannya pernah saya lihat di majalah Intisari kala masih kecil, saya pernah kepengen menaikinya karena suka dengan konsep iklannya.

BalasHapus
  2. Pas IdulFitri lalu, aku dan anakku naik TransJakarta udah sampe halte Monas.
    Tapi entah kenapa, kok kami malah ke Istiqlal, dan sekarang rasanya pengin balik lagi demi ajak anakku ke Monas
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

BalasHapus
  3. Aku malah belum pernah ke Monas sama sekali... ke Jakarta yang beneran buat jalan-jalan belum pernah soalnya :D

Btw Cathay pasific tuh armada baru di domestik kah Mbak? kudet banget aku baru denger :D

4. aku pas kecil pernh ke monas, udah gede begini mlah belum ke monas lagi, padahal sering juga main ke jakarta

BalasHapus
  5. Sayapun pengen ke Jakarta biar bisa naik di Monas mba, dulu ke sana nggak sempat naik, udah keder duluan liat antriannya yang mengular, pas banget saat itu liburan sih, jadinya makin ramai, next semoga bisa balik ke sana, dan bisa naik ke Monas.

Jadi auto liat pegipegi buat intip tiket nih :)

6. Mau dong naik ke monas. Aku belum pernah lho. Cuma wira-wiri aja di depannya

BalasHapus
  7. Aih aku udah lama nggak ke Monas, mba. Padahal seru juga jika bawa keluarga keliling omas ya mba. Apalagi kalau bisa naik ke atas

8. Main ke Monas kalau gak naik tuh kaya ada yang kurang. Sabar ya Sierra. Nanti liburan lagi terus pesan tiketnya lewat Pegipegi biar dapat diskonnya juga

9. ya ampun aku ke Monas terakhir tahun 2007 wkwkwk itupun foto-foto depan Monasnya ya salam jadul pisan dan belum pernah masuk ke dalamnya jadi pengen ke Monas

Balasan
    1. semoga ntar pas liburan sekolah panjang aku bisa ajakin anak-anak ke MOnas juga ah :) hahaha penasaran juga pengen naik

Hapus
  10. Aaah Sierra jangan khawatir, Nduk, bukan kamu satu-satunya yang jauh-jauh ke Jakarta tapi enggak naik ke puncak Monas. Bahkan tante nih udah bolak-balik ke Jakarta tapi belum pernah ke Monas sama sekali :)
    Suatu saat harus khusus mengagendakan pergi ke sana nih bareng Sierra ya.

BalasHapus
  11. Nanti kalau mudik ke Sawangan lagi mampir lagi ke Monas ya Sierra. Anakku yg kecil juga pernah merengek tuh mbak minta ke Monas, emaknya yang males akhirnya ke sana. Untuk naik ke puncak butuh 4 jam antrinya

12. Saya juga pernah: gagal naik ke puncak Monas karena ada agenda lain.
    Someday, Saya juga bakalan balik lagi ke Monas sambil ngajak orang tua saya jalan2 di Jakarta, hehehe

Balasan
    1. Ayo mbak ke Monas lagi biar gak penasaran naik sampai puncak, enaknay sih janhan hari libur kalo ke sana apalagi lobur nasional ramai sekali

13. Mupeeengg main ke MONAS
    sekarang makin banyak fasilitasnya di MONAS ya Mba
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

BalasHapus
  14. Iya nih bbrp kali ke Monas antri terus kalau mau ke puncaknya...

15. wow.. ada Cathay Pacific rute domestik ya.. kerennn cobain ahh cari tiket jauh hari..biasanya emang banyak promo ya

16. aku pun naik ke Monas jaman kecil mbaaa..pengen bawa anak - anakku ke sana deeh

BalasHapus
  17. Baru ke monas lagi desember nanti ya? Semoga kali ini kesampaian ya sampai di puncaknya

18. saya juga ke Monas cuma di sekitarannya aja, malah belum masuk sampai ke basement nih apalagi puncaknya. next kalau ke Jakarta lagi mau sempatin masuk dan lihat Jakarta dari puncak juga ahh :)

19. Yeay Monas, seneng deh liatnya gembira menikmati monas di Jakarta, kebahagiannya mantul euyy... sebagai warga depok yang dekat Jakarta aja jarang lho main ke monas, apalagi naik keatasnya itu hehe

BalasHapus
  20. Yeay aku juga mbak pengen banget ke Monas lagi, udah lama banget enggak kemari. Apalagi keliling Jakata sudah pengen melangkah hehe. Pakai pegi2 bisa dapat banyak diskon dan promo.

21. Waaa liburan ke MOnas selalu menyenangkan ya BUnd
    kemarin aku ke sana, bulan lalu eh full ga bisa naik. Sedih banget
    Kapan2 pokoknya mau balik lagi ke sana

BalasHapus
  22. lumayan banget diskonnya, sampai 500 ribu.
    eh ada Cathay Pacific melayani rute domestik? Saya baru tahu hal ini, jadi pengen cek-cek juga, ada yang melayani jakarta - surabaya nggak ya...

23. Promo diskon tiket Rp. 500.000? Wow .... mayan banget. Alhamdulillah bisa kesampaian juga ya keinginan ananda Sierra. Kapan-kapan ke Makassar, Sierra :)

BalasHapus
  24. Sy blm pernah naik k monasnya, bbrp bulan lalu ngajak anak2 k sana pas mau naik menaranya antriannya panjang jdlah ga jd

25. Smg siera bisa kembali ke jakarta lagi utk naik ke puncak monas.

26. Semoga niat baiknya untuk bisa ke Jakarta tercapai ya mba. Senangnya bisa jalan-jalan bersama buah hati tercinta ya mba. Pegi pegi emang andalan banget

BalasHapus
  27. Selama ini ke Jakarta belum juga ke Monas hehehe tapi seru juga perjalanan semakin mudah ada promo di pegipegi gini. Langsung cuss mau ngecek tiket Mama dah ke pegi-pegi

28. Akuuu belum pernah ke monas, kak. Kasian banget yaaaa. KAyaknya harus diagendakan segera nih!

Balasan
    1. Kok sama mbaaa...hayuk kapan eksplor Jakarta kalau pas bareng-bareng pergi ke sana ya ;)

Hapus
  29. Enak ya mbak kalau tiket pesawatnya dapat promo, terus bisa dapat potongan sampai 500rb wihh lebih hemat tuh. Semoga adek Sieraa bisa kembali ke Jakarta dan sampai ke puncak Monasnya

BalasHapus
  30. Ke Monas memnag mesti direncanakan, karena panjangnya antrian...pagi-pagi berangkat dan mesti sabar. Oh ya periksa juga setiap Senin kalau enggak salah tutup. Dan jika ada kegiatan tertentu. Semoga nanti kalau ke Jakarta lagi Sierra bisa ke Monas yaaa

31. Semoga siera bisa datang lagi.ke.monas ya. Monas emang ngangenin, saya dulu ke Monas terakhir pada ada acara di museum Bank mandiri. Tapi blm masuk lagi ke dalam

32. Sejak pindah ke Jakarta, saya udah beberapa kali ke Monas. Sekarang Monas lebih menyenangkan. Suka ada event bagus juga di sini.

BalasHapus
  33. iya juga ya, saya pernah ke monas tapi gak pernah naik monas. Gimana kalau kita rencanakan lagi? #ngelirikpaksu

34. Tooss sama kak Sierra.
    Tante juga belom pernah, kak...hehehe...dan Monas memang selalu bikin kagum karena menjadi ikon Ibukota Indonesia.
    Etapi kalo nanti pindah, ganti gak yaa...?

35. Yuk yuk nanti kita naik monas ke atas bareng-bareng

Aku yo belum tau mba xD

36. AKu beberapa kali ke Jakarta belum pernah sempet ke monas huhhuhu. Harus dicobain nih kalo ke sana lagi kudu sempetin naik puncak monas

BalasHapus
  37. Pas libur lebaran anak-anak juga ke Monas, tapi nggak naik ke puncaknya karena sudah ditutup, ramenya minta ampun ya..

38. Antri nya itu loh mba klo k atas monas dah bbrp Kali akhirnya cuma sampai museum yg bawah Aja mesti weekday kli klo k sana

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.